Kamini.id / Jeans / 4 Cara Membuat Celana Jeans Belel dengan Mudah di Rumah

4 Cara Membuat Celana Jeans Belel dengan Mudah di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Memakai kaos atau celana kerja yang sudah belel mungkin terasa melakukan bagi sebagian orang. Sebaliknya, memakai jeans yang belel adalah gaya bagi banyak orang. Seiring berkembangnya zaman, budaya berbusana juga mengalami perkembangan yang signifikan.

Jeans merupakan salah satu pakaian yang sangat populer di dunia. Orang-orang memakai celana jeans untuk berbagai macam aktivitas, seperti kuliah, bekerja, hingga bersenang-senang. Salah satu model celana jeans yang cukup banyak dipakai orang-orang adalah celana jeans belel!

Celana jeans belel ada yang sudah khusus dibuat oleh pabrik dan ada pula yang dibuat langsung oleh penggunanya. Seiring bertambahnya waktu pemakaian, celana jeans akan belel dengan sendirinya. Akan tetapi, beberapa orang membelelkan sendiri celana jeans baru mereka agar terlihat stylish dan keren.

Berikut ini adalah beberapa metode membuat celana jeans belel dengan mudah di rumah. Tapi, cara-cara yang kami rekomendasikan ini hanya untuk jeans yang berwarna biru saja, ya.

1. Menggunakan Lemon

oles air lemon

* sumber: www.foodmatters.com

Lemon? Benarkah? Tentu saja! Menggunakan lemon untuk membuat celana jeans belel adalah cara terbaik yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus berurusan dengan bahan kimia. Lemon adalah buah dengan kandungan asam organik yang melimpah (47 gram per liter jus lemon), sehingga dianggap mampu membelelkan atau memudarkan celana jeans milikmu.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti jika ingin membelelkan celana jeans dengan buah lemon.

  • Siapkan satu buah ember yang berisi air bersih (cukup untuk merendam seluruh bagian celana jeans).
  • Siapkan satu buah ember yang berisi jus lemon (cukup untuk merendam seluruh bagian celana jeans).
  • Celupkan celana jeans ke dalam air bersih dan pastikan basah seluruhnya.
  • Peras air berlebih dalam celana jeans secara menyeluruh.
  • Masukkan celana jeans yang sudah basah ke dalam ember yang berisi jus lemon dan pastikan terendam seluruhnya.
  • Proses perendaman membutuhkan waktu selama beberapa jam.
  • Terus periksa kembali jeans-mu untuk menentukan dan mendapatkan tingkat kebelelan yang diinginkan.
  • Jika sudah selesai, bilas jeans dengan air bersih lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering sempurna.

2. Menggunakan Pemutih

Pemutih Tanpa Klorin

Jika memakai lemon membutuhkan budget yang besar (harga 1 kg lemon lumayan cukup mahal), kamu bisa menggunakan bahan lain berbasis kimia yang lebih terjangkau. Pemutih pakaian yang banyak tersedia di toko-toko adalah cairan kimia yang dapat dimanfaatkan untuk membelelkan celana jeans.

Meskipun lebih murah, kamu harus tetap berhati-hati saat ingin membuat belel celana jeans dengan pemutih. Cairan kimia ini berpotensi melemahkan kain celana jeans sehingga bisa lebih mudah rusak. Selain itu, tingkat kebelelan celana jeans juga bisa terlihat berlebihan (hasilnya jadi kurang enak dilihat) jika proses ini dilakukan dengan tidak hati-hati.

Terdapat beberapa metode untuk membuat jeans belel dengan pemutih. Jika kamu menginginkan tampilan jeans yang lebih terang, kamu dapat merendam seluruh bagian celana jeans dalam cairan pemutih. Sebaliknya jika hanya ingin celana jeans yang belel sebagian, kamu bisa menotol-notolkan pemutih pada bagian-bagian celana jeans tertentu yang diinginkan.

Berikut adalah langkah-langkah umum membuat celana jeans belel menggunakan pemutih:

  • Kenakan sarung tangan tahan air dan celemek sebelum proses pembelelan dimulai. Hal ini perlu dilakukan agar tangan dan pakaian yang kamu kenakan terlindung dari pemutih.
  • Siapkan satu buah ember dan isi dengan air panas secukupnya.
  • Tambahkan setengah gelas pemutih ke dalam ember yang berisi air panas.
  • Jika kamu menginginkan tampilan belel yang merata, jangan biarkan celana jeans mengendur saat proses pemutihan. Jaga agar serata mungkin menggunakan tongkat (jangan menggunakan tangan karena air panas bisa membahayakan kulit).
  • Setelah mencapai warna yang diinginkan, angkat celana jeans dari dalam air dan gantung hingga kering.
  • Selanjutnya cuci celana jeans dengan deterjen dan pelembut dan keringkan kembali di bawah sinar matahari.

3. Menggunakan Batu Apung atau Amplas

Batu Apung

Tahu apa itu batu apung? Menurut Wikipedia, batu apung atau pumis (pumice) adalah istilah tekstural untuk batuan vulkanik yang merupakan lava berbuih terpadatkan yang tersusun atas piroklastik kaca yang amat mikrovesikular dengan dinding batuan beku gunung berapi ekstrusif yang bergelembung, amat tipis dan tembus cahaya.

Sedangkan amplas (kadang juga disebut kertas pasir) adalah sejenis kertas yang digunakan untuk membuat permukaan benda-benda menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan salah satu permukaan amplas yang telah ditambahkan bahan yang kasar kepada permukaan benda tersebut (Wikipedia).

Nah, menggunakan batu apung atau amplas juga adalah salah satu metode yang bagus untuk membuat celana jeans belel. Batu apung atau amplas dapat kamu gunakan untuk membelelkan bagian-bagian tertentu pada celana jeans seperti lutut, dudukan, saku, dll. Jika ini adalah cara membelelkan yang kamu cari, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan beberapa biji batua pung atau amplas 180 grit.
  • Gosokkan batu apung atau amplas pada area celana jeans yang ingin kamu belelkan. Hindari menggosok terlalu keras agar kain celana jeans tidak hancur atau bahkan bolong.
  • Setelah kamu mendapatkan tingkat kebelelan yang diinginkan, cuci celana jeans untuk menghilangkan sisa-sisa gosokkan.
  • Keringkan celana jeans di bawah sinar matahari.

Susah membeli batu apung? Dapatkan dengan mudah hanya di Bukalapak (klik di sini).

4. Menggunakan Kopi

manfaat kopi hijau bagi tubuh

Bahan minuman yang nikmat ini juga dapat kamu manfaatkan untuk membuat celana jeans belel. Kenapa bisa? Biji kopi mengandung zat asam alami yang mampu melunturkan atau membelelkan celana jeans. Jika ingin mencoba hal ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan biji kopi hijau secukupnya.
  • Gosokkan biji kopi pada area celana jeans yang ingin kamu belelkan.
  • Tuangkan air mendidih pada celana jeans yang selesai digosok.
  • Cuci celana jeans hingga residu kopi menghilang dan keringkan di bawah sinar matahari.

Catatan:

Hari-hati saat menuangkan air mendidih pada celana jeans. Jangan sampai tubuhmu terkena air mendidih karena sangat berbahaya. Gunakan gayung bergagang panjang untuk mengambil dan menuangkan air mendidih pada celana jeans yang selesai digosok. Sekali lagi, hati-hati dengan air mendidih ya.

Nah, itulah beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk membuat celana jeans belel dengan mudah di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membelelkan jeans bisa didapat dengan mudah di toko-toko dekat rumah atau di toko-toko online.

Pada akhirnya, celana jeans yang kamu pakai akan belel dengan sendirinya. Semakin tinggi tingkat pemakaian, maka semakin cepat pula proses pembelelan terjadi. Beberapa orang mungkin tidak suka memakai celana jeans yang sudah belel, tapi bagi sebagian lainnya hal itu sangat disukai.

Jika kamu tidak ingin susah-susah membelelkan celana jeans sendiri, beli saja celana jeans dengan model belel yang tersedia banyak di pasaran. Kamu bisa membeli salah satunya di Bukalapak dengan mudah (klik di sini). Tersedia banyak pilihan celana jeans belel di Bukalapak dengan harga yang bervariasi. Siap membeli jeans belel yang kamu inginkan? Yuk, langsung klik saja link di atas.

Nah, kalau Anda ingin merobek celana jeans atau membuat ripped jeans sendiri, silakan cari tahu cara lengkapnya dalam artikel Cara Merobek Celana Jeans ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar