Kamini.id / Romansa / 4 Cara Mempertahankan Hubungan Agar Tetap Langgeng

4 Cara Mempertahankan Hubungan Agar Tetap Langgeng

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hubungan antara sepasang kekasih atau hubungan dalam rumah tangga merupakan sesuatu yang sakral. Untuk dapat menciptakan hubungan yang harmonis pun membutuhkan usaha yang keras diantara keduanya. Sifat yang berbeda cenderung menjadi penghalang untuk mencapai harmoni bersama pasangan.

Walau tidak mudah untuk dilakukan, namun itulah seni dari sebuah hubungan. Jika Anda mampu menjalaninya dengan baik, hubungan yang Anda miliki sekarang pastinya akan bertahan lama. Tidak peduli sekuat apapun masalah yang timbul, Anda dan pasangan akan dengan mudah menyelesaikannya.

Setiap pasangan memang unik dan cara untuk menjaga keharmonisan sebuah hubungan pun akan berbeda beda. Dalam artikel ini, Kamini akan memberikan beberapa hal dasar yang bisa Anda lakukan untuk memupuk hubungan Anda bersama pasangan agar terus langgeng.

4 Cara Mempertahankan Hubungan

1. Komunikasi yang Sehat

Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah sebuah bagian dari pondasi dalam menciptakan hubungan yang sehat. Langkah pertama untuk membangun hubungan adalah dengan memastikan bahwa Anda berdua memahami kebutuhan dan harapan masing masing. Hal ini sangat penting agar Anda berdua dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang sama.

Anda juga harus memahami keinginan dan kebutuhan pasangan Anda, demikian juga sebaliknya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan saling berbicara. Tips berikut ini dapat membantu Anda dan pasangan untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan yang sehat:

  • Ungkapkan Pikiran Anda
Ungkapkan Pikiran Anda

* sumber: alfiandaridevita.blogspot.com

Dalam sebuah hubungan yang sehat, ada baiknya jika Anda membicarakannya bersama pasangan jika ada sesuatu hal yang mengganggu pikiran.

  • Saling Menghargai
Saling Menghargai

* sumber: vineetchhajer.wordpress.com

Harapan dan perasaan Anda sangatlah bernilai, begitu juga dengan harapan dan perasaan pasangan Anda. Sikap saling menghargai ini sangat penting dalam menjaga keharmonisan sebuah hubungan. Dengan ini, pasangan tahu bahwa Anda berusaha untuk menghargai jalan pikiran pasangan Anda.

  • Atasi Perbedaan
Atasi Perbedaan

* sumber: counselinglongbeach.com

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam hubungan yang sehat. Tapi Anda juga harus menemukan jalan untuk mengatasi perbedaan yang muncul. Cobalah untuk menyelesaikan konflik dengan adil dan rasional.

  • Saling Mendukung
Saling Mendukung

* sumber: www.bonobology.com

Dukungan Anda pada pasangan dan begitu juga sebaliknya, dapat memberikan rasa aman sekaligus menjadi penyemangat dalam menjaga hubungan Anda berdua. Hubungan yang sehat berarti berusaha untuk saling mendukung perkembangan pasangannya, bukannya saling menjatuhkan.

  • Hargai Privasi Masing-masing
Hargai Privasi Masing-masing

* sumber: www.mademan.com

Hanya karena Anda memiliki hubungan spesial dengan pasangan bukan berarti Anda harus berbagi semuanya. Berikan ruang untuk menjalankan sesuatu yang belum siap Anda bagi bersama pasangan. Anda pun harus melakukan hal yang sama pada pasangan.

2. Ciptakan Batasan yang Sehat

Ciptakan Batasan yang Sehat

* sumber: www.istockphoto.com

Menciptakan batasan dalam sebuah hubungan adalah cara yang baik dalam menjaga hubungan yang sehat. Dengan membicarakan batasan tersebut bersama pasangan, Anda berdua akan memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai hubungan yang ingin Anda berdua jalani.

Batasan ini bukan dimaksudkan untuk membuat anda berdua merasa terkekang atau merasa menjalani hubungan yang sudah di ujung tanduk. Batasan yang dibuat ini juga bukanlah tanda ketidakpercayaan terhadap pasangan.

Batasan ini dimaksudkan sebagai bentuk ekspresi mengenai apa saja yang membuat Anda berdua nyaman dan apa yang disukai atau tidak disukai dalam hubungan Anda berdua. Ingat, batasan yang dibuat jangan sampai membatasi Anda berdua untuk:

  • Berkumpul bersama teman tanpa pasangan Anda
  • Mengikuti kegiatan dan hobi yang anda sukai
  • Tidak perlu berbagi kata kunci surel, akun media sosial, ataupun telepon
  • Menghargai kesukaan dan kebutuhan pribadi masing masing

3. Pendorong Hubungan yang Sehat

Pendorong Hubungan yang Sehat

* sumber: jimbuchan.com

Sesekali Anda juga membutuhkan pendorong dalam menjaga hubungan yang baik bersama pasangan. Anda dapat melakukannya jika Anda merasa tidak sehati dengan pasangan atau saat hubungan Anda berdua terasa hambar. Anda bisa lakukan hal-hal menyenangkan yang kalian nikmati seperti jalan jalan.

Anda juga bisa melakukan hal hal yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Anda juga bisa memberikan kejutan pada pasangan Anda dengan mengajaknya ke tempat yang dia ingin datangi sejak lama. Hal romantis seperti ini tentunya dapat meningkatkan kualitas hubungan kalian yang sempat menurun.

4. Hindari Hubungan yang Tidak Sehat

Hindari Hubungan yang Tidak Sehat

* sumber: www.straitstimes.com

Hubungan seperti ini biasanya didasari oleh kekuasaan dan kontrol, bukan sikap saling menghargai. Pada awalnya, sikap posesif, ejekan, cemburu, teriakan, dan sikap negatif lainnya tidak terlalu dipermasalahkan. Jika dibiarkan, sikap ini akan terus berkembang dan pada akhirnya akan membuat Anda atau pasangan merasa terperangkap dalam hubungan yang menyakitkan.

Jika Anda merasa bahwa hubungan Anda tidak akan berjalan dengan baik, sebaiknya Anda prioritaskan keselamatan Anda. Hal ini berlaku terutama untuk para perempuan yang merasa tidak nyaman dalam hubungannya bersama pasangan. Cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pahami Sifat Dasar Seseorang
Pahami Sifat Dasar Seseorang

* sumber: lovebondings.com

Seorang individu hanya dapat berubah jika dirinya sendiri yang menginginkannya. Anda tidak dapat memaksa pasangan Anda untuk merubah kebiasaannya jika dia merasa tidak ada yang salah dengan hal itu.

  • Fokus pada Kebutuhan Anda
Fokus pada Kebutuhan Anda

* sumber: sundaebean.com

Apakah Anda menjaga diri Anda sendiri? Kondisi Anda harus menjadi hal terpenting yang harus dijaga. Perhatikan tingkat stres Anda, luangkan waktu bersama teman, istirahatlah dengan cukup. Jika Anda merasa hubungan Anda bersama pasangan justru membuat Anda lelah, mungkin sebaiknya Anda segera mengakhirinya.

Sebuah hubungan tidak akan selamanya berjalan dengan mulus. Apalagi jika Anda baru saja menjalaninya. Dengan berkomitmen untuk menjalani sebuah hubungan bukan berarti Anda mengenali pasangan Anda sepenuhnya. Karena itu, cobalah untuk mengenal lebih dalam pasangan Anda.

Tidak semua hubungan sepasang kekasih atau suami istri dapat bertahan lama. Jika perpisahan harus menjadi jalan keluarnya, tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan ikatan yang sudah terputus. Hanya keinginan keduanya yang dapat mengembalikan kondisi hubungan tersebut seperti sedia kala.

Kesimpulan

Cara Mempertahankan Hubungan

* sumber: www.livehappy.com

Kunci utama dari sebuah hubungan yang awet adalah kepercayaan dan kemampuan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan pasangan. Letakkan kebutuhan pasangan diatas kebutuhan Anda sendiri. Jika pasangan Anda melakukan hal yang, Anda tidak perlu khawatir dengan hubungan Anda berdua.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan andalah memberikan kepercayaan pada pasangan dan jangan pernah mengkhianati kepercayaan yang sudah Anda dapatkan. Jangan pernah menuntut kepercayaan pada pasangan jika Anda sendiri belum bisa memberikan kepercayaan Anda sepenuhnya pada pasangan.

Selain itu, libatkan pasangan dalam setiap keputusan yang Anda ambil. Dia akan merasa dihargai jika Anda mengajaknya dalam sebuah diskusi sebelum Anda mengambil keputusan. Bukankah pepatah mengatakan dua kepala lebih baik daripada satu.

Anda juga harus peka terhadap perjuangan pasangan untuk meraih tujuan tertentu. Selalu dukung pasangan Anda dan hadirlah disisinya saat dia sedang membutuhkan seseorang untuk menghiburnya. Ingatlah, hanya dengan menemaninya saja dapat memberikan dampak yang luar biasa positif untuknya.

Saat Anda dan pasangan sedang bertemu dengan banyak orang, jangan mengecilkan pasangan Anda. Jika muncul ketidaksepahaman, jangan tunjukkan hal tersebut di depan umum. Anda tampil di depan umum sebagai pasangan, maka tunjukkan keserasian dan kekompakan Anda bersamanya.

Anda mungkin memiliki saran lain yang ingin Anda bagi bersama pembaca lainnya. Bantu pasangan lainnya dengan menuliskan saran dan komentar Anda di kolom komentar ya. Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mempertahankan hubungan dengan mencegah pasangan menjadi bosan dengan membaca artikel cara membuat pasangan tidak bosan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *