Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Desember 2018

Siapa yang punya jidat lebar atau jenong? Mau wanita atau pun pria, jika terlahir dengan jidat lebar, biasanya jadi merasa kurang percaya diri, bukankah begitu? Soalnya orang-orang sekitar suka usil mengatai jidat lebar dengan kata-kata seperti “bandara” atau “lapangan golf”. Mungkin itu lucu buat mereka, tapi tidak untuk Anda yang lama-lama bisa gondok juga.

Jangan berkecil hati buat Anda yang jidatnya lebar. Soalnya, orang-orang yang jidatnya lebar cenderung memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada yang jidatnya sempit. Terus dahi lebar juga katanya pertanda kalau Anda memiliki memori yang lebih baik daripada orang lain.

Tapi, kalau Anda tetap ingin menutupi jidat jenong Anda juga tidak masalah, kok. Bukan berarti Anda tidak bersyukur, tapi ini adalah langkah mempercantik diri agar rasa percaya diri Anda semakin meningkat. Bacaterus telah mengumpulkan 10 tips dan cara mengatasi jidat lebar. Yuk, dipraktikkan!

10 Tips & Cara Mengatasi Jidat Lebar

1. Poni

Poni cara mengatasi jidat lebar

* sumber: www.fashionbeans.com

Cara mengatasi jidat lebar yang paling umum dan simpel adalah dengan memakai poni depan. Dengan model rambut berponi depan, jidat lebar pasti tertutupi dengan sempurna. Asal, Anda tidak terkena angin saja, hihi.

Selain poni depan, poni samping juga dinilai aman untuk menyamarkan jidat lebar Anda. So, pergilah ke salon sekarang juga dan minta capster-nya membuat rambut Anda jadi berponi. Kalau Anda berani, Anda bisa juga kok potong poni sendiri di rumah.

Caranya, pisahkan area rambut bagian depan yang mau dibuat jadi poni. Usahakan kanan, kiri, dan bagian atasnya sama rata. Terus basahi area tersebut, dan pelintir (gulung-gulung). Siapkan gunting rambut, lalu potong poni Anda sesuai dengan panjang yang diinginkan.

2. Jangan Kuncir Rambut

 Jangan Kuncir Rambut

* sumber: hairstyledesign.net

Tadi itu merupakan cara mengatasi jidat lebar dengan menambahkan poni. Kalau ini merupakan hal yang sebaiknya Anda hindari, yaitu menguncir rambut jadi ponytail alias ekor kuda. Gaya rambut ini menarik semua rambut Anda ke atas, sehingga wajah terekspos secara sempurna. Selain membuat wajah terlihat bulat, dahi lebar Anda pun akan semakin menonjol.

3. Aksesoris

Aksesoris

* sumber: www.amyobridal.com

Akali dahi lebar dengan menggunakan head piece atau pun aksesoris rambut lainnya. Head piece biasanya berbentuk seperti kalung dengan pilihan warna dan bahan yang bermacam-macam. Tapi, Anda bisa juga menggunakan aksesoris lainnya seperti bandana, pita, casque, fascinator (lebih besar dan ramai dari casque), dan lain-lain.

Walaupun Anda membuka dahi seperti model di atas, tapi kalau ditambahkan dengan aksesoris, maka dahi lebar pun dapat tersamarkan. Selain itu, orang-orang juga akan berfokus pada aksesoris yang Anda gunakan, bukan pada dahi Anda.

4. Topi

Topi

Untuk gaya sehari-hari yang lebih santai, Anda bisa menggunakan topi saja. Apalagi kalau cuaca panas, cocok banget untuk pakai topi, ya, kan? Topi dengan jenis baseball cap ini bisa menjadi alternatif buat cowok dan cewek yang ingin bergaya santai namun tetap bisa menutupi jidat lebar. Sesuaikan tipe topi yang Anda gunakan untuk setiap kesempatan, ya. Kalau untuk acara formal, Anda bisa pakai bowler, boater, homburg, dan lain-lain.

5. Turban

Turban

* sumber: afropunk.com

Cara mengatasi jidat lebar yang ke-5 adalah dengan memakai turban. Gaya ini tidak terlalu populer di Indonesia, tapi tidak ada salahnya Anda coba, kan? Anda dapat memanfaatkan scarf atau pun kain lebar lainnya untuk membuat turban.

Gaya ini juga bisa diaplikasikan untuk Anda wanita berjilbab. Anda bisa memakai turban di atas kerudung. Atau, supaya lebih simpel Anda cukup menggunakan ciput saja yang dipakai agak ke depan untuk menutupi dahi lebar.

6. Hair Line / Edges

Hair Line / Edges

* sumber: www.mynaturalsistas.com

Menata hair line atau edges merupakan kegiatan rutinannya orang berkulit hitam. Tapi, semua orang bisa melakukannya, asal Anda punya banyak baby hair (rambut pendek yang baru tumbuh di sekitar dahi). Anda dapat mencari tutorial cara merapikan edges di YouTube.

Selain merapikan edges, ada juga loh yang mewarnai baby hair di sekitar dahi supaya rambut terlihat lebih lebat dan dahi pun terlihat lebih kecil. Biasanya orang-orang menggambar edges pakai concealer berwarna gelap. Sama, trik ini pun bisa Anda temukan tutorialnya di YouTube.

7. Tata

Tata

* sumber: hairstyledesign.net

Cara mengatasi jidat lebar kali ini membutuhkan sedikit effort. Karena Anda perlu menata rambut sedemikian rupa agar dahi lebar Anda bisa tersamarkan. Fokuskan tatanan rambut pada bagian depan seperti gambar di atas.

8. Eye Makeup

Eye Makeup

* sumber: beauty-staff.livejournal.com

Kalau Anda malas menata rambut, dandan saja, tapi fokuskan pada riasan mata. Dengan eye makeup yang bold, perhatian orang-orang akan tersedot untuk melihat makeup Anda. Sehingga mereka pun tidak ngeh dengan dahi Anda yang lebar.

9. Red Lipstick

Red Lipstick

* sumber: id.pinterest.com

Masih dalam trik makeup, gunakanlah lipstik berwarna merah menyala seperti ini. Sama seperti eye makeup, fungsi lipstik warna merah adalah untuk mengalihkan fokus orang-orang dari dahi Anda ke bibir. Oh, iya, kalau Anda sudah pakai lipstik merah sebaiknya eye makeup-nya tidak perlu terlalu menonjol kalau Anda tidak mau dikatai berlebihan, ya.

10. Tumbuhkan Rambut

Tumbuhkan Rambut

* sumber: antiagingstop.com

Cara mengatasi jidat lebar yang terakhir adalah dengan menambah volume rambut. Panjangkan dan tebalkan rambut Anda, dengan begitu, jidat lebar pun dapat “menyusut” karena tertutup rambut yang lebat.

Rawat rambut Anda supaya jadi lebih tebal. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat. Begitu pula perawatan lanjutannya seperti vitamin rambut, serum rambut, dan creambath. Anda bisa juga melakukan treatment menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kemiri dan bawang merah. Baca juga artikel 10 Cara Memanjangkan Poni untuk Pria & Wanita ini.

Kalau Anda sudah melakukan segala cara tapi rambut tetap tipis, akali saja dengan menata rambut jadi curly atau blow dry agar mengembang. Mudah bukan?

Semoga cara-cara mengatasi jidat lebar dari Bacaterus di atas dapat membantu Anda mendapatkan tampilan rambut dan wajah yang diinginkan, ya. Ingat, langkah-langkah ini dilakukan bukan karena Anda malu dengan dahi lebar Anda, tapi lebih kepada mempermanis tampilan Anda supaya jadi lebih percaya diri. Selamat mencoba!