kamini.id
Kamini.id / Romansa / Jangan Menyerah! Coba Dulu 10 Cara Memperbaiki Hubungan

Jangan Menyerah! Coba Dulu 10 Cara Memperbaiki Hubungan

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 10 April 2020

Sebuah hubungan pasti ada awal dan akhirnya. Di tengah-tengah itu, kita harus terus merawat karena nggak mungkin ada hubungan yang bertahan dengan sendirinya. Ada masalah yang harus dihadapi dan diselesaikan. Ada kebahagiaan dan kesedihan yang harus dilewati bersama-sama.

Kita ingin punya hubungan yang baik, tapi kita juga tahu kalau selamanya baik itu nggak mungkin. Bagaimana kalau hubungan yang kita jalani sekarang kurang baik? Rasanya pasti nggak enak sehingga banyak di antara kita yang memilih untuk menyerah. Untuk kamu, jangan menyerah! Coba dulu 10 cara memperbaiki hubungan di bawah ini.

1. Memahami Permasalahan

Memahami Permasalahan

Nggak selamanya hubungan itu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Ada waktunya kita harus berhadapan dengan masalah, dari yang kecil sampai yang besar. Masalah besar seringkali membuat hubungan merenggang. Kita harus ingat, dengan adanya masalah artinya kita diberikan kesempatan untuk belajar dan mengambil hikmah dari masalah tersebut.

Cara pertama untuk memperbaiki hubungan adalah memahami permasalahan. Cari tahu apa yang menjadi penyebab hubungan nggak terasa sama seperti dulu. Kita harus berbesar hati untuk mencari letak permasalahan. Dari mana awalnya? Siapa yang jadi penyebabnya? Kita harus berbesar hati untuk menerima jawaban yang benar, sepahit apa pun jawaban itu.

2. Memikirkan Kembali Alasan Bersama

Memikirkan Kembali Alasan Bersama

Hubungan pasti tumbuh sebagaimana kita tumbuh. Perbedaan kondisi dulu dengan sekarang sering membuat hati miris dan bertanya-tanya bagaimana bisa menjadi seperti ini. Apalagi kalau hubungan itu tumbuh ke arah yang nggak kita bayangkan sebelumnya. Bukannya semakin dekat, malah semakin jauh.

Untuk memperbaiki hubungan, kita bisa memikirkan kembali kenapa dulu kita ingin membangun hubungan itu? Ada sebuah sebab yang mendorong kita untuk membangun hubungan. Apakah itu karena ketertarikan? Apakah karena kebutuhan? Atau ada sebab lain? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa menjadi penggerak kita untuk melangkah.

3. Belajar Mendengarkan

Belajar Mendengarkan

Ketika hubungan bermasalah, kita ingin agar masalah cepat-cepat selesai. Terkesan terburu-buru membuat kita terbawa emosi dan cenderung ingin didengarkan. Sementara idealnya, kedua belah pihak harus mau duduk bersama dan saling mendengarkan satu sama lain agar mengerti duduk permasalahan dengan sudut pandang masing-masing.

Belajar mendengarkan merupakan hal yang terdengar mudah tapi bisa jadi sulit untuk dilakukan. Mau mendengar berarti kita sudah bisa meredam sedikit ego kita. Lagipula, nggak ada cara lain untuk tahu permasalahan selain dengan saling berbicara dan saling mendengarkan untuk kemudian mencari solusi bersama-sama.

4. Belajar Berkompromi

Belajar Berkompromi

Salah satu penyebab hubungan yang retak adalah ego salah satu atau malah kedua belah pihak. Ego yang tinggi membuat kita nggak mau berkompromi. Padahal masalah nggak akan selesai kalau nggak ada yang mau berkompromi. Belajar mendengarkan kadang cukup membuat hubungan lebih baik, tapi kalau itu nggak terjadi maka kita harus belajar berkompromi.

Menyatukan dua orang itu bukan perkara mudah. Perbedaan pola pikir dan karakter dua orang harus melebur jadi satu. Kita saja yang seorang diri kadang merasa kebingungan waktu otak dan hati berdebat. Untuk itu kita harus belajar berkompromi dengan dia. Salah satu harus mengalah, menurunkan egonya demi kepentingan bersama.

5. Menghabiskan Waktu Bersama

Menghabiskan Waktu Bersama

Hubungan yang bermasalah membuat kita malas untuk berlama-lama dengan dia. Kalau ada bertemu pun, itu ditujukan buat penyelesaian masalah. Kalau berlarut-larut maka itu hanya menjadi sekadar obrolan singkat. Situasi yang wajar mengingat kita masih belum merasa hubungan kembali ke kondisi yang baik seperti semula.

Untuk memperbaiki hubungan, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menghabiskan waktu bersama.  Anggap saja semuanya baik-baik saja, kita bisa kembali mengulang memori indah ketika semuanya masih baik-baik saja. Memori itu diharapkan dapat menyegarkan pikiran dan hati agar hubungan kembali berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

6. Diet Informasi

Diet Informasi

Niat memperbaiki hubungan kadang terganggu oleh berbagai hal, di antaranya rutinitas dan komunikasi dengan orang lain. Apalagi kondisi itu datang saat sedang menghabiskan waktu berdua, alih-alih ingin mempunyai waktu berkualitas malah harus diganggu oleh dunia luar. Bukannya senang-senang mengulang kebersamaan, yang ada malah rasa kesal.

Diet informasi bisa dilakukan saat memperbaiki hubungan. Menjauhi dunia luar untuk sementara, agar fokus kita bisa untuk memperoleh kembali kebersamaan dengan dia dan kondisi hubungan membaik. Kurangi akses untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar, apalagi kalau ada orang yang ikut campur mengomentari kita dengan hal negatif yang justru memperburuk keadaan.

7. Saling Terbuka Satu Sama Lain

Saling Terbuka Satu Sama Lain

Saling terbuka satu sama lain sangat penting ketika kita menjalin hubungan. Kita bisa memahami karakter dia, hal yang dia sukai dan sampai kebiasaan-kebiasaannya. Selain itu, dengan saling terbuka akan menjauhkan kita dari rasa curiga dan khawatir. Rasa percaya biasanya timbul dari hal tersebut.

Waktu hubungan bermasalah, ada yang memilih untuk menutup diri padahal yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaiki hubungan adalah tetap saling terbuka. Ungkapkan perasaan pada dia dengan jujur, jelaskan dengan jelas apa yang kita inginkan, lalu beri dia kesempatan melakukan hal serupa. Dengan begitu, lebih mudah untuk memahami dia bukan?

8. Saling Menerima

Saling Menerima

Setelah saling terbuka, yang perlu kita lakukan untuk memperbaiki hubungan adalah saling menerima. Nggak ada yang bisa mengubah masa lalu, jadi biarkan yang sudah terjadi begitu adanya. Lagipula nggak ada hubungan yang sempurna. Pasti ada sesuatu yang terasa kurang pas di hati, tapi memang begitu cara hubungan hubungan.

Saling menerima dalam memperbaiki hubungan berarti belajar mengikhlaskan yang ada. Ikhlas di sini termasuk memaafkan dan mencoba melupakan yang sudah terjadi. Berat memang kedengarannya, tapi itulah langkah yang harus kita tempuh. Selama itu nggak diniatkan untuk sengaja menyakiti, rasanya kita bisa berusaha untuk menerima.

9. Memperbaiki Komunikasi

Memperbaiki Komunikasi

Adanya masalah dalam hubungan seringkali diakibatkan oleh kurang lancarnya komunikasi. Bisa jadi kita sama-sama nggak tahu cara menyampaikan pendapat atau keinginan. Bisa jadi kita punya niat baik tapi nggak paham bagaimana memberitahukannya dengan baik sehingga diterima dengan kurang baik sama dia.

Lamanya hubungan nggak menjamin kita paham bagaimana berkomunikasi apalagi ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat kita atau dia lebih mudah tersinggung. Memperbaiki hubungan bisa dilakukan dengan memperbaiki komunikasi. Waktu ada masalah, cara berkomunikasi kita dengan dia tentu harus ikut diubah dan disesuaikan.

10. Mempersiapkan Rencana Masa Depan

Mempersiapkan Rencana Masa Depan

Setiap hubungan pasti mengarah menuju terhadap masa depan. Kecocokan pada fase awal berkenalan akan membawa kita pada fase yang lebih serius kalau kita bisa melihat ke mana arah hubungan itu. Untuk sampai pada fase yang diidam-idamkan di masa depan, ada yang memilih untuk lebih santai, ada pula yang memilih untuk langsung serius.

Dalam memperbaiki hubungan, penting untuk mempersiapkan rencana masa depan. Penyebab renggangnya hubungan mungkin akan mempengaruhi rencana masa depan yang sudah disusun.Itulah yang akan menggerakkan kita untuk mengambil langkah dalam memperbaiki hubungan.

Itulah 10 cara memperbaiki hubungan. Mudah-mudahan cara-cara di atas memberikan sudut pandang baru dan menguatkan teman-teman untuk tetap bertahan. Kalau seandainya ada yang perlu ditambahkan, kolom komentar sudah disediakan. Berbagilah di sana, sekecil apapun itu, berbagi akan tetap menjadi sebuah kebaikan. Yuk, baca juga artikel cara agar hubungan tidak membosankan ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram