10 Cara Membuat Senyum yang Manis dan Cantik di Foto

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 4 Agustus 2021

Semua orang pasti bisa tersenyum, tapi tidak semuanya bisa menghasilkan senyuman yang manis dan cantik saat sedang difoto. Alih-alih terlihat manis, terkadang senyumannya malah tidak natural sehingga tampak aneh dan janggal. 

Untuk menghasilkan foto yang bagus dengan senyuman yang cantik, ternyata ada triknya, lho! Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak 10 tips berfoto yang sudah dirangkum oleh Kamini di bawah ini!

1. Berlatih dan Rilekskan Wajah

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Berlatih dan Rilekskan Wajah Sebelum Mengambil FotoSumber: pxhere.com

Salah satu kunci untuk menciptakan senyum manis adalah wajah yang rileks. Sebelum mengambil foto, pastikan untuk melemaskan otot-otot wajah, terutama di bagian pipi dan rahang. Lakukan senam wajah secara singkat, misalnya dengan tersenyum lebar, membuka mulut, lalu memanyunkan bibir. Lakukan berulang kali agar wajah tidak tegang.

Setelah melemaskan otot wajah, berlatihlah untuk tersenyum sebelum mengambil foto. Ambil cermin dan mulailah berlatih. Dengan latihan seperti ini, kamu akan lebih mudah tersenyum di depan kamera. Selain itu, berlatih di depan cermin juga membuatmu tahu senyuman seperti apa yang bagus untuk difoto.

2. Pikirkan Hal Menyenangkan

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Pikirkan Hal MenyenangkanSumber: pixabay.com

Saat memikirkan hal yang indah atau menyenangkan, bibir akan otomatis membentuk senyuman, kan? Trik ini bisa kamu coba saat hendak berfoto. Pikirkan sesuatu yang bisa membuatmu senang, entah itu keluarga, kenangan masa lalu, atau memikirkan rencana liburan yang akan datang.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan membayangkan orang yang kamu suka, entah itu pacar atau gebetan. Bayangkan dia sedang berdiri di belakang kamera dan memperhatikanmu. Hal ini pasti akan membuatmu tersipu malu hingga tersenyum.

3. Tersenyum dengan Mata

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Tersenyum dengan MataSumber: pixabay.com

Bibir memang jadi fokus utama ketika membentuk senyuman yang menawan. Tapi bila kamu ingin membuat senyuman yang terlihat manis, jangan hanya menggerakkan bibir atau mulut. Gerakkan otot pipi ke arah atas untuk membuat senyuman yang lebih natural. Selain itu, tersenyumlah dengan matamu.

Mata yang tersenyum bisa digambarkan dengan mata yang agak menyipit. Tapi, bukan menyipitkan mata dengan kelopak mata, melainkan menggerakkan otot di bawah mata. Bila dipadu dengan gerakan otot pipi ke atas, maka mata yang terlihat tersenyum bisa membuat wajahmu tampak lebih cantik dan manis.

4. Perlihatkan Gigi

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Perlihatkan GigiSumber: pixabay.com

Jangan ragu-ragu untuk membuka mulut dan memperlihatkan gigi saat tersenyum. Tunjukkan deretan gigi bagian atas dan tersenyumlah ke arah kamera. Memperlihatkan gigi berarti kamu harus tersenyum lebih lebar. Agar senyuman terlihat tulus dan natural, senyuman mata pun juga harus lebih terlihat.

Agar lebih maksimal, pastikan kamu memiliki tampilan gigi yang mendukung. Senyuman akan terkesan lebih manis dan menarik ketika gigi terlihat sehat, putih, dan bersih. Jadi, pastikan untuk merawat gigi dengan baik bila ingin memiliki senyuman yang cantik saat difoto.

5. Jangan Nyengir

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Jangan NyengirSumber: pixabay.com

Tersenyum tentu berbeda dengan nyengir. Nyengir berarti membuka mulut dan menunjukkan gigi atas dan bawah yang saling mengatup/menutup. Alih-alih terlihat manis, cengiran hanya akan membuat senyummu terlihat aneh, tidak natural, atau bahkan tampak menyeramkan.

Saat tersenyum dengan memperlihatkan gigi, pastikan untuk menunjukkan gigi bagian atas saja. Kalaupun ingin tersenyum lebar dan memperlihatkan gigi bagian atas dan bawah, pastikan agar kedua bagian gigi tersebut tidak menempel seperti saat kamu sedang tertawa.

6. Buat Senyum Natural ala Candid

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Buat Senyum Natural ala CandidSumber: pixabay.com

Senyuman yang paling menarik adalah senyum yang natural alias tidak dibuat-buat. Terkadang memang agak susah untuk menciptakan senyuman seperti ini ketika sedang berada di depan kamera, tapi ada satu trik yang bisa dicoba.

Sebelum difoto, minta tolonglah pada fotografer untuk membuatmu tersenyum lebih dulu, bisa dengan melakukan hal konyol atau menceritakan sebuah lelucon. Ketika kamu mulai tersenyum, fotografer bisa langsung mengambil foto tanpa perlu memberi aba-aba.

Kamu juga bisa meminta tolong pada orang lain selain fotografer untuk membuatmu tersenyum. Minta mereka untuk bercerita, bercanda, atau menunjukkan video lucu. Sementara kamu tersenyum dan fokus ke arah lain, fotografer siap mengambil foto secara candid untuk mendapatkan senyum naturalmu.

7. Senyum dengan Mata Tertutup

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Senyum dengan Mata TertutupSumber: pixabay.com

Mata yang tertutup juga bisa membuat senyuman jadi lebih manis, tapi tentunya kamu tidak bisa sembarangan menutup mata begitu saja seperti sedang tidur. Kalau kamu tersenyum sambil asal-asalan menutup mata tanpa ada teknik/trik lainnya, fotomu akan terlihat hambar.

Saat tersenyum sambil menutup mata, angkat dagu ke atas sehingga kamu terlihat seolah-olah sedang menikmati hembusan angin. Cara lainnya, dengan menunjukkan ekspresi wajah ceria tapi tetap dengan mata tertutup.

Coba bayangkan ketika kamu asyik bercanda dengan teman, lalu mereka usil melempar sesuatu ke arah wajah atau kepalamu, bagaimana reaksi yang ditunjukkan oleh wajah? 

Kamu pasti masih tertawa atau tersenyum lebar, tapi mata akan refleks tertutup, sedangkan otot-otot di sekitar hidung dan mata seperti mengerenyit ke tengah. Senyuman seperti ini juga akan terlihat manis apabila tertangkap oleh kamera. Trik lainnya, kamu tidak perlu menutup kedua mata sekaligus, tapi cukup satu mata seperti sedang berkedip.

8. Senyum Tipis dengan Bibir Agak Terbuka

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Senyum Tipis dengan Bibir Agak TerbukaSumber: pixabay.com

Buat kamu yang ingin menonjolkan keindahan bibir di dalam foto, bisa mencoba trik yang satu ini. Tersenyum tipis dengan bibir yang sedikit terbuka di bagian tengah saja, tapi tidak sampai memperlihatkan gigi. Selain itu, bibir bisa sedikit dimajukan agar keindahan bibirmu lebih menonjol.

Salah satu trik yang bisa dicoba adalah dengan mengatakan kata 'prune' (pelafalan bahasa Inggris). Saat mengucapkan kata tersebut, bagian sudut bibir tetap rapat, sedangkan bagian tengahnya agak terbuka. Trik ini sudah biasa dilakukan untuk menciptakan foto ala model atau selebriti. 

9. Bilang "Money"

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Bilang MoneySumber: pixabay.com

Kata 'cheese' sering diucapkan oleh seseorang yang sedang difoto, tapi ternyata kata ini kurang tepat. Kata yang lebih tepat untuk diucapkan saat sedang difoto adalah 'money'. Trik ini sendiri ternyata sudah cukup umum digunakan di kalangan selebriti maupun di dunia fotografi.

Mengucapkan kata 'cheese' akan membuat senyuman yang kurang natural, bahkan terkesan nyengir karena pengucapan 'ee' yang panjang. Sebaliknya, mengucapkan 'money' akan membentuk senyum yang lebih natural karena sudut bibir terangkat dan bibir hanya terbuka sedikit.

10. Cari Angle yang Tepat

cara membuat senyum yang manis dan cantik di foto_Cari Angle yang TepatSumber: pixabay.com

Tips terakhir yang bisa dicoba untuk membuat senyuman yang manis dan cantik dalam foto adalah dengan permainan angle kamera. Terkadang sudut pengambilan foto bisa berpengaruh pada penampilan atau kecantikan objek yang difoto, tak terkecuali dengan senyuman.

Jadi, carilah angle yang tepat ketika hendak berfoto, apakah difoto dari samping, dari jauh, dizoom, atau difoto dari arah agak ke atas. Setiap orang tentu memiliki angle-nya sendiri-sendiri. Untuk mendapatkan angle yang pas, cobalah berlatih di depan cermin dan tentukan angle mana yang paling pas agar kecantikan senyummu terlihat lebih maksimal.

Nah, bagaimana? Caranya sangat mudah, bukan? Lain kali saat hendak berfoto, cobalah 10 tips di atas agar senyumanmu bisa lebih menawan. Tapi kalau kamu punya cara yang lebih jitu untuk membuat senyuman manis, cantik dan imut di foto, jangan ragu untuk berbagi tips di kolom komentar, ya!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram