10 Cara Mencairkan Maskara yang Kering dan Menggumpal

Ditulis oleh Syuri

Maskara merupakan makeup yang paling penting dalam riasan mata. Pasalnya, walaupun makeup Anda sudah bomb, tanpa maskara, maka mata akan terlihat sayu, ngantuk, tidak bercahaya, dan tidak hidup. Makanya, setiap orang pasti selalu punya stok maskara.

Tapi, tahukah Anda kalau masa hidup maskara itu sangat sebentar? Semenjak kemasannya dibuka, maskara hanya bisa hidup selama 2 - 6 bulan, tergantung merk dan tipenya. Tak jarang pula kurang dari live span pada umumnya, maskara mengering karena Anda menggunakan dan menyimpannya asal-asalan.

Jika Anda merasa tidak sayang untuk mengganti maskara yang sudah menggumpal dan mengering, sih, tidak masalah. Tapi, bagaimana kalau maskara tersebut adalah kesayangan Anda dan baru dipakai sebentar, bukankah sayang kalau dibuang? Untuk itu, kali ini Kamini akan membahas tentang cara mencairkan maskara yang kering. Yuk, disimak!

10 Cara Mencairkan Maskara yang Kering

1. Air Panas

Rendam Air Panas

* sumber: whatkimmididnext.blogspot.co.id

Cara mencairkan maskara yang kering yang pertama adalah dengan merendam maskara di dalam air panas. Siapkan air panas (tidak perlu sampai mendidih) dan sebuah mug atau gelas. Tuang air panas ke dalam gelas, lalu masukkan maskara ke dalamnya. Kemudian, rendam maskara selama ±5 menit dan lihat sendiri hasilnya.

Memang, cara ini tidak terlalu efektif karena maskara hanya akan jadi sedikit lebih cair tapi tetap menggumpal. Tapi, jika Anda tidak punya bahan-bahan lain untuk mengencerkan maskara, cara ini tidak buruk, kan?

2. Baby Oil

Baby Oil

* sumber: whatkimmididnext.blogspot.co.id

Punya persediaan baby oil di rumah? Ternyata minyak untuk kulit bayi ini bisa dipakai untuk mengencerkan maskara yang kering, loh! Tidak perlu banyak-banyak, gunakan sekitar 1-2 tetes untuk maskara ukuran kecil dan 2-3 tetes untuk maskara ukuran besar. Lalu, goyang-goyangkan sikat maskara dalam keadaan tube yang hampir tertutup, sehingga tidak akan ada udara yang masuk ke dalam tube maskara.

3. Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata

* sumber: forcreativejuice.com

Cara mencairkan maskara yang kering yang paling populer sebenarnya adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Rasanya semua orang pasti punya persediaan benda ini di rumah, jadi Anda bisa langsung menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi masalah maskara yang kental dan kering.

Yang Anda perlukan adalah beberapa tetes obat tetes mata hingga mendapatkan kekentalan maskara yang Anda inginkan. Obat tetes mata merupakan pilihan yang terbaik karena konsistensinya persis seperti air. Obat tetes mata juga bagus dipakai untuk mencairkan maskara jika Anda memiliki mata dan kulit yang sensitif.

4. Cairan Softlens

Cairan Softlens

* sumber: makeupandbeauty.com

Jika Anda pengguna softlense pasti Anda punya cairan pembersihnya, kan? Sama seperti obat tetes mata di atas, Anda bisa menggunakan cairan pembersih softlense atau saline solution dalam cara mencairkan maskara yang kering. Setelah meneteskan beberapa cairan softlense, tutup kemasan maskara, lalu putar-putar kemasan menggunakan kedua kelapak tangan Anda (seperti ketika Anda bermain gasing).

Maksud dari memutar-mutar kemasan maskara adalah untuk menghangatkan bagian dalam maskara. Gerakan ini harap dilakukan selama 1 menit. Dengan begitu, maskara dan saline solution akan tercampur rata tanpa membuat maskara jadi clumpy.

5. Lidah Buaya

Jus Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan natural yang sangat aman dan bermanfaat untuk kulit dan tubuh kita. Anda bisa menambahkan seujung kuku gel lidah buaya ke dalam tube maskara, lalu putar-putar maskara menggunakan kedua telapak tangan seperti cara di atas. Anda bisa juga menggunakan gel lidah buaya kemasan, biasanya merk skincare Korea Selatan menjual produk seperti ini.

6. Minyak Kastor

Minyak Kastor

Minyak kastor adalah benda yang dapat dimanfaatkan dalam cara mencairkan maskara yang kering juga. Castor oil alias minyak kastor memiliki banyak manfaat untuk bulu mata, seperti dapat melembabkan dan melentikkan. Nah, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kastor ke dalam tube maskara yang mengering.

7. Merendam Sikat

Merendam Sikat

Jika di atas tadi Anda harus merendam tube maskara di dalam air panas, sekarang yang direndam hanya sikatnya saja. Selain dapat membantu sedikit melelehkan maskara yang kering, merendam sikat maskara seperti ini akan menjaga kualitas maskara. Rendam sikat maskara hingga air panas mendingin, angkat, lalu masukkan kembali ke dalam tube.

8. Masak

Masak

Cara mencairkan maskara yang kering yang satu ini mungkin agak sedikit ekstrim karena Anda memerlukan air mendidih dan api. Ya, sekarang Anda akan "memasak" maskara di atas panci berisi air mendidih.

Pertama-tama, siapkan panci kecil lalu isi dengan air secukupnya. Kedua, masak air hingga mendidih. Ketiga, setelah air mendidih, masukkan tube maskara kering ke dalam air. Keempat, kecilkan api, biarkan maskara di dalam air selama beberapa menit sebelum diangkat.

9. Olive Oil

Olive Oil cara mencairkan maskara yang kering

* sumber: bestoftips.com

Seperti minyak kastor dan minyak kecantikan lainnya, olive oil dapat berguna pula dalam cara mencairkan maskara yang kering. Minyak zaitun merupakan bahan yang aman untuk digunakan di sekitar mata. Selain itu, minyak zaitun mengandung banyak vitamin yang akan sekalian menutrisi kulit dan bulu mata. Yang Anda perlukan adalah air, minyak zaitun, dan panci kecil.

Sebenarnya cara yang satu ini merupakan lanjutan dari cara no. 8 di atas. Setelah "memasak" maskara, angkat maskara menggunakan alat agar tangan Anda tidak kepanasan. Buka kemasan maskara, lalu teteskan beberapa minyak zaitun ke dalamnya. Tutup maskara, lalu kocok dengan penuh semangat.

10. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah cara mencairkan maskara yang kering dari Kamini yang terakhir. Petroleum jelly memiliki manfaat yang sangat bagus untuk bulu mata seperti melembabkan hingga memanjangkan. Tapi, cara ini hanya cocok digunakan pada maskara yang kering, bukan maskara yang menggumpal, karena bentuk petroleum jelly sendiri sudah menggumpal.

Pencegahan Maskara Agar Tidak Kering

Pencegahan

* sumber: www.wikihow.com

Penyebab maskara kering adalah karena adanya udara yang masuk ke dalam tube maskara. Untuk pencegahan, jangan pump (mengocok sikat maskara ke atas dan ke bawah) ketika menggunakan maskara. Akan tetapi, goyangkan sikat maskara dari kanan ke kiri untuk mengambil maskara ketika akan digunakan.

Itulah 10 cara mencairkan maskara yang kering versi Kamini. Seperti yang sudah kami katakan di atas, maskara itu punya live span yang sangat sebentar. Jadi, jika Anda tak yakin usia maskara kering yang mau Anda encerkan sudah berapa lama, sebaiknya beli saja yang baru.

Tapi, jika Anda tahu dengan pasti usia maskara tersebut baru sebentar dan Anda belum punya waktu membeli maskara baru, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas. Selamat mencoba!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram