Kamini.id / Perawatan Tas / 10 Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

10 Cara Memperbaiki Tas yang Terkelupas dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda merasa sedih dan kecewa ketika akan menggunakan tas tertentu, tapi setelah dilihat-lihat, ternyata tasnya terkelupas? Biasanya hal ini terjadi karena Anda kurang benar dalam menyimpan tas-tas Anda, sehingga lapisan tas pun jadi terkelupas.

Kalau sudah terlanjur ya mau bagaimana lagi? Tapi, bukan berarti tasnya jadi tidak bisa dipakai lagi, loh. Tas Anda masih bisa diperbaiki bahkan dipermak hingga jadi terlihat seperti tas baru lagi. Ingin tahu bagaimana caranya? Kamini punya 10 cara memperbaiki tas terkelupas di sini.

10 Cara Memperbaiki Tas Terkelupas

1. Keringkan

Langsung Keringkan jika Terkena Air

* sumber: www.padandquill.com

Pertama-tama, jika tas Anda terkelupas karena udara lembab atau karena terkena air, segera keringkan tas Anda terlebih dahulu. Lap tas menggunakan kain lap kering yang bersih dan lembut. Jemur tas bila diperlukan. Tapi, untuk tas kulit jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, ya.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

* sumber: emarkets.eu

Setelah mengeringkan tas, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu sebelum memperbaiki bagian yang terkelupas. Minyak kayu putih adalah “resep turun-temurun” dari orang tua untuk membersihkan barang-barang, termasuk tas.

Minyak kayu putih memang memiliki aroma, tapi minyak ini tidak akan merusak tekstur maupun warna tas Anda. Tuangkan minyak kayu putih pada kain lap halus atau tisu. Lalu, gosok permukaan tas Anda perlahan-lahan dengan gerakan satu arah agar bagian yang terkelupas tidak terangkat. Stok kayu putih di rumah habis? Beli online saja, yuk, di Bukalapak melalui link ini.

3. Pasta Gigi

Pasta Gigi

* sumber: www.infowars.com

Selain pakai minyak kayu putih, Anda juga bisa membersihkan tas pakai pasta gigi. Mau yang jenisnya apa saja dan merk apa saja juga bisa. Yang perlu Anda perhatikan adalah sikat giginya. Gunakan lah sikat gigi yang bulunya halus, karena bulu sikat kasar dapat merusak permukaan tas Anda lebih parah lagi. Anda bisa skip langkah ini jika tidak mau bagian tas yang terkelupas ikut terangkat.

4. Lem

Lem cara memperbaiki tas terkelupas

* sumber: thehandbagspa.com

Jika tas Anda sudah bersih, sekarang waktunya pemulihan! Cara memperbaiki tas terkelupas yang pertama adalah dengan merekatkannya pakai lem. Rekatkan kembali bagian tas yang lepas-lepas menggunakan lem. Jika bagian pada tas kulitmu yang mengelupas masih sedikit, coba rekatkan kembali dengan menggunakan lem. Gunakan cotton bud atau alat lainnya untuk meratakan lem.

5. Lakban

Lakban

* sumber: www.youtube.com

Jika tas Anda yang terkelupas adalah kopor, maka Anda bisa memperbaikinya menggunakan lakban. Tapi, perlu diingat kalau lakban ini hanya “obat sementara” saja, ya. Anda tetap harus mereparasinya jika sudah sampai di rumah nanti. Lakban hanya dipakai untuk keadaan darurat saja.

6. Spidol

Spidol

* sumber: www.youtube.com

Jika serpihan tas Anda yang terkelupas sudah entah ke mana, menyisakan lapisan dalam tas yang berbeda warna, maka Anda bisa mewarnainya kembali menggunakan spidol permanen yang warnanya sama dengan tas Anda. Tapi, sama seperti lakban, sifat pewarnaan pakai spidol ini hanya obat sementara untuk tas yang terkelupas, karena suatu saat nanti spidolnya pasti luntur.

7. Semir Sepatu

Semir Sepatu

* sumber: www.youtube.com

Cara memperbaiki tas terkelupas yang selanjutnya adalah menggunakan semir sepatu. Tujuan langkah ini mirip seperti spidol di atas, namun jangka waktu pemakaiannya lebih cukup lama. Anda bisa menggunakan semir sepatu yang transparan maupun yang berwarna (kalau warnanya cocok dengan tas Anda). Tapi, hati-hati lah karena semir dapat luntur dan mengenai pakaian Anda, ya.

8. Cat

Cat

* sumber: thehandbagspa.com

Ingin cara memperbaiki tas terkelupas yang lebih aman dan permanen? Gunakan cat. Cari cat khusus tas yang warnanya sama atau mendekati warna tas Anda. Cara mengecat ulang tas adalah dengan mengecatnya satu lapis terlebih dahulu. Setelah kering, baru timpa cat tersebut hingga warna yang diinginkan didapatkan.

9. Hias

Hias

* sumber: www.youtube.com

Jika tas Anda sudah tidak “terselamatkan” lagi, Anda bisa menghias tas dalam upaya cara memperbaiki tas terkelupas. Asah kreativitas untuk meng-cover “luka” pada tas Anda. Anda bisa menambal bagian yang terkelupas pakai renda, pita, bros, kain, atau terserah Anda mau pakai apa juga. Cara ini tak hanya menjadi jawaban atas masalah Anda, tapi juga membuat Anda seperti memiliki tas yang baru.

10. Tempat Reparasi

Tempat Reparasi

* sumber: www.indoindians.com

Jika kondisi tas Anda yang terkelupas sudah tergolong parah, langkah yang paling tepat adalah dengan membawanya ke tempat reparasi profesional. Orang-orang di sana pasti tahu cara memperbaiki tas terkelupas yang paling tepat. Beberapa tempat reparasi yang terkenal adalah:

  • Jakarta: Laba Laba, Stop’N’Go, Captain Fix, dan Colorwash.
  • Bandung: Stop’N’Go, Lumba Lumba, Brother Bag, dan Toko Tas Banyumas.
  • Yogyakarta: Reparasi Tas Doyok, Brilliant Service Tas & Koper, dan Reparasi Tas Darma 2.

Ya, itu dia beberapa cara memperbaiki tas terkelupas dari Kamini. Untuk perawatan selanjutnya, hindarkan tas dari sinar matahari langsung dan air, ya. Lalu, simpan tas di ruangan yang cukup (jangan ditumpuk) dan usahakan sirkulasi udaranya bagus. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019