kamini.id

Inilah Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kusut yang Benar

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 21 Mei 2020

Rambut kusut pasti membuat frustasi. Tak hanya yang rambutnya keriting saja, para pemilik rambut lurus juga banyak yang mengalami masalah rambut kusut, terutama yang rambutnya panjang. Untuk melepaskan rambut yang kusut butuh perjuangan besar. Selain menyakitkan, proses pelepasan rambut kusut membuang banyak waktu.

Jika kamu tiba-tiba habis kesabaran di tengah proses melepaskan rambut kusut, kamu bisa membuat rambut rusak permanen dengan menariknya sekaligus hingga rontok. Beruntung lah, ada cara mengatasi rambut kusut sehingga dapat meminimalisir rasa sakit.

Cara mengatasi rambut kusut dari Kamini ini meliputi alat-alat dan trik khusus, sehingga proses melepaskan rambut kusut pun tidak semenyakitkan seperti dulu. Tak hanya itu, Kamini juga akan memberi tips untuk menjaga rambut agar tidak kusut. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Rambut Kusut

Sebelum mencari tahu sejumlah perawatan yang diperlukan untuk rambut kusut, kenali beberapa penyebab rambut kusut terlebih dahulu. Dengan mengenal penyebabnya, kamu pun bisa melakukan antisipasi dengan menghindari faktor penyebab tersebut untuk menjaga kelembutan rambut.

  • Produk Berbahan Sulfat

Produk Berbahan Sulfat

Sulfat adalah produk sejenis deterjen yang cukup kuat. Terkadang sejumlah produk shampo mengandung sulfat di dalamnya. Alhasil, rambut jadi kusut dan mengembang karena sulfat memiliki sifat menyerap minyak alami rambut.

  • Produk Berbahan Alkohol
Produk Berbahan Alkohol

* sumber: www.alizasara.com

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol biasanya adalah hair spray, hair mist, dan produk lain yang dibutuhkan untuk styling. Alkohol juga dapat menyebabkan rambut jadi kering dan lama kelamaan berubah kusut.

  • Keramas Pakai Air Panas

Keramas Pakai Air Panas

Keramas dengan air hagat sih boleh-boleh saja. Akan tetapi, kalau suhu airnya terlalu panas lama-lama rambutmu bakal jadi kering dan kusut, lho. Coba gunakan air dengan suhu hangat-hangat kuku agar kesehatan rambut tetap terjaga.

  • Sering Styling Rambut

Sering Styling Rambut

Sering menata rambut dengan hair dryer atau catokan? Hati-hati karena kebiasaan styling rambut tak hanya menjadikan rambut kering, tetapi juga kusut dan jadi lebih sulit disisir.

  • Terpapar Angin

Terpapar Angin

Nah, yang satu ini adalah penyebab rambut kusut yang pasti sering dialami oleh kamu yang sering mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm. Terpaan angin yang terlalu kencang akan membuat rambut kusut. Kalau kamu hendak beraktivitas di luar ruangan sebaiknya pakai penutup kepala agar rambutmu tidak kusut.

Perawatan Sehari-hari

Shampo dan conditioner yang kamu gunakan sehari-hari ternyata berpengaruh untuk mencegah rambut kusut. Kesimpulannya, apabila produk shampo yang kamu pakai tidak cocok dengan jenis rambutmu maka rambut akan menjadi kusut dan sulit disisir.

Nah, jika kamu ingin memiliki rambut yang lembut dan tidak kusut, coba lakukan perawatan rambut sehari-hari berikut ini:

  • Pakai Shampo yang Cocok
Rambut Kusut

* sumber: www.howtoremovethat.com

Cara mengatasi rambut kusut yang pertama adalah temukan shampo yang cocok terlebih dahulu. Pasalnya, shampo merupakan produk perawatan rambut yang digunakan sehari-hari. Jika dari shamponya saja tidak cocok dengan rambumu, maka rambutmu akan terus-terusan kusut. Kenali dulu jenis rambutmu sebelum memilih shampo. Jika rambutmu kusut dan kering, kunjungi artikel shampo untuk rambut kering.

  • Tambahkan Conditioner

Lakukan Perawatan Tambahan dengan Produk Khusus

Cara mengatasi rambut kusut yang kedua adalah dengan menggunakan conditioner setiap habis keramas. Conditioner berguna untuk melepaskan helaian rambut agar tidak kusut dan kaku setelah kering. Jika rambutmu cenderung berminyak, gunakan conditioner hanya dari tengah ke ujung rambut saja, jangan aplikasikan conditioner di dekat akar rambut.

Agar conditioner meresap lebih baik ke dalam rambut, urutan ketika kamu mandi sebaiknya: keramas – conditioner – sabunan – cuci muka – dll. Pokoknya lakukan conditioner di awal-awal kegiatan mandi supaya conditioner-nya meresap dengan sempurna. Temukan conditioner yang tepat untukmu di artikel merk conditioner yang bagus.

  • Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Sebagian orang menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut basah sehabis keramas. Padahal, penggunaan hair dryer terus menerus dapat membuat rambut kering dan kusut. Biarkan rambut mengering secara alami. Jika ingin memakai handuk untuk mengeringkan rambut, cukup ditepuk-tepuk saja sampai air di rambut habis. Menggosok rambut dengan handuk hanya akan membuat rambut semakin kering dan kasar.

  • Sering Menyisir Rambut

Sering Menyisir Rambut

Tips mengatasi rambut kusut adalah dengan sering sisiran. Rambut yang cenderung kusut biasanya akan mudah kusut lagi dalam beberapa jam saja. Untuk itu, setidaknya kamu perlu sisiran hingga tiga kali sehari, yaitu sebelum beraktivitas, di tengah aktivitas, lalu saat akan tidur.

Untuk mengatasi rambut kusut yang tepat, kamu membutuhkan sisir yang tepat juga. Pisahkan rambut kusutmu dengan sisir bergigi jarang. Hindari menggunakan sisir sikat dan sisir bergigi rapat karena dapat membuat rambut jadi patah bahkan rontok.

Produk Perawatan Rambut Kusut

Sering Menyisir Rambut

Perawatan sehari-hari di atas masih tidak mampu mengatasi rambut kusutmu? Mungkin kamu perlu menambahkan produk perawatan khusus untuk melembutkan rambut. Produk apa sajakah itu? Yuk, simak daftar lengkap dan manfaatnya berikut ini.

  • Creambath

Siapa bilang creambath harus dilakukan di salon? Kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan panduan di artikel cara creambath sendiri. Creambath adalah salah satu perawatan untuk mengatasi rambut kusut. Jadi, kamu hanya perlu menemukan produk yang tepat dalam artikel merk creambath yang bagus.

  • Masker

Selain creambath, masker rambut juga sangat disarankan untuk mengatasi rambut kusut. Agar lebih praktis, sebaiknya pakai produk masker rambut siap pakai. Cek artikel merk masker rambut yang bagus ini untuk menemukan produk yang tepat untukmu.

  • Vitamin Rambut

Tahukah kamu bahwa rambut kusut adalah salah satu tanda bahwa rambutmu kekurangan nutrisi? Jadi, mulailah memberikan nutrisi tambahan untuk rambut kusutmu agar lebih mudah disisir dan ditata sesuai dengan keinginanmu. Nutrisi tambahan dapat diperoleh dari produk vitamin rambut yang banyak dijual di pasaran. Baca artikel merk vitamin rambut yang bagus ini untuk mencari produk terbaik untuk menutrisi rambutmu.

  • Detangling Hair

Untuk memudahkan proses pelepasan rambut kusut, Anda bisa menggunakan produk detangling hair juga. Biasanya produk ini berbentuk cair di dalam botol spray, tapi ada juga yang bentuknya krim (ini biasanya dipakai oleh orang dengan rambut super keriting).

  • Minyak Esensial

Mungkin Anda berpikir minyak esensial itu hanya diperlukan untuk relaksasi saja. Padahal, rambut yang dipakaikan minyak esensial itu bagus, loh! Minyak, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, minyak alpukat, minyak almond, minyak argan, minyak lavender, dan minyak-minyak lainnya bisa Anda pakai untuk merenggangkan rambut kusut.

Ya, itulah berbagai perawatan rambut kusut yang bisa kamu coba mulai sekarang. Ingat, kalau rambutmu terlalu kusut jangan sekali-kali menarik rambut secara paksa karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerontokan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram