Kamini.id / Alis / Cara Mencukur Alis Mata yang Benar Sesuai Bentuk Wajah

Cara Mencukur Alis Mata yang Benar Sesuai Bentuk Wajah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alis adalah salah satu pembingkai wajah yang bisa menarik perhatian seseorang serta bisa menunjukkan ekspresi dari wajah seseorang. Dengan memiliki bentuk alis yang indah dan rapi, ini akan membuat seorang wanita terlihat cantik tanpa harus merias dirinya. Untuk itu, banyak orang yang percaya jika alis sangat berpengaruh terhadap penampilan secara keseluruhan.

Dengan bentuk alis yang rapi dan indah, pasti mata dan area wajah Anda juga akan terasa lebih nyaman untuk dipandang. Dengan begitu, Anda juga akan bisa lebih percaya diri ketika tampil di hadapan banyak orang. Nah, lalu bagaimana cara kita agar bisa membentuk alis yang rapi dan indah tersebut?

Membuat alis yang rapi dan indah memang memerlukan cara tersendiri untuk melakukannya. Nah, bagi Anda yang menginginkan dan mau membentuk alis Anda dengan rapi dan indah, kali ini kamini.id akan mengulas langkah-langkah cara mencukur alis yang benar untuk Anda.

Pilih Bentuk Alis yang Diinginkan

Sebelum mengetahui cara mencukur alis yang benar, Anda harus memilih bentuk alis yang diinginkan terlebih dahulu. Pasalnya, tidak semua bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah Anda. Berikut adalah beberapa pilihan bentuk alis:

1. Tebal dengan lengkungan agak tinggi

Tebal dengan lengkungan agak tinggi

Pemilik bentuk wajah kotak akan terlihat cocok apabila membentuk alis tebal dengan lengkungan yang agak tinggi. Bentuk alis yang seperti ini akan membuat wajah berbentuk kotak jadi terlihat lebih halus. Selain itu, pemilik wajah kotak tidak disarankan untuk memangkas alis terlalu tipis.

2. Lengkung tinggi

Lengkung tinggi

Wajah yang bundar lebih cocok jika membentuk alis dengan lengkungan yang agak tinggi. Untuk mendapatkan tampilan alis yang seperti ini, Anda harus mempelajari cara merapikan alis yang berantakan dengan mencabut bulu di bagian atas alis. Kemudian, gambar alis dengan bentuk agak melengkung tinggi ke atas untuk mengurangi kesan bundar pada wajah.

3. Rata dengan lengkungan rendah

Rata dengan lengkungan rendah

Memiliki wajah yang sedikit panjang atau lonjong tidak akan mengurangi kecantikan wajah Anda. Anda hanya perlu membentuk alis Anda dengan garis yang rata dan sedikit lengkungan yang sangat rendah. Bentuk alis seperti ini akan memberikan efek vertikal pada wajah sehingga terlihat tidak terlalu panjang.

4. Lengkungan yang bundar

Lengkungan yang bundar

Ingin memiliki alis dengan lengkungan yang bundar? Pastikan terlebih dahulu bahwa bentuk wajah Anda adalah hati. Pemiliki wajah berbentuk hati bebas membentuk alis yang tebal atau tipis.

Cara Mencukur Alis yang Benar

mencabut alis

Ada beberapa cara dalam mencukur alis agar terlihat rapi dan indah, baik dilakukan secara alami ataupun menggunakan alat khusus. Apapun cara mencukur alis yang Anda lakukan, semuanya akan terasa mudah dan tidak akan sakit jika dilakukan dengan cara yang benar.

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui bentuk wajah Anda. Setelah itu lihatlah model alis seperti apa yang cocok untuk bentuk wajah Anda tersebut. Jika sudah menemukan yang cocok, kini Anda bisa mulai membentuk atau mencukur alis Anda.

Untuk mencukur alis, Anda sebaiknya menggunakan alat yang mudah dan nyaman untuk digunakan. Silahkan pilih alat yang benar-benar sesuai karena setiap orang memiliki prefernsi yang berbeda-beda. Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk mencukur alis dengan baik dan benar:

1. Bersihkan dengan air hangat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Air hangat tersebut berguna untuk membuka pori-pori sehingga bulu alis menjadi lebih mudah untuk dicabut dan dibersihkan.

Banyak orang yang menyarankan untuk mengkompres area sekitar alis dengan menggunakan es batu untuk mengurangi sakit. Padahal cara tersebut tidaklah benar karena es batu akan memberikan efek dingin yang membuat alis menjadi lebih sulit dicabut.

2. Rapikan dan bentuk alis

Sikat bulu rambut alis Anda ke atas semuanya sebelum membentuk alis. Lalu carilah bagian bulu yang tertinggi. Selanjutnya pegang pendil pada sisi hidung, geser ke arah ujung luar pada mata untuk patokan akhiran ujung alis.

3. Cabut alis

Selanjutnya cabut alis menggunakan pinset searah dengan tumbuhnya alis satu persatu. Gunakanlah pinset yang kering dan dan tidak licin. Jangan mencabut beberapa helai sekaligus, karena ini akan membuat Anda sakit.

Jangan pula mencukur habis alis Anda secara botak dan hindari mencukur alis pada siang atau pagi hari. Pasalnya hal tersebut akan membuat alis Anda menjadi merah dan membekam untuk beberapa jam setelah proses pencabutan.

4. Rias alis

Setelah proses pencabutan selesai, kini Anda dapat mulai merias alis sesuai dengan keinginan, seperti menebalkan, menipiskan, dan lainnya. Anda juga bisa mewarnainya dengan menggunakan pinsil warna alis. Namun, hindarilah untuk menggunakan pewarna pensil yang tidak senada dengan warna alis Anda.

Tips Saat Mencukur Alis

Tips saat mencukur alis

Alis memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mempercantik dan membingkai wajah. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak metode mutakhir untuk mempercantik alis, salah satunya adalah sulam alis. Namun, untuk mempercantik alis tidak harus selalu melakukan sulam. Anda dapat mempelajari cara mengerok alis yang benar dan mulai merapikan alis dengan pensil alis.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mencukur dan menggambar alis sendiri:

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum memulai cara mencukur alis yang benar, pastika Anda sudah mempersiapkan semua peralatan yang Anda butuhkan, mulai dari pencukur alis, gunting, dan pinset. Apabila Anda ingin langsung menebalkan alis, maka Anda juga perlu mempersiapkan pensil alis.

  • Tebalkan dan bentuk alis

Apakah Anda berpikir bahwa alat make up yang digunakan untuk menebalkan alis hanya pensil alis saja? Anda salah. Pasalnya, ada banyak jenis kosmetik yang bisa dipakai untuk menebalkan alis, seperti maskara alis atau shadow alis. Jika Anda ingin tampilan alis yang lebih natural, maka gunakan shadow alis karena warnanya tidak terlalu pekat seperti pensil alis atau maskara alis.

  • Sesuaikan warna alis dengan warna rambut

Warna alis yang paling umum adalah hitam atau cokelat tua. Bila Anda bingung memilih warna alis yang tepat, maka tak ada salahnya jika Anda menyamakan warna alis Anda dengan warna rambut Anda.

Dengan begitu, tampilan alis akan terlihat lebih natural dan tidak berlebihan. Pasalnya, jika Anda memaksakan menggunakan warna alis yang berbeda dengan warna rambut, maka hasilnya akan terlihat sangat kontras dan tidak cocok.

Dengan melakukan 4 tips dan trik cara mencukur alis di atas, Anda kini dapat memperoleh hasil yang maksimal tanpa takut timbul rasa sakit. Jika Anda masih ragu, Anda juga bisa melihat beberapa gambar tentang pola alis yang bagus di internet. Sementara jika Anda menginginkan alis yag tebal secara alami, maka Anda juga dapat membaca tips dan triknya di artikel ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. paling gampang itu sulam alis ya.. tp biayanya mahal sekali..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020