10 Cara Mengambil Hati Calon Mertua agar Mendapat Restu

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 7 Maret 2019

Sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengan si dia, tiba-tiba dia ingin mengenalkan Anda kepada orang tuanya. Tak perlu gugup karena ini adalah sebuah permulaan untuk dapat melangkah ke jenjang yang lebih serius bersama pasangan Anda. Mertua tidak seseram yang Anda bayangkan kok! Asalkan Anda tahu cara menaklukkan hatinya, semua akan terasa mudah.

Nah, Kamini memiliki 10 cara mengambil hati calon mertua agar mereka menyukai Anda. Saat mereka sudah menyukai Anda, maka Anda akan lebih mudah mendapat restu dari calon mertua. Penasaran? Yuk, langsung saja cari tahu caranya di sini!

10 Cara Mengambil Hati Calon Mertua

1. Berpenampilan rapi, bersih, dan elegan

Berpenampilan rapi, bersih, dan elegan Cara Mengambil Hati Calon Mertua

Orang tua mana yang suka anaknya bergaul dengan pria atau wanita jorok dengan dandanan yang serampangan? Tentu saja tidak ada orang tua yang menyukai anaknya bergaul dengan pria atau wanita yang penampilannya jauh dari kata rapi.

Pada pertemuan pertama, Anda harus memberikan kesan baik pada calon mertua. Gunakan pakaian terbaik Anda yang rapi, bersih, dan sopan. Anda harus tampil elegan di depan calon mertua untuk membuktikan bahwa Anda berpendidikan dan berasal dari keluarga baik-baik.

2. Bersikap sopan dan ramah

Bersikap sopan dan ramah

Senyum yang tulus adalah sebuah cara mengambil hati calon mertua yang paling sederhana. Tersenyumlah ketika menyapa calon mertua untuk pertama kalinya. Namun, senyum saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan sikap sopan.

Ketika sedang duduk dan calon mertua datang dari dalam, bangunlah dan hampiri mereka untuk bersalaman. Jangan tunggu mereka yang datang menghampiri Anda. Perkenalkan diri Anda dan jangan lupa untuk menanyakan kabar mereka untuk sekedar basa-basi. Pastikan senyum selalu terpasang dalam bibir Anda untuk memberikan kesan ramah dan menyenangkan.

3. Jangan terlalu sok akrab, tetap jaga sikap Anda

Jangan terlalu sok akrab, tetap jaga sikap Anda

Sudah beberapa kali bertemu calon mertua, tapi ternyata masih ada rasa canggung di antara Anda dan mereka? Come on, semua tentu saja membutuhkan proses. Sama seperti ketika PDKT dengan si dia, Anda juga membutuhkan waktu ketika PDKT dengan orang tuanya. Jadi, sebaiknya jaga sikap Anda terlebih dahulu saat berbicara dengan mereka.

Hindari sikap sok akrab karena bisa saja mereka tidak terlalu menyukai cara Anda yang terlihat sok akrab dengan mereka. Tetaplah bersikap sopan dan santun sehingga mereka bisa menilai sendiri kualitas Anda sebagai calon menantu idaman.

4. Temukan kesamaan dengan calon mertua

Temukan kesamaan dengan calon mertua

Meskipun Anda dan orang tuanya memiliki perbedaan hobi, makanan favorit, sampai dengan olahraga favorit, tapi tentu saja ada satu kesamaan antara Anda dengan mereka.

Cobalah untuk menemukan kesamaan tersebut agar Anda bisa mengambil hati mereka. Misalnya, calon mertua Anda sama-sama menyukai film aksi, mungkin di pertemuan berikutnya Anda bisa membawakan DVD film-film aksi terbaru untuk ditonton bersama.

Kemudian, kesamaan yang sama-sama Anda miliki dengan calon mertua bisa menjadi topik yang asyik untuk dibahas bersama-sama. Nah, hal ini bisa mengurangi kecanggungan yang selama ini membentengi Anda dan calon mertua.

5. Jadilah diri sendiri

Jadilah diri sendiri

Sebagai calon menantu yang baik, Anda tentu harus menjaga sikap di depan orang tua pasangan. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti membuat Anda menjadi orang lain. Tetaplah jadi diri sendiri meskipun Anda menjaga sikap dan tutur kata.

Jangan berpura-pura menjadi pribadi orang lain untuk menyenangkan hati calon mertua. Pasalnya, jika Anda tidak tulus maka orang lain bisa melihat hal tersebut. Satu lagi, Anda juga tidak perlu berpura-pura sukses, pandai, atau populer. Bersikaplah biasa saja dan katakan hal-hal yang jujur mengenai diri sendiri saat mereka menanyai Anda.

6. Bawa buah tangan setiap kali berkunjung

Bawa buah tangan setiap kali berkunjung

Sedikit oleh-oleh berupa makanan bisa meluluhkan hati calon mertua Anda, lho. Di jaman dulu, banyak calon menantu yang membawakan martabak untuk mengambil hati calon mertuanya. Namun, di jaman saat ini makanan lebih bervariasi.

Anda bisa membawakan buah tangan berupa aneka macam makanan setiap kali berkunjung ke rumah pasangan. Jangan lupa untuk menanyakan kepada pasangan mengenai makanan favorit orang tuanya. Meskipun terkesan klasik, cara mengambil hati calon mertua melalui buah tangan ini terbukti cukup ampuh.

7. Tidak ragu dalam menawarkan bantuan

Tidak ragu dalam menawarkan bantuan

Ketika sedang asyik mengobrol, tiba-tiba calon mertua Anda memberikan kode-kode, seperti “Mobil om rusak, apakah kamu ada rekomendasi bengkel terbaik?” Nah, jika mereka sudah memberi kode seperti ini, Anda harus peka bahwa calon mertua membutuhkan bantuan Anda.

Demi mengambil hati calon mertua, jangan berpikir dua kali untuk menawarkan bantuan. Dengan demikian, calon mertua akan menilai bahwa Anda adalah orang sigap dan peka terhadap keinginan orang lain.

Hal ini juga berlaku kepada wanita yang ingin mengambil hati calon mertuanya. Sebagai contoh, saat Anda memenuhi undangan di rumah pasangan, segera tawarkan bantuan kepada calon mertua yang sedang sibuk memasak hidangan makan malam.

8. Pahami hal yang tidak disukai calon mertua

Cara mengambil hati calon mertua yang paling efektif adalah memahami hal-hal yang mereka tidak sukai dan hindari hal-hal tersebut. Salah satu contoh ketika mereka memberikan “kode” bahwa mereka tidak suka Anda mengajaknya pergi setiap hari. Nah, kurangi saja intensitas pergi Anda bersama pasangan untuk menyenangkan hati calon mertua.

Untuk memahami hal-hal yang tidak disukai calon mertua, Anda harus lebih peka setiap kali berbincang-bincang dengan mereka. Jangan sampai Anda tidak peka sehingga mereka menegur Anda melalui pasangan.

9. Pelajari tradisi keluarga pasangan

Pelajari tradisi keluarga pasangan

Meskipun calon mertua menerima Anda dengan sangat baik, tapi bukan berarti Anda bisa terlalu dekat dan mengakrabkan diri dengan tradisi keluarga mereka. Pelajari terlebih dahulu seputar tradisi keluarga pasangan dan tunjukkan ketertarikan Anda kepada tradisi tersebut saat ngobrol dengan calon mertua.

Akan tetapi, jika tradisi keluarga pasangan lebih sederhana seperti kebiasaan makan malam sekeluarga di luar rumah setiap akhir pekan, maka Anda harus tahu diri. Jangan memaksakan diri untuk bergabung jika mereka tidak mengajak Anda. Mungkin saja calon mertua ingin memiliki quality time dengan buah hatinya sendiri.

10. Perlakukan pasangan dengan baik

Perlakukan pasangan dengan baik Cara Mengambil Hati Calon Mertua

Saat bertemu calon mertua, Anda tak perlu mengumbar kemesraan. Cukup perlakukan si dia dengan sangat baik. Bagi wanita, Anda bisa melayani calon mertua dan pasangan saat sedang makan malam.

Sementara itu, pria juga bisa bersikap gentleman seperti membukakan pintu untuk pasangan dan membiarkan pasangan untuk jalan terlebih dahulu di depan Anda. Hal-hal ini bisa mempengaruhi penilaian calon mertua terhadap Anda. Mereka akan merasa bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mendampingi anaknya.

10 cara mengambil hati calon mertua ini bisa menjadi pedoman bagi Anda yang ingin berkenalan dengan calon mertua. Namun, terkadang ada juga calon mertua yang sedikit “keras” sehingga perlu waktu lama untuk bisa mendapatkan hati mereka.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram