Kamini.id / Memutihkan Wajah / Cara Memutihkan Wajah yang Benar untuk Pria dan Wanita

Cara Memutihkan Wajah yang Benar untuk Pria dan Wanita

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki kulit putih bersih berseri merupakan idaman kaum wanita. Meskipun begitu, tidak sedikit pria yang menginginkan wajah yang terlihat putih juga. Berbagai cara memutihkan wajah pria dan wanita dilakukan untuk membuat penampilan semakin menarik. Mulai dari cara umum, medis, sampai dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Alasan mengapa masyarakat Indonesia banyak yang mengidam-idamkan memiliki kulit putih bersih berseri adalah karena kulit putih selalu diasosiasikan dengan wanita yang cantik atau pria yang tampan. Selain itu, memiliki kulit putih juga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Nah, apabila kamu juga ingin memiliki kulit wajah yang putih merona, Kamini akan memberikan berbagai cara memutihkan kulit wajah pria maupun wanita yang ampuh dan aman. So, check this one out!

Cara Sederhana Memutihkan Wajah

Selalu ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang lebih cerah. Cara sederhana umumnya bisa dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu menghabiskan biaya yang terlalu besar.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan kulit wajah.

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Salah satu penyebab kulit wajah terlihat gelap dan kusam adalah kebiasaan tidak membersihkan wajah secara teratur dan tepat. Kotoran dan sel kulit mati yang menempel akan membuat kulit wajah terlihat kusam.

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara teratur. Gunakan cleanser maupun face wash yang bersifat mencerahkan wajah agar kamu bisa segera memiliki kulit wajah yang putih dan merona. Saat ini sudah banyak produk face wash yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan kulit pria juga, jadi para pria tak perlu lagi kebingunan memilih face wash.

2. Gunakan Pelembab Wajah

pelembab wajah

* sumber: www.wisegeek.com

Pelembab merupakan rangkaian perawatan yang sangat penting dan wajib masuk dalam skincare list baik pria maupun wanita. Disamping melembabkan dan menjaga elastisitas kulit, beberapa jenis pelembab juga sudah diformulasikan dengan bahan-bahan pencerah. Apabila kamu merasa keberatan untuk menggunakan produk pencerah wajah terpisah, pilih pelembab dengan brightening sangat cocok buatmu.

Tak sedikit pula pelembab yang diformulasikan dengan UV filter utuk membantu perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit semakin gelap. Pilihlah juga pelembab sesuai dengan jenis kulitmu. Apabila kamu pemilik kulit berminyak, gunakan pelembab dengan formulasi bebas minyak (oil-free). Sementara pemilik kulit berjerawat, bisa menggunakan pelembab dengan klaim non-comedogenic.

3. Gunakan Produk Pencerah Wajah

Gunakan Produk Pencerah Wajah

Usaha paling sederhana yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah adalah memakai produk-produk pencerah atau pemutih wajah, mulai dari face wash, pelembab, masker, sampai dengan serum. Pilih produk yang sudah terdaftar di BPOM atau badan kesehatan resmi untuk memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan.

Mulai sekarang, pilih produk perawatan kulit wajah yang terdapat tulisan ‘whitening’ atau ‘brightening’. Produk-produk ini akan membantumu memiliki kulit wajah yang lebih putih, meskipun tidak ada yang  bisa memastikan berapa lama pemakaiannya untuk bisa memiliki kulit wajah yang lebih putih.

4. Eksfoliasi

Mengeksfoliasi Kulit

Tahukah kamu bahwa mencuci muka saja ternyata tidak benar-benar mengangkat semua kotoran di wajah? Masih ada sel kulit mati tertinggal yang membuat wajah terlihat kurang cerah. Eksfoliasi atau pengelupasan adalah cara terbaik untuk mencerahkan wajah. Lakukan eksfoliasi secara teratur agar wajah terlihat lebih cerah seiring berjalannya waktu.

Bila kamu tidak mau pusing, kamu bisa memilih face wash yang mengandung butiran scrub. Pembersih wajah ini bahkan kebanyakan dibuat khusus bagi para pria. Pembersih wajah satu ini memang memadukan fungsi ganda membersihkan dan mengeksfoliasi kulit dalam satu produk. Akan tetapi, sebaiknya selalu gunakan pelembab apabila kamu memilih jenis pembersih wajah yang satu ini. Demi menghindari kulit yang terlalu kering dan rapat.

5. Pakai Sunscreen

Pakai Tabir Surya

Sunscreen memang tidak bisa membuat kulit wajah putih. Akan tetapi, setidaknya mampu menjaga agar kulit wajah tidak semakin gelap. Para pria kebanyakan masih merasa tabu dengan pemakaian sunscreen ini. Padahal sunscreen sendiri sudah bukan dikategorikan sebagai skincare khusus wanita, tetapi sebagai produk yang wajib digunakan individu utamanya ketika beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen dinilai penting bagi para pria karena mereka cenderung memiliki aktivitas outdoor lebih sering dibandingkan wanita. Karena itu, gunakanlah sunscreen bila kamu akan beraktivitas di luar. Aplikasikan pula sunscreen 3-4 jam sekali untuk proteksi yang maksimal. Selain mencegah kulitmu dari penggelapan, sunscreen juga akan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

6. Gunakan Masker

Tak keberatan dengan langkah ekstra? Kamu bisa memakai masker. Masker sangat berguna dalam menenangkan wajah dan memperbaiki permasalahan kulit. Tentu saja untuk masalah kulit gelap, sudah banyak produk masker yang dipadukan dengan fungsi brightening atau lightening, bahkan whitening. Dengan menggunakan masker secara konsisten, kamu akan semakin merasakan progress kulitmu yang lebih cerah dengan tambahan kenyal, halus, dan lembut.

7. Konsultasikan pada Ahli

Konsultasi pada Dokter cara mengonsumsi minyak biji rami

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dermalogist bila kulitmu tak kunjung cerah atau menujukan hasil negatif. Kamu juga bisa melakukan perawatan medis untuk hasil yang lebih memuaskan dan efektif. Bahkan kamu juga sebaiknya mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan bahan-bahan alami dalam mencerahkan wajah.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Pria

1. Hati-Hati dalam Bercukur

* sumber: www.askmen.com

Mencukur adalah salah satu kegiatan yang perlu diperhatikan bagi para pria. Saat ini sudah banyak alat pencukur yang menggunakan lebih dari satu mata pisau. Alat cukur ini memang sangat baik dalam memangkas rambut kumis dan jenggot. Tetapi, berhati-hatilah dalam menggunakan alat cukur tersebut. Jangan sampai kamu mencukur terlalu dekat dengan kulit hingga menyebabkan luka. Luka bekas cukur ini bila dibiarkan lama dan tanpa penanganan tepat, dapat menjadi noda hitam.

Oleh karena itu, selalu oleskan shaving cream yang mengandung pelembab acapkali kamu akan mencukur kumis atau jenggot. Krim dengan pelembab ini akan menghindari luka yang tak diinginkan. Cukur pula rambut-rambut tersebut dari arah pertumbuhannya. Kemudian, bilas area yang dicukur tiap satu sapuan pisau cukur. Dan terakhir, ganti pisau setelah 5-7 kali pemakaian demi meminimalkan iritasi.

2. Tak Apa bila Menggunakan Produk Skincare Wanita, tapi Perhatikan Ingredients.

Skincare

* sumber: tirto.id

Bingung mencari skincare khusu pria? Jangan khawatir, para pria boleh-boleh saja kok menggunakan skincare yang ada pada umumnya. Walau memiliki warna-warna feminim seperti pink, putih, hijau muda, biru muda, dan warna muda lain, nyatanya skincare yang beredar dipasaran tidak dilarang pemakaiannya untuk para pria. Mengingat di Indonesia produk skincare khusus pria sendiri belum banyak diproduksi.

Tapi, usahakan untuk selalu melihat komposisi dan ingredients pada produk. Hindari produk-produk yang memicu reaksi hormonal. Pilih juga produk-produk no frills alias tanpa tambahan lain untuk meminimalisir ketidakcocokan pada kulit. Sangat tepat pula apabila para pria memilih produk tanpa pewangi dan tanpa pewarna.

3. Sunscreen Sangat Penting

SPF 70

* sumber: www.vecteezy.com

Walau sudah dibahas sebelumnya, tapi pengguaan sunscreen memang tidak bisa diremehkan. Para pria cenderung lebih berani dibandingkan para wanita untuk urusan beraktivitas outdoor. Ini artinya, para pria juga harus lebih sering dan lebih serius dalam menggunakan sunscreen demi meindungi wajah dan kulit dari bahaya sinar UVA maupun UVB.

Ingat pula untuk tidak mengandalkan hanya pada produk skincare yang dikombinasikan denga UV filters. Para pria harus menggunakan sunscreen terpisah demi proteksi yang optimal. Sebab skincare dengan kandungan SPF dan PA tidak se-poweful suncreen dan sunblock. So, don’t forget to put your sunscreen on!

4. Jangan Gunakan Sabun Mandi untuk Wajah

Jaga Kebersihan Wajah

Pria memang lebih cuek bila dibandingkan dengan wanita. Tapi bukan berarti sifat cuek tersebut mereka tujukan pula untuk diri sendiri. Pria tetap harus memberikan perhatian yang cukup pada tubuh mereka. Tak terkecuali pada wajah. Jangan sampai kamu masih menggunakan sabun mandi atau bahkan shampo untuk membersihkan wajah.

Formulasi sabun mandi dengan sabun wajah sangatlah berbeda, sebab sabun mandi memiliki kandungan bahan-bahan yang lebih keras. Bahan-bahan ini disesuaikan dengan karakteristtik kulit. Benar, bila dilihat dari karakteristiknya, kulit tubuh dan kulit wajah itu berbeda. Makanya produsen menformulasikan keduanya berbeda. Jadi apabila kamu para pria masih menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, sebaiknya kamu berhenti dan segera menggantinya dengan produk pencuci wajah sungguhan.

5. Konsistensi

Konsisten

* sumber: pengusahadahsyat.com

Salah satu kunci sukses adalah konsisten. Tak terkecuali dalam urusan kecantikan. Rahasia kulit sehat, bersinar, dan cerah tentu saja dipengaruhi oleh konsistensi penggunannya. Hampir mustahil merasakan manfaat penggunaan skincare hanya dalam hitungan hari. Dan semua cara-cara memutihkan wajah pria maupun wanita akan mustahil berhasil pula bila tidak dilakukan secara konsisten.

Karena itulah, kamu perlu bersabar dan konsisten menggunakan rangkaian skincare dan menjalani rangkaian perawatan demi merasakan manfaatnya. Tapi apabila kamu ingin jalan instan, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Cara Memutihkan Wajah Secara Medis

Ingin punya wajah yang putih dan cerah dalam waktu singkat? Pertimbangkan untuk melakukan perawatan secara medis. Pasalnya, perawatan secara medis memberikan hasil yang lebih cepat dibanding cara sederhana di atas atau menggunakan bahan-bahan alami.

Adapun perawatan medis yang tersedia untuk memutihkan wajah antara lain adalah sebagai berikut.

1. Suntikan Pemutih

Suntikan Pemutih

Yang satu ini adalah treatment pemutihan kulit yang paling favorit akhir-akhir ini. Glutathione adalah kandungan yang terdapat dalam suntikan pemutih ini. Fungsi suntikan ini untuk menghentikan produksi melanin yang berkontribusi untuk membuat kulit jadi lebih gelap.

Sayangnya, suntikan pemutih ini juga memberikan efek samping berupa rambut rontok, bintik putih, mati rasa atau tremor, sampai dengan depresi. Namun, tidak semua orang yang melakukan suntik putih ini merasakan efek samping seperti yang disebutkan ini.

2. Chemical Peeling

Chemical Peeling

Prosedur medis yang satu ini bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dengan memakai krim berbahan kimia. Tak hanya mencerahkan kulit, chemical peeling juga bagus untuk menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat.

Ketika krim dioleskan pada kulit, akan terjadi reaksi kimia berupa luka-luka dangkal di permukaan kulit. Proses ini merupakan pertanda bahwa sel kulit mati sudah terkelupas dan akan diganti dengan sel kulit baru di bawahnya.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi

Dengan memakai tongkat yang di ujungnya terdapat berlian, perawatan medis ini akan mengangkat kulit gelap akibat paparan sinar matahari atau sel kulit mati. Setelah melakukan prosedur ini biasanya kamu tidak diperkenakan untuk memakai jenis makeup tertentu.

3. Cryosurgery

Cryosurgery

Cryosurgery adalah sebuah metode pemutihan kulit yang mengandalkan nitrogen cair. Cara kerjanya untuk mengahncurkan sel melanin. Kulit akan terlihat lebih putih ketika kamu selesai menjalani prosedur yang biayanya cukup mahal ini.

Tertarik untuk memutihkan kulit secara medis? Pertimbangkan biaya dan efek sampingnya juga sebelum membuat keputusan. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dan mendapatkan efek samping, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Tapi, tetap harus berkonsultasi dengan dokter dulu, ya.

Itulah beberapa cara memutihkan wajah pria dan wanita ala Kamini. Bagaimana? Mudah bukan? Dan, yang terpenting adalah kamu harus rajin melakukannya agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Walaupun cara memutihkan wajah pria dan wanita di atas akan memakan waktu yang tidak cepat, namun dengan menggunakan secara konsisten akan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *