Kamini.id / Gigi / 13 Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Alami

13 Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat dan Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Memiliki gigi yang putih merupakan dambaan setiap orang. Dengan memiliki gigi yang putih akan menambah daya tarik tersendiri ketika tersenyum. Apalagi jika memiliki pekerjaan yang setiap harinya berhubungan dengan orang banyak, maka secara otomatis cara memutihkan gigi dengan cepat merupakan teknik yang harus diketahui.

Gigi kuning selain membuat minder juga merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan lainnya seperti mulut dan juga gusi. Hal yang dianggap sepele pun ternyata berdampak pada yang lainnya.

Banyak cara yang ditempuh demi mendapatkan gigi yang putih. salah satu cara yang patut dicoba adalah memutihkan gigi dengan cara alami. Namun sebelum membahas cara memutihkan gigi, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebab gigi menjadi kuning, yaitu:

  • Jarang menggosok gigi atau menggosok gigi kurang dari dua kali sehari.
  • Cara menggosok gigi yang telah dilakukan kurang tepat.
  • Sering meminum kopi atau teh sehingga menyebabkan gigi menjadi kuning.
  • Suka merokok, karena efek dari nikotin yang terkandung dapat membuat gigi menjadi kuning dan juga kusam.
  • Sering meminum minuman suplement atau minuman penambah energi.
  • Pemakaian obat pemutih gigi yang tidak cocok.
  • Pola hidup yang tidak sehat.
  • Pola makan yang tidak baik, seperti suka memakan makanan yang panas kemudian dingin secara sekaligus dapat memicu kerusakan gigi.

Setelah mengetahui faktor penyebab gigi menjadi kuning atau kusam, maka sekarang akan dibahas bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dengan mudah dan juga cepat. Menggunakan bahan apa sajakah? Berikut pembahasannya:

Menggunakan Siwak

cara memutihkan gigi dengan cepat siwak

Umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya siwak karena telah diperintahakan untuk menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Batang tanaman yang berasal dari timur tengah ini selain bisa menguatkan gigi, bisa juga membuat gigi menjadi kuat dan juga sehat. Caranya hanya cukup menggosokkannya saja pada gigi.

Menggunakan Arang

Mungkin terdengar sedikit aneh, karena dari bentuknya saja arang itu berwarna hitam. Namun ternyata dari jaman dahulu, arang sudah digunakan dan dipercaya dapat membuat gigi menjadi putih. Tapi pastikan terlebih dahulu arang yang akan digunakan benar-benar bersih.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menumbuk arang tersebut sampai dengan halus. Kemudian Anda cukup mengoleskan pada gigi dan menggosoknya menggunakan jari. Di gosok dengan perlahan dan lembut.

Menggunakan Kulit Jeruk

Selain buahnya yang bermanfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin C, ternyata kulit jeruk pun bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Gunakan bagian dalam yang berwarna putih dari kulit jeruk yang masihsegar. Caranya pun mudah, hanya dengan menggosokkan kulit jeruk tersebut ke gigi. Selain membuat gigi menjadi putih, dapat membuat mulut menjadi segar.

Menggunakan Buah dan Sayur

pola makan sehat buah

Mengkonsumsi buah dan sayur selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata sekaligus dapat memutihkan gigi dan memberikan kesegaran terhadap gigi. Buah dan sayur yang dapat mengangkat noda pada gigi ini adalah buah dan sayur yang renyah saat dikunyah seperti apel, strawberry, kacang almond, wortel, nanas, pisang, jeruk, dan juga pir.

Menggunakan Olahan Susu

Susu dan dan berbagai olahannya seperti keju dan yoghurt ternyata juga menjadi salah satu cara memutihkan gigi dengan cepat. Pasalnya, dalam olahan susu tersebut mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat memutihkan dan menguatkan gigi.

Menggunakan Pasta Gigi Alami

Pasta gigi alami ini dapat dibuat sendiri. Caranya adalah dengan mempersiapkan daun salam dan kulit jeruk. Kemudian jemurlah hingga mengering. Setelah kering, tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tambahkan air dan aduk merata hingga berbentuk pasta. Selanjutnya Anda hanya perlu memakainya untuk menggosok gigi. Setelah beberapa hari gigi pun akan tampak lebih putih.

Menggunakan Lemon dan Garam

cara memutihkan gigi dengan cepat lemon

Cara selanjutnya adalah menggunakan jus lemon dengan tambahan sedikit garam. Anda hanya perlu menggosokkannya saja pada gigi. Namun meskipun bermanfaat memutihkan gigi, Anda jangan terlalu sering menggunakannya, karena garam dapat mengakibatkan kerusakan pada susunan gigi.

Menggunakan Baking Soda

Oleskan baking soda pada gigi Anda, diamkan selam kurang lebih 10 menit, kemudian gosoklah gigi dengan pasta gigi hingga bersih. Baking soda ini dapat memberantas noda yang ada pada gigi. Tapi jangan terlalu sering menggunakannya karena penggunaan baking soda yang terlalu sering dapat merusak susunan gigi. Gunakanlah 1 atau 2 kali dalam satu bulan.

Menggunakan Biji Buah Pinang

Biji buah pinang selain dapat memutihkan gigi, dapat pula menguatkan gigi. Caranya adalah dengan membakar biji pinang hingga gosong, kemudian dihaluskan sampai lembut. Setelah itu gosokkan pada gigi dengan sabut pinang atau kain katun. Lakukan dua minggu sekali.

Menggunakan Permen Xyllitol

cara memutihkan gigi permen

Sudah tidak asing jika permen yang mengandung xyllitol sangat berguna untuk memutihkan gigi. Permen yang mengandung xyllitol ini pun telah tersebar luas. Xyllitol sendiri memiliki kandungan yang dapat menghilangkan plak dalam gigi dan juga mengandung ph yang seimbang. Selain itu xyllitol juga dapat memperbanyak produksi air liur yang dapat digunakan untuk pemutih gigi secara alami.

Menggunakan Daun Salam

Caranya mirip dengan membuat pasta alami, namun tidak dijadikan pasta. Enam buah lembar daun salam dijemur hingga mengering dan remas hingga hancur kemudian campurkan dengan bubuk lemon. Lalu gosokkan pada gigi sampai bersih.

Berhenti Merokok

Berbagai kandungan yang terdapat dalam rokok dapat membuat gigi menjadi kuning. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera berhenti merokok mulai dari sekarang. Selain membuat gigi menjadi putih, berhenti merokok juga dapat membuat hidup menjadi lebih sehat dan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Rajin Menggosok Gigi

Hal yang terpenting dan mendasar adalah dengan rajin menggosok gigi. Setidaknya menggosok gigi 3 kali sehari, atau minimal 2 kali sehari, saat pagi, siang dan malam hari sebelum pergi tidur. Menggosok gigi memerlukan waktu setidaknya kurang lebih selama 3 menit. Jangan menggosok gigi terlalu keras, karena dapat merusak bagian gusi dan mengikis email gigi.

Mulailah dengan pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan. Dengan menggunakan metode alami seperti yang telah dijelaskan, Anda tidak perlu repot-repot melakukan bleaching,  karena selain aman dan yang pasti tidak mengeluarkan biaya yang besar.

Jangan lupa untuk menggosok gigi secara teratur agar gigi menjadi putih dan juga sehat. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sekian bahasan mengenai cara memutihkan gigi dengan cepat dan alami ini. Jika Anda memiliki tips dan trik lainnya untuk memutihkan gigi, silahkan bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar