Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit

10 Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2018

Foundation merupakan benda yang paling penting dalam riasan wajah. Jika tidak punya banyak waktu, foundation saja sudah cukup untuk menutupi kekurangan pada wajah. Foundation hadir dalam shade atau warna yang berbeda karena warna kulit setiap orang pun berbeda-beda. Tapi, masalahnya, tidak semua orang tahu cara memilih warna foundation yang tepat.

Jangan merasa payah jika Anda kesulitan menemukan shade foundation yang tepat, karena menurut penelitian, hanya 15% orang yang dapat menemukan warna foundation yang benar-benar sesuai dengan kulitnya.

Lalu, bagaimana dengan sisanya? Ternyata, kebanyakan orang menggunakan shade foundation yang agak mirip dengan warna kulit alami atau mix n match sampai warna foundationnya jadi sesuai.

Anda ingin tahu shade foundation yang cocok untuk kulit putih, untuk kulit sawo matang, atau untuk kulit gelap? Supaya Anda tidak bingung dan salah pilih warna foundie lagi, simak ulasan Kamini tentang cara memilih foundation sesuai warna kulit dan kebutuhan Anda. Yuk!

10 Cara Memilih Warna Foundation yang Tepat

1. Ketahui Warna Dasar Kulit

Skintone cara memilih warna foundation

Cara memilih warna foundation yang paling dasar adalah dengan mengetahui skintone alias warna dasar kulit. Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya mengenal istilah kulit putih, kuning langsat, dan sawo matang. Sebenarnya, warna kulit bukan dibagi berdasarkan yang terlihat dari luar, melainkan dari warna pembuluh darah setiap orang.

Ada tiga skintone, yaitu Cool, Neutral, dan Warm. Orang dengan skintone Cool memiliki pembuluh darah berwarna biru tua dan ungu muda. Orang dengan warna dasar kulit Neutral biasanya memiliki pembuluh darah warna hijau tua, biru muda, dan biru tua. Sedangkan Warm undertone biasanya memiliki vena berwarna cokelat dan hijau tua.

Nah, coba lihat pembuluh darah pada nadi Anda, warna apakah yang terlihat? Jika Anda telah mengetahui warna dasar kulit, maka mencari shade foundation akan jadi lebih mudah lagi. Karena, biasanya brand kosmetik melabelkan produk mereka berdasarkan skintone atau undertone.

2. Coba Banyak Foundation Bersamaan

Coba Banyak Foundation Bersamaan bareMinerals bareSkin Pure Brightening Serum Foundation Merk Foundation untuk Kulit Sensitif

Setelah mengetahui warna dasar kulit Anda, sekarang saatnya mengetes foundation langsung ke kulit. Tapi, jangan cuma coba satu foundation saja, tapi cobalah beberapa foundation di saat yang bersamaan. Hal ini berguna untuk mengetahui foundation mana yang paling cocok di kulit Anda.

Jangan pernah membeli foundation berdasarkan warna yang terlihat dari botol, karena warna tersebut akan terlihat berbeda ketika diaplikasikan ke kulit. Jika Anda membeli foundation di toko kosmetik besar, semua shade foundation akan memiliki Tester.

Nah, cobalah semua warna yang Anda rasa cocok untuk Anda. Tidak perlu malu atau takut ditegur oleh pegawai, karena mencoba makeup sebelum membeli adalah hak Anda.

3. Coba Foundation di Rahang Bawah

Coba Foundation di Rahang Bawah cara memilih warna foundation

* sumber: www.dailylifeforever52.com

Apakah Anda suka mencoba foundation di nadi atau di kulit tangan? Cara itu sebenarnya kurang tepat, karena kulit wajah berbeda dengan kulit tangan. Cara memilih warna foundation yang paling benar adalah dengan mengetesnya pada rahang bawah atau pada leher atas.

Foto di atas merupakan perbandingan ketika mengoleskan foundation di tangan dan di leher. Ketika mencoba foundation di tangan, warna foundation yang kelihatan match adalah yang shade nomor 2, bukan?

Tetapi, ketika dicoba pada leher atas, sebenarnya warna foundation yang paling pas untuk kulit tersebut adalah foundation nomor 1. Sekarang mengerti, kan, kenapa Anda harus mencoba foundation di rahang atau leher bukannya di tangan?

Saat mencoba foundation pun jangan asal oles, lihat, dan langsung menentukan, loh. Anda perlu menunggu selama beberapa menit untuk foundation mem-blend dengan kulit Anda. Jika setelah beberapa menit diaplikasikan warna tersebut benar-benar mirip dengan warna kulit Anda, selamat, berarti Anda telah menemukan jodoh foundation Anda!

4. Coba Foundation di Tempat Terang

Coba Foundation di Tempat Terang

* sumber: reductress.com

Ketika membeli foundation di toko kosmetik biasanya akan tersedia vanity alias meja rias. Dan, jika meja rias di toko kosmetik tersebut memiliki lampu yang terang natural (tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang), maka jadilah langganan di toko tersebut, karena toko itu telah memenuhi standar make up store yang baik. Kenapa? Karena ketika mencoba kosmetik, Anda harus mendapatkan penerangan yang cukup.

5. Tanya Pendapat Orang

Tanya Pendapat Orang

* sumber: www.shutterstock.com

Jika masih belum yakin, tanyakan pada pegawai toko kosmetik tersebut. Manakah kiranya shade foundation yang paling cocok untuk kulit Anda. Atau, jika Anda sedang makeup shopping bersama teman, tanyakanlah pendapat teman Anda mengenai pilihan foundation Anda.

6. Ganti Setiap Musim

Ganti Setiap Musim

* sumber: roymarkcorrales.wordpress.com

Mungkin Anda berpikir kalau foundation itu cocok untuk digunakan sepanjang tahun. Padahal, foundation itu seasonal alias harus dicocokkan juga berdasarkan musim. Foundation yang Anda pakai mungkin cocok ketika dipakai saat musim penghujan. Tapi, ketika dipakai saat panas terik, warna foundationnya bisa jadi terlihat terlalu terang atau terlalu gelap.

Maka dari itu, selalu tes ulang foundation yang Anda gunakan ketika menginjak musim yang berbeda. Jika foundation Anda ternyata bisa digunakan untuk kedua musim, berarti bagus, Anda tak perlu belanja lagi. Tapi, jika warnanya agak berubah di kulit Anda, yuk belanja lagi foundation yang baru. Ingin tahu list foundation yang bagus? Baca di sini.

7. Mix n Match

Mix n Match

* sumber: correctormakeup.blogspot.co.id

Jika brand kosmetik kesayangan Anda tidak memiliki shade foundation yang cocok buat Anda, tak perlu bersedih, campurkan saja beberapa foundation hingga Anda mendapatkan warna yang sesuai. Biasanya sih mencampur dua foundation juga sudah cukup, tapi kadang ada yang suka mencampurnya juga dengan tinted moisturizer dan BB cream.

Anda dapat mencampur foundation di tangan, aduk dengan kuas atau jari Anda hingga warnanya merata. Atau, Anda bisa juga menggunakan mixing pallete yang dapat membantu Anda mencampur foundation, eye shadow, lipstik, eyeliner, dan segala kebutuhan Anda. Produk ini dapat dibeli secara online di Lazada lewat link ini.

8. Tentukan Look yang Diinginkan

Tentukan Look yang Diinginkan

Cara memilih warna foundation yang ke-8 adalah dengan menentukan look yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin melakukan Korean-Chinese-Japanese-British make up look? Maka, pilihlah warna foundation yang satu tingkat lebih cerah daripada skintone Anda.

Jika Anda ingin membuat Arabian-American make up look, pilih shade foundation yang satu tingkat lebih gelap dari kulit Anda. Lalu, jika Anda mau mengikuti warna kulit Anda sendiri maka pilihlah yang paling pas untuk warna foundationnya.

9. Tentukan Coverage yang Diinginkan

Tentukan Coverage yang Diinginkan

Coverage adalah kekuatan si foundation untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah Anda. Jika Anda lebih suka natural look, pilihlah foundation dengan sheer coverage (tipis). Tapi, kalau Anda lebih suka makeup yang flawless, pilih lah full coverage foundation.

Tapi, sebenarnya kembali lagi pada cara pengaplikasiannya. Sheer coverage foundation jika dipakai cukup banyak dan Anda tahu cara pakainya bisa juga jadi full coverage, dan begitu pula sebaliknya.

10. Sesuaikan Jenis dan Kebutuhan Kulit

Sesuaikan Jenis dan Kebutuhan Kulit

* sumber: www.clearessence.com

Selain warna, yang perlu diperhatikan dalam memilih foundation adalah jenis dan masalah kulit Anda. Apakah kulit Anda kering, sensitif, berminyak, atau sudah muncul tanda penuaan? Semua itu Anda sendiri yang tahu. Maka, carilah jenis foundation yang paling tepat untuk mengakali masalah pada kulit Anda dengan baik.

Itulah sepuluh cara memilih warna foundation sesuai kebutuhan dan warna kulit versi Kamini. Apakah Anda masih bingung dalam beberapa poin yang telah kami jelaskan di atas? Jika Anda masih kurang paham cara menentukan foundation agar cocok di kulit, terlepas dari masalah warna saja, baca artikel cara memilih foundation ini, yuk!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment