Kamini.id / Jaket / Ini Dia Panduan Cara Mencuci Jaket Parasut yang Benar

Ini Dia Panduan Cara Mencuci Jaket Parasut yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Manfaat jaket parasut memang cukup banyak, terutama bagi para pendaki gunung. Jaket waterproof yang satu ini tahan terhadap air sehingga cocok dipakai untuk mendaki gunung yang terkadang cuacanya ekstrem dan bisa tiba-tiba hujan. Selain untuk mendaki gunung, jaket parasut juga bisa digunakan untuk mengendarai motor karena ketebalannya cukup baik untuk menahan terpaan angin.

Namun, tahukah Anda jika jaket parasut membutuhkan perawatan yang lebih dari sekedar jaket kain biasa? Bahkan, ada beberapa do’s dan don’t’s yang harus Anda perhatikan ketikan mencuci atau merawat jaket parasut. Nah, kali ini Kamini ingin memberi panduan cara mencuci jaket parasut yang benar tanpa merusaknya. Yuk, jaga kebersihan jaket parasut Anda.

Cara mencuci jaket parasut secara manual

Cara mencuci jaket parasut secara manual

Jenis pakaian berbahan parasut memang lebih baik dicuci secara manual. Selain lebih aman, mencuci jaket parasut secara manual juga tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah cara mencuci jaket parasut secara manual atau dengan menggunakan tangan:

  1. Rendam jaket parasut di dalam air dingin yang sudah dicampur dengan deterjen cair ringan. Lama merendam jaket parasut hanya sekitar 5 – 10 menit saja karena jika terlalu lama dapat merusak serat kainnya
  2. Kucek jaket parasut sampai bersih. Untuk menghilangkan bintik jamur atau kotoran lainnya, Anda dapat memanfaatkan sikat gigi bekas. Gosokkan sikat gigi tersebut ke bintik jamur atau noda sampai benar-benar hilang
  3. Masukkan jaket parasut ke dalam ember berisi air bersih untuk pembilasan. Lakukan berkali-kali sampai residu sabun di jaket benar-benar hilang
  4. Tidak perlu memeras jaket parasut, untuk mengeringkan jaket ini Anda hanya perlu menggantung jaket dengan hanger, lalu jemur di tempat yang berangin tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci

Cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci

Ketika hendak mencuci jaket parasut, Anda pasti langsung mengira bahwa jenis jaket seperti ini hanya bisa dicuci menggunakan tangan saja. Akan tetapi, jaket parasut juga bisa dicuci dalam mesin cuci. Apakah dengan mencuci jaket parasut di mesin cuci tidak akan merusak bahan dan serat kainnya? Tidak, asalkan Anda memilih mode pencucian secara tepat.

Berikut ini adalah panduan cara mencuci jaket parasut dengan mesin cuci:

  1. Jika ada noda atau kotoran di jaket parasut, bersihkan dulu dengan merendam dan mengucek jaket parasut secara manual. Kemudian, tutup risleting jaket dan kendurkan tali yang biasanya terdapat di bagian topi jaket
  2. Masukkan jaket ke dalam mesin cuci dan tuang deterjen khusus pakaian waterproof. Apabila Anda menggunakan deterjen biasa, pilih deterjen jenis cair (liquid) dan bilas jaket parasut dua kali untuk menghilangkan residu sabun dengan baik
  3. Pilih suhu air dan siklus pencucian sesuai dengan petunjuk perawatan pakaian yang tertera pada jaket. Bila tidak ada petunjuk, gunakan suhu air dingin dan siklus pencucian delicate atau handwash
  4. Setelah siklus pencucian selesai, Anda bisa memasukkan jaket parasut ke dalam pengering (dryer), tetapi set waktu pengeringan tidak lebih dari 5 menit
  5. Jemur jaket parasut di tempat yang berangin, tapi jangan biarkan jaket terpapar sinar matahari secara langsung.

Cara menyetrika jaket parasut

Ada dua jenis jaket parasut, yakni yang selalu tampak licin meskipun baru dicuci dan satunya lagi mudah lecek dan kusut. Apabila Anda memiliki jaket parasut yang tidak mudah kusut, maka setelah jaket tersebut kering Anda bisa langsung menyimpannya di dalam lemari. Akan tetapi, bila Anda memiliki jaket parasut yang mudah lecek dan kusut, Anda dapat menyetrika jaket tersebut.

Cara menyetrika jaket parasut

Bagi Anda yang belum tahu cara menyetrika jaket parasut yang benar, berikut adalah panduan menyetrika jaket parasut tanpa merusaknya:

  1. Set suhu setrika pada suhu terendah karena jaket parasut adalah jenis pakaian yang tidak tahan terhadap suhu panas
  2. Gosok bagian dalam jaket dengan setrika ini. Bagian dalam jaket parasut umumnya memiliki tekstur yang lebih tebal dan lebih tahan terhadap suhu panas
  3. Untuk menyetrika bagian luar jaket, lapisi bagian luar dengan kain yang tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal. Kemudian, gosok kain tersebut dengan setrika. Cara ini mencegah agar jaket tidak langsung terpapar suhu panas dari setrika
  4. Gantung jaket parasut ini dengan hanger, lalu simpan di dalam lemari.

Do’s dan Don’t’s saat merawat jaket parasut

Do’s dan Don’t’s saat merawat jaket parasut

Punya jaket parasut kesayangan? Pada dasarnya jaket parasut tergolong cukup awet apabila Anda merawatnya dengan benar. Selalu gunakan cara mencuci jaket parasut yang benar agar jaket kesayangan Anda tersebut tidak rusak atau tampak pudar.

Untuk melengkapi perawatan jaket parasut kesayangan Andam berikut ini ada beberapa Do’s dan Don’t’s yang harus Anda lakukan untuk merawat jaket parasut.

Do’s

  • Pilih deterjen cair dibanding deterjen bubuk

Pilih deterjen cair dibanding deterjen bubuk

Saat mencuci jaket parasut sangat disarankan untuk memilih deterjen cair saja dibanding deterjen bubuk. Mengapa? Hal ini disebabkan karena deterjen bubuk memiliki tekstur yang mudah menggumpal sehingga dapat mengendap pada sela-sela jaket.

Anda tidak dapat mengucek jaket parasut seperti mengucek pakaian biasa. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih deterjen cair yang lebih mudah meresap ke serat kain.

  • Cuci secara rutin

Cuci secara rutin

Jaket parasut yang dipakai untuk mendaki gunung akan lebih cepat kotor dibanding jaket yang hanya dipakai untuk mengendarai sepeda motor. Cucilah jaket parasut secara rutin, terutama setelah dipakai mendaki gunung. Pasalnya, semakin lama Anda mencuci jaket tersebut, maka jaket akan semakin kotor dan sulit dibersihkan.

Don’t’s

  • Jangan melipat jaket parasut

Jangan melipat jaket parasut

Anda sudah menyetrika jaket parasut untuk menghilangkan kusut. Kemudian, Anda menyimpannya dengan cara melipat jadi beberapa bagian. No! Sebaiknya Anda menyimpan jaket parasut dengan cara menggantung di hanger. Apabila jaket parasut dilipat dan disimpan dalam jangka waktu lama, maka bekas lipatan tersebut akan tertinggal dan nampak jelas pada tampilan jaket tersebut.

  • Hindari penggunaan pemutih

Hindari penggunaan pemutih

Maksud hati ingin menghilangkan noda yang melekat pada jaket parasut dengan pemutih, tapi justru pemutih tersebut meninggalkan bekas dan merusak tampilan jaket Anda. Maka dari itu kami sangat tidak menganjurkan Anda untuk memakai pemutih saat menghilangkan noda di jaket parasut.

Opsi lain untuk menghilangkan noda di pakaian berbahan parasut adalah dengan deterjen yang dapat menghilangkan noda. Akan tetapi, hindari perendaman yang terlalu lama.

Nah, cara mencuci jaket parasut ini akan memudahkan Anda dalam merawat jaket atau pakaian berbahan parasut. Meskipun jaket ini tahan terhadap air, tapi bukan berarti jaket ini tidak membutuhkan perawatan berupa pencucian secara berkala. Ingin tahu tips seputar menghilangkan berbagai noda di pakaian putih? Klik di sini untuk langsung membaca informasi selengkapnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *