Kamini.id / Ketiak / 10 Cara Mengatasi Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah

10 Cara Mengatasi Ketiak Gatal Secara Cepat dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Ketiak Anda pernah terasa gatal? Rasanya setiap orang pasti pernah merasakannya. Biasanya rasa gatal pada ketiak dapat hilang dengan sendirinya. Tapi, ada juga gatal yang membandel. Biasanya jika rasa gatal pada ketiak tidak hilang-hilang, itu dikarenakan ada sesuatu pada ketiak Anda, entah itu infeksi, bakteri, atau jamur.

Jadi, ketika Anda merasakan gatal pada ketiak jangan langsung menganggapnya sepele, ya. Karena, bisa saja terjadi masalah di ketiak Anda. Jika benar terjadi sesuatu pada ketiak Anda dan Anda membiarkannya, tentu penyakit tersebut akan semakin sulit diobati. Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi ketiak gatal, mari ketahui terlebih dahulu penyebab gatalnya ketiak.

Penyebab Ketiak Gatal

Penyebab Ketiak Gatal Dermatitis Kontak cara mengatasi ketiak gatal

* sumber: www.actasdermo.org

Rasa gatal pada ketiak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat, sangat penting untuk mengetahui penyebab rasa gatal tersebut. Anda bisa langsung memeriksanya ke dokter. Atau, jika Anda penasaran, berikut adalah beberapa kemungkinan faktor penyebab ketiak gatal beserta penjelasannya.

1. Dermatitis Atopik (Eksim)

Eksim merupakan penyakit kulit yang paling gampang terjadi di area lipatan kulit seperti ketiak. Efek penyakit ini adalah rasa gatal dan kulit kemerahan. Jika Anda menggaruk beruntus-beruntus gatal itu kulit Anda dapat berdarah, loh. Selain darah, kadang ada cairan bening yang keluar juga dari tonjolan gatal tersebut.

2. Dermatitis Seboroik (Sisik)

Dermatitis seboroik menyebabkan kulit bersisik dan kadang mengelupas. Penyakit ini terjadi karena iritasi kulit akibat produksi minyak atau sebum berlebih. Karena minyak berlebih tersebut, kulit menjadi berwarna putih/kuning lalu mengelupas. Penyebab iritasi ini bisa dari berbagai faktor, bisa disebabkan oleh faktor cuaca, gangguan kesehatan, obat yang sedang dikonsumsi, dan juga stres.

3. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan jenis eksim yang paling sering terjadi. Iritasi ini biasanya diakibatkan oleh bahan pakaian yang tak cocok dengan kulit atau pakaian yang terlalu ketat pada bagian ketiak. Selain pakaian, produk kecantikan seperti deodoran, parfum, lotion, dan lain-lain juga dapat berpotensi membentuk dermatitis kontak jika ada bahan yang tak cocok dengan kulit Anda.

Tak hanya itu, detergen pencuci pakaian pun bisa saja menjadi pemicu datangnya alergi ini. Efek dermatitis kontak sendiri berbeda-beda. Ada yang kulitnya jadi kering, lembab, bahkan terkelupas, tapi yang jelas rasanya sangat gatal dan mengganggu. Waktu terjadinya pun berbeda-beda, ada yang langsung, beberapa jam kemudian, atau mungkin sehari setelahnya.

4. Infeksi Jamur

Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling mudah mengalami infeksi jamur. Hal ini dikarenakan ketiak merupakan area tubuh yang paling hangat dan lembab. Ketiak juga memiliki banyak kelenjar seperti kelenjar keringat, kelenjar getah bening, dan folikel rambut (bulu ketiak).

5. Soriasis

Soriasis ditandai dengan rasa gatal, warna kulit kemerahan dan mengkilap. Sebenarnya soriasis bisa muncul di mana saja, dan tidak terkecuali ketiak.

6. Intertrigo

Intertrigo merupakan iritasi dan infeksi pada kulit ketiak. Sensasi yang ditimbulkan oleh intertrigo adalah rasa gatal dan perih serta warna kulit kemerahan.

Cara Mengatasi Ketiak Gatal yang Membandel

1. Es Batu

es batu cara mengatasi ketiak gatal

Cara mengatasi ketiak gatal dari Kamini yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Jika Anda merasakan gatal dan panas akibat iritasi dan infeksi, Anda bisa meredakannya dengan es. Suhu dingin dapat menetralisir dan mengurangi rasa gatal serta iritasi pada kulit ketiak.

Tapi, Anda tidak bisa langsung menggosokkan es batu pada kulit, ya. Bungkus terlebih dahulu es batu menggunakan kain bertekstur lembut. Tempelkan kain berisi es tersebut di ketiak selama beberapa menit (sekuatnya Anda). Jika Anda merasa tidak kuat dengan sensasi dinginnya, angkat kain sebentar, lalu tempelkan lagi.

Jika tak ada es batu, Anda bisa juga merendam kain lembut pada air dingin lalu memeras airnya. Gunakan kain tersebut seperti kompres yang biasa digunakan saat tubuh demam. Jangan lupa setelah melakukan perawatan ini keringkan kembali ketiak Anda menggunakan kain yang baru, karena ketiak yang sedang iritasi tidak boleh dibiarkan basah dan lembab.

2. Air Hangat

Air hangat

Lain halnya jika ketiak Anda gatal akibat cuaca dingin, maka hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah mandi dengan air hangat. Jika Anda mau mencukur atau mencabut bulu ketiak pun dianjurkan untuk mandi air hangat terlebih dahulu agar pori-pori kulit ketiak lebih terbuka, sehingga dapat memudahkan proses pencukuran.

Kalau pun tidak mandi dengan air hangat, Anda bisa juga mengompres ketiak menggunakan kain yang telah dicelupkan pada air hangat.

3. Pelembab

Pelembab

* sumber: www.shutterstock.com

Bukan cuma wajah, tangan, dan kaki saja yang butuh pelembab, tapi ketiak juga. Justru ketiak membutuhkan losion lebih banyak daripada area kulit lainnya, karena ketiak merupakan lipatan kulit yang tertutup. Anda mungkin mengira ketiak sudah memiliki pelembab alami atau semacamnya, tapi tetap saja Anda akan memerlukan losion tambahan untuk ketiak.

Pelembab juga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit ketiak karena gesekan pakaian. Jadi, jangan skip bagian ketiak saat Anda menggunakan body lotion, ya!

4. Krim Anti Gatal

Krim Anti Gatal

Jika rasa gatal pada ketiak yang Anda rasakan sudah tidak bisa ditolerir dengan air hangat atau pun es batu, mungkin sekarang saatnya Anda mencoba pakai krim atau gel penghilang gatal. Anda dapat menemukan benda-benda ini di apotek.

Tapi, tentunya perlu diperhatikan lagi kalau krim penghilang gatal belum tentu cocok untuk semua masalah kulit, jadi bisa saja krim tersebut tidak cocok dengan kulit ketiak Anda.

5. Mandi

Mandi Berendam

Cara mengatasi ketiak gatal yang ke-5 adalah dengan mandi secara rutin. Mungkin ada diantara Anda yang suka malas mandi, kadang satu kali sehari, atau malah mandinya hanya beberapa hari sekali. Mungkin hal ini biasa saja di luar negeri, tapi perlu diingat kalau cuaca di Indonesia berbeda.

Indonesia sering kali panas terik pada siang hari, lalu tiba-tiba hujan deras pada sore dan malam harinya. Hal tersebutlah yang menyebabkan tubuh Anda banjir keringat pada siang hari, lalu keringatnya mendadak berhenti pada sore hari karena cuaca jadi dingin.

Hal ini bisa menyebabkan keringat, kotoran, polusi, dan bakteri menempel kuat di kulit Anda, terutama pada area yang berlipat seperti ketiak. Untuk itu, mandilah yang rajin, minimal dua kali sehari yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas. Menjaga kebersihan tubuh merupakan cara terbaik untuk mencegah dan mengobati rasa gatal di ketiak.

6. Perhatikan Kosmetik

Perhatikan Kosmetik

* sumber: www.boldsky.com

Coba Anda tes alergi atau lakukan cek lainnya, siapa tahu ketiak Anda gatal karena kosmetik yang digunakan. Kosmetik seperti deodoran, parfum, losion, sabun mandi, dan lain-lain berpotensi membuat ketiak jadi gatal-gatal jika mengandung bahan yang tak cocok untuk kulit Anda.

7. Jangan Cukur atau Cabut

Jangan Cukur/Cabut

Cara mengatasi ketiak gatal yang ke-7 adalah dengan menghindari mencabut atau mencukur bulu ketiak. Kenapa? Karena proses ini dapat menyebabkan kulit ketiak jadi iritasi bahkan infeksi. Untuk cara “aman”-nya, gunakanlah shaving cream untuk mencukur bulu ketiak. Atau, gunakan teknik waxing yang lebih “ramah” untuk ketiak daripada mencabut atau mencukur bulu.

8. Vitamin E

Jaga keseimbangan vitamin dan nutrisi

Ternyata dengan rutin mengonsumsi vitamin E dapat mengurangi bahkan mencegah ketiak gatal, loh! Kira-kira apa hubungannya mengonsumsi vitamin E dengan kesehatan kulit ketiak?

Vitamin E merupakan vitamin yang sangat penting untuk menutrisi kulit, membuat kulit jadi lebih sehat dan cantik. Vitamin E juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit, so, jika kulit ketiak Anda sedang iritasi maka bisa jadi lebih cepat sembuh.

9. Alkohol

Alkohol

* sumber: www.walgreens.com

Cara mengatasi ketiak gatal karena ruam atau iritasi bisa juga dengan menggunakan alkohol. Tapi, bukan sembarang alkohol, ya. Jenis alkohol yang bisa digunakan adalah isopropol alkohol. Jika ada isopropil alkohol berbentuk spray seperti gambar di atas lebih bagus lagi. Jika isopropil alkohol milik Anda berbentuk botolan, pindahkan saja ke botol spray bersih.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan isopropil alkohol pada bagian ketiak yang iritasi. Sayangnya, aroma alkohol akan tercium kuat. Jika Anda tidak suka dengan bau alkohol, Anda bisa menambahkan minyak esensiil yang bebas dari bahan kimia seperti esensiil lavender, mawar, lemon, atau mint.

10. Baking Soda

Baking Soda

Cara mengatasi ketiak gatal yang terakhir dari Kamini adalah dengan memanfaatkan baking soda. Ya, baking soda yang Kami bahas di sini adalah yang biasa digunakan untuk bahan pembuat kue. Ternyata, selain bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak, baking soda juga bisa mengatasi iritasi kulit ketiak setelah dicukur, dicabut, atau iritasi lainnya.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampur 8 sdt baking soda dengan air, aduk rata. Lalu, balurkan adonan baking soda pada bagian ketiak yang terasa gatal dan iritasi, diamkan hingga mengering. Untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa menaburkan bubuk baking soda di atas adonan baking soda basah yang sudah dioleskan pada ketiak.

Nah, itulah 10 cara mengatasi ketiak gatal dari Kamini. Perlu diingat untuk menghindari menggaruk ketiak yang gatal! Memang, jika rasa gatal itu datang, pasti Anda tidak kuasa menahan keinginan untuk menggaruk. Tapi, usahakan untuk tidak menyentuh area ketiak yang sedang iritasi sama sekali untuk menghindari infeksi. Apalagi jika kuku Anda panjang, karena kotoran dapat bersarang di kuku yang panjang.

Untuk pencegahan, takutnya Anda tidak sadar menggaruk ketiak dengan kuku Anda yang panjang-panjang, potong pendek kuku Anda selama ketiak iritasi. Lalu, gunakan pakaian yang longgar pada bagian ketiak agar iritasi kulit ketiak cepat pulih. Jika keluhan dan rasa gatal tidak kunjung hilang, segera kunjungi dokter spesialis kulit, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Infonya membantu, Thanks

  2. Terimaksih sangat membantu sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *