Inilah 10 Cara Mencuci Celana Jeans Hitam Agar Tidak Luntur

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 24 September 2021

Celana dari bahan jeans banyak menjadi pilihan orang-orang untuk menjadi outfit andalan mereka. Celana yang terbuat dari bahan jeans memang terlihat simple dan cocok digunakan di berbagai kesempatan. Bahan jeans juga bisa dengan mudah dipadu padankan dengan fashion item lain, terlebih lagi celana jeans dengan warna yang netral seperti hitam. 

Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat mencuci celana dari bahan jeans. Celana jeans yang berwarna hitam seringnya juga akan luntur saat dicuci, sehingga membuat warnanya pudar dan merusak warna pakaian lain yang dicuci bersamaan. Bagi kamu yang memiliki koleksi celana jeans hitam, berikut cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur. 

1. Langsung Cuci Setelah Dibeli 

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Langsung Cuci Setelah Dibeli_

Perawatan yang perlu kamu lakukan untuk celana jeans hitam harus kamu lakukan sejak kamu pertama membelinya. Sebelum kamu memakai celana jeans hitam yang kamu beli, cuci terlebih dahulu celana jeans baru tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengunci warna dari celana jeans hitam tersebut agar tidak mudah luntur nantinya. 

Setelah kamu membeli celana jeans hitam, baiknya segera rendam celana jeans tersebut di air dingin yang telah dicampur setengah cangkir cuka putih dan satu sendok teh garam. Setelah 30 menit, cuci dan jemur celana jeans dengan cara digantung hingga kering. Warna celana jeansmu pun bisa lebih awet setelah dicuci berkali-kali nantinya. 

2. Mencuci dengan Air Dingin 

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Mencuci dengan Air Dingin_

Pemakaian suhu air yang tepat juga akan berpengaruh terhadap warna celana jeans hitammu. Agar warna hitam dari celana jeans tidak luntur, pastikan untuk mencucinya dengan menggunakan air dingin. Suhu air dingin bisa menjaga warna jeans hitam dibanding jika kamu menggunakan air bersuhu hangat yang bisa membuat warna jeans hitam menjadi luntur dan pudar. 

Selain mempertahankan warna celana jeans hitam agar tak cepat pudar, mencuci jeans dengan air dingin juga dapat membantu menjaga serat-serat dari bahan jeans tersebut. Namun sesekali kamu bisa menggunakan air hangat jika ingin melunturkan noda atau kotoran yang melekat di serat jeans dan susah dihilangkan. 

3. Mencuci dengan Lembut

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Mencuci dengan Lembut_Sumber: ropedye.com

Selain pemilihan air yang digunakan, teknik pencucian yang kamu lakukan juga bisa mempengaruhi luntur atau tidaknya celana jeans hitam kesayanganmu. Apabila kamu mencuci jeans tersebut dengan tangan, pastikan untuk mengucek celana jeans tersebut secara lembut dan jangan menggosoknya dengan sikat terlalu kuat. 

Apabila kamu mencuci celana jeans hitam menggunakan mesin cuci, kamu juga perlu memperhatikan mode pencucian di mesin cuci tersebut. Pastikan untuk memilih mode pencucian “gentle” atau “normal” pada mesin cuci dan hindari mode pencucian “strong” untuk tetap mempertahankan warna hitam dari celana jeans. 

4. Memilih Detergen yang Sesuai

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Memilih Detergen yang Sesuai_

Selain memilih air dan teknik pencucian yang benar, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar tidak luntur saat mencuci celana jeans hitam adalah pemilihan detergen. Setiap produk detergen memiliki fungsi dan formula yang berbeda, sehingga penting bagi kamu untuk memilih detergen dengan formula yang sesuai. 

Saat hendak mencuci celana jeans hitam, kamu bisa memilih detergen yang diformulasikan untuk mencuci pakaian berwarna agar bisa tetap menjaga warna asli dari celana jeans tersebut. Hindari penggunaan detergen yang memiliki kandungan pemutih. Kamu juga bisa memilih detergen cair dan menggunakan secukupnya agar tidak merusak warna dari celana jeans tersebut. 

5. Membalik Bagian Dalam Jeans ke Luar

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Membalik Bagian Dalam Jeans ke Luar_

Teknik mencuci dan menjemur pakaian dengan cara membalik bagian dalam ke luar sudah banyak dipraktikkan orang-orang. Teknik seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk mencuci celana jeans hitam agar bisa mempertahankan warnanya. Apabila celana jeans hitam tidak terlalu kotor, maka lebih baik kamu membaliknya sebelum merendam dan mencuci celana jeans tersebut.

Membalik bagian luar jeans ke dalam akan mencegah warna jeans menjadi cepat pudar. Teknik seperti ini bisa kamu lakukan baik saat mencuci celana jeans hitam dengan tangan atau pun menggunakan mesin cuci. Menjemur celana jeans dengan teknik ini juga membuat sinar matahari tak langsung menerpa bagian luar celana jeans milikmu. 

6. Tidak Mencuci Jeans dengan Pakaian Berwarna Lain

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Tidak Mencuci Jeans dengan Pakaian Berwarna Lain_

Setiap pakaian berwarna memiliki resiko luntur saat dicuci. Warna yang luntur dari pakaian tersebut bisa menodai pakaian lainnya. Maka. Penting bagi kamu untuk memisahkan celana jeans hitam dengan pakaian berwarna lainnya saat mencuci, jika ingin warna hitam pada celana jeans favoritmu tidak luntur atau pudar. 

Kandungan dari serat kain yang berbeda warna bisa luntur dan menodai serat kain celana jeansmu yang berwarna hitam. Maka, pastikan kamu hanya mencuci celana jeans hitam dengan pakaian lainnya yang juga berwarna hitam atau cuci celana jeans hitammu secara terpisah dengan pakaian lainnya. 

7. Memeras Setelah Mencuci

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Memeras Setelah Mencuci_

Hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah celana jeans hitam luntur saat dicuci, adalah dengan melakukan teknik air dry atau memeras setelah mencuci. Setelah kamu selesai mencuci celana jeans dan semua noda di celana telah tercuci bersih, segera bilas celana tersebut lalu peras sebelum menjemurnya. 

Memeras celana jeans setelah mencuci berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan air yang terserap pada celana jeans selama proses pencucian. Selain berfungsi untuk mempertahankan warna dari celana jeans agar tidak luntur dan pudar, teknik air dry ini juga berfungsi untuk menjaga bentuk dari celana jeans tersebut. 

8. Menjemur di Tempat yang Teduh

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Menjemur di Tempat yang Teduh_

Sinar matahari yang terlalu terik bisa berefek buruk pada serat serat kain pakaian yang kamu jemur. Terlebih lagi jika kamu menjemur pakaian seperti celana jeans dalam waktu yang terlalu lama di bawah sinar matahari langsung. Akan lebih baik jika kamu memilih tempat yang agak teduh untuk menjemur celana jeans hitammu. 

Menjemur celana jeans hitam di tempat yang teduh akan mencegah warna celana jeans menjadi luntur atau pudar. Kamu bisa menjemurnya di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung namun tetap terkena angin agar celana jeansmu bisa tetap kering dan tak berbau apek. 

9. Hindari Menggunakan Mesin Pengering

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Hindari Menggunakan Mesin Pengering_

Menggunakan mesin pengering yang ada di mesin cuci memang membuat pekerjaan mencuci dan menjemur menjadi lebih praktis. Namun ternyata hal ini tidak terlalu disarankan bagi kamu yang ingin menjaga warna dari celana berbahan jeans. Mencuci dengan pengering membuat warna celana jeans hitam bisa lebih cepat luntur dan pudar. 

Dibanding menggunakan mesin pengering, lebih baik kamu menggunakan teknik memeras celana jeans atau air dry seperti pada poin sebelumnya. Lalu biarkan celana jeansmu kering dengan bantuan angin dan sinar matahari. 

10. Jangan Terlalu Sering Mencuci Celana Jeans

cara mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur_Jangan Terlalu Sering Mencuci Celana Jeans_

Bukan bermaksud jorok, namun ada baiknya kamu tidak terlalu sering mencuci pakaian yang berbahan jeans. Mencuci pakaian berwarna jeans terlalu sering tak hanya membuat warna jeans menjadi mudah luntur, namun juga membuat jeans lebih cepat rusak dan robek. Apabila celanamu tidak terlalu kotor, ada cara lain yang bisa kamu coba selain mencucinya agar celana tetap bersih. 

Kamu bisa menyemprotkan larutan yang terbuat dari vodka dan air pada celana jeans. BIarkan hingga kering dan masukkan ke freezer selama satu malam agar jeans tidak berbau dan bebas dari bakteri. 

Itulah tips mencuci celana jeans hitam agar tidak luntur yang bisa kamu coba. Dengan teknik pencucian yang tepat, celana jeans hitam koleksimu akan tetap terlihat seperti baru dan siap menjadi outfit andalanmu. Apakah kamu punya tips dan trik lain untuk menjaga warna dari celana jeans hitam favoritmu? Share di kolom komentar ya!

Baca juga: Cara Merawat Celana Jeans

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram