kamini.id

10 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah dengan Mudah

Ditulis oleh Eva Tresna Nurhayati - Diperbaharui 29 Juli 2021

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh kita yang cukup sensitif. Bibir yang sehat adalah bibir yang merah merona, tidak kering dan pecah-pecah. Jika kita tidak merawatnya dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bibir kita akan menjadi lebih gelap, kering dan pecah-pecah.

Biasanya hal ini terjadi pada perokok, kurang bersih saat menghapus make up, kurang melakukan treatment pada bibir, kurangnya vitamin, reaksi alergi, dehidrasi, usia, paparan sinar matahari, perubahan cuaca ekstrim,  dan terlalu sering menjilat atau menggigit bibir.

Bibir juga perlu dirawat supaya bibir terlihat lebih sehat, lembab dan memiliki warna yang cerah. Sebelum bibir menjadi bermasalah, sebaiknya kamu merawat bibir dengan rutin. Tidak hanya tubuh, bibir juga perlu perawatan ekstra. Lalu apa saja cara agar bibir tidak kering dan pecah-pecah? Kamu bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini.

1. Minum air putih yang cukup

minum air putih

* sumber: www.sciencedaily.com

Kebutuhan air pada setiap individu itu berbeda. Tergantung aktivitas yang mereka jalani. Seseorang yang memiliki aktivitas fisik lebih sering mengeluarkan keringat, sebaiknya lebih sering minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang. Hal ini untuk mencegah seseorang tersebut kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Sebaiknya setiap hari minum air putih, jangan berupa minuman yang memiliki rasa. Boleh sesekali minum minuman berperasa seperti teh manis, kopi, sirup, susu daun lain sebagainya. Tapi jangan berlebihan, karena gula didalam minuman tersebut tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini untuk mencegah kamu terkena diabetes.

2. Mengoleskan krim pelembab khusus bibir

mengoleskan krim pelembab

* sumber: health.howstuffworks.com

Sekarang ini sudah banyak krim pelembab khusus bibir yang dijual dipasaran. Krim pelembab khusus bibir ini biasanya terbuat dari bahan alami yang mengandung minyak kelapa, madu, minyak zaitun, dan bahan-bahan alami lainnya. Bahan-bahan tadi dipercaya dapat melembabkan bibir, mengatasi kulit mati dan meregenerasinya dengan sel kulit baru, dan menutrisi bibir.

Hindari penggunaan lip balm yang mengandung mentol, champor, fenol, lanolin dan bahan-bahan yang berbau menyengat lainnya. Karena bahan-bahan ini dapat membuat bibir semakin kering. Hindari pula lip balm berwarna dengan rasa-rasa aneh. Sangat baik bila menggunakan lip balm no frills dengan kandungan beeswax atau petroleum bila kamu ingin benar-benar menyembuhkan kekringan pada bibir.

Kamu bisa mengoleskan salah satu bahan tadi sebelum tidur. Atau mengoleskan produk pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik. Supaya bibirmu lebih lembab dan glossy.

3. Hindari penggunaan lipstik sintetis

lipstik sintetis

* sumber: eluxemagazine.com

Lipstik yang baik adalah lipstik yg terbuat dari bahan-bahan alami. Sehingga tidak mrnimbulkan iritasi pada bibir. Pilihlah lipstik dari merk yang sudah dipercaya, yang mengandung bahan alami, pelembab, dan pewangi alami. Harus tercatat di BPOM dan juga halal.

Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya ya. Dan akan lebih baik jika lipstik tidak berbagi pakai, untuk menjaga kebersihan lipstik. Dan mencegah penyebaran penyakit dari satu bibir ke bibir yang lain.

Lipstik yang baik memang harganya cukup mahal. Tapi ini sebanding dengan hasil yang didapat. Bibir terjaga kesehatannya, tetap lembab dan aman dari iritasi.

4. Hindari Menjilat Bibir

menjilat bibir

* sumber: www.intelligentnutrients.co.uk

Ketika bibir kering, kebanyakan orang akan reflek membasahinya dengan cara menjilat bibir atau memasukkan bibir ke dalam mulut. Namun tahukah kamu, air liur atau saliva akan menguap dengan cepat. Yang justru akan membuat bibir lebih kering daripada sebelumnya dan malah akan memperparah bibir pecah-pecah.

Sebaiknya gunakan lip balm supaya bibir menjadi lembab. Gunakan seserung mungkin apalabila kamu berada diluar ruangan atau sedang berada diruangan ber-Ac supaya kamu terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sehari-hari

nutrition

* sumber: visitgreaterpalmsprings.com

Jika tubuh kekurangan zat besi, vitamin B dan asam lemak esensial, biasanya dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Terutama pada sudut bibir. Malah di beberapa kejadian ada yang sampai agak robek. Hal ini pasti akan membuatmu tidak nyaman, bukan? Sebaiknya kamu meminum multivitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

Namun jika kamu secara rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, biasanya dokter tidak menyarankan untuk minum multivitamin. Kecuali pada saat kamu sedang sakit, biasanya akan diresepkan multivitamin untuk mempercepat proses penyembuhan dari penyakit yang sedang kamu derita.

6. Hindarilah Kebiasaan Menggigit Bibir

mengigit bibir

* sumber: www.glamour.com

Sebagian orang biasanya memiliki kebiasaan menggigit-gigit bibir. Biasanya bibir akan terluka, bahkan menjadi mudah kering dan pecah-pecah. Maka dari itu sebaiknya bagi kamu yang memiliki kebiasaan menggigit-gigit bibir, berhentilah melakukannya ya.

7. Hindarilah penggunaan produk bibir yang mengandung alergen

penggunaan produk bibir

* sumber: www.reference.com

Sebagian orang memiliki kecenderungan alergi terhadap zat tertentu. Baik itu dalam produk makanan, obat-obatan, maupun produk kecantikan. Bagi kamu yang sudah mengetahui jenis alergi pada zat-zat tertentu, sebaiknya memilih produk untuk bibir yang tidak mengandung alergen. Supaya bibirmu tidak menjadi merah atau bengkak karena alergi.

Tapi jika kamu baru mengetahuinya setelah menggunakan produk tersebut, hentikan pemakaian produk dan berkonsultasi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Sedangkan untuk penanganan darurat, kamu bisa mengompres bibirmu dengan es batu yang dimasukan kedalam kain tipis.

Hentikan dulu pemakaian produk untuk bibir sampai alergi sembuh kemudian gantilah produk yang mengandung alergen tadi dengan produk yang lain yang dianjurkan oleh dokter.

8. Rutin melakukan scrub pada bibir

scrub bibir

* sumber: styletips101.com

Tidak hanya tubuh dan wajah, bibir juga perlu dirawat. Selain masker bibir, sebaiknya kamu juga rutin melakukan scrub pada bibir. Hal ini untuk membantu pengelupasan sel kulit mati pada bibir.

Kamu bisa menggunakan bahan sederhana yaitu gula yang dicampur dengan madu. Oleskan pada bibir yang sudah dibersihkan. Gosok perlahan scrub gula dan madu, lakukan selama 5-10 menit. Lalu bersihkan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukan scrub ini setiap 1-4 kali dalam sebulan.

9. Jangan terlalu sering bernafas melalui mulut

bernafas melalui mulut

* sumber: breakbird.com

Biasanya atlit renang atau kamu yang sedang berenang akan lebih banyak bernafas melalui mulut. Hembusan angin melalui pernafasan mulut dapat mengakibatkan bibir cepat kering. Usahakan untuk menggunakan pelembab pada bibir sebelum beraktifitas. Tidak hanya wanita, pria juga sebaiknya menggunakan pelembab bibir. Tentunya yang tidak berwarna ya.

10. Gunakan Humidifier

Humidifier  cara menghaluskan bibir

* sumber: www.simplygoodstuff.com

Salah satu penyebab bibir kering adalah udara yang kering. Kekeringan ini biasanya dirasakan kala musim dingin. Oleh karenanya, kamu dapat memasang humidifer di dalam rumah untuk menjaga kelembaban ruangan. Humidifier ini juga sangat berguna untuk menjaga bibir tetap lembab bila kamu merupakan individu yang suka tertidur dengan mulut terbuka.

Itulah 10 cara agar bibir tidak kering dan pecah-pecah yang bisa kamu lakukan. Tetapi jika bibirmu kering dan pecah-pecah dalam waktu lama dan tidak dapat diatasi dengan menggunakan cara-cara diatas, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya ada penyakit-penyakit tertentu yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Jika ada yang memiliki pendapat atau pengalaman berbeda, silahkan berbagi pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Selamat mencoba ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram