Kamini.id / Calon Mertua / Keep Calm! Ini 10 Cara Meminta Izin Ke Orang Tua Pacar

Keep Calm! Ini 10 Cara Meminta Izin Ke Orang Tua Pacar

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Ada yang masih malu-malu, bingung, atau mungkin takut waktu mau meminta izin ke orang tua kekasih? Jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu. Memang nggak semua orang langsung berani karena nggak semua orang tahu caranya.

Meskipun status kita adalah pacarnya, kita perlu ingat kalau masih ada orang tua dia yang harus kita hormati. Bagaimana pun orang tua pacar adalah orang pertama yang paling berhak atas apapun yang terjadi pada pacar kita. Jadi, sudah seharusnya kalau kita perlu meminta  ke orang tua pacar.

Meminta  adalah bentuk keseriusan dan tanggung jawab. Kalau kita mengajak pacar kita pergi dan meminta  ke orang tuanya dulu, secara nggak langsung kita sudah menegaskan kalau kita siap bertanggung jawab.

Namanya orang tua pasti akan merasa khawatir kalau anaknya lagi pergi sama seseorang. Dengan meminta , mereka akan lebih tenang karena tahu pergi sama siapa ke mana. Mereka juga akan mengingat kita sebagai orang yang bertanggung jawab. Cara yang baik untuk mengambil hati orang tua pacar sehingga mempercayakan anak mereka untuk kita jaga.

Bagaimana caranya? Itu yang akan dibahas oleh Kamini dalam artikel ini. Cara yang akan tertulis bukan cara yang sangat sulit. Jadi, bisa dilakukan oleh siapapun. Kamu cuma perlu membawa keberanianmu saja.

1. Temui Langsung

* sumber: www.rd.com

Benar kalau sekarang ini adalah era serba mudah karena pengaruh teknologi. Kita nggak perlu ada di tempat yang sama supaya bisa saling bicara. Bisa lewat sambungan telepon atau pesan singkat. Itu benar, tetapi bukan yang terbaik untuk urusan meminta  ke orang tua pacar.

Temui mereka secara langsung. Cara itu terasa lebih hangat dan sopan di mata mereka. Mereka akan lebih mudah yakin dan percaya kalau kamu datang dan menemui langsung ketika meminta. Nggak cuma lewat ponsel saja.

Kalau kamu lagi jemput pacarmu sebelum pergi, cobalah turun dan ketuk pintu dengan sopan. Jangan cuma menunggu di depan dan meminta pacarmu keluar menemuimu. Tindakan seperti ini menunjukan sikap seseorang yang berani bertanggung jawab. Jadi, temuilah mereka secara langsung.

2. Berpakaian Rapi

* sumber: read.getsgirlfriend.com

Suka atau nggak, cara orang berpakaian akan mempengaruhi penilaian orang lain atas orang tersebut. Nggak perlu berlebihan, cukuplah menerapkan prinsip bebas tapi sopan. Kamu pasti tahu apa ukuran bebas tapi sopan tersebut.

Bayangkan kalau kamu adalah orang tua dan ada seseorang berpenampilan berantakan ingin mengajak anakmu pergi, apa kamu akan bisa melepas anakmu dengan tenang? Nggak, kan? Maka tampilah sebaik mungkin. Nggak perlu pakaian yang mahal, cukup rapi dan bersih kok.

3. Mengatur Tata Bahasa

* sumber: www.sunsigns.org

Ini termasuk cara meminta  ke orang tua pacar paling menentukan. Apakah kamu akan diizinkan atau nggak? Bahasa yang kamu gunakan sangat mempengaruhi penilaian mereka terhadap kamu. Setelah kamu hadir dengan penampilan yang rapi, selanjutnya mereka akan menilai kamu dari bahasa.

Cara kamu berkomunikasi dengan mereka akan mempengaruhi bagaimana hubungan kamu dengan mereka nantinya. Apakah akan kaku dan dingin? Atau akan mengalir karena nyaman? Gunakan bahasa yang sopan tetapi santai, nggak formal seperti kita berkomunikasi dengan orang asing.

Pilih kosakata yang biasa digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua. Kalau kamu bukan orang yang pandai bicara, kamu bisa meluangkan waktu untuk berlatih di depan cermin. Percayalah, itu bukan tindakan yang aneh. Dengan berlatih, lama-lama kamu akan terbiasa kok.

4. Menegaskan Tujuan

* sumber: lilpickmeup.com

Orang tua mana yang akan melepas anaknya pergi tanpa tujuan? Maka dari itu, tegaskan tujuan kedatanganmu waktu meminta  ke orang tua pacar. Nggak perlu terlalu detil, minimal mereka akan tahu anaknya akan dibawa pergi ke mana.

Apakah kamu akan menonton konser musik? Apakah kamu akan menonton film di bioskop? Atau kamu cuma akan makan malam biasa sambil mengobrol? Tegaskan kepada mereka tujuan kamu meminta .

5. Memberi Kepastian

* sumber: www.thegentlemansjournal.com

Kamu tahu nggak kalau semua orang tua pasti merasa khawatir kalau anaknya belum pulang ke rumah? Jadi, waktu kamu meminta  ke orang tua pacar beri mereka kepastian kalau kamu akan mengantar lagi ke rumah jam sekian.

Dengan begitu, orang tua pacar jadi bisa memperkirakan anaknya akan berada di rumah lagi jam berapa. Kamu sendiri juga jadi punya ukuran kapan harus mengantar pacarmu kembali ke rumah. Kita semua tahu kalau kepastian memberikan ketenangan, maka berikan itu waktu kamu minta  ke orang tua pacarmu.

6. Memperkenalkan Diri dengan Obrolan Ringan

* sumber: sohedid.com

Ini bisa mempererat hubungan kamu dengan mereka dan menumbuhkan rasa percaya mereka ke kamu. Untuk orang tua, mengenal seseorang yang mengajak anaknya pergi akan memberi ketengan sendiri.

Kamu bisa membuat ini menjadi sebuah obrolan kasual. Seperti dua orang yang sedang berbagi cerita. Kamu juga bisa menceritakan tentang tempat yang akan dikunjungi dan kenapa kamu memilih tempat itu. Dengan begini, hubungan kamu dengan orang tua pacar akan semakin mencair.

Kalau kamu berhasil membangun kesan yang menyenangkan, di kemudian hari kamu akan semakin dimudahkan. Meminta  ke orang tua pacar nggak cuma sekali saja, kan? Jadi, penting adanya untuk membangun obrolan ringan tetapi menyenangkan setiap kali kamu bertemu dengan orang tua pacar.

7. Menjaga Bahasa Tubuh

* sumber: www.huffpost.com

Selain kata-kata, bahasa tubuh juga penting. Kamu juga pasti pernah merasa risih pada seseorang karena bahasa tubuhnya? Jadi perhatikan bahasa tubuhmu, jangan sampai orang tua pacar salah menilai diri kamu karena bahasa tubuh yang nggak dijaga. Jangan sampai melupakan bahasa tubuh paling umum yang menandakan sopan santun seperti membungkukkan badan dan bersalaman.

Seharusnya nggak sulit karena kamu pasti sering berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Namun, bisa jadi kesulitannya berbeda karena ini adalah orang tua pacar yang mungkin akan sering kamu temui. Posisi mereka tentu penting untuk hubungan kamu dengan pacarmu. Jadi, kamu butuh usaha lebih untuk menjaga bahasa tubuh.

8. Memberi Nomor Kontak

* sumber: www.rd.com

Memberi nomor kontak berarti kamu sudah menegaskan kalau kamu bersedia bertanggung jawab. Kamu bersedia ditanyai kalau nantinya ada apa-apa. Seperti kalau kamu telat mengantar dia pulang ke rumah.

Sikap ini akan menumbuhkan rasa percaya orang tua pacar terhadap kamu. Secara nggak langsung, kamu bilang ke mereka kalau kamu nggak akan susah dicari. Kamu juga bersedia dihubungi kapanpun mereka butuh.

9. Berkomitmen

* sumber: www.rd.com

Bagi orang tua, komitmen sangat penting. Jadi, akan lebih baik kalau kamu memberikan itu sebelum mereka meminta. Komitmen nggak melulu tentang hal besar. Malah, komitmen dimulai dari hal-hal kecil.

Bentuknya bisa kalimat kasual berupa, “saya janji Om Tante, kalau diizinkan anaknya akan saya antar lagi dalam keadaan utuh, hehe.” Tinggal sesuaikan dengan gaya bahasamu sendiri. Sesuaikan juga dengan maksud dan tujuan kamu meminta.

10. Menanyakan Pendapat Mereka

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=jTuF_omL2rQ

Waktu kamu meminta , artinya ada risiko kalau permintaan kamu ditolak. Kamu harus menerima kemungkinan terburuk itu sebelum benar-benar terjadi. Maka, kamu akan lebih siap nanti.

Jangan memaksa berarti, tetap mengembalikan keputusan kepada orang tua pacarmu. Kamu sedang meminta , bukan cuma memberi kabar. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan pendapat mereka. Nggak susah kok, kalimat, “Bagaimana menurut Om dan Tante?” sudah cukup.

Cara-cara yang tertulis di atas bukan cara yang sulit untuk dilakukan kan? Kamu bisa menerapkan itu segera, kalau mau pergi bersama pacarmu. Kalau kamu sudah pernah melakukannya, kamu boleh menceritakan pengalaman meminta  ke orang tua pacar di kolom komentar.

Kalau kamu sudah sering melakukannya dan ada hal yang bisa kamu tambahkan, kamu juga bisa menambahkan cara meminta  ke orang tua pacar versi kamu di kolom komentar. Nggak ada yang akan rugi dengan berbagi. Jadi jangan sampai sungkan untuk berbagi lagi dan lagi ya! Selanjutnya, kamu bisa membaca artikel cara mengambil hati calon mertua ini agar restu semakin terbuka untukmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar