Kamini.id / Telapak Tangan dan Kaki / Tips Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Penyakit

Tips Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Penyakit

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mencuci tangan memang telah diajarkan orang tua kita sejak dini. Meskipun aktivitas yang satu ini cukup sederhana, namun tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa berdampak besar bagi kehidupan kita. Masalahnya, sebagian masyarakat sering menganggap kegiatan mencuci tangan adalah hal yang sepele. Sehingga terkadang mengabaikan hal yang sesungguhnya penting bagi kesehatan.

Nah, sebagai pendorong kamu untuk tetap hidup sehat. Kali ini Kamini akan membahas tuntas mengenai pentingnya mencuci tangan serta memberi tips cara mencuci tangan yang baik dan efektif agar terhindar dari penyakit. Sebagian dari kita mungkin telah mengetahui tentang hal ini. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk kembali mengingatkan hal tersebut. So, berikut adalah ulasannya.

Media Penularan Penyakit

Media Penularan Penyakit

Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari. Karena tangan termasuk bagian tubuh yang sering berinteraksi langsung dengan berbagai jenis benda. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila tangan juga bisa menjadi media yang paling efektif dalam menyalurkan penyakit yang paling berbahaya bagi tubuh.

Meskipun demikian resiko yang ditimbulkan akibat sentuhan kecil yang dilakukan oleh salah satu anatomi tubuh paling unik tersebut memang jarang disadari oleh sebagian orang. Padahal resiko yang ditimbulkannya bisa berakibat fatal bahkan sampai membahayakan.

Hal tersebut dikarenakan kuman atau bakteri yang bersarang dari benda-benda yang bersentuhan langsung dengan tangan bisa ikut masuk ke dalam tubuh. Sebagian orang memang sering beranggapan bahwa kuman dan virus selalu bersarang di tempat atau benda-benda yang kotor dan bau.

Hal tersebut memang bukan sesuatu yang salah. Namun perlu diketahui bahwa di tempat atau benda-benda yang terlihat bersih pun bisa menjadi sarang kuman atau bakteri. Maka dari itu pentingnya menjaga diri dengan selalu mencuci tangan sesudah atau sebelum melakukan aktivitas untuk mengeliminasi bakteri atau kuman dalam jumlah besar yang berisiko masuk ke dalam tubuh kita.

Resiko Penyakit Menular

Resiko akibat penularan penyakit melalui tangan memang cukup banyak. Meskipun demikian bukanlah suatu alasan bagi kita untuk tidak melakukan aktivitas kita seperti biasanya. Karena seperti yang telah kita bahas di atas bahwa mencuci tangan merupakan cara yang sederhana dan efektif untuk mencegah penularan penyakit.

Lalu, penyakit apa saja yang bisa menular melalui tangan? Nah, sebagai informasi terdapat beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan akibat tidak mencuci tangan atau salah saat proses mencuci tangan. Adapun beberapa penyakit tersebut adalah sebagai berikut:

  • ‌Flu dan Batuk

Flu dan Batuk

Penyakit yang satu ini memang sering ditemukan di sekitar kita. Penularannya sendiri memang tidak melulu lewat udara. Seseorang bisa tertular penyakit ini bila tak sengaja memegang benda atau menyentuh tangan orang yang sudah terpapar virus yang terdapat dalam ingus atau air liur si penderita.

Sehingga kuman atau bakteri yang ada pada benda yang telah disentuh atau yang ada pada tangannya bisa menularkan pada orang lain. Penyeberangan penyakit yang satu ini memang cukup cepat. Meskipun bukan penyakit berat. Namun bila terkena akan sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.

  • Bakteri Salmonela

Bakteri Salmonela

Toilet bisa jadi sarang yang ideal bagi perkembangan bakteri Salmonela. Selain toilet, benda-benda kotor atau tangan pun bisa menjadi sarana bagi bakteri atau kuman ini untuk masuk ke dalam tubuh. Sehingga mencuci tangan setelah aktivitas toilet, menyentuh benda kotor atau bersalaman dengan orang lain menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Hal tersebut untuk mencegah terpaparnya penyakit akibat bakteri yang satu ini. Gejala yang ditimbulkannya oleh bakteri ini bisa berupa demam, mual-muntah dan diare.

  • Bakteri E. colli

Bakteri E. colli

Bakteri E. colli biasa terdapat dalam kotoran manusia yang terinfeksi. Bakteri ini dapat menyebabkan diare akut yang harus ditangani dengan tepat agar tidak membahayakan. Meskipun bakteri ini sangat mudah menyerang anak dan balita. Namun orang dewasa pun bisa terkena penyakit akibat bakteri yang satu ini.

Diare sendiri diketahui sebagai pembunuh nomor satu anak dan balita di dunia. Sehingga menjaga tangan kita tetap bersih menjadi sebuah keharusan agar keluarga kita terjaga dari penyakit akibat bakteri berbahaya yang satu ini.

  • Cacingan

Cacingan

Cacingan adalah penyakit selanjutnya yang sering terjadi pada anak. Hal tersebut bisa terjadi akibat tidak rajin mencuci tangan setelah menyentuh tanah atau benda-benda kotor. Telur cacing yang menempel pada kuku akan ikut masuk bersama makanan ke dalam tubuh dan menempel dalam usus.

Gejala yang ditimbulkan dapat dilihat dari kondisi fisik maupun perilaku anak yang terjangkit cacingan. Anak-anak yang menderita cacingan biasanya akan terlihat lebih kurus dan terlihat lemas. Peran orang tua dalam memberi informasi bagi anak sejak dini mengenai manfaat mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas memang sangat penting.

Hal tersebut untuk membiasakan anak untuk hidup lebih teratur serta menumbuhkan kesadaran anak tentang pentingnya untuk tetap menjaga kesehatan.

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Cuci tangan merupakan kegiatan yang tidak memerlukan tenaga besar. Meskipun aktivitas tersebut terlihat sederhana akan tetapi hal tersebut sangat penting hingga organisasi kesehatan dunia, WHO pun mengeluarkan panduan cuci tangan yang baik dan efektif untuk menghilangkan sebagainya besar kuman dan bakteri yang menempel pada tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Basahi kedua tangan dengan air bersih yang mengalir. Lalu, matikan keran. Setelah itu tuang sabun secukupnya pada telapak tangan dan gosok tangan sampai bersih.
  2. Gosok bagian punggung tangan secara bergantian dan pastikan sela-sela jari ikut kamu gosok sampai bersih.
  3. Kaitkan seluruh jari kamu dengan telapak saling menyentuh. Kemudian gosok bagian dalam secara bergantian. Mulai dari tangan kiri kemudian tangan kanan.
  4. Kaitkan jari-jari tangan kiri di atas punggung tangan kanan kemudian gosok bagian punggung tangan. Lakukan hal tersebut secara bergantian.
  5. Gosok jempol kiri menggunakan tangan kanan dengan gerakan memutar secara bergantian. Lakukan hal tersebut selama 20-50 detik atau kamu juga bisa sambil menyanyikan lagu “Happy Birthday” dua kali selama menggosok tangan sebagai acuan saat mencuci tangan.
  6. Rapatkan ujung kuku kemudian tekan pada telapak tangan perlahan secara bergantian.
  7. Terakhir, lingkarkan jari pada pergelangan tangan, gosok memutar pergelangan tangan sampai bersih. Setelah selesai basuh tangan kamu hingga bersih dengan air yang mengalir. Kemudian keringkan kedua tangan dengan handuk bersih.

Setelah selesai usahakan tangan kamu tidak menyentuh langsung saat mematikan keran. Kamu bisa menggunakan siku atau gunakan tisu untuk menutup keran. Hal tersebut untuk mencegah tangan yang sudah bersih terpapar kembali oleh bakteri yang ada pada keran air. Lakukan hal tersebut setelah melakukan atau sebelum beraktivitas.

Nah, itulah tips mencuci tangan yang baik dan efektif agar terhindar dari penyakit. Meskipun terlihat sepele namun  masalah yang ditimbulkan bisa berbahaya. Semoga informasi yang Kamini berikan bisa bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020