Kamini.id / Tips Mencuci / Tips & Trik Cara Mencuci Boneka yang Benar dan Aman

Tips & Trik Cara Mencuci Boneka yang Benar dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda atau buah hati Anda memiliki boneka kesayangan? Nah, apa boneka kesayangan Anda? Boneka Teddy Bear atau boneka Doraemon? Apa pun jenis boneka kesayangan Anda, pastikan Anda selalu mencuci boneka tersebut secara rutin agar tidak bau dan tampak kusam. Bahkan, ketika membeli boneka baru Anda harus mencucinya terlebih dahulu sebelum disimpan.

Tidak berani mencuci boneka karena takut merusak teksturnya? Tenang, Kamini akan memberikan panduan cara mencuci boneka yang benar dan aman. Lakukan cara mencuci boneka yang benar agar tidak kempes. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan sederhana untuk menjaga boneka agar tetap bersih.

Kenali jenis boneka sebelum mencuci

Kenali jenis boneka sebelum mencuci cara mencuci boneka

Sebelum membahas seputar cara mencuci boneka yang benar, kenali terlebih dahulu jenis boneka yang akan Anda cuci. Pasalnya, tidak semua jenis boneka bisa dicuci dengan atau tanpa mesin cuci. Berikut adalah jenis boneka yang tidak bisa dicuci:

  • Boneka yang sobek atau jahitannya rapuh

Periksa boneka Anda sebelum dicuci. Apabila boneka Anda sobek, maka sebaiknya jahit dulu boneka Anda sebelum dicuci. Selain itu, Anda juga tidak dapat mencuci boneka denga jahitan yang rapuh. Meskipun Anda mencuci boneka-boneka tersebut dengan tangan, tidak menutup kemungkinan jika jahitan boneka akan koyak.

  • Boneka yang terbuat dari sutra atau benang

Dewasa ini, sudah banyak seni membuat boneka dari benang wol. Nah, boneka rajutan dari benang wol ini sudah pasti tidak bisa dicuci dengan cara apa pun. Sementara itu, boneka yang terbuat dari kain sutra juga tidak dapat dicuci dengan mesin cuci maupun tangan.

Meskipun bisa dicuci, Anda harus memasukkan boneka-boneka tersebut ke dalam laundry bag dan memilih mode pencucian delicate di mesin cuci yang Anda pakai.

Cara mencuci boneka dengan mesin cuci

Cara mencuci boneka dengan mesin cuci

Keberadaan mesin cuci memudahkan kita dalam mencuci pakaian atau segala sesuatu yang dapat dicuci, seperti boneka. Akan tetapi, Anda harus membaca label petunjuk pencucian yang terdapat di boneka Anda. Jika boneka aman dicuci, maka persiapkan boneka tersebut untuk dicuci dengan mesin cuci.

Masih ragu untuk mencuci boneka di dalam mesin cuci. Ikuti panduan cara mencuci boneka di dalam mesin cuci berikut ini:

  1. Lepas aksesori yang melekat pada boneka Anda, misalnya pakaian atau pita yang terdapat pada boneka. Jika boneka berlubang, jahitlah boneka tersebut terlebih dahulu sebelum dicuci di dalam mesin cuci
  2. Masukkan boneka dan aksesori yang sudah dilepas tadi ke dalam laundry bag atau sarung bantal untuk melindunginya dari gesekan dengan pakaian atau tabung mesin cuci
  3. Gunakan air dingin untuk mengisi mesin cuci, lalu tambahkan deterjen secukupnya ke dalam mesin cuci
  4. Set siklus pencucian mesin cuci Anda ke mode delicate yang biasanya menggunakan ikon baju bayi atau mode handwash dengan ikon bergambar tangan. Kedua mode pada mesin cuci ini akan mencuci boneka dengan mode seperti mencuci manual dengan tangan
  5. Setelah siklus pencucian selesai, keluarkan boneka dari mesin cuci. Keringkan dengan membungkus boneka dengan handuk. Jangan memasukkan boneka ke dalam dryer atau memeras boneka
  6. Jemur boneka di bawah sinar matahari dengan posisi dibaringkan di tempat yang datar agar boneka kembali ke bentuk semula

Anda dapat mencuci boneka dakron atau boneka berisi kapas di dalam mesin cuci asalkan Anda menggunakan langkah-langkah di atas. Jangan mencuci boneka bersama dengan pakaian lain bila Anda tidak ingin boneka tersebut kelunturan.

Cara mencuci boneka dengan tangan

Cara mencuci boneka dengan tangan

Anda juga bisa mencuci boneka sendiri tanpa mesin cuci, lho. Bahkan, mencuci boneka secara manual justru lebih aman dibanding mencuci dengan mesin cuci. Anda hanya memerlukan deterjen saja untuk mencuci boneka dengan tangan. Berikut adalah cara mencuci boneka dengan tangan:

  1. Siapkan baskom berisi air dingin yang sudah dicampur dengan deterjen (jika memungkinkan gunakan deterjen cair)
  2. Lepaskan aksesori yang melekat di boneka karena Anda harus mencuci boneka dan aksesorinya secara terpisah
  3. Celupkan boneka ke dalam baskom, lalu goyangkan boneka sembari Anda menggosok seluruh bagian boneka dengan jari untuk melunturkan kotoran yang menempel
  4. Setelah itu, celupkan boneka ke baskom lain yang berisi air bersih untuk membilas residu sabun
  5. Keringkan boneka dengan cara membungkusnya dengan handuk dan menjemurnya di bawah sinar matahari agar boneka kering secara alami

Cara mencuci boneka besar

Cara mencuci boneka besar

Punya boneka jumbo dengan ukuran yang sangat besar? Tentu saja boneka berukuran besar tidak bisa dicuci di dalam mesin cuci. Solusi untuk mencuci boneka dengan ukuran yang sangat besar adalah membawanya ke binatu. Akan tetapi, ongkos mencucinya pun sedikit lebih mahal dibanding ongkos mencuci boneka berukuran kecil atau sedang.

Bila Anda tidak ingin mencuci boneka jumbo di binatu, Anda bisa mencucinya sendiri di rumah. Berikut adalah cara mencuci boneka dengan ukuran yang sangat besar:

  1. Cuci boneka ini di tempat yang agak luas, bisa di dalam kamar mandi atau di ruangan terbuka
  2. Semprot boneka dengan selang air sampai seluruh bagian boneka benar-benar basah
  3. Ambil spons cuci piring yang bersih, lalu tuangkan deterjen cair di atas spons tersebut. Kemudian, gosokkan bagian halus spons ke seluruh tubuh boneka
  4. Setelah Anda menggosok seluruh bagian boneka, semprotkan air untuk membilas sisa-sisa sabun yang masih menempel
  5. Jika masih ada sisa sabun, siapkan wadah seukuran boneka tersebut yang sudah diisi dengan air, lalu masukkan boneka ke dalam air tersebut untuk menghilangkan sisa sabun
  6. Keringkan dengan cara menjemur boneka di bawah sinar matahari

Jemur boneka

Boneka dengan ukuran yang sangat kesar bisa membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu untuk dapat benar-benar kering. Namun, apabila cuaca mendung Anda butuh waktu sekitar 2 minggu untuk mengeringkan boneka besar.

Tips menjaga boneka agar tetap bersih

Ada beberapa tips untuk menjaga boneka selalu bersih setiap saat. Jadi, Anda tidak perlu melakukan cara mencuci boneka di atas terlalu sering.

  • Simpan boneka di dalam lemari

Simpan boneka di dalam lemari

Bila Anda membeli boneka sebagai pajangan, maka letakkan saja di dalam lemari agar tidak berdebu. Selain itu, dengan menyimpan boneka di dalam lemari maka boneka tersebut jauh dari sentuhan tangan orang lain.

  • Cuci tangan sebelum menyentuh boneka

Cuci tangan sebelum menyentuh boneka

Sudah menjadi rahasia umum jika tangan adalah tempat bersarangnya kuman dan virus. Selain itu, tangan juga mudah berkeringat sehingga terasa lengket. Sebelum menyentuh boneka sebaiknya cuci tangan dulu dengan sabun.

Dengan cara mencuci boneka yang benar dan aman, Anda tidak perlu mencuci boneka kesayangan Anda di binatu. Anda bisa lebih berhemat dengan mencucinya sendiri di rumah setiap beberapa bulan sekali.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Trimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020