kamini.id
Kamini.id / Romansa / Mau Pacar Makin Sayang? Coba 10 Cara yang Ampuh Ini

Mau Pacar Makin Sayang? Coba 10 Cara yang Ampuh Ini

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 7 Maret 2019

Biasanya semua orang akan berusaha maksimal untuk menarik hati gebetannya waktu PDKT. Semua hal akan diperbaiki sampai jadi sebaik mungkin. Namun, setelah berhasil jadian semuanya agak berubah. Usaha yang diberikan nggak kayak dulu lagi.

Mungkin kita merasa usaha kayak gitu nggak diperlukan lagi. Kita sudah pernah melakukan semua yang terbaik waktu PDKT dulu, jadi setelah berhasil pacaran kita kayak tinggal menikmati hasilnya saja. Padahal, nggak begitu.

Pacaran juga butuh usaha yang sama baiknya dengan waktu PDKT. Perasaan juga harus dirawat supaya bisa tumbuh dengan baik. Kalau kita nggak berusaha merawat sebaik dulu, maka nggak usah heran kalau hubungan kandas di tengah jalan.

Setelah jadi pacar, berarti dia juga jadi orang paling spesial untuk kita. Masa kita nggak melakukan sesuatu yang spesial untuk orang yang spesial? Tentu kita tetap harus berusaha supaya perasaan dia terjaga dan dia juga tambah sayang. Kalau kamu bingung bagaimana caranya, coba deh simak cara-cara dari Kamini.

10 Cara Membuat Pacar Makin Sayang

1. Kejutan Kecil

Kejutan Kecil

* sumber: unsplash.com

Manusia itu cenderung suka kejutan. Sesuatu yang keluar dari kebiasaan. Sesuatu yang datang tanpa perkiraan. Terutama kalau itu baik dan menyenangkan. Pacarmu juga kemungkinan besar menyukai hal seperti ini. Maka, berilah dia kejutan kecil. Ini bukan hal susah-susah amat kok.

Misalnya, kamu dan dia punya jadwal bertemu setiap akhir pekan. Cobalah tiba-tiba datang di hari kerja untuk sekadar makan siang bersama. Nggak susah kan? Mungkin waktu yang dihabiskan cuma sebentar, tetapi itu pasti akan jadi sesuatu yang berkesan untuk dia.

2. Merawat Diri

Merawat Diri

* sumber: unsplash.com

Ini penting untuk laki-laki atau perempuan. Kamu pasti suka kalau melihat dirimu sendiri terawat, dia juga sama. Kalau sekarang kamu belum maksimal dalam merawat diri, cobalah untuk merawat diri lebih serius dari sebelumnya.

Kamu bisa memulai dengan berolahraga. Merawat dan menjaga bentuk tubuhmu supaya terlihat lebih segar. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa melanjutkan itu dengan merawat kulitmu. Nggak perlu perawatan mahal seperti artis-artis Korea, mulailah dengan rajin-rajin membersihkan diri setiap selesai beraktivitas.

3. Mengubah atau Memperbaiki Penampilan

Mengubah atau Memperbaiki Penampilan

* sumber: unsplash.com

Meskipun orang bijak sering bilang jangan nilai orang dari tampilannya, tetapi penampilan masih jadi faktor yang nggak bisa diabaikan. Kamu nggak perlu pakaian mahal dan hits untuk melakukan ini apalagi sampai operasi plastik. Mulailah dengan yang paling sederhana.

Kalau kamu mau bertemu orang penting, kamu pasti tampil maksimal dengan segala yang terbaik. Terapkan itu setiap kamu bertemu dengan dia. Kalau biasanya kamu cuma memakai kaus, cobalah kali ini kamu tampil rapi dengan kemeja dan parfum. Pedulikan dirimu sebelum dia peduli pada penampilan orang lain.

4. Mematangkan Perhatian

Mematangkan Perhatian

* sumber: www.yogajournal.com

Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan menjadi seseorang yang semakin matang dan dewasa. Hal yang sama berlaku untuk perhatian. Perhatian seorang anak SMA akan berbeda dengan perhatiannya anak kuliah, apalagi dengan orang-orang yang sudah bekerja. Maka, matangkanlah perhatianmu.

Bukan kuantitasnya, tetapi kualitasnya. Dulu mungkin kamu bisa chat seharian, mengingatkan dia ini dan itu. Setelah kamu semakin dewasa, cobalah ganti perhatian yang sebelumnya cuma lewat chat menjadi sebuah tindakan.

Sebelumnya kamu cuma bilang, 'jangan lupa makan ya!' di chat. Sekarang, cobalah sesekali untuk datang membawa makanan kesukaan dia. Atau, kalau kamu bisa memasak, bolehlah sesekali membuatkan makanan kesukaannya.

5. Bercerita Lebih Banyak

Bercerita Lebih Banyak

* sumber: unsplash.com

Istilah gaulnya sih, quality time. Mungkin kalau kamu masih remaja kamu akan sering teleponan membicarakan hal-hal seru meskipun agak kurang penting. Setelah waktu berjalan kamu akan lebih suka kalau bercerita langsung. Semua orang suka kalau pacarnya bercerita. Karena pacar selalu ingin menjadi orang pertama yang mendengar cerita itu.

Bercerita lebih banyak berarti kamu mempercayakan banyak hal kepada dia. Lebih dalam lagi, kamu mengizinkan dia untuk masuk ke dalam hidupmu. Mungkin ada hal-hal yang sebelumnya nggak bisa kamu ceritakan karena terlalu personal. Kalau kamu sudah percaya dia, coba ceritakan itu pelan-pelan. Semakin dia mengenal kamu, semakin tumbuh pula rasa sayangnya.

6. Buat Dia Merasa Spesial

Buat Dia Merasa Spesial

* sumber: unsplash.com

Tentu ini tindakan yang wajar dilakukan oleh seorang pacar. Namun terkadang kita lupa untuk melakukannya. Kita terlanjur merasa aman karena dia sudah jadi pacar dan merasa nggak perlu melakukan hal-hal semacam itu. Sebenarnya, itu masih perlu dilakukan meskipun nggak sesering dulu.

Waktu PDKT mungkin kamu selalu membawa bunga setiap kali menemuinya. Sekarang nggak lagi karena sudah lama pacaran. Coba ulangi kebiasaan itu lagi sesekali, buat dia berdebar lagi menunggu kedatanganmu kayak dulu. Apalagi yang kamu lakukan waktu PDKT dulu? Coba ulangi itu, biar dia ingat lagi rasa gemas di dalam hatinya kayak waktu PDKT dulu.

Cara lain untuk membuatnya terasa spesial adalah jadilah lebih romantis. Baca artikel cara menjadi romantis ini agar si dia semakin sayang kepadamu.

7. Beri Dia Sesuatu yang Nggak Dia Dapat Dari Orang Lain

Beri Dia Sesuatu yang Nggak Dia Dapat Dari Orang Lain

* sumber: unsplash.com

Banyak hubungan kandas karena dia lebih banyak mendapat sesuatu dari orang lain ketimbang pacarnya. Kamu pasti nggak mau itu terjadi, kan? Maka pastikanlah dia mendapatkan itu dari kamu. Ini bukan tentang benda, tetapi hal yang jauh lebih besar dari itu.

Sesuatu yang seharusnya dia dapat dari kamu seperti rasa aman, nyaman, dan lain-lain. Mungkin kamu nggak bisa setiap hari menjemput dia, tetapi kamu nggak boleh membiarkan dia dijemput ojek online setiap hari. Usahakan satu atau dua kali seminggu kamu datang menjemputnya. Dengan begitu dia tahu kalau kamu berusaha.

Kamu juga nggak bisa selalu membantu masalah dia, tetapi katakan kalau kamu akan selalu ada. Kamu nggak akan membiarkan dia sendirian apapun yang terjadi. Kamu nggak akan selalu berhasil, tetapi dia tahu kalau kamu telah berusaha untuk itu. Hal semacam ini nggak dia dapat dari orang lain.

8. Menghabiskan Waktu Lebih Baik

Menghabiskan Waktu Lebih Baik

* sumber: unsplash.com

Sebelumnya mungkin kalau bertemu kamu cuma jalan-jalan, nonton bioskop, atau nongkrong di cafe. Cobalah untuk menghabiskan waktu lebih baik. Mengajak dia untuk melakukan hal-hal yang lebih serius.

Kamu bisa mengajak dia berdiskusi soal rencana masa depan kamu. Kamu juga bisa melibatkan dia dalam proses pengambilan keputusan. Dengan begitu dia akan merasa lebih dianggap sebagai bagian dalam hidup kamu. Perasaan itu akan membuat rasa sayangnya semakin tumbuh.

9. Beri Ruang Lebih

Beri Ruang Lebih

* sumber: unsplash.com

Kalau sebelumnya pacaran cuma tentang kamu dan dia, coba perluas itu. Ajak dia masuk ke duniamu. Kamu bisa memulai dengan mengenalkan dia pada lingkunganmu. Tempat biasa kamu nongkrong, teman-teman dekatmu, hobi yang kamu kerjakan di waktu luang. Ajak dia masuk ke sana.

Pacarmu mungkin nggak akan menyukai tempat biasa kamu nongkrong, tetapi fakta bahwa kamu mengenalkan itu sama dia sudah cukup menyenangkan. Hobimu mungkin nggak menarik untuk dia, tetapi dia akan senang karena mengetahui hal-hal yang kamu sukai. Hal semacam itu sangat berguna untuk memupuk rasa sayangnya.

10. Beri Kepastian

Beri Kepastian

* sumber: unsplash.com

Kalau hubunganmu sudah cukup meyakinkan, mungkin sudah saatnya kamu memberi kepastian. Inilah hal paling membahagiakan dalam setiap hubungan pacaran. Bukan berarti kamu harus buru-buru meresmikan hubungan. Kamu cuma perlu mengutarakan keyakinan.

Kamu nggak langsung mengajak dia menikah tetapi kamu harus memberi tahu dia kalau kamu ingin mengajak dia menuju ke sana. Dia perlu tahu kalau kamu sedang memperjuangkan itu saat ini. Dengan begitu dia akan merasa tenang dan nyaman ada di dalam hubungan bersama kamu.

Seperti tanaman, rasa sayang juga perlu dirawat. Ia akan tumbuh subur kalau kita berusaha, memupuk, dan menyirami. Ia akan layu kalau kita nggak benar-benar serius merawatnya. Jangan lelah merawat perasaan itu, ya!

Kalau kamu mau menambahkan sesuatu, ada kolom komentar yang bisa kamu gunakan. Kamu juga boleh berbagi pengalaman di sana. Kamu nggak akan tahu seberapa banyak pembaca yang terbantu karena pengalamanmu itu kalau kamu nggak pernah membagikannya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram