Kamini.id / Merawat Sepatu / Cara Mencuci Sepatu yang Benar Agar Tetap Seperti Baru

Cara Mencuci Sepatu yang Benar Agar Tetap Seperti Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sepatu memiliki banyak jenisnya dan tiap-tiap jenis sepatu membutuhkan teknik pembersihan yang berbeda. Ada sepatu yang perlu dibersihkan dengan cara yang lebih kuat dan ada juga sepatu yang harus diperlakukan dengan lembut. Adalah hal yang sangat penting untuk melakukan riset menyeluruh tentang perawatan dan pembersihan yang benar.

Jadi, jangan langsung memasukkan sepatumu ke dalam mesin cuci. Di sini akan dibahas beberapa cara membersihkan beragam jenis alas kaki yang paling populer. Kamu bisa mencari di daftar ini jenis sepatu yang kamu miliki dan mempelajari cara mencucinya yang benar. Tips ini dapat membantumu cara membersihkan bagian dalam sepatu.

1. Suede

Suede

Jika kamu memiliki sepatu berbahan suede, begini cara kamu membersihkannya. Bersihkan dalam satu arah, gunakan sikat kuku atau sikat untuk membersihkan noda dengan lembut. Setelah berhasil menghilangkan kotoran di permukaan, tekan lebih kuat dan sikat bolak-balik agar noda hilang.

Jika perlu, tindak lanjuti dengan menggosok memakai penghapus warna putih. Kamu juga bisa memakai kikir kuku. Untuk noda yang benar-benar membandel, gunakan cuka putih atau alkohol untuk membersihkan bagian yang kotor itu dengan memakai waslap.

2. Bot Kulit Domba

sheepskin boots

Untuk membersihkan sheepskin boots atau sepatu bot kulit domba, kamu bisa menggunakan sikat kuku atau sikat gosok. Kemudian bersihkan noda-noda dari bagian luar sepatu botmu. Setelah itu, ambil penghapus berwarna putih untuk membantu menghilangkan noda membandel lebih banyak.

Sekarang, bersihkan bagian luar sepatu dengan menggunakan kain yang lembab. Jangan terlalu basah, karena jika terlalu basah bisa merusak material sepatu. Bersihkanlah dengan lembut menggunakan larutan air dingin dan cuka suling dengan takaran yang sama,

Bersihkanlah sepatu dengan lembut di area yang membutuhkan tempat yang butuh dibersihkan. Akhiri dengan menyeka sepatu menggunakan larutan pada sepatu. Gunakan kain lembab untuk membersihkannya, lalu isilah sepatu bot dengan koran agar bentuknya tak berubah saat dikeringkan.

3. Kulit

sepatu kulit

Campuran air dan cuka putih dapat dijadikan larutan yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran di seluruh sepatu kulit yang kamu miliki. Ketika sudah kering, gosok seluruh sepatu menggunakan bantuan kain kering yang lembut.

Basahi kain dengan air kemudian celupkan kain tersebut ke dalam soda kue kemudian gosok sepatumu dengan baik untuk menghilangkan scuff atau goresan gelap pada sepatu. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan dengan kain kering yang bersih.

Untuk goresan hitam pada sepatu kulit paten dan sepatu kulit imitasi, gosok bekas goresan dengan mengoleskan petroleum jelly dan gunakan kain lembut untuk menggosoknya. Kembalikan kilau dengan semprotan pembersih kaca dan gosok dengan kain lembut.

Untuk goresan hitam pada sepatu kulit asli, gunakan semir komersial lalu ikuti saja petunjuknya. Jika kamu tidak mempunyai semir yang cocok dengan sepatu atletik putih atau warna pelangi hari ini, cukup basahi kain lembut dengan air kemudian celupkan ke dalam sedikit baking soda.

Setelah itu gosok perlahan area yang terkena goresan hitam dan bersihkan residu dengan kain bersih. Biarkan sepatu mengering dan kemudian gosok lagi dengan kain bersih. Kamu akan lihat sepatumu kembali mengkilat. Selengkapnya bisa dibaca di artikel cara membersihkan sepatu kulit.

4. Sepatu Lari

Running Shoes

Untuk membersihkan sepatu larimu yang kotor, pertama-tama bersihkan dulu kotoran dengan sikat gigi, kemudian bersihkan sikat yang tadi dipakai. Celupkan sikat ke dalam larutan deterjen yang telah dicampur dengan secangkir air. Gunakan larutan pada bagian kain, mesh atau jaring, dan area karet.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan larutan itu pada busa atau kulit. Gunakan spons basah untuk membersihkan busa. Bersihkan kembali tali sepatu dengan membersihkan noda dengan setetes deterjen cucian, lalu masukkan ke dalam kantong cucian saat kamu mencuci.

Bersihkan area di bagian sepatu sebelum memasukkan kembali tali sepatumu. Sebelum mengikat kembali tali sepatu, bersihkan area di sekitar lubang tali. Kini sepatu olahragamu akan tampak cerah kembali.

5. Sepatu Kain

Sepatu Kain

Sepatu kain jenisnya bisa bermacam-macam, ada yang berupa sandal bertali, sepatu kets, pump atau juga flat. Tapi apa pun model sepatunya, kain itu akhirnya akan menjadi kotor. Kamu mungkin menemukan beberapa cara membersihkan sepatu kain di media online.

Beberapa ada yang memberikan ide untuk memasukkan sepatu kain itu ke dalam mesin cuci. Ini adalah ide yang buruk karena beberapa sepatu memiliki lapisan kulit dan hampir semua sepatu dirakit dengan lem yang tidak tahan terhadap air.

Disarankan untuk membersihkan permukaan sepatu kain dengan deterjen pencuci piring, air hangat, sika sikat gigi tua, handuk kertas, dan tangan. Kemudian bersihkan permukaan kain dengan handuk kertas kering untuk menghilangkan semua kotoran dan tanah.

Campur satu sendok teh cairan pencuci piring dengan dua cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Bersihkan bagian kecil sedikit demi sedikit, celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun dan gosok kain dengan lembut. Jangan terlalu basah.

Bersihkan seluruh bagian sepatu untuk menjaga warna tetap terjaga dan mencegah noda yang tertinggal. Untuk menghilangkan sisa sabun, bersihkan seluruh sepatu dengan handuk kertas yang dibasahi air jernih. Kamu mungkin perlu beberapa handuk untuk membersihkan seluruh sepatu.

6. Rope dan Cork Wedge

wedge bertali

Untuk sepatu wedge, sesudah kamu membersihkan bagian atas kain atau kulit sepatu wedge, kemudian beralih ke tali dan solnya. Mulailah dengan mencampurkan satu galon air hangat dengan ½ cangkir cuka putih serta beberapa tetes deterjen piring selama 30 detik.

Bersihkan seluruh sepatu dengan menggunakan larutan tadi, lalu celupkan kembali kain pembersih dan fokuskan pada pembersihan sol sepatu, gosok dengan gerakan melingkar kecil. Setelah kamu menyelesaikan semua kotoran, bersihkan wedge dengan kain bersih.

Untuk rope wedge, yaitu wedge bertali, gosok bagian tumit yang tertutup tali menggunakan sikat gigi dengan lembut memakai pembersih karpet atau jok. Pastikan untuk membersihkan searah tali untuk menghindari risiko robek.

7. Kanvas

Kanvas

Mulailah dengan membersihkan kotoran dari bagian slip-on sepatu kanvas dan kets menggunakan sikat gigi yang bersih. Lalu, gunakan sikat gigi itu untuk menggosok sol sepatu dengan campuran yang terbuat dari soda kue dan air dengan jumlah yang sama.

Selanjutnya, pilih siklus lembut pada mesin cuci dengan air dingin, tambahkan sekitar setengah jumlah deterjen yang biasanya kamu gunakan saat mesin itu setengah penuh. Ketika sudah tiga perempat penuh, masukkan sepatu ke dalamnya. Biarkan sepatu mengering dengan udara, jangan pakai hairdryer.

8. Sneakers Putih

Sneakers Putih

Ingin tahu bagaimana cara membersihkan sepatu sneakers yang mudah sekali kotor? Oleskan sedikit penghapus cat kuku atau cuka menggunakan bola kapas, kemudian gunakan untuk membersihkan noda dari sepatu sneakers yang berwarna putih.

Jika kamu perlu menggunakan pemutih, pastikan untuk mencairkannya terlebih dahulu supaya sepatu kamu tidak berubah warna. Gunakan sikat gigi untuk menggosok sepatu sneakers dengan perbandingan campuran satu larutan pemutih dan lima air. Kemudian bilaslah dengan air hangat.

Tiap jenis alas kaki memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Ada yang perlu digosok dengan kuat dan ada juga yang hanya perlu digosok dengan lembut. Jadi pastikan kamu mengetahui cara membersihkan yang benar sebelum menggosok sepatumu. Jangan sampai sepatu kesayanganmu rusak karena cara mencuci yang salah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020