Kamini.id / Tips Fashion / 5 Cara Memilih Bra Yang Benar agar Payudara Sehat dan Indah

5 Cara Memilih Bra Yang Benar agar Payudara Sehat dan Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Banyak sekali jenis bra yang dijual di pasaran, seperti push up bra, sport bra, wireless bra, full support bra, dan masih banyak lagi macamnya. Namun ingat, kamu tidak boleh memilih sembarang bra. Bra yang tidak pas ukurannya, atau talinya bisa membuat bahu dan leher kamu sakit, dan bahkan bisa menyebabkan penyakit yang menakutkan, yaitu kanker payudara.

Mengerikan bukan? Oleh karena itu, jangan anggap remeh pemilihan bra karena dampaknya bisa mengganggu kesehatanmu. Lalu, bagaimana cara memilih bra yang benar? Jika kamu kebingungan memilih bra, berikut cara memilih bra yang tepat dari Kamini agar payudara kamu tetap sehat dan indah.

Bahaya Pemilihan Bra yang Tidak Tepat

Sebelum membahas bagaimana cara memilih bra yang tepat, terlebih dahulu, kenali bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan oleh pemilihan bra yang kurang tepat menurut Cazaro Lingerie.

  • Sakit Punggung
Sakit Punggung

* sumber: www.womenfitness.net

Memilih bra dengan ukuran yang tidak tepat dapat menyebabkan seseorang mengalami ketidaknyamanan dan sakit punggung. Umumnya kasus ini terjadi pada perempuan yang memiliki payudara dengan ukuran yang besar.

Jika ukuran tidak tepat, maka payudara tidak tersangga dengan baik dan karena pengaruh gravitasi, perempuan dengan payudara besar akan cenderung untuk membungkuk. Sebagai akibatnya, mereka akan merasakan sakit di sekitar pinggul. Sebaliknya, jika bra terlalu sempit, akan menekan tulang rusuk. Bagi mereka yang memakai bra terlalu kecil, jangan heran jika menderita sakit punggung.

  • Sakit Payudara
Sakit Payudara

* sumber: www.straitstimes.com

Salah satu efek buruk penggunaan bra yang tidak tepat adalah sakit payudara, yang sakitnya seperti terjepit. Payudara akan terasa nyeri jika bra terlalu kecil. Beberapa orang cenderung melonggarkan under band agar bisa meredakan rasa sakit di otot. Ada juga yang berpikir rasa sakit itu karena gangguan pencernaan atau salah posisi tidur. Untuk menghilangkan rasa sakit, coba buka kaitan bra.

Jadi, lain kali pilihlah bra dengan ukuran yang tepat agar terhindar dari sakit payudara.

  • Sakit Leher dan Bahu
Sakit Leher dan Bahu

* sumber: www.ba-bamail.com

Dampak lain dari bra yang terlalu ketat atau kecil, bahumu akan terasa sakit karena tekanan sebagai akibat dari susahnya mengangkat lengan karena ukuran bra yang kecil tadi. Bahu yang tertekan akan menjadi tegang dan ketegangan itu bisa menjalar ke leher dan mengakibatkan rasa sakit yang lebih parah.

  • Payudara yang Kendur
Payudara yang Kendur

* sumber: www.healthline.com

Kebalikan dari bra yang ketat adalah bra yang longgar. Sama halnya dengan bra yang ketat, bra yang longgar pun akan menyebabkan masalah pada payudaramu. Bra longgar akan membuat payudaramu tak tersangga dengan baik sehingga membuatnya menjadi kendur. Payudara memiliki ligamen yang akan merenggang jika tak tersangga dengan baik saat bergerak naik turun.

Payudaramu akan kendur dan bahumu akan membungkuk. Di samping itu, kamu akan mengalami gangguan postural yang menyebabkan rasa sakit jika bra terlalu besar dan tak menyangga payudara dengan baik.

  • Kulit Lecet
Kulit Lecet

* sumber: stickeebra.com

Pemakaian bra yang tidak pas ukurannya akan menyebabkan kulit di sekitar payudara menjadi lecet. Umumnya ini terjadi pada bra dengan ukuran yang terlalu kecil. Kamu juga bisa mengalami iritasi kulit jika tali bra terlalu ketat. Selain itu, tali yang ketat bisa menyebabkan aliran darah berkurang sehingga dapat mempengaruhi syaraf dan menyebabkan sakit kepala.

  • Penyumbatan Kelenjar Getah Bening
Penyumbatan Kelenjar Getah Bening

* sumber: www.verywellhealth.com

Tekanan minimal pada payudara dapat mengakibatkan katup juga pembuluh limfa menutup karena pembuluh tersebut sangat tipis serta sensitif terhadap tekanan. Ukuran cup bra yang terlalu kecil dari ukuran payudaramu dapat mengakibatkan kegagalan kelenjar getah bening.

  • Dapat Memicu Kanker Payudara
Dapat Memicu Kanker Payudara

* sumber: myrepublica.nagariknetwork.com

Efek paling ekstrem dari penggunaan bra yang tidak tepat kemungkinan terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh ukuran bra yang terlalu ketat sehingga memblok aliran darah menuju payudara.

Cara Memilih Bra yang Tepat

1. Mulai dengan Melakukan Pengukuran

Alih-alih membeli bra yang pas dengan ukuran payudara, sebagian perempuan memilih bra dengan ukuran yang mereka inginkan. Hasilnya, cup bra terlalu besar atau terlalu kecil. Untuk tahu ukuran yang kamu butuhkan, cobalah ukur terlebih dahulu. Namun perlu diingat, ukuran ini mungkin tidak terlalu akurat karena tiap label memiliki ukuran yang berbeda dan bentuk badanmu juga unik.

Berikut bagian yang harus kamu ukur:

  • Under Band
Under Band

* sumber: www.gorgeautiful.com

Jika ukuran bra kamu tepat, sekitar 80% payudara dapat tersangga dengan baik oleh bra band. Sisa 20% lagi oleh tali bra. Penting bagi kamu untuk memakai ukuran band yang tepat karena beban payudaramu akan tersangga lebih banyak oleh band dibandingkan oleh tali bra.

Bagaimana cara mengukur band yang sesuai dengan ukuranmu?

  1. Turunkan lenganmu. Gunakan pita pengukur, lalu ukur dengan pita tadi secara horizontal dan pita ukur harus menempel di tubuhmu dengan pas. Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, kamu bisa minta teman atau orang lain untuk membantu mengukurnya.
  2. Pakai bra yang kamu punya lalu berdiri menyamping dan lihatlah ke arah cermin. Lihatlah posisi band bra yang kamu pakai. Apakah band melingkari di tubuh bagian belakang sejajar dengan bagian bawah cup bra? Atau apakah posisinya lebih naik ke atas? Jika posisi band bagian belakang terlalu atas, maka payudara akan terlalu rendah ke depan. Band yang pas akan menghindarkan payudara dari menjadi kendur.
  3. Jika band terlalu kencang maka kaitan bra akan tertarik. Itu artinya, band bra terlalu kecil ukurannya.
  • Dada
Dada

* sumber: www.gorgeautiful.com

Pakai bra yang paling nyaman, tapi bukan push up bra. Lingkarkan pita ukur secara horizontal pada payudara, melewati bagian terluar tanpa menekannya. Ukuran ini untuk menentukan ukuran cup yang pas dengan ukuran payudaramu. Namun ukuran cup di suatu negara biasanya beda dengan negara lain. Gunakan ukuran yang ada sebagai pembanding agar bisa menentukan cup yang pas.

Ukuran cup akan berubah sesuai dengan berat badan. Jadi jika tubuh berubah, ukur kembali agar mendapatkan ukuran cup yang tepat.

2. Perhatikan Kain Kecil di Bagian Tengah

Perhatikan Kain Kecil di Bagian Tengah

* sumber: www.alreadypretty.com

Perhatikan kain kecil atau gore yang terletak di antara cup yang menempel tulang dada (sternum), jika kamu merasa ada yang kurang pas dengan bra yang kamu kenakan. Disebut juga dengan istilah “tacking”, bagian ini membantu mengaitkan bra. Jika kain kecil itu bergerak-gerak dan tidak berada tepat di posisinya, maka payudaramu bergeser dan bergoyang-goyang dalam cup.

FYI: Gore hanya ada pada bra yang memakai kawat.

3. Apakah Tali atau Strap Bra Sudah Pas?

Apakah Tali atau Strap Bra Sudah Pas

* sumber: www.more.com

Jika tali-tali itu menekan bahu, tali-tali tersebut memiliki beban yang terlalu berat ketika menyangga payudaramu. Artinya, under band tidak cukup menyangga payudara. Mungkin diperlukan under band dengan ukuran yang lebih kecil.

Apakah Tali atau Strap Bra Sudah Pas 2

* sumber: www.aliexpress.com

Kencangkan tali jika sering melorot atau jatuh, tapi jangan terlalu ketat. Untuk bahu yang agak bundar, tersedia pilihan racerback bra (bra dengan tali menyilang di belakang atau berbentuk V). Selain itu, bisa juga menggunakan racerback converter pada tali bra bagian belakang untuk mengikat kedua tali agar tali tidak terjatuh atau melorot.

4. Jika Ukuran Payudara Berbeda Satu Sama Lain

Jika Ukuran Payudara Berbeda Satu Sama Lain

* sumber: ikw.com.my

Adalah hal yang normal jika ukuran payudara yang kanan dan kiri berbeda. Jika perbedaan ukurannya sangat kentara, kamu bisa menambahkan bantalan yang terbuat dari silikon atau busa pada sisi payudara dengan ukuran lebih kecil.

5. Perhatikan Penampilannya

Perhatikan Penampilannya

* sumber: www.frecklesinapril.com

Setelah mendapatkan bra dengan ukuran yang tepat, cobalah bra tersebut dengan memakai t-shirt di luarnya. Perhatikanlah bentuk bra tadi, apakah ada perbedaan? Cek model bra yang dipakai apakah tidak terlihat menggelembung atau menonjol.

Seperti halnya memilih sepatu atau baju, memilih bra pun harus yang tepat ukurannya karena alih-alih kamu merasa nyaman, bra yang kamu pakai malah membuat kamu kesakitan dan terlihat tidak nyaman ketika dipakai. Apakah kamu sudah mengukur dengan benar bra yang kamu pakai? Apakah ukurannya sudah pas untukmu? Temukan bra yang cocok di Bukalapak lewat link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar