Kamini.id / Masalah Hidup / Sedang Merasa Kesepian? Atasi dengan 13 Kegiatan Positif Ini

Sedang Merasa Kesepian? Atasi dengan 13 Kegiatan Positif Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Oktober 2019

Apakah kamu sedang merasa kesepian karena terlalu lama berada di rumah? Atau merasa kesepain di tengah keramaian? Tidak sedikit orang yang pernah merasakan hal itu. Kesepian adalah fenomena mental dan emosional yang kompleks. Bahkan kesepian bisa “membunuh.”

Beberapa orang mengalami kesepian karena banyak alasan, mulai dari bertemu orang baru, berada di lingkungan baru, atau mengalami kondisi yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mungkin sekarang kamu sedang bingung dan khawatir dengan diri sendiri. Atau belum tahu mau melakukan apa. Ada cara-cara tertentu untuk mengatasi rasa kesepian.

Terdapat cara efektif dan cara profesional jika kamu membutuhkannya. Supaya kamu tidak merasa kesepian lagi, yuk, lakukan beberapa kegiatan positif yang Kamini sarankan ini.

1. Tulis Daftar Kegiatan yang Ingin Dilakukan

Tulis Daftar Kegiatan yang Ingin Dilakukan

* sumber: www.wellandgood.com

Biasanya rasa kesepian muncul karena kita tidak melakukan kegiatan apa pun. Jika kamu ingin mengatasinya, mulailah dari hal sederhana seperti menuliskan daftar kegiatan favorit yang ingin kamu lakukan. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian dari kesepian akut dengan cara yang sehat.

Dengan menulis hal yang ingin dilakukan akan membuat kita sadar bahwa ada beberapa kegiatan yang mudah dilakukan. Jika kamu sulit menemukan teman yang tepat untuk diajak melakukan kegiatan bersama, kamu tidak perlu khawatir. Karena dengan merasa kesepian membuat kita menjadi belajar melakukan sesuatu secara mandiri.

2. Lakukan Hobi

Lakukan Hobi

* sumber: www.cbhs.com.au

Rasa bosan bisa menambah bobot kesepian. Daripada kamu berdiam diri di rumah, cobalah lakukan hobi yang menyenangkan. Mungkin kamu memiliki hobi menonton film atau bermain game sendirian, tapi kegiatan itu bukanlah solusi yang tepat. Kamu bisa memilih beberapa hobi baru yang menyenangkan yang bisa membuat kamu berada dalam hubungan sosial.

Pertimbangkan untuk terlibat dalam aktivitas yang disukai sekaligus bisa mendapatkan teman baru seperti pergi hiking, memasak, berkebun, fotografi, renang, dan lain-lain. Karena dengan melakukan kegiatan aktif secara rutin akan membuat kamu tidak merasa kesepian.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

* sumber: www.altpress.com

Salah satu hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesepian adalah mendengarkan musik. Penelitian membuktikan bahwa ada manfaat kesehatan dengan mendengarkan musik, salah satunya adalah membuat orang merasa bahagia. Putarlah lagu-lagu ceria yang dapat mengubah suasana hati dan membuat kamu semangat melakukan hal positif.

4. Lakukan Kegiatan di Luar Rumah

Lakukan Kegiatan di Luar Rumah

* sumber: www.shutterstock.com

Terlalu lama berdiam diri di rumah hanya akan membuat kamu semakin merasa kesepian. Jadi, cobalah untuk mencari kegiatan di luar rumah yang bisa kamu nikmati sendiri. Kamu bisa pergi ke bioskop atau ke café. Jangan merasa canggung atau aneh jika kamu sendirian. Karena kegiatan tersebut dapat kamu nikmati.

Atau kamu juga bisa berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku-buku favorit. Mungkin perlu waktu untuk terbiasa dengan kesendirian. Tetapi seiring berjalannya waktu, kamu dapat terbiasa dengan kesendirian dan tidak akan merasa kesepian.

5. Ajak Orang-orang untuk Bertemu

Ajak Orang-orang untuk Bertemu

* sumber: www.wisebread.com

Buatlah rencana kecil bersama orang-orang yang ingin kamu temui, seperti teman-teman, keluarga, sepupu, atau seorang partner kerja. Ajak orang-orang yang bisa membuatmu tertawa atau yang dapat memberikan support terhadap dirimu. Jadwalkan untuk makan siang atau makan malam, sekedar minum kopi di café, atau berjalan-jalan di taman.

Karena pada dasarnya manusia membutuhkan koneksi  terhadap sesama manusia. Hal itu adalah normal karena manusia butuh berinteraksi dengan orang lain. Jika kamu tidak memiliki teman yang akrab, berinisiatif lah untuk menciptakan persahabatan supaya kamu tidak merasa kesepian lagi.

6. Berolahraga

Berolahraga

* sumber: hellosehat.com

Bagi kamu yang jarang berolahraga, rasa kesepian bisa kamu hilangkan dengan berolahraga. Walaupun sendirian, olahraga dapat membuat pikiran kamu keluar dari perasaan kesepian. Lakukan olahraga ringan dan menyenangkan seperti berjalan kaki, naik sepeda, dan berlari.

Secara ilmiah, berjalan kaki atau berlari selama 30 menit dapat membuat seseorang lebih merasa bahagia. Usahakan untuk membuat diri kamu sibuk atau luangkan waktu untuk berolahraga.

7. Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan Air Hangat

* sumber: www.zliving.com

Mandi atau berendam dengan air hangat bisa mengatasi rasa kesepian. Otak kita mengasosiasikan kehangatan fisik dengan perasaan yang terkoneksi secara psikologis. Sebuah penelitian menyatakan bahwa perasaan dingin atau terputusnya dengan hubungan sosial terbukti memicu kebutuhan akan kehangatan yang dapat dipenuhi dengan mandi air hangat.

8. Menjadi Relawan

Menjadi Relawan

* sumber: hellenicvalues.org

Salah satu cara untuk mengatasi kesepian adalah menempatkan diri di tempat yang membuat kamu bisa bertemu orang baru. Daripada pergi ke pusat perbelanjaan atau pergi ke pesta,, lebih baik kamu pergi ke tempat dengan kegiatan positif seperti menjadi relawan. Temukan peluang untuk menjadi relawan yang membuat kamu fokus pada suatu tugas.

Berfokus pada kebutuhan orang lain dapat menjauhkan kamu dari perasaan sedih. Kamu bisa mencari sumber informasi dari sosial media atau internet mengenai relawan  atau acara yang akan diselenggarakan di daerahmu.

9. Mengadopsi Hewan Peliharaan

Mengadopsi Hewan Peliharaan

* sumber: www.nbcnews.com

Jika menghabiskan waktu bersama teman karena jauh dari rumah, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memelihara hewan peliharaan untuk membantu mengatasi kesepian. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan jauh lebih kecil kemungkinannya mengalami kesepian daripada yang tidak.

Kucing dan anjing umumnya dianggap sebagai hewan peliharaan terbaik untuk mengatasi kesepian karena kedua hewan tersebut senang diajak berinteraksi. Sekaligus kamu dapat menikmati kontak fisik bersama dengan hewan tersebut.

Jika kamu tidak menyukai kucing dan anjing, kamu bisa mencoba memelihara hewan lainnya seperti burung atau ikan. Bahkan hewan peliharaan dapat membuat kamu melupakan masalah dan membuat suasana hati membaik.

10. Membersihkan Rumah

Membersihkan Rumah

* sumber: www.nbcnews.com

Tahukah kamu bahwa perasaan yang tenang bisa turun ketika semuanya beres? Ketika kita membersihkan ruangan, otak kita juga akan terasa dibebaskan. Karena dengan melakukan tugas fisik akan mengaktifkan pusat tugas di otak kamu yang membuat kamu keluar dari rasa sedih atau kesepian. Kamu bisa memulainya dengan merapikan tempat tidur di pagi hari dan melakukan bersih-bersih rumah.

Hal itu akan membuat kamu merasa lebih baik dan dapat mengendalikan hidupmu. Bahkan penelitian menyebutkan merapikan tempat tidur adalah salah satu kebiasaan utama orang menjadi bahagia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar