Kamini.id / Warna Lipstik / Cara Memilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Warna Kulit

Cara Memilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Warna Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pink, merah, ungu, nude, cokelat, oranye, hitam, peach, biru, hitam… Saking banyaknya warna yang tersedia untuk lipstik, rasanya tidak mungkin untuk disebutkan satu per satu, karena warna lipstik memang tidak terbatas.

Bayangkan, untuk warna pink saja ada pink pucat, pink magenta, pink stabilo, dan masih banyak lagi. Dan ini tidak hanya untuk warna pink saja, tapi berlaku untuk semua warna! Hal ini mungkin agak memusingkan jika Anda masih pemula dalam bidang make up.

Warna-warna pada lipstik memang sangat menarik. Akan tetapi, tidak semua warna akan terlihat cocok pada bibir Anda. Hal ini dipengaruhi oleh warna dasar kulit Anda. Apakah Anda sudah membaca cara membedakan warna dasar kulit pada artikel cara memilih foundation? Jika belum, Kamini akan menjelaskannya lagi di sini, karena langkah pertama cara memilih warna lipstik yang tepat adalah dengan mengetahui warna dasar kulit Anda.

Ketahui Warna Dasar Kulit

warna dasar kulit

Warna dasar tidak ditentukan melalui warna kulit yang terlihat, seperti lebih terang atau lebih gelap, melainkan dikategorikan menjadi tiga dengan warna pembuluh darah sebagai pembandingnya, yaitu: cool, neutral, dan warm. Untuk dapat mengetahui warna dasar kulit Anda, berjemurlah di bawah sinar matahari langsung, lalu lihat pembuluh darah pada wajah atau nadi Anda.

Warna dasar kulit cool adalah untuk orang dengan pembuluh darah berwarna biru atau ungu. Rata-rata pemilik warna dasar kulit cool, kulitnya terlihat lebih pucat dan terang. Biasanya pemiliknya adalah orang Eropa, Amerika, dan sekitarnya.

Jika kulit wajah pemilik warna dasar ini terkena sinar matahari langsung akan memerah. Ciri lainnya adalah pada kulit wajah terdapat bintik-bintik dan kulitnya mudah terbakar jika terpapar sinar matahari secara langsung.

Warna dasar kulit neutral adalah untuk orang dengan pembuluh darah berwarna hijau hingga biru. Rata-rata pemilik warna dasar kulit neutralkulitnya terlihat agak kuning hingga sawo matang. Biasanya pemiliknya adalah orang Asia, Australia, dan sekitarnya. Jika kulit wajah pemilik warna dasar ini terkena sinar matahari langsung warna kulitnya akan sedikit memerah.

Terakhir, warna dasar kulit warm adalah untuk orang dengan pembuluh darah yang tidak terlalu jelas berwarna biru ataupun hijau. Biasanya pemiliknya adalah orang Papua Nugini, India, Afrika, dan sekitarnya. Jika kulit wajah pemilik warna dasar ini terkena sinar matahari langsung warna kulitnya akan terlihat bronze berkilau.

Pilih Warna Lipstik

pilih warna lipstik

Sebenarnya memilih warna lipstik yang cocok untuk Anda tidak semerta-merta harus mengikuti warna dasar kulit. Hanya saja, untuk mendapatkan penampilan yang terbaik, sebaiknya ikuti Cara Memilih Warna Lipstik berikut ini.

  • Warna Dasar Kulit Cool

Dapat dilihat pada gambar, warna lipstik yang cocok untuk warna dasar kulit cool terdapat pada tabel Fair. Jika Anda berkulit terang, untuk mendapatkan natural look, cobalah untuk menggunakan warna lipstik natural seperti yang berwarna pink, pink pastel, atau pink magenta.

Untuk mendapatkan tampilan yang simpel, gunakanlah lipstik warna nude (warna kulit), koral, krem, atau peach. Untuk mendapatkan tampilan yang seksi, gunakanlah lipstik warna merah cerah, merah marun, hingga merah kecoklatan.

  • Warna Dasar Kulit Neutral

Silakan perhatikan gambar di atas, warna lipstik yang cocok untuk warna dasar kulit neutral terdapat pada tabel Medium. Jika kulit Anda terlihat kuning langsat, untuk mendapatkan natural look, Anda cocok menggunakan lipstik warna pink yang agak tua dan pink-peach.

Untuk mendapatkan tampilan simpel, gunakanlah lipstik warna soft peach hingga peach gelap. Untuk mendapatkan sexy look, gunakanlah lipstik berwarna merah menyala atau oranye terang.

  • Warna Dasar Kulit Warm

Untuk warna dasar kulit warm sebenarnya memiliki beberapa shade, mulai dari sawo matang, tan, cokelat gelap, hingga hitam.

Jika Anda berkulit sawo matang dan tan, gunakanlah lipstik berwarna pink pastel gelap atau pink stabilo untuk natural look. Jika Anda ingin penampilan yang simpel tapi mewah, gunakanlah lipstik berwarna cokelat muda hingga peach gelap.

Terakhir, untuk mendapatkan penampilan sexy, dianjurkan untuk menggunakan lipstik berwarna ungu magenta dan cokelat kemerahan. Itulah warna-warna yang cocok untuk kulit sawo matang dan tan.

Jika Anda berkulit cokelat tua hingga hitam, untuk mendapatkan natural look, gunakanlah lipstik warna ungu muda atau ungu tua. Warna tersebut akan terlihat sangat cocok dengan kulit Anda. Untuk mendapatkan penampilan simpel, gunakanlah lipstik berwarna cokelat muda hingga cokelat tua.

Terakhir, jika Anda ingin mendapatkan penampilan seksi, gunakanlah lipstik berwarna ungu kemerahan dan merah bata terang. Itulah warna-warna lipstik yang cocok untuk kulit gelap.

Karena warna dan shade lipstik tidak terbatas, mungkin Anda akan sedikit kebingungan dengan warna merah, merah marun, merah bata, dan merah lainnya. Maka dari itu, Kamini akan memberikan contoh warna merah mana yang cocok untuk warna dasar kulit Anda:

Cara Memilih Warna Lipstik

  • Orang dengan warna dasar kulit cool atau putih pucat akan cocok dengan lipstik warna merah yang tidak terlalu menyala, seperti merah-koral atau merah-raspberry, atau merah anggur.
  • Orang dengan warna dasar kulit neutral akan cocok dengan lipstik warna strong red atau merah-pink.
  • Orang dengan warna dasar kulit warm akan cocok dengan lipstik warna merah cerah, merah terang, atau merah ceri. Lipstik warna merah-oranye juga cocok untuk kulit sawo matang.

Itulah cara memilih warna lipstik sesuai dengan warna dasar kulit Anda. Walaupun Kamini telah memberikan masukan, pada akhirnya semua kembali pada Anda. Jika Anda percaya diri, semua warna akan terlihat cocok pada Anda. Jadi, jangan berhenti bereksplorasi hanya karena takut tidak cocok.

Selamat mempercantik diri dengan lipstik. Jika Anda memiliki tips memilih lipstik yang lainnya, silahkan bagikan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *