Kamini.id / Wajah Kering / Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering dan Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Kering dan Mengelupas

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kulit kering bisa ditandai dengan adanya kulit yang mengelupas. Pengelupasan kulit ini sudah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Bahkan, kulit yang mengelupas sangat sulit disamarkan dengan riasan wajah. Kamu memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi kulit keringmu secara optimal agar tidak memperparah pengelupasan tersebut.

Tak perlu khawatir jika saat ini kamu memiliki kulit yang kering dan mudah mengelupas. Kamini akan berbagi cara yang tepat untuk mengatasi masalah kulit keringmu itu. Mulai dari cara umum sampai dengan cara yang menggunakan bahan-bahan alami akan kami bagikan di sini. So, check this out, ladies!

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kalau kulit wajah berminyak bisa disamarkan dengan make up yang bersifat matte, kulit kering justru sangat sulit disamarkan dengan make up, apalagi jika kulit keringmu sampai mengelupas. Dari pada sibuk mencari cara untuk menyamarkan kulit kering, mengapa tak coba langsung mengatasinya saja?

Kulit kering bukan momok yang harus ditakuti, girls. Kamu bisa mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas dengan berbagai cara berikut ini:

1. Pakai Kosmetik untuk Kulit Kering

Pakai Kosmetik untuk Kulit Kering

* sumber: www.womenshealthmag.com

Ketika kamu menyadari bahwa kulitmu termasuk jenis kulit kering, pertimbangkan untuk mengganti kosmetik yang biasa kamu pakai dengan kosmetik khusus kulit kering. Mengapa? Karena kosmetik tersebut umumnya dilengkapi dengan pelembab ekstra sehingga membuat kulit jadi lebih lembab.

Pilihlah kosmetik yang mengandung aloe vera, shea butter, coconut oil, vitamin E, atau peptides yang bersifat melembabkan. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol ataupun pewangi, mengingat bahan-bahan ini memiliki peluang besar dalam mengiritasi kulit.

2. Pilih Pelembab yang Tepat

Pilih Pelembab yang Tepat

* sumber: www.sheknows.com

Solusi paling sederhana untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas adalah pelembab. Ada banyak merk dan jenis pelembab wajah yang dijual di pasaran, kamu hanya perlu memilih salah satunya. Sekadar informasi, jika ingin memilih pelembab sebaiknya pilih pelembab berbasis air atau bahan-bahan alami.

Pelembab harus menjadi must have item pemilik kulit wajah kering dan mengelupas. Kamu harus membawa produk ini kemana-mana karena dapat menolongmu melembabkan sekaligus mengurangi penampakan kulit yang terkelupas. Pilihan moisturizer berbahan dasar petrolatum juga sangat baik untuk kamu gunakan dalam mengatasi kekeringan pada kulit.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi

* sumber: shorthillsderm.com

Eksfoliasi adalah usaha untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Tindakan ini sangat cocok dilakukan untuk kulit kering dan mengelupas. Gunakan kain lembut yang sudah dicelup ke dalam air hangat dengan suhu suam-suam kuku. Kemudian, usapkan kain ke kulit wajah untuk eksfoliasi.

Selain dengan kain lembut, eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk scrub wajah. Akan tetapi, jika kulitmu sudah mengelupas, cukup gunakan kain lembut saja agar kondisinya tidak semakin parah. Atau kamu dapat menggunakan chemical exfoliation seperti AHA atau BHA. Di Indonesia, produk-produk ini dapat kamu temukan dalam bentuk exfoliating toner.

4. Kompres Air Dingin

Kompres Air Dingin

* sumber: www.everydayhealth.com

Cara lain untuk mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Pakai kain bersih yang sudah dicelup ke dalam air, lalu peras kain sampai tidak ada air yang menetes. Letakkan kain di bagian kulit yang mengelupas selama 10 menit. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena akan semakin memperbanyak pengelupasan.

5. Cuci Muka dengan Sabun yang Ringan

Cuci Muka dengan Sabun yang Ringan

Kulit wajah yang kering bisa saja disebabkan oleh penggunaan sabun wajah yang kurang tepat. Atasi masalah ini dengan mengganti sabun wajahmu menjadi sabun yang lebih ringan. Bila perlu, gunakan produk non-sabun agar kelembaban kulit tetap terpelihara dengan baik.

Hati-hati bila kamu menemukan kandungan seperti sodium lauryl sulfate atau alkohol, karena keduanya cukup beresiko memperparah kulit yang kering. Tapi jangan khawatir, terdapat beberapa bahan sabun yang aman digunakan pemilik kuit kering dan terkelupas kok. Diantaranya adalah parafin, lanolin, alkil-poliglikosida atau polietilen glikol. Senyawa-senyawa ini sangat baik dalam mempertahankan kelembaban pada kulit.

6. Hindari Air Panas

Keramas Pakai Air Panas

Bagi kamu penyuka hot shower, sebaiknya mandi menggunakan air panas dihindari terlebih dahulu ketika kulit dalam keadaan kering dan terkelupas. Air panas dapat menarik minyak esensial yang diperlukan kulit sebagai lapisan pelindung.

Karena itulah bila terlalu sering mandi air panas, kulit akan semakin kering. Bahkan memungkinkan terjadinya iritasi. Bila kamu benar-benar tak bisa menganti air panas menjadi dingin, kamu dapat menguranginya secara bertahap dengan menggunakan air hangat. Jangan pula menghabiskan waktu yang terlalu lama saat mandi.

7. Hidrasi Kulit

Minum Ramuan Tradisional dan Air Putih

Hidrasi juga menjadi langkah yang penting dalam mengatasi kulit kering. Jangan lupa untuk menghidrasi kulit baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Saat bicara soal hidrasi dari dalam tubuh, tentu saja yang dimaksud adalah mencukupi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan cara meminum air.

Sementara hidrasi dari luar bisa didapatkan dengan menggunakan toner atau pelembab yang dapat menghidrasi kulit. Pilihan masker hidrasi juga tepat kamu gunakan pada kulit yang kering dan mengelupas.

8. Jangan Lupa Fats Rich Diet!

Rajin Konsumsi Makanan Mengandung Asam Lemak Omega-3

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Asupan makanan tinggi lemak juga sangat berguna dalam mengatasi kekeringan pada kulit, lho. Tentu saja lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang sudah terdapat pada bahan makanan tersebut bahkan sebelum diolah. Beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak baik adalah ikan salmon, alpukat, dan beberapa jenis kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut mengandung asam lemak yang baik dan dapat membuat kulit tetap lembab.

9. Segera Konsultasi

cara menghilangkan jerawat_konsultasi (Copy)

* sumber: blog.reneerouleau.com

Bila keadaan kulitmu yang kering dan mengelupas semakin parah atau menujukan gejala iritasi seperti kulit kemerahan dan gatal, sebaiknya kamu segera pergi berkonsultasi pada dokter kulit. Sebab keadaan kulit yang seperti ini cukup sulit untuk ditangani sendiri karena memerlukan treatment yang sangat delicate dan khusus dan hanya dapat dilakukan oleh dokter kulit.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas. Kulit yang mengelupas adalah tanda bahwa kekeringan di wajahmu sudah cukup parah. Jadi tinggalkanlah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit semakin kering, ya.

Tips Mencegah Kulit Kering dan Mengelupas

Tips Mencegah Kulit Kering dan Mengelupas

* sumber: www.allure.com

Sejatinya, kulit kering bisa dicegah dengan cara yang tepat. Kamu nggak perlu sampai mengalami kulit mengelupas jika kamu sudah melakukan pencegahan sejak dini. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah kulit kering:

  • Pakai tabir surya ketika hendak melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.
  • Jangan pernah melewatkan pelembab wajah sehari-hari.
  • Hindari produk wajah yang mengandung alkohol karena bisa membuat kulit semakin kering.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk handuk, bukan menggosok kulit wajah dengan handuk. Lebih baik lagi bila wajah dikeringkan tanpa bantuan alat apapun dengan cara menepuk pelan wajah yang basah menggunakan tangan bersih.
  • Hindari pengatur suhu pendingin udara (AC) terlalu rendah agar kulit tidak menjadi kering. Kamu juga dapat mengandalkan humidifier untuk menjaga udara tetap lembab.

Kalau sudah berhasil mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, kamu hanya perlu merawatnya dengan tips-tips pencegahan di atas. Dijamin, kamu akan memiliki kulit wajah yang normal dan tidak lagi mengelupas. Bila kamu memiliki tips dan trik lain yang berhasil kamu terapkan dalam mengatasi wajah kering dan mengelupas, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juli 2020