Kamini.id / Pipi / 10 Cara Membuat Pipi Tirus Dengan Cepat dan Mudah

10 Cara Membuat Pipi Tirus Dengan Cepat dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anda memiliki pipi tembem? Tidak percaya diri? Padahal pipi tembem ini terlihat lucu. Namun Anda masih belum merasa cantik dengan pipi tembem Anda? Jangan khawatir, kali ini kamini.id akan memberikan beberapa tips untuk membuat pipi tembem Anda menjadi tirus. Cara membuat pipi tirus ini juga sangat mudah tanpa perlu melakukan operasi atau sejenisnya.

Sebenarnya apa sajakah yang dapat membuat pipi menjadi tembem? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Penyebab Pipi Tembem

1. Jarang berolahraga

Jarang berolahraga

Seperti yang sudah kita ketahui, olahraga adalah salah satu cara untuk dapat membakar lemak yang menimbun di tubuh kita. Apabila Anda malas atau jarang berolaharga, tentu saja lemak di dalam tubuh tidak terbakar. Akibatnya, lemak akan tertimbun pada tubuh sehingga membuat kita terlihat gemuk dan tembem. Maka dari itu, melakukan olahraga untuk mengecilkan pipi sangatlah penting untuk dilakukan.

2. Konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi

Konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi

Lemak dan kalori berperan penting untuk membuat seseorang menjadi tampak lebih gemuk. Apabila Anda memiliki masalah dengan pipi yang temben, bisa jadi Anda memiliki kegemaran menyantap makanan berlemak dan berkalori tinggi tanpa diimbangi dengan olahraga secara teratur.

3. Kurang istirahat atau sering begadang

Kurang istirahat atau sering begadang

Banyak yang tidak tahu bahwa kurang istirahat atau kebiasaan begadang dapat mengurangi minyak alami dan menghambar peredaran darah, terutama di sekitar wajah. Akibatnya, akan terjadi timbunan lemak di sekitar pipi.

4. Konsumsi kafein dan minuman beralkolhol secara berlebihan

Konsumsi kafein dan minuman beralkolhol secara berlebihan

Merokok dapat menghambat aliran darah ke setiap pembuluh yang terdapat di dalam tubuh dan dapat merusak kolagen kulit. Sementara kebiasaan konsumsi minuman beralkohol juga dapat merusak jaringan lemak di bawah kulit sehingga timbunan lemak di pipi sulit dihancurkan saat Anda berolahraga.

Nah selanjutnya mari kita bahas beberapa cara untuk membuat pipi menjadi tirus.

Cara Membuat Pipi Tirus Dengan Cepat

1. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet selain dapat mengurangi rasa tegang, menenangkan syaraf dan juga membuat nafas menjadi segar, dapat juga membuat pipi menjadi tirus lho. Ketika Anda mengunyah permen karet, terjadi gerakan pada rahang dan juga pipi Anda.

Jadi secara tidak langsung, membuat rahang dan pipi Anda berolahraga. Selain itu, permen karet juga berguna untuk mengusir bau mulut. Tapi jangan terlalu sering mengunyah permen karet jika tidak ingin membuat rahang dan gigi Anda sakit ya.

2. Senam Wajah

senam wajah

Ada banyak sekali jenis senam wajah yang dapat membantu membuat pipi Anda menjadi tirus. Berikut ini adalah beberapa senam wajah yang dapat Anda  lakukan:

  • Menyebutkan kata X – O

Cobalah lakukan menyebutkan kata X dan O secara berulang. Ketika Anda melakukan gerakan tersebut, rahang Anda akan tertarik dan menguat sekaligus membakar lemak di pipi Anda.

  • Membuka Mulut

Membuka mulut lebar-lebar adalah bagian dari senam wajah yang berikutnya. Caranya hanya dengan membuka lebar mulut Anda seperti mengucapkan huruf A dengan memberikan tekanan yang cukup kuat. Tahan gerakan tersebut beberapa detik, kemudian tutup mulut Anda, dan lakukan gerakan tersebut secara berulang.

  • Mengangkat Pipi

mengangkat pipi

Gerakan mengangkat pipi adalah dengan cara tersenyum sambil mengangkat pipi Anda layaknya Anda tersenyum ketika tegang ataupun canggung. Gerakan tersebut akan membuat pipi Anda terangkat. Bisa pula Anda melakukan gerakan ini sambil menutup mata, dan lakukanlah gerakan ini secara berulang.

  • Fish Lips

Fish Lips

Jika Anda memperhatikan bibir ikan, di mana bibirnya seperti mengapit, ikutilah gerakan tersebut sebagai salah satu cara membuat pipi tirus. Jadi lakukanlah gerakan menirukan bibir ikan dengan mengapit kedua bibir Anda. Tahan beberapa saat dan  lakukan secara berulang.

  • Meniup Pipi

Meniup Pipi

Gerakan meniup pipi ternyata juga dapat membuat pipi jadi terlihat tirus. Anda bisa mengembungkan pipi seperti sedang meniup sesuatu. Jika Anda membutuhkan media pembantu, Anda dapat menggunakan balon untuk membuat pipi Anda berada di posisi meniup.

  • Menyedot Pipi

Selain melakukan gerakan meniup balon, ternyata gerakan menyedot juga bisa membuat pipi membentuk sebuah cekungan. Kebalikan dari meniup pipi, gerakan ini menyedot pipi. Caranya adalah masih menutup bibir Anda, kemudian sedot pipi Anda. Tahan selama beberapa detik, kemudian lakukan secara berulang. Gerakan yang satu ini akan menekan otot dan membakar lemak di area pipi secara bertahap. Anda pun dapat mengombinasikan gerakan menyedot ini dengan gerakan meniup balon

  • Lion Face

Lion face adalah gerakan di mana Anda membuka mulut lebar-lebar kemudian menjulurkan lidah Anda, berikan sedikit tekanan sehingga otot wajah Anda tegang. Tahan beberapa saat, kemudian kembali seperti semula dan lakukan secara berulang kembali.

3. Facial Wajah

Facial Wajah

Setelah melakukan senam wajah, ada baiknya Anda melakukan facial wajah atau pemijatan wajah. Anda dapat melakukannya sendiri, jadi tidak perlu repot-repot pergi ke salon. Caranya adalah lakukan gerakan memutar di daerah pipi Anda yang terasa tegang dan sakit setelah melakukan senam wajah. Namun ingat tanagn Anda harus bersih jika tidak ingin timbul jerawat di wajah Anda.

4. Memijat dengan Es Batu dan Handuk

facial wajah

Dengan melakukan pemijatan dengan es batu yang dibalut handuk, akan membuka pori-pori dan mengeluarkan lemak di pipi tembem Anda. Lakukanlah pijatan menggunakan es batu yang dibalut handuk ke rahang, dan pipi Anda. Kemudian tepuk-tepuk beberapa kali untuk memberikan efek yang maksimal.

5. Senyum dan Tertawa

Senyum dan Tertawa

Tanpa disadari, tersenyum dan juga tertawa dapat membuat pipi Anda tirus loh. Karena saat tersenyum dan tertawa otot – otot wajah menjadi lebih rileks. Selain itu, kedua aktivitas tersebut dapat membuat Anda menjadi awet muda.

6. Cara Membuat Pipi Tirus Secara Spontan

cara membuat pipi tirus

Selain  berbagai cara di atas, jika Anda sedang buru-buru Anda dapat juga melakukan tips singkat untuk membuat pipi Anda terlihat tirus. Cara ini adalah sebuah ilusi untuk membuat pipi Anda terlihat tirus. Berikut adalah cara membuat pipi tirus dalam sekejap:

  • Memakai Anting Panjang

Memakai Anting Panjang

Dengan menggunakan anting panjang, akan membuat pipi Anda seolah tirus.

  • Warna Rambut Ombre

cara ombre rambut di rumah

Ombre adalah penggabungan dua warna atau lebih. Dengan menggunakan pewarnaan rambut gaya ombre ini akan membuat pipi Anda terlihat tirus. Gunakan warna yang lebih gelap untuk membuatnya terlihat tiurs.

  • Sasak Rambut

Sasak Rambut

Sasak rambut juga dapat memberikan efek pipi menjadi terlihat lebih tirus.

  • Warna Rambut Lebih Gelap

Warna Rambut Lebih Gelap

Jika Anda memiliki rambut yang hitam atau gelap, itu dapat  membuat pipi tembem Anda terlihat tirus.

  • Pertegas Garis Wajah

Pertegas Garis Wajah

Teknik penggunaan make up memang sangat penting. Apalagi jika Anda menginginkan pipi Anda terlihat tirus. Maka dari itu, pertegaslah garis wajah Anda pada bagian rahang, tulang hidung, dan dahi. Lalu gunakan warna yang sedikit berbeda dari bedak yang Anda gunakan.

  • Ikat Rambut Kuncir Kuda

Ikat Rambut Kuncir Kuda

Hal simpel ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki rambut yang panjang. Ikatlah rambut Anda dengan gaya rambut kuncir kuda. Gaya rambut ini akan membuat Anda terlihat lebih segar dan juga pipi Anda terlihat lebih tirus.

  • Poni Menyamping

Poni Menyamping

Jika Anda memiliki pipi tembem dan bingung dengan model poni Anda, Anda dapat memotongnya dengan poni menyamping dan berlayer (berlapis).

  • Cat Eyes

Cat Eyes

Gaya cat – eyes ini akan membuat pipi Anda terlihat lebih tirus. Karena orang-orang akan teralihkan dengan sudut mata Anda.

  • Blush On

Blush On

Gunakan tiga tipe warna untuk blush-on. Gunakanlah highlighter di atas tulang pipi, krim terang di bawah tuluang pipi, dan bronzer atau bedak yang berwarna lebih gelap di bawah tulang pipi.

  • Lengkung Alis

Buat Lengkungan pada Alis

Buatlah garis lengkung alis Anda bersudut ke atas, agar pipi Anda telihat lebih tirus.

  • Gaya Jilbab

Gaya Jilbab

Jika Anda mengenakan jilbab, mungkin Anda akan kebingungan ketika menggunakan atau memilih gaya berjilbab Anda. Salah-salah malah akan membuat pipi tembem Anda terlihat lebih jelas. Tapi tidak usah khawatir, karena sekarang telah ada inner atau dalaman hijab yang dapat membuat pipi Anda terlihat lebih tirus.

Namanya adalah Inner tyrius. Dengan mengenakan inner ini, Anda dapat mengenakan berbagai model hijab, tanpa khawatir dengan pipi tembem Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa kerudung untuk wajah bulat yang tersedia di pasaran.

7. Berkumur

Berkumur

Tahukah Anda bahwa sering berkumur juga dapat membuat pipi tampak tirus lebih cepat? Untuk mengurangi tampilan pipi yang tampak gemuk, rajin-rajinlah berkumur sebanyak 3 – 4 kali sehari.

Jika Anda menggunakan mouthwash, berkumurlah dengan mouthwash sebanyak 2 kali sehari, sedangkan 2 kalinya lagi Anda dapat menggunakan air hangat. Setiap kali kumur, Anda wajib berkumur selama 30 – 60 detik.

8. Memutar lidah di dalam mulut

Memutar lidah di dalam mulut

Kebiasaan seperti ini ternyata juga dapat mengurangi lemak-lemak yang tertimbun di area pipi, lho. Putar lidah Anda di dalam mulut sembari tetap menutup mulut Anda. Beri sedikit tekanan ketika Anda sedang memutar lidah.

Ketika memutar lidah, pastikan lidah menyentuh bagian luar gigi atas dan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali dengan arah jarum jam. Cara ini bisa Anda lakukan setiap hari sembari melakukan aktivitas lainnya.

9. Totok wajah

Totok wajah

Selain facial, Anda juga bisa melakukan totok wajah jika ingin memperoleh pipi yang tirus secara lebih cepat. Perlu Anda ketahui bahwa totok wajah ini jauh lebih aman dibanding operasi. Pasalnya, totok wajah merupakan pijat dari bagian bawah dagu, lalu menariknya secara perlahan ke arah atas menuju tulang pipi dan diteruskan ke sudut mata. Bila Anda rutin melakukan totok wajah, maka pipi akan menjadi lebih tirus secara bertahap.

10. Operasi atau sedot lemak

Operasi atau sedot lemak

Banyak wanita yang ingin memiliki pipi yang lebih tirus. Cara membuat pipi tirus secara lebih cepat dibanding cara-cara yang sudah kami sebutkan di atas adalah dengan melakukan operasi plastik atau sedot lemak. Kedua metode ini akan membuang sebagian lemak di pipi dan membuat tulang pipi tampak sedikit menonjol agar pipi terlihat tirus.

Baik operasi atau sedot lemak akan membuat Anda bisa memiliki wajah tirus secara lebih cepat. Akan tetapi, risiko yang ditawarkan metode ini juga lebih besar dibanding Anda melakukan senam wajah agar tirus seperti yang kami sebutkan di atas.

Tips Meniruskan Pipi Lainnya

Selain mengikuti berbagai macam tips di atas, lakukan pula beberapa aktivitas yang akan menunjang pola hidup sehat berikut ini:

  • Lakukanlah diet sehat.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Tidur yang cukup.
  • Rajinlah berolahraga.
  • Lakukanlah pola hidup yang sehat.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
  • Perbanyak asupan kalsium.
  • Hindari merokok dan minum alkohol atau pun minuman bersoda.
  • Kurangi kadar garam dan gula.

Itulah beberapa tips untuk membuat pipi Anda menjadi tirus. Cara membuat pipi tirus ini sangat mudah untuk dicoba dalam segala situasi. Jika anda memiliki tips yang lainnya, silahkan berbagai dengan kami di kolom komentar. Selamat mempraktekkan dan semoga bermanfaat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Kira” 1 hari butuh berapa kali yah ???
    Dan 1 x berpa mnt ??

    1. Hai Julindadayanti! Sebelumnya kamu harus tau ukuran wajah terlebih dahulu, karena ukuran wajah orang berbeda-beda, maka hasil yang dicapai pun pasti berbeda-beda. Kalau mencoba cara alami, dan dilakukan secara konsisten hasilnya bisa terlihat dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Dengan catatan hal itu pun harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat, pola makan yang sehat juga dan konsisten. Jika sudah dilakukan, tapi tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat, pola makan yang sehat dan tidak konsisten maka proses yang sudah dilakukan pun akan sia-sia.
      Kemudian ada cara yang instan dan dapat langsung terlihat hasilnya yaitu dengan menggunakan teknik ilusi, seperti merubah gaya rambut, hijab, atau make-up. Selain itu ada juga cara instan lainnya, yaitu dengan sedot lemak atau pun operasi plastik. Tapi hal ini tidak disarankan karena beresiko dan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Selain melakukan cara alami, sebaiknya hindari pula hal yang dapat menyebabkan pipi tembem. Semoga jawabannya membantu ^_^

  2. Kalo cowok gampang ,olahraga lima jari yang rutin dan akan terbukti hasilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020