Kamini.id / Ketombe / Beginilah Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering yang Menganggu

Beginilah Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering yang Menganggu

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak melulu soal ketombe, permasalahan kulit kepala yang sering terjadi salah satunya adalah kulit kepala kering. Bukan itu saja, ciri-ciri kulit kepala yang kering adalah kulit terkelupas dan perasaan kaku. Namun tak jarang orang salah mengira gejala ini dan menggeneralisasi sebagai masalah ketombe.

Ketombe sendiri merupakan mikroorganisme yang muncul pada area yang berminyak di kulit kepala. Ketika pelindung alami kulit kepala melemah dan tidak sehat, mikroorganisme ini dapat menghasilkan zat yang dapat mengiritasi dan menyebabkan kulit kepala menjadi luruh lebih cepat. Sementara penyebab kulit kepala yang kering bukan karena mikroorganisme yang tumbuh tersebut.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Nah, sebenarnya apa yang membuat kulit kepala kering? Ada banyak hal yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering, dan semua penyebab tersebut akan dibahas melalui penjelasan berikut ini.

1. Masalah Kulit Seperti Psoriasis

scalp-psoriasis-symptoms (Copy)

* sumber: www.windsordermatology.com

Psoriasis adalah masalah kulit yang ditandai dengan kemerahan, pengelupasan, dan terjadinya kerak pada kulit kepala. Biasanya bagian kulit yang meluruh karena masalah psoriasis akan lebih terasa berat dibandingkan kulit yang meluruh karena masalah ketombe. Psoriasis sendiri tak hanya menyerang kulit kepala, tapi kulit tubuh yang lain juga dapat terkena dampak psoriasis ini.

2. Pertambahan Usia

Rambut Uban

* sumber: www.huffpost.com

Usia juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kekeringan pada kulit kepala. Sebab, semakin bertambah umur, secara alamiah kulit akan menjadi terasa lebih kering. Apalagi bila tidak ditangani dengan produk perawatan rambut yang tepat.

3. Produk Perawatan yang Digunakan

Cara Memakai Dry Shampo yang Benar

* sumber: www.moroccanoil.com

Benar, produk perawatan rambut dengan formulasi yang tidak cocok dengan kulit kepala penggunanya juga dapat mengantarkan pada kulit kepala yang kering. Tak banyak orang sadar akan faktor ini dan banyak memilih produk perawatan rambut yang dapat mengikis lapisan minyak alami demi mengurangi rambut yang lepek.

4. Asupan Nutrisi yang Keliru

Perhatikan Asupan Nutrisi

* sumber: diabetesreviews.co

Tak hanya dari luar, kulit kepala kering juga dapat disebabkan oleh faktor internal. Satu di antaranya adalah asupan nutrisi. Konsumsi lemak, gula, dan karbohidrat yang berlebih ternyata berpengaruh juga dalam memperparah kondisi kulit kepala yang kering. Bukan itu saja, kekurangan asupan vitamin dan cairan juga dapat mengantarkan pada kulit kering.

5. Kebiasaan Keramas

Teknik Keramas

* sumber: www.istockphoto.com

Terlalu sering keramas dapat menyebabkan minyak alami pada kulit kepala menjadi semakin berkurang. Sebaliknya, jarang keramas akan mengantarkan kondisi kulit kepala yang kelebihan minyak dan menyebabkan ketombe. Namun, bukan berarti kamu jadi serba salah. Bila kamu merasa kulit kepala kering dan kaku, kamu bisa mencoba mengurangi frekuensi keramas.

6. Cuaca

cuaca extrim

* sumber: www.slsc.org

Perubahan suhu karena cuaca juga dapat mempengaruhi keadaan kulit. Biasanya, kulit kering terjadi ketika musim dingin yang ekstrim. Karena itu, bila kondisi kulitmu berubah saat musim dingin, usahakan menggunakan treatment yang berbeda pula demi menghindari kulit kepala kering.

Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Kering

Setelah mengetahui faktor penyebab kulit kepala kering, saatnya untuk menyimak bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi kekeringan tersebut.

1. Pijat Kulit Kepala

Pijat Relaksasi Kulit Kepala

* sumber: www.rescuemyhair.net

Memijat kulit kepala adalah cara yang paling baik dalam menstimulasi produksi minyak oleh kelenjar sebaceous pada kulit kepala. Memijat kulit kepala juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut. Dengan memijat kepala, tak hanya akan menghindarkan dari kulit kepala kering, tapi juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Pijat kulit kepala dengan lembut tiap kali keramas. Kamu juga bisa memijat kulit kepala ini dengan minyak rambut atau kondisioner untuk kepala kering.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner rambut

* sumber: www.healthline.com

Bila kulit wajah dan tubuh membutuhkan moisturizer untuk mengatasi kondisi kering. Kulit kepala membutuhkan produk serupa. Hanya saja, untuk hair treatment, pelembab ini disebut sebagai kondisioner. Gunakan kondisioner yang tak hanya melembabkan rambut, tapi juga melembabkan kulit kepala.

Sudah banyak pula kondisioner khusus yang berfokus dalam mengatasi masalah kulit kepala kering. Kondisioner dapat memberikan hidrasi dari luar sehingga cocok digunakan untuk menangani kulit kepala yang kering

3. Gunakan Tea Tree Oil

Minyak Pohon TehTea Tree OIl

* sumber: dazioflowershop.com

Tea tree oil dapat membantu mengurangi berbagai masalah kulit kepala. Sifat anti bakteri dan antiseptik dari tea tree oil yang dapat membuat kulit kepala terhindar dari bakteri. Tapi perlu diingat, tea tree oil sendiri tidak diperkenankan langsung digunakan pada kulit kepala. Sebaiknya dicampurkan pula dengan minyak carrier seperti minyak kelapa atau castor oil.

Kedua minyak ini juga memiliki manfaat baik dalam menutrisi kulit kepala. Kamu bisa membaca artikel mengenai manfaat minyak kelapa dan minyak castor untuk mengetahui manfaat kedua minyak itu lebih lanjut.

4. Singkirkan Shampo dan Produk yang Menjadi Biang Kerok

Pakai Shampo untuk Rambut Kering dan Mengembang

* sumber: www.mangalorean.com

Produk perawatan rambut seperti shampo, hair mask, atau kondisioner dengan formulasi tertentu memang dapat menarik minyak secara berlebih. Hal ini kadang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Dan malah memilih menghabiskan produk tersebut karena sayang akan uang yang telah dikeluarkan untuk membeli produk.

Sebaiknya, apabila kamu merasakan kulit kepala terasa kering setelah menggunakan produk perawatan rambut tertentu, segera singkirkan produk tersebut. Dan bergantilah mencari produk yang benar-benar aman serta tak menimbulkan reaksi alergi apapun pada kulit kepala.

Sekarang, sudah banyak website yang mendukung penjualan barang preloved alias barang baru yang tidak cocok digunakan oleh penggunanya namun masih layak digunakan untuk orang lain yang lebih membutuhkan. Terutama untuk produk-produk kecantikan.

Jangan ragu untuk menjual kembali produk-produk yang tidak cocok pada kulitmu. Atau kamu juga bisa memberikannya secara cuma-cuma dengan imbalan kebaikan.

5. Ubah Asupan Nutrisi dari Dalam

* sumber: lovandy.com

Asupan nutrisi yang salah ke dalam tubuh memang mempengaruhi berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Kasus kulit kepala kering juga banyak yang disebabkan oleh kesalahan asupan nutrisi ini. Untuk menanganinya, maka diperlukan asupan nutrisi yang seimbang.

Beberapa nutrisi kunci untuk kulit kepala yang sehat diantaranya adalah zinc, asam lemak omega-3 dan vitamin A. Ketiga bahan tersebut dapat mendorong pertumbuhan kulit kepala yang sehat, lembab, serta mempertahankan fungsi-fungsi sel di kulit kepala.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung salah satu atau ketiga nutrisi tersebut demi mendapatkan rambut dan kulit kepala yang sehat. Makanan seperti susu dan telur merupakan sumber vitamin A yang biasanya dikonsumsi. Sementara omega-3 bisa diperoleh dengan konsumsi ikan seperti salmon, teri, dan sarden. Sedangkan zinc bisa bersumber dari kacang-kacangan atau kerang-kerangan.

6. Hidrasi, Hidrasi, dan Hidrasi!

dehidrasi

* sumber: greatist.com

Karena secara sistem, kulit kepala sama saja dengan kulit bagian tubuh lainnya. Maka kekurangan cairan di dalam tubuh tentu dapat mengganggu kulit kepala juga. Oleh karenanya, pastikan asupan cairan berada dalam jumlah yang cukup bila kulit kepala terasa kering.

Itulah langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi kulit kepala kering. Selain mengikuti langkah di atas, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang spesifik diformulasikan untuk mengatasi kulit kepala kering. Tetapi bila kamu pemilik kulit kepala berketombe, kamu bisa membaca artikel mengenai cara mengatasi ketombe.

Tapi ingat, memperbaiki tidak hanya harus dari luar, tetapi harus dari dalam tubuh juga. Bila kamu memiliki rekomendasi produk-produk hair and scalp treatment untuk mengatasi kulit kepala kering, silahkan tulis di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *