Inilah 10 Cara Membujuk Pacar yang Minta Putus sama Kamu

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 November 2019

Pernahkah pacar kamu, tidak ada angin dan tidak ada hujan, tiba-tiba minta putus? Tapi, entah apa pun alasannya, kamu tetap ingin mempertahankan hubungan kalian berdua. Lalu, kiranya bagaimanakah cara membujuk pacar yang minta putus?

Mungkin kamu akan sangat terkejut ketika sang pacar tiba-tiba mengatakan hubungan kalian selesai. Tapi, kalau hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya, atau pacar sering minta putus tanpa alasan, kamu mungkin sudah punya ancang-acang.

Walaupun begitu, ada trik khusus dalam cara agar tidak jadi putus sama pacar, loh. Sahabat Kamini yang sedang galau hatinya, simak lah 10 cara membujuk pacar yang minta putus di bawah ini.

10 Cara Membujuk Pacar yang Minta Putus

1. Jangan Panik

Jangan Panik

* sumber: soundscapemusictherapy.com

Apa yang kamu lakukan ketika si sayang tiba-tiba mengajak putus? Stres? Galau? Panik? Coba tarik napas dulu. Tenangkan pikiran dan tubuh kamu. Pokoknya dalam cara membujuk pacar yang minta putus yang pertama, kamu tidak boleh panik.

Cari kedamaian dengan menyendiri, curhat pada teman, atau lakukan apa pun yang bisa membuat kamu tenang. Jika kamu sudah tenang, maka kamu bakal dapat berpikir dan mengambil keputusan lebih bijak daripada ketika kamu sedang gundah.

2. Mengalihkan Pembicaraan

Mengalihkan Pembicaraan

* sumber: www.huffingtonpost.com

Setelah kamu tenang, coba kamu mengobrol lagi dengan sang pacar. Ketika dia membawa-bawa kata putus, coba alihkan pembicaraan ke hal lain terlebih dahulu. Di sini adalah waktunya kamu mencari tahu, kiranya pacar kamu serius ingin putus atau cuma karena terbawa emosi sesaat.

Misalnya, ketika kalian berdua sedang mengobrol, ungkitlah tentang sekolah, kuliah, kerjaan, teman, atau keluarga. Kamu bisa juga membalasnya dengan bercanda seperti mengatakan "yakin, mau putus?" Tapi, kalau ternyata dia membalas perkataan kamu dengan dingin, itu tandanya dia serius dengan ucapannya. Berarti, dia benar-benar ingin putus sama kamu.

3. Telaah Masalahnya

 Telaah Problem

Ketika sudah tenang, maka kamu akan bisa berpikir lebih jernih. Sekarang waktunya kamu menelaah, kiranya ada masalah apa sehingga pacar kamu minta putus. Karena tidak mungkin dia ingin putus tanpa alasan apa-apa. Baik itu alasan klise seperti kamu terlalu baik buat dia, bosan, kamu terlalu cuek, atau harus fokus sama sekolah/kuliah, tapi itu adalah alasan.

Nah, kamu harus berpikir kira-kira apa alasan pacar kamu memutuskan hubungan kalian. Apakah kamu melakukan kesalahan yang membuat dia sangat kecewa hingga putus adalah jalan terbaik yang dia pikirkan.

4. Dengarkan Alasannya

Dengarkan Alasannya cara membujuk pacar yang minta putus

Tapi, jika otak kamu buntu dan tidak menemukan kiranya alasan dia minta putus, mungkin kamu bisa bertanya langsung padanya. Kamu bisa bertanya melalu chat atau telepon. Tapi, yang paling bagus, sih, bertemu langsung supaya tidak ada kesalahpahaman. Di sini kamu harus menyiapkan hati agar tidak terbawa emosi. Dengarkan pendapat dan permintaan dia kenapa ingin putus dari kamu.

5. Perbaiki Diri

Perbaiki Diri

Sesudah berbicara dengan pacar, kamu akhirnya mengetahui apa yang kurang di hubungan kalian. Misalnya karena kamu terlalu fokus pada kerjaan sampai lupa sama dia. Kamu melupakan janji kamu padanya. Atau mungkin kamu tidak memberikan dia kado saat dia ulang tahun. Minta maaflah, introspeksi diri, dan berusaha memperbaiki yang salah.

Akan tetapi, jika letak kesalahannya bukan dari kamu, maka ada baiknya kamu memikirkan lagi keinginan untuk mempertahankan hubungan kalian. Alasan seperti dia over protective, cemburu tidak jelas, ini dilarang itu dilarang tanpa alasan yang masuk akal, atau dia cari-cari masalah supaya putus dari kamu, lebih baik iyakan saja ajakan dia putus.

6. Bangun Hubungan Lebih Intens

Bangun Hubungan Lebih Intens

* sumber: www.ihdimages.com

Sekarang, mari bangun hubungan yang lebih intim dengan kekasih. Waktunya kamu melakukan cara merayu pacar yang minta putus, yaitu dengan menjadi yang dia inginkan. Kata dia kamu terlalu cuek, maka berusahalah untuk selalu ada untuknya ketika dia butuh kamu.

Kamu bisa juga mengajaknya kencan ke restoran romantis, memboyongnya ke pesta pernikahan teman kamu, mengajaknya datang ke acara keluarga, atau melakukan hal-hal yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya seperti main arcade game atau piknik ke luar kota bersama.

Pokoknya, yakinkan pacarmu kalau kamu serius ingin mempertahankan hubungan. Beritahu dia kalau kamu sangat mencintainya, tunjukkan dan buktikan kalau kamu sangat sayang padanya. Dalam kebersamaan ini, hubungan kamu dan dia yang tadinya renggang bisa kembali menghangat. Dia pun akhirnya bisa mempertimbangkan lagi keinginannya untuk putus.

7. Beri Dia Waktu

Beri Dia Waktu cara membujuk pacar yang minta putus

Mengobrol sudah, introspeksi diri sudah, membujuk sudah, berarti sekarang waktunya kamu untuk memberi dia waktu. Sambil memberi dia ruang dan waktu, kamu juga memberikan hal yang sama untuk diri sendiri. Intinya, sekarang adalah momennya kalian berdua memikirkan kelangsungan hubungan ini.

8. Break Dulu

Relakan Dia cara membujuk pacar yang minta putus

Jika dia butuh waktu yang cukup lama untuk memikirkan kelangsungan hubungan kalian, mungkin ada baiknya juga kamu memilih break. Berbeda dengan putus, break adalah waktu di mana kalian berdua tidak berhubungan tapi statusnya masih pacaran.

Ketika sama-sama jauh seperti ini, kalian berdua akan sadar, apakah kalian kangen atau justru nyaman dengan kerenggangan ini. Kalau ternyata kalian berdua sama-sama kangen, berarti hubungan ini bisa diselamatkan. Sebaliknya, jika salah satu dari kalian ada yang baik-baik saja, berarti mungkin waktu break ini bisa berlanjut menjadi putus sungguhan.

9. Hormati Keputusannya

Hormati Keputusannya

Semua cara menolak putus dari pacar di atas sudah kamu lakukan, tapi dia tetap kekeuh ingin putus? Tidak apa-apa. Hormatilah keinginannya. Sedih, kecewa, sakit hati itu pasti kamu rasakan. Tapi, putus bukanlah akhir dunia. Tetaplah menjadi teman yang baik untuk satu sama lain walaupun kalian sudah tidak pacaran lagi.

10. Relakan Dia

Relakan Dia

Siapa yang tidak sakit hati ketika putus cinta? Pasti semua orang merasakannya. Tapi, jangan jadikan hal ini sebagai batu hambatan untuk kamu melanjutkan hidup. Move on lah, cari pacar baru, cari hal-hal yang membuat kamu lupa padanya, lakukan hal yang membuat kamu semangat.

Toh, kalau kamu memang jodoh dia, nanti juga akan ada masanya kalian kembali bersama. Tapi, kalau ternyata kalian tidak berjodoh, berarti masing-masing dari kalian punya jodoh yang terbaik yang sudah Tuhan siapkan.

Di atas tadi adalah 10 cara membujuk pacar yang minta putus ala Kamini. Semoga dengan artikel ini kamu jadi lebih bisa bersikap ketika pacar tiba-tiba mengajak putus. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara ngajak mantan balikan, baca di sini, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram