kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / 10 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar Kembali Sehat

10 Cara Memperbaiki Rambut Rusak agar Kembali Sehat

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Rambut Anda kering, pecah-pecah, rontok, lepek, berminyak, mengembang, berketombe, berkutu, sulit diatur, dan masalah lainnya yang menjengkelkan? Itu tandanya rambut Anda sedang "sakit" alias rusak. Kebetulan, sekarang Kamini mau membahas cara memperbaiki rambut rusak.

Penyebab rambut rusak bisa bermacam-macam. Mulai dari sampo tidak cocok, makanan dan minuman, faktor lingkungan, hingga styling. Ciri rambut rusak adalah rambut terasa kering, rapuh, hingga rontok. Sebelum rambut Anda rusak parah dan sulit diperbaiki, yuk, rawat dari sekarang. Berikut adalah cara-caranya:

Cara Memperbaiki Rambut Rusak

1. Keramas

Keramas

Keramas merupakan kegiatan sehari-hari. Tapi, ternyata keramas adalah kunci dalam cara memperbaiki rambut rusak. Gunakan lah sampo yang kandungan pH-nya seimbang. Lalu, pilih juga sampo yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, B3 dan B5 yang sangat baik untuk rambut.

Akan tetapi, perlu diperhatikan kalau Anda tidak disarankan keramas setiap hari. Maksimal adalah dua hari sekali untuk keramas agar rambut tidak kehilangan kelembaban alaminya.

Jangan pula terlalu jarang keramas, karena rambut sejatinya mudah kotor, dan ketika rambut kotor berarti lebih rentan rusak. So, semalas-malasnya keramas, maksimal tiga hari sekali Anda tetap harus melakukannya.

2. Conditioner

Conditioner

* sumber: www.shefinds.com

Setelah keramas, pastikan Anda menggunakan conditioner juga. Conditioner akan membuat rambut jadi lebih lembut seketika. Tidak hanya itu, conditioner juga dapat merawat rambut dari akarnya, sehingga cocok banget buat rambut yang sedang bermasalah. Jika rambut Anda rusak parah, gunakan lah conditioner dengan label deep conditioning.

3. Creambath

Creambath

* sumber: cewekbanget.grid.id

Sebulan sekali rambut Anda perlu dimanjakan dengan treatment creambath. Krim ini berguna untuk menyehatkan kembali rambut yang rusak. Anda bisa pergi ke salon ataupun melakukannya sendiri di rumah.

4. Hair Mask/Spa

Hair Mask Hair Spa cara memperbaiki rambut rusak

Hair spa dan hair mask merupakan level up dari creambath. Biasanya, kalau di salon, harga kedua treatment ini agak lebih mahal daripada creambath. Karena memang krim hair spa dan hair mask dapat lebih dalam menutrisi rambut Anda, makanya wajar kalau harganya lebih tinggi.

5. Vitamin Rambut

Vitamin Rambut

* sumber: www.youtube.com

Menggunakan vitamin rambut adalah hal wajib dalam cara memperbaiki rambut rusak. Apalagi untuk rambut yang rusak akibat smoothing dan akibat rebonding. Agar kembali sehat, rambut Anda perlu vitamin yang mungkin kurang maksimal didapatkan dari sekedar sampo saja.

Vitamin rambut sendiri bentuknya bermacam-macam. Ada yang spray, oil, hingga vitamin yang diminum. Anda dapat membeli aneka macam vitamin rambut secara online di Bukalapak melalui link ini.

6. Hair Tonic

hair tonic

Selain vitamin, rambut juga memerlukan produk yang namanya hair tonic. Jika rambut rusak Anda sudah mengarah pada kerontokan dan kebotakan, hair tonic adalah benda yang wajib Anda gunakan. Hair tonic bekerja sangat baik untuk mengurangi kerontokan. Hair tonic juga akan merangsang pertumbuhan rambut baru agar jadi lebih cepat.

7. Potong Rambut

Potong Rambut

* sumber: www.angieslist.com

Mungkin tidak pernah terbayang oleh Anda sebelumnya, tapi cara memperbaiki rambut rusak adalah dengan menggunting rambut. Jika Anda merasa sayang, potong saja sekitar 1 - 2 cm ujung rambut. Karena tujuan utama dari pemotongan rambut adalah agar rambut mati dan pecah-pecah terbuang. Dengan begitu, ujung rambut yang rusak tidak akan merembet merusak keseluruhan rambut hingga akar.

8. Makanan Bernutrisi

Konsumsi Makanan Bernutrisi

* sumber: lovandy.com

Cara memperbaiki rambut rusak yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Karena, rambut juga memerlukan perawatan dari dalam, bukan hanya dari luar saja. Makanan yang baik untuk rambut adalah yang memiliki banyak kandungan Omega 3 dan 6 serta asam lemak esensial seperti ikan salmon, ikan tuna, kenari, sayuran hijau gelap, dan kacang-kacangan.

9. Air Putih

Air Putih

* sumber: www.secondwindwater.com

Air putih sangatlah penting. Selain dibutuhkan seluruh tubuh, air putih juga dibutuhkan rambut. Apalagi jika rambut Anda rusak parah, minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Pasalnya, rambut itu mengandung protein, lipid, dan air. Jadi, kalau tubuh Anda kekurangan air, maka rambut pun akan jadi rapuh.

10. Hindari Alkohol

Hindari Alkohol

* sumber: www.brazilianpress.com

Cara memperbaiki rambut rusak yang terakhir adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Jika Anda suka minum alkohol, lebih baik hindari dulu jika rambut sedang rusak-rusaknya.

Tips Agar Rambut Tidak Mudah Rusak

1. Tidak Asal-asalan ketika Keramas

pijat keramas

Mungkinkah Anda termasuk orang yang suka asal-asalan ketika keramas? Yang penting rambut basah dan berbusa lalu rambut dibilas begitu saja? Sebenarnya ada tata cara keramas yang benar. Pertama, basahi rambut hingga benar-benar basah. Kedua, tuang sampo ke tangan, lalu beri air dan gosok-gosok agar berbusa. Ketiga, baru lah sampo diaplikasikan pada rambut.

Ketika sedang sampoan, jangan gosok-gosok kasar rambut Anda, tapi pijat dengan lembut. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, dan mempercepat metabolisme rambut. Lakukan pemijatan dari ubun-ubun ke arah leher. Jika ada yang terasa gatal, jangan garuk pakai kuku, melainkan menggunakan ujung jari. Jangan lupa bilas sampo hingga bersih.

2. Keringkan Rambut dengan Benar

Keringkan Rambut dengan Benar

* sumber: www.shefinds.com

Mengeringkan rambut juga tidak bisa asal-asalan kalau Anda ingin rambut tetap sehat. Anda perlu berhati-hati ketika mengeringkan rambut, apalagi kalau rambut masih benar-benar basah. Kenapa? Karena, rambut yang basah lebih rapuh, mudah renggang, dan mudah patah.

Cara mengeringkan rambut yang benar adalah dengan menggunakan handuk yang dapat meresap air dengan baik. Alih-alih menggosok rambut, tepuk lah rambut menggunakan handuk. Lalu, daripada menggunakan hair dryer, alangkah lebih baik kalau rambut kering dengan sendirinya.

3. Sisir yang Tepat

Sisir yang Tepat

Penggunaan sisir juga berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Sisir berguna untuk merapikan rambut. Tapi, jika salah cara penggunaan atau salah tipe sisir yang digunakan, rambut Anda bisa jadi rusak bahkan rontok. Sisir yang bagus adalah yang tidak dibuat dari plastik atau pun nilon, karena kedua bahan tersebut dapat membuat rambut jadi patah.

Sisir yang bagus juga memiliki semacam tonjolan agar tidak menusuk atau pun melukai kulit kepala pemakainya. Jangan lupa untuk membersihkan sisir secara rutin agar rambut yang rontok, debu, dan kotoran yang tersangkut di sisir dapat terangkat, karena jika tidak, maka kotoran tersebut dapat tertransfer lagi ke kepala Anda.

Ya, itulah sepuluh cara memperbaiki rambut rusak dan beberapa tips pencegahannya versi Kamini. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasi rambut rusak Anda. Apakah Anda tahu cara memperbaiki rambut rusak lainnya? Share di kolom komentar, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram