Kamini.id / Rambut Berminyak / Rambut Berminyak? Yuk, Atasi dengan Berbagai Cara Ini

Rambut Berminyak? Yuk, Atasi dengan Berbagai Cara Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cuaca panas bisa menyebabkan rambut jadi mudah lepek. Namun, kalau rambutmu lepek saat cuaca sejuk, mungkin kamu memiliki jenis rambut yang berminyak. Sejatinya, kulit kepala memang memproduksi minyak alami untuk mencegah rambut kering. Akan tetapi, jika produksi minyak terlalu banyak, maka rambut akan menjadi sangat lepek.

Ada sejumlah perawatan untuk rambut berminyak. Rambut berminyakmu bisa diatasi dengan sejumlah produk, bahan alami, dan perawatan sehari-hari. Kamini akan memberikan petunjuk untuk merawat rambutmu yang berminyak. Yuk, katakan selamat tinggal kepada rambut lepek!

Perawatan Sehari-hari untuk Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak akan menimbulkan kesan “jorok” bagi pemiliknya. Kesan lepek akan terlihat jelas sehingga kita nampak seperti berhari-hari tidak mencuci rambut. Padahal, pemilik rambut berminyak mungkin sudah mencuci rambutnya setiap hari, tapi toh tetap saja rambut terlihat lepek.

Perawatan sehari-hari dapat membantu mengurangi kadar minyak di kulit kepalamu. Cobalah sejumlah petunjuk perawatan rambut berminyak ini untuk mengurangi kelepekan rambutmu:

  • Keramas dengan Benar Dua Hari Sekali

Keramas dengan Air Biasa

Semakin sering keramas, kulit kepala akan terangsang untuk memproduksi minyak lebih banyak. Apalagi sisa shampo dan conditioner yang tertinggal di kulit kepala akan merangsang produksi sebum lebih banyak.

Keramaslah dengan benar dan bilas rambutmu selama 30 detik atau lebih. Pastikan tidak ada sisa shampo dan conditioner yang masih tersisa. Selain itu, hindari kebiasaan keramas setiap hari. Pemilik rambut berminyak cukup keramas dua hari sekali saja bila rambut tidak terlalu kotor.

  • Pertimbangkan Shampo Kering (Dry Shampoo)

Pertimbangkan Shampo Kering (Dry Shampoo)

Bagi kamu yang sudah terbiasa mencuci rambut setiap hari tentu saja tidak enak rasanya keramas dua hari sekali. Pertimbangkan untuk menggunakan dry shampoo karena produk ini dirancang untuk menyerap minyak berlebih dan menambah volume rambut sehingga tidak terlihat lepek.

  • Hentikan Kebiasaan Menyentuh Rambut

Hentikan Kebiasaan Menyentuh Rambut

Suka memainkan atau menyentuh rambut? Kebiasaan sepele seperti ini ternyata dapat meningkatkan produksi minyak rambut, lho. Hentikan kebiasaan menyentuh rambut dengan jari. Bahkan, pemilik rambut berminyak juga disarankan untuk tidak terlalu sering menyisir rambutnya.

  • Ubah Belahan Rambut

Ubah Belahan Rambut

Biasa membelah rambut di bagian tengah? Coba deh untuk mengubah posisi belahan rambutmu. Percaya atau tidak, tips sederhana seperti ini dapat mengurangi kelepekan rambutmu, lho.

  • Blow Rambut

Blow Rambut

Selama ini hair dryer dianggap sebagai “musuh” untuk rambut kering. Namun, alat styling yang satu ini adalah “sahabat” bagi rambut berminyak. Hair dryer yang mengalirkan angin (bukan suhu panas) dapat menyerap minyak di kulit kepala. Selain itu, menata rambut dengan teknik blow tertentu juga dapat menyamarkan tampilan rambut yang lepek.

  • Hindari Penggunaan Minyak Rambut atau Pomade

 Hindari Penggunaan Minyak Rambut atau Pomade

Masalah rambut berminyak tidak hanya dialami oleh wanita, tapi juga para pria. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak pria dengan rambut berminyak yang tetap menggunakan minyak rambut atau pomade. Selama rambutmu masih berminyak, sebaiknya hindari produk-produk yang membuat tampilan rambutmu semakin lepek.

Perawatan sehari-hari berpengaruh besar terhadap kesehatan rambutmu. Kalau kamu menyerah dengan masalah rambut berminyakmu, mulai sekarang tak ada salahnya kamu menerapkan petunjuk perawatan di atas.

Produk Perawatan Rambut Berminyak

Produk Perawatan Rambut Berminyak

Selain melakukan sejumlah perawatan, pemilik rambut berminyak juga wajib menggunakan produk perawatan yang memang diformulasikan untuk rambut berminyak. Apa sajakah produk hair treatment yang bisa dipakai oleh pemilik rambut berminyak?

  • Shampo

Shampo khusus rambut berminyak merupakan produk perawatan rambut yang sangat wajib dipakai. Shampo jenis ini memang diformulasikan untuk mengurangi produksi sebum pada kulit kepala sehingga rambut tidak lepek. Kamu bisa mendapatkan shampo jenis ini dalam artikel shampo untuk rambut berminyak.

  • Vitamin

Bukan hanya rambut kering yang membutuhkan asupan vitamin, tapi rambut berminyak juga. Bagi kamu yang memiliki masalah rambut berminyak, sebaiknya pilih vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk semprot. Temukan vitamin rambut semprot dalam artikel vitamin rambut spray ini.

  • Serum

Produk perawatan rambut lain yang bisa dipakai oleh pemilik rambut berminyak adalah serum. Serum mampu memperbaiki kulit kepala agar mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Baca artikel hair serum yang bagus untuk menemukan produk yang kamu butuhkan.

Mulailah memberi perawatan yang lebih intensif untuk rambut berminyakmu. Ketiga produk ini setidaknya dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala walaupun kamu tetap harus melakukan petunjuk perawatan rambut sehari-hari.

Sebagai konsumen, tentu saja kamulah yang berhak menentukan metode perawatan rambut berminyakmu. Nah, kalau sudah menentukan pilihan, saatnya kamu mulai serius memperhatikan perawatan rambut, terutama jika rambutmu termasuk kategori rambut berminyak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Mei 2020