Kamini.id / Inilah Cara Membuat Merek Agar Mudah Diingat Masyarakat

Inilah Cara Membuat Merek Agar Mudah Diingat Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Membuat merek atau brand, meskipun terkesan sepele akan tetapi pada kenyataannya terkadang memakan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan sebuah merek memiliki pengaruh pada kesuksesan bisnis untuk jangka waktu yang panjang. Merek yang tepat akan mendukung proses branding, sehingga merek tersebut akan cepat diingat oleh masyarakat luas. Untuk itu, berikut tips membuat merek mudah untuk diingat oleh masyarakat.

1. Nama yang Unik

membuat-nama-brand-merek-usaha

Nama yang unik dan berbeda dari yang lain, cenderung lebih mudah diingat oleh masyarakat. Bahkan Anda juga bisa membuat nama merek yang nyeleneh agar mudah diingat oleh orang. Akan tetapi, hindari membuat merek unik yang memiliki konotasi hal negatif sebab tersebut akan membuat citra bisnis menjadi kurang baik.

Agar mendapatkan nama merek yang tepat, ada baiknya melakukan konsultasi pada profesional, branding consultant Jakarta misalnya.

2. Nama yang Pendek

Simple

Agar terlihat unik dan kreatif bukan suatu keharusan untuk membuat nama merek yang panjang. Pasalnya ada banyak pilihan nama yang unik dan simple, tetapi pendek dan tetap menarik. Jika dimungkinkan, cukup buat merek dengan dua atau tiga suku kata saja. Hal ini disebabkan karena nama merek atau brand yang pendek akan lebih mudah untuk diingat oleh masyarakat.

3. Hindari Memilih Merek dengan Penggunaan Singkatan

Jika Anda tengah mengembangkan bisnis baru, maka sebaiknya hindari penggunaan singkatan atau inisial, apalagi jika singkatan tersebut dikombinasikan dengan angka, sebab hal tersebut akan membuat bingung siapa saja yang baru pertama kali mengetahui atau membaca brand. Bisa diambil contoh merek provider IM3. Butuh waktu yang cukup lama untuk masyarakat tahu bahwa IM3 adalah singkatan dari Indosat Multimedia Mobile.

4. Membuat Merek yang Belum P ernah Dipakai Orang Lain

brand name

Perlu diingat, jangan pernah memakai merek yang sudah dipakai oleh orang lain. Usahakan membuat nama merek yang benar-benar baru dan bebas hak paten. Cara membuat merek yang belum dipakai orang lain, mudah dilakukan. Cukup lakukan survei dengan cara menguji nama merek yang ingin digunakan di mesin pencarian Google. Selain itu, pastikan nama merek tidak ada yang memakai dan tidak terkait dengan hal-hal yang buruk di Google.

5. Merek Harus Mencerminkan Produk

Ada baiknya saat membuat merek, maka nama tersebut dapat mencerminkan produk. Dengan begitu, produk akan bisa menyesuaikan dengan segmen pasar yang dituju. Contohnya seperti mengambil nama yang feminim untuk produk yang ditujukan pada konsumen wanita, atau nama yang terdengar macho untuk produk yang targetnya konsumen pria. Hal tersebut akan memudahkan branding dan pengenalan merek pada masyarakat.

6. Merek Memiliki Makna yang Baik

identity

Bagi seorang pebisnis atau entrepreneur, menjalankan sebuah bisnis pastinya akan meninggalkan kesan, sehingga ada baiknya membuat nama yang mengandung makna positif untuk bisnis. Sama halnya seperti orang tua yang memberikan nama dengan makna baik kepada anak, nama merek pun juga demikian. Jika Anda merasa kurang inspirasi dalam menentukan merek brand, bisa melakukan konsultasi dengan Branding Consultant Jakarta.

7. Merek Mudah Didengar dan Diucapkan

Saat membuat nama merek, haruslah berhati-hati. Tidak hanya sekedar unik ataupun pendek, tetapi juga harus mudah didengar dan diucapkan, dimana hal tersebut untuk mencegah ambiguitas, sehingga masyarakat tidak salah melafalkan merek dan tidak salah dalam mengartikan ketika baru pertama kali dengar. Merek yang mudah didengar dan diucapkan, tidak akan membuat orang berpikir terlebih dahulu untuk membacanya.

Itulah beberapa tips membuat merek yang mudah diingat oleh masyarakat luas. Perlu diingat merek merupakan aspek yang pertama kali akan diingat dan dibaca oleh masyarakat, sehingga pilihlah yang benar-benar meninggalkan kesan bagi orang lain. Dengan membaca beberapa tips dalam ulasan ini, semoga Anda bisa memilih merek yang tepat. Namun jika masih ragu, bisa juga melakukan konsultasi pada profesional.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *