9 Cara Mudah Mengatasi Bibir yang Hitam dan Kering

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 30 Juli 2021

Kurang percaya diri karena bibir menghitam? Sudah pakaian lipgloss atau lip balm, tetapi warna bibir tetap hitam? Lipgloss atau lip balm hanya dapat digunakan untuk melembabkan bibir agar tidak kering. Namun, kedua pelembab tersebut tidak bisa mengembalikan warna bibir yang menghitam.

Bibir yang menghitam dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok atau penggunaan lipstik yang kurang sesuai. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat menyebabkan pigmen melanin bibir menjadi tebal dan menghitam. Selain itu, lipstik yang mengandung parafin dan logam berat juga berkontribusi dalam mengiritasi bibir. Alhasil, bibirmu jadi terlihat hitam dan kering.

Solusi utama untuk mengembalikan warna bibir seperti sedia kala adalah berhenti merokok dan gunakan lipgloss berwarna untuk mencerahkan bibir. Berikut adalah cara-cara mengatasi bibir hitam yang sangat mudah untuk dilakukan. Simak, ya!

1. Jangan Menjilati Bibir

cara menghilangkan bibir hitam_jangan menjilat bibir

* sumber: hdwallpaperim.com

Kebiasaan menjilati bibir mungkin adalah kebiasaan yang paling tidak disadari. Padahal menjilati bibir bisa membuat bibir menghitam, lho. Ini karena, di dalam air liur terkandung enzim yang dapat merusak lapisan perlindungan bibir.

Bila dibandingkan dengan kulit lainnya, lapisan perlindungan tersebut pada bagian bibir sangatlah tipis. Selain itu, bibir yang basah dengan air liur juga membuatnya mudah kering karena air liur mudah menguap bersamaan dengan kelembaban yang terdapat pada lapisan pelindung. Maka dari itu kebiasaan menjilati bibir akan mengantarkan pada bibir yang semakin hitam. Begitupula dengan kebiasaan mengigit dan mencabuti bagian bibir yang kering. So, try to stop licking, biting, and picking your lips.

2. Bersihkan Bibir

cara menghilangkan bibir hitam_bersihkan bibir (Copy)

* sumber: www.flare.com

Kebiasaan membersihkan bibir juga sangat penting untuk menjaga agar bibir tidak semakin gelap karena penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati. Kamu dapat menggunakan cleansing oil untuk menghapus lip makeup-mu setelah seharian beraktivitas.

Atau, kamu dapat menggunakan lip remover khusus. Jangan lupa untuk melanjutkannya dengan gentle facial wash setelahnya agar noda lipstik dan llip makeup lainnya benar-benar terangkat dengan sempurna.

3. Jaga Bibir Tetap Lembab

Bukan Lip Cream tapi Lip Balm

Kelembaban juga sangat esensial dalam mengatasi bibir yang hitam karena akan menghindarkan kulit dari kekeringan yang akan mengantarkan pada pigmentasi. Kelembaban yang dimaksud di sini juga bukan hanya dari luar tubuh, namun dari dalam tubuh pula.

Benar. Bila bicara soal kelembaban dari dalam tubuh yang ada dipikiran kita adalah meminum air yang cukup. Sementara kelembaban dari luar bisa didapatkan dengan menggunakan produk-produk pelembab bibir seperti lip balm atau lip butter. Tapi perlu diingat, usahakan untuk tidak menggunakan pelembab bibir yang mengandung pewarna ataupun pewangi, sebab dapat meningkatkan resiko alergi pada bibir. Alergi ini juga dapat menjadi asal muasal bibir yang hitam.

4. Eksfolasi

cara menghilangkan bibir hitam_eksfoliasi (Copy)

* sumber: www.enkiverywell.com

Sama halnya dengan mencerahkan kulit area lain, eksfoliasi juga dapat membantu mencerahkan bibir yang menggelap terutama akibat penumpukan sel-sel kulit mati. Kamu dapat melakukan eksfoliasi bibir menggunakan produk lip scrub selama 1-2 kali dalam seminggu.

Atau, bila kamu tidak begitu cocok dengan produk lip scrub, kamu dapat menggunakan petroleum jelly. Metode ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan petroleum jelly pada bibir sebelum tidur pada malam hari, kemudian menggosoknya halus menggunakan sikat gigi pada keesokan paginya. Atau kamu juga dapat menggunakan toner dan kapas sebagai mild exfoliant sebelum menggunakan makeup.

5. Aplikasikan Sunscreen

cara menghilangkan bibir hitam_gunakan sunscreen (Copy)

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Sinar matahari yang terlalu banyak tidak bagus untuk kulit kita. Begitu pula dengan kulit bibir, area ini dapat menghitam jika terpapar sinar matahari terlalu sering.

Lantas, mungkinkan bibir menggunakan sunscreen? Kenapa tidak! Sudah banyak kok produk sunscreen yang dapat digunakan pada area bibir. Gunakan sunscreen ini setelah menggunakan lip balm. Kamu dapat memilih sunscreen yang oil-free bila tak mau bibir nampak greasy. Alternatif lainnya, kamu dapat menggunakan lip balm ber-SPF untuk menjaga kulit bibir tidak menghitam karena pigmentasi yang disebabkan oleh sinar UV.

6. Hindari Kebiasaan Merokok

Jangan Merokok

* sumber: www.verywell.com

Istilah "merokok dapat menyebabkan bibir hitam" bukanlah omong kosong belaka, lho. Nikotin, tar, dan benzopirena yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan melanin pada bibir menjadi gelap. Inilah mengapa bibir akan berubah menjadi gelap pada perokok. Sebenarnya tidak hanya rokok,  konsumsi kafein berlebih juga dapat mengantarkan pada penggelapan bibir.

Oleh karena itu, bila kamu ingin mengatasi bibir yang hitam mulailah terlebih dahulu untuk mengurangi kebiasaan merokok ataupun mengonsumsi kafein secara berlebih. Bahkan lebih baik lagi kamu berhenti dari kebiasaan tersebut.

7. Menggunakan Produk Tertentu? Bisa!

cara menghilangkan bibir hitam_gunakan produk khusus (Copy)

* sumber: www.koreanqueens.com

Adakah produk pencerah bibir? Jawabannya adalah ada. Dahulu, mungkin memang sulit untuk mendapatkan produk bibir yang memiliki fungsi mencerahkan. Tetapi tak begitu dengan sekarang. Baik dalam bentuk lip balm bahkan lip mask, sudah banyak yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang dapat mencerahkan bibir penggunanya. Produk-produk ini juga cukup ampuh dalam mengatasi bibir yang hitam bila digunakan secara berkelanjutan.

Apabila kamu masih belum yakin dengan klaim produk-produk tersebut, kamu dapat mencari produk dengan kandungan kojic acid, senyawa-senyawa asam alfa hidroksi (AHAs) atau retinol. Bahan-bahan tersebut sangat baik dalam mencerahkan kulit, termasuk kulit bibir karena bersifat anti-pigmentasi.

8. Temui Dokter Kulit

cara menghilangkan bibir hitam_konsultasi (Copy)

* sumber: www.healthgrades.com

Bila bicara soal cara mengatasi bibir hitam dengan instan, jawaban terbaik jatuh pada langkah ini. Ya, berkonsultasi dan menyerahkan permasalahn bibir hitam pada sang ahli adalah pilihan yang tepat. Ditambah lagi treatment yang diberikan profesional biasanya tak memakan waktu yang terlalu lama.

Dokter kulit akan memberikan treatment seperti peeling asam laktat atau asam glikolat yang dapat membantu mencerahkan. Atau treatment yang lainnya adalah pemberian obat oles tertentu, terapi laser, bahkan mereka dapat memerahkan bibir secara permanen dengan cepat.

9. Samarkan dengan Lipstik

lipstik warna merah

Tentu saja langkah ini akan membuat bibir hitam milikmu menjadi tersamarkan seketika. Namun perlu digaris bawahi, terlalu sering dan lama menggunakan lipstik juga dapat berkontribusi dalam penggelapan bibir, lho. Maka dari itu, gunakan sewajarnya saja ya. Cukup re-apply lipstik 2 kali saja dalam sehari. Selain itu, sebaiknya lipstik yang sudah berumur lebih dari 2 tahun sudah tak selayaknya kamu gunakan.

Berikan bibirmu waktu istirahat juga dengan hanya mengaplikasikan lip balm tanpa pewarna apapun. Kamu dapat memilih warna lipstik yang cocok untuk bibir hitam seperti yang pernah kami ulas di sini.

Hingga saat ini bibir hitam kerap kali dianggap sebagai pengganggu penampilan. Nah, kembalikan warna bibirmu agar kembali cerah dan berwarna. Cara-cara ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri bukan?

Jangan anggap sepele bibir yang menghitam. Segera atasi permasalahan tersebut dengan tepat agar warna hitamnya dapat dapat segera memudar dan bibirmu kembali pada masa yang sebelumnya. Di samping itu, hindari penggunaan produk pemutih untuk mencerahkan bibir. Sebagai pengganti, kamu dapat menggunakan salah satu atau semua cara mengatasi bibir hitam yang ada di atas. Happy trying!

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram