Kamini.id / Ketiak / Inilah 10 Cara Mencabut Bulu Ketiak Tanpa Rasa Sakit

Inilah 10 Cara Mencabut Bulu Ketiak Tanpa Rasa Sakit

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Setelah membahas cara merapikan alis yang berantakan, sekarang Kamini akan melanjutkan tips kecantikan pada cara mencabut bulu ketiak. Cara merontokkan bulu ketiak yang satu ini mungkin sudah familiar untuk Anda. Tapi, apakah Anda tahu cara yang benar agar saat sedang mencabuti bulu ketiak tidak terasa sakit dan kulit ketiak Anda tidak iritasi setelahnya?

Sebenarnya cara mencabut bulu ketiak tidak begitu berbeda dengan ketika Anda mencabuti rambut alis atau bikini line. Bedanya, ketika Anda mencabuti bulu ketiak, maka Anda harus menggunakan dua tangan. Yaitu, ketika mencabut bulu ketiak lengan kanan, maka Anda harus menggunakan tangan kiri. Jika Anda dominan tangan kanan, mungkin hal ini akan sedikit merepotkan.

Akan tetapi, jika Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut, harap perhatikan cara mencabut bulu ketiak yang benar di di bawah ini. Anda harus hati-hati karena jika Anda asal mencabut bulu ketiak, takutnya terjadi ingrown hair alias rambut yang tumbuh ke dalam. Yuk, langsung saja disimak langkah mencabut bulu ketiak yang aman di bawah ini.

10 Cara Mencabut Bulu Ketiak Tanpa Rasa Sakit

1. Lulur

Scrub lulur

* sumber: www.youtube.com

Dalam cara mencabut bulu ketiak yang benar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan ketiak. Semakin sedikit persiapan yang Anda lakukan, maka pencabutan bulu ketiak akan semakin sulit. Dengan melulur ketiak, maka permukaan kulit ketiak akan jadi lebih mulus karena sel kulit mati sudah terangkat.

Namun, ada pula yang mengatakan kalau melulur ketiak sebaiknya dilakukan setelah proses pencabutan selesai untuk mengurangi kemungkinan ingrown hair. Kembali lagi ke diri sendiri, apakah Anda lebih suka luluran sebelum mencabut bulu ketiak atau sesudahnya.

2. Mandi

Mandi cara merawat ketiak

Setelah luluran, ada baiknya dalam cara mencabut bulu ketiak ini Anda lanjut mandi. Tujuan mandi adalah untuk membersihkan sisa lulur dengan tuntas. Mandi juga akan membersihkan area kulit ketiak dengan lebih sempurna dari keringat, kotoran, dan dari sisa deodoran jika Anda menggunakannya.

3. Kompres Ketiak

Kompres Ketiak  cara mencabut bulu ketiak

* sumber: azeemonline.com

Anda bisa skip dua cara mencabut bulu ketiak di atas, tapi, Anda tidak boleh melewatkan bagian ini. Kompres lah ketiak Anda menggunakan air hangat. Proses pencabutan bulu ketiak akan jauh lebih mudah jika kulit ketiak Anda lembut dan fleksibel.

Maka dari itu, kalau bisa Anda mandi pakai air hangat atau mengompreskan handuk yang sudah dicelup air hangat pada ketiak. Air hangat berfungsi juga untuk membuka pori-pori kulit sehingga bulu ketiak jadi lebih mudah dicabut.

4. Jangan Gunakan Produk Apapun

Jangan Gunakan Produk Apapun

* sumber: fedandfit.com

Mungkin Anda berpikir shaving cream atau minyak massage dapat membantu proses pencabutan bulu ketiak jadi lebih mudah. Padahal, itu adalah anggapan yang sangat salah. Karena, justru Anda harus mencabut bulu ketika kulit dalam keadaan sangat bersih. Hal ini harus dilakukan agar bakteri dari ketiak dan kotoran dari produk ketiak tidak masuk ke pori-pori kulit yang baru saja tercabut bulunya.

5. Tweezer Baru

Tweezer Baru cara mencabut bulu ketiak

Memang, rasanya sayang jika Anda membeli suatu barang hanya untuk dipakai sekali saja. Akan tetapi, jauh lebih baik Anda menyediakan alat yang baru karena terjamin kebersihannya, apalagi alat yang berhubungan langsung dengan kulit. Akan tetapi, jika Anda merasa alat pencabut bulu ketiak Anda masih layak pakai, bisa saja kok digunakan lagi.

Tweezer alias alat pencabut bulu atau pinset mini yang ujungnya tumpul ini dapat ditajamkan lagi dengan cara diasah. Lalu, tweezer yang sudah lama disimpan bisa disterilkan lagi menggunakan kapas yang sudah dicelupkan pada alkohol. Sebenarnya, walaupun Anda menggunakan tweezer baru, Anda tetap harus mensterilkan tweezer tersebut terlebih dahulu sebelum dipakai.

6. Angkat Lengan

Angkat Lengan

Supaya Anda tidak mudah pegal, angkat salah satu lengan Anda ke atas, lalu sentuhkan jari-jari tangan pada leher/punggung. Langkah ini juga berfungsi untuk memperlihatkan akar bulu-bulu ketiak. Dan, pastikan untuk melakukan ini di depan cermin agar Anda tidak pusing melihat ke bawah samping dalam waktu yang lama.

7. Cabut dari Akar

 Cabut dari Akar

* sumber: www.youtube.com

Cara mencabut bulu ketiak yang selanjutnya adalah dengan memastikan kalau Anda mencabut bulu dari akarnya. Jepit sehelai bulu ketiak menggunakan tweezer, lalu mundur terus hingga mencapai akarnya.

Hal ini dapat membantu jika Anda kesulitan mencari di mana letak akar bulu ketiak. Dengan mencabut bulu dari akarnya, akan mencegah rambut patah di tengah-tengah, tidak akan menyebabkan ingrown hair, dan tidak akan membuat folikel iritasi.

8. Perawatan After-shave

Perawatan After-shave

Setelah pencabutan bulu ketiak selesai, gunakanlah produk after-shave. Biasanya produk ini tersedia dalam bentuk krim, spray, lotion, dan toner. Produk after-shave akan menenangkan kulit, mengurangi kemerahan, mencegah iritasi, dan menghindarkan kulit dari ingrown hair.

9. Jangan Langsung pakai Deodoran

Hindari penggunaan deodoran yang terlalu sering

Di atas tadi merupakan tata cara mencabut bulu ketiak. Sekarang Kamini akan melanjutkan dengan tips tambahan. Jika Anda tipe orang yang rutin menggunakan deodoran, maka Anda perlu bersabar. Karena, kulit ketiak yang bulunya baru dicabuti tidak boleh terkena kosmetik apa pun (kecuali produk khusus after-shave).

Setidaknya beri waktu 2 jam sebelum Anda menggunakan deodoran. Alangkah lebih baiknya, Anda melakukan pencabutan bulu ketiak pada malam hari, jadi ketiak memiliki waktu istirahat semalaman penuh sebelum siap diberi aplikasi deodoran.

10. Beri Jeda

Beri Jeda

Selain memberi waktu untuk menggunakan deodoran, Anda juga harus memberi jeda pada pencabutan bulu ketiak yang selanjutnya. Jangan sedikit-sedikit langsung cabut bulu lagi. Paling tidak tunggu hingga bulu ketiak tumbuh sekitar 2 cm baru Anda mulai mencabutinya lagi.

Bahaya Mencabut Bulu Ketiak

Selesai sudah 10 tata cara mencabut bulu ketiak dari Kamini. Walaupun terdengar tidak berbahaya, sebenarnya ada hal membahayakan yang dapat terjadi dari mencabut bulu ketiak. Berikut di antaranya:

  • Luka

Bahaya mencabut bulu ketiak yang pertama adalah terjadinya luka. Mungkin lukanya tidak seberapa besar dan lebar. Akan tetapi, perlu Anda ingat kalau ketiak merupakan area tertutup yang merupakan tempat keluarnya kelenjar keringat. Jika kulit Anda terluka, maka kotoran dan bakteri dapat masuk dengan mudah ke kulit melalui luka tersebut.

  • Ingrown Hair

Jika Anda tidak melakukan proses pencabutan bulu ketiak dengan benar, maka bisa terjadi kemungkinan ingrown hair alias rambut tumbuh ke dalam. Ingrown hair dicirikan oleh benjolan kecil dan padat di area akar bulu ketiak.

Jika sudah parah, benjolan tersebut bisa mengeluarkan nanah. Anda bisa juga melihat adanya garis hitam di bawah kulit jika ingrown hair dibiarkan memanjang begitu saja tanpa diambil tindakan.

  • Kanker

Bahaya mencabut bulu ketiak yang terakhir adalah dapat memicu penyakit berbahaya seperti kelenjar getah bening dan kanker. Semua berawal dari luka akibat pencabutan bulu. Kulit yang terluka merupakan jalan racun dan virus masuk ke darah. Jika sudah menumpuk, racun dapat menibulkan kanker seperti kanker kulit dan kanker payudara.

Jadi, semua kembali lagi pada Anda untuk mencabut bulu ketiak atau tidak. Jika Anda takut salah melakukannya sendiri, Anda bisa mendatangi tempat profesional untuk mencabut permanen bulu ketiak Anda supaya tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan bulu ketiak. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Terimakasih atas infonya, jadi tahu ada bahayanya juga mencabut bulu ketiak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *