kamini.id

10 Cara Efektif untuk Mengatasi Kebiasaan Overthinking

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 15 Juli 2021

Setiap manusia pasti dihadapkan dengan berbagai macam persoalan hidup. Mulai dari pekerjaan, percintaan, dan kehidupan sosial. Sebagian orang terkadang memilih untuk tidak ambil pusing dengan berbagai masalah yang terjadi, sementara yang lainnya terkadang memikirkannya sangat dalam hingga menguras tenaga dan pikiran mereka. 

Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, agar kejadian tersebut tidak terjadi, maka Kamini telah merangkum cara untuk menghilangkan kebiasaan overthinking yang cukup efektif. Seperti apa itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Berusaha Tetap Tenang

cara mengatasi overthinking_Berusaha Tetap Tenang

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan overthinking adalah dengan berusaha untuk tetap tenang. Hal itu untuk membuat kamu lebih fokus pada persoalan yang sedang dihadapi. Jangan bersikap tergesa-gesa untuk menyelesaikan persoalan. Sikap tergesa-gesa hanya akan membuat stres, atau menimbulkan masalah baru yang mungkin malah akan sulit untuk diselesaikan. 

Jika kamu termasuk orang yang overthinking, langkah tepat untuk menghadapi masalah adalah dengan hati yang tenang. Hal ini akan membantumu berpikir lebih jernih dalam mengambil segala kemungkinan terbaik untuk menyelesaikan persoalan yang sedang kamu hadapi. 

2. Berpikir Lebih Kritis

cara mengatasi overthinking_Berpikir Lebih Kritis

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghilangkan kebiasaan overthinking adalah dengan mencoba berpikir lebih kritis atas persoalan yang sedang kamu hadapi. Mulailah untuk memahami persoalan. Hal ini sangat penting agar kamu mengetahui duduk persoalannya dengan jelas. 

Ketika kamu sudah mengetahui persoalan, mulailah untuk mengambil tindakan konkret tentang persoalan yang ingin kamu selesaikan. Mulailah untuk membuang jauh-jauh pemikiran yang sama atas suatu persoalan. Hal itu hanya akan membuang-membuang waktu. Selain itu, lupakan sejenak mengenai hasil, dan tetaplah fokus pada usaha yang kamu lakukan untuk persoalan tersebut. 

3. Membuka Sudut Pandang Baru

cara mengatasi overthinking_Membuka Sudut Pandang Baru

Overthinking bisa terjadi karena kamu terlalu egois dan tidak berpikiran terbuka. Kamu harus ingat bahwa manusia memiliki keterbatasan dalam memahami persoalan. Oleh karena itu, pada beberapa kasus, diperlukan sudut pandang yang berbeda agar kamu bisa melihat masalah jauh lebih jelas. 

Selain dapat memudahkan kamu untuk memahami persoalan, hal tersebut juga dapat memudahkan kamu untuk menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan persoalan. Jadi, mulailah membiasakan untuk membuka diri dan mencoba memahami pandangan orang lain terhadap berbagai masalah yang mungkin sedang kamu hadapi. 

4. Membuat Deadline

cara mengatasi overthinking_Membuat Deadline

Ketika kamu menyadari bahwa dirimu adalah orang yang kerap bersikap overthinking, maka langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut adalah dengan membuat tenggat waktu untuk bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Buatlah sebuah rencana yang pasti agar kamu tidak berkutat hanya pada satu persoalan saja. 

Jangan coba untuk menunda-nunda atau membiarkan persoalan semakin menumpuk. Hal itu hanya akan membuat kamu semakin terpuruk, bahkan merasa tertekan. Dikejar deadline memang sering kali membuat seseorang menjadi stres. Namun, setidaknya hal tersebut bisa mengurangi sedikit demi sedikit persoalan yang selama ini menggelayut di pundakmu. 

5. Mencari Kegiatan Positif

cara mengatasi overthinking_Mencari Kegiatan Positif

Mencari kegiatan positif dapat menghilangkan kebiasaan overthinking. Hal itu dapat membantu mendistraksi rasa tegang akibat persoalan yang sedang kamu hadapi. Jangan habiskan waktumu hanya untuk memikirkan persoalan. 

Mulailah untuk melakukan aktivitas positif seperti berolahraga, menjalankan hobi, bergabung dengan sebuah komunitas, hingga jalan-jalan bersama keluarga atau pasangan. Semua kegiatan tersebut dapat membantumu melupakan sejenak beban yang mungkin selama ini kamu rasakan setiap saat. 

6. Meminta Bantuan 

cara mengatasi overthinking_Meminta Bantuan

Kemampuan kita sebagai manusia memang terbatas. Sebagai makhluk sosial, kita bahkan tidak bisa hidup sendiri. Hal inilah yang harus kamu sadari. Buanglah perasaan gengsi untuk meminta bantuan pada orang lain untuk membantu mengatasi persoalan yang kamu hadapi. Hal tersebut dapat sedikit banyak membantu kamu dalam mendapat solusi. 

Jika hal tersebut masih belum bisa membantu kamu dalam mengurangi kebiasaan overthinking, kamu juga bisa meminta bantuan jasa konseling untuk bisa memecah persoalan yang sedang kamu hadapi. Pada intinya, jangan biarkan dirimu larut dalam persoalan yang sulit untuk kamu pecahkan sendiri. Mulai dengan membaginya dengan orang tua, keluarga, dan juga sahabat. 

7. Buat Skala Prioritas

cara mengatasi overthinking_Buat Skala Prioritas

Salah satu hal yang juga cukup membantu kamu untuk menghilangkan kebiasaan overthinking adalah membuat skala prioritas. Mulailah untuk membuat catatan kecil mengenai pekerjaan yang akan kamu selesaikan. Buatlah skala prioritas agar persoalan yang kamu hadapi cepat terselesaikan. Buatlah urutan pekerjaan dari yang paling mudah dan mendesak, hingga pekerjaan yang sulit dan tidak mendesak. 

Hal tersebut dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan semangatmu untuk menyelesaikan satu demi satu persoalan yang sedang kamu hadapi.

8. Meditasi 

cara mengatasi overthinking_Meditasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan overthinking pada persoalan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi adalah salah satu cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang untuk menjaga tubuh tetap rileks serta pikiran menjadi lebih tenang. Terlalu banyak memikirkan sesuatu hanya akan membuat kesehatan tubuh dan mental terganggu. 

Meditasi sendiri adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan kebiasaan overthinking. Seperti kita ketahui, meditasi lebih banyak menggunakan teknik pernapasan dan konsentrasi dalam praktiknya. Hal tersebut dapat membuat tubuh lebih tenang dan pikiran lebih fokus. 

9. Berani untuk Melangkah 

cara mengatasi overthinking_Berani untuk Melangkah

Bangkit dari keadaan terpuruk memang bukan hal yang mudah. Perlu keberanian dan mental yang kuat untuk bisa bangkit dan memulai semuanya dari nol. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa orang yang memiliki kebiasaan overthinking hanya berkutat pada satu masalah. 

Mereka tidak memiliki keberanian untuk melangkah dan mengambil tindakan atas persoalan yang sedang mereka hadapi. Hal itu bisa jadi karena perasaan takut untuk gagal atau mengecewakan orang-orang yang ada di sekitar.

Jika hal ini terus dibiarkan dalam waktu yang lama, kamu hanya akan berjalan di tempat tanpa mengalami perubahan. Untuk itu, sangat penting bagi orang-orang yang overthinking untuk lebih berani melangkah dan memulai menyelesaikan setiap masalah. 

10. Banyak Bersosialisasi

cara mengatasi overthinking_Banyak Bersosialisasi

Menyendiri hanya akan membuat kamu merasa terpuruk, atau bahkan depresi. Selain itu, tindakan tersebut juga hanya akan membuat kamu merasa kesepian dan tidak berguna. Untuk menghindari dampak negatif karena hal tersebut, maka mulailah untuk banyak bersosialisasi. Hal itu untuk membantu kamu menghilangkan sejenak persoalan yang sedang kamu pikirkan. 

Manfaatkan momen bersosialisasi untuk mendapatkan pengetahuan baru dan dapat meningkatkan motivasi kamu untuk bisa hidup lebih baik. Hal tersebut tentu bisa menjadi cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi overthinking.

Demikianlah 10 cara menghilangkan kebiasaan overthinking yang cukup efektif yang telah Kamini rangkum. Pada intinya, overthinking adalah hal yang sangat merugikan bagi kehidupan. Oleh karena itu perlu ditangani dengan serius. Nah, kamu tentu memiliki cara lain untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Tulis komentar di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram