Kamini.id / Rambut Mengembang / Cara Praktis Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa

Cara Praktis Mengatasi Rambut Mengembang Seperti Singa

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rambut mengembang, kusam, dan bercabang layaknya rambut singa seringkali membuat bingung para perempuan dengan tipe rambut kering. Rambut mengembang biasanya sulit diatur dan terlihat tidak rapi, sehingga kadang-kadang memerlukan perawatan ekstra yang menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, rambut singamu juga akan membuatmu kebingungan saat kamu diharuskan untuk tampil rapi dan menawan, misalnya pergi ke pesta, ke undangan pernikahan, atau bahkan untuk mengikuti job interview. Rambut singamu memang harus diatasi!

Penyebab rambut singa antara lain bisa karena terlalu sering menggunakan hair dryer, catokan rambut, dan alat elektronik lainnya. Bisa juga karena salah menggunakan shampo, polusi, stres, terlalu lama terpapar sinar matahari, atau terlalu sering menggonta-ganti warna rambut.

Jika rambutmu sudah terlanjur menjadi rambut singa, kamu bisa mencoba beberapa cara dari Kamini berikut ini. Cara mengatasi rambut mengembang ini cukup sederhana sehingga kamu tidak perlu ke salon untuk melakukannya.

Perawatan Sehari-hari

Mau sampai kapan bertahan dengan rambut mengembang seperti singa? Atasi rambut mengembang dengan perawatan sehari-hari. Perawatan ini meliputi penggunaan shampo, cara keramas, dan kebiasaan-kebiasaan lain untuk mencegah rambutmu mengembang.

Apa saja perawatan sehari-hari yang perlu kamu lakukan untuk terhindar dari rambut mengembang?

  • Sisir Rambut Sebelum Keramas

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Jika pemilik rambut keriting dilarang menyisir rambutnya dalam kondisi kering, pemilik rambut mengembang justru harus rajin menyisir rambutnya, termasuk sebelum keramas. Manfaat menyisir rambut sebelum keramas ini adalah untuk menarik minyak alami rambut sehingga dapat memberikan kelembaban alami ketika keramas.

Bagi kamu yang ingin menyisir rambut sebelum keramas, sebaiknya gunakan sisir jenis paddle brush atau yang menggunakan bulu nilon untuk geriginya.

  • Keramas dengan Air Dingin

Keramas dengan Air Dingin

Jangan keramas menggunakan air panas atau air hangat. Air panas bisa menyebabkan rambutmu semakin kering karena air panas bisa menghilangkan nutrisi yang ada pada rambut. Akibatnya, rambutmu akan semakin mengembang. Solusinya, gunakan air dingin. Jangan lupa, saat keramas, pijatlah kulit kepala dengan lembut agar rambut sehat dan peredaran darah di kulit kepala semakin lancar.

  • Pilih Shampo Khusus

Pilih Shampo Khusus

Solusi sederhana untuk pemilik rambut mengembang adalah keramas dengan shampo khusus. Selain itu, hindari keramas dalam frekuensi yang terlalu sering agar rambut tidak semakin kering atau justru tambah berminyak. Kalau rambutmu mengembang dan kering, cek artikel merk shampo untuk rambut kering berikut.

  • Tambahkan Conditioner

Tambahkan Conditioner

Cara mengatasi rambut mengembang yang selanjutnya adalah dengan conditioner. Gunakan conditioner rambut setelah keramas. Oleskan pada batang rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala. Diamkan selama sepuluh menit, dan bilas hingga benar-benar bersih. Penggunaan conditioner secara rutin akan mencegah rambut kering dan mengembang.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Hindari Paparan Sinar Matahari

Sebagai salah satu penyebab rambut mengembang dan kering, terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama merupakan hal yang harus sebisa mungkin dihindari saat berada di luar ruangan. Gunakan penutup kepala jika kamu terpaksa beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

  • Tidak Mengikat Rambut Saat Tidur

Tidak Mengikat Rambut Saat Tidur

Waktu tidur adalah waktu saatnya rambutmu bernapas. Di samping itu, mengikat rambutmu akan membuat rambutmu mengembang dan ikal saat kamu bangun tidur. Bila perlu, jangan lupa menyisir rambutmu sebelum tidur agar tidak mengembang ketika kamu bangun.

Apakah perawatan sehari-hari ini berpengaruh untuk membuat rambut mengembang jadi lebih rapi? Tentu saja. Pasalnya, rambut mengembang tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor genetik, tetapi bisa juga karena kebiasaan sehari-hari dan penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat.

Produk Perawatan Rambut Mengembang

Anti-Frizz Spray

Jangan menyerah terhadap rambut mengembang karena dengan bantuan dari beberapa produk kamu bisa mengatasi masalah tersebut. Tak perlu melakukan perawatan rambut di salon, cukup tambahkan sejumlah produk khusus untuk rambut mengembang ini saat kamu melakukan perawatan sendiri di rumah.

  • Masker

Agar rambut senantiasa indah dan sehat, hanya shampo dan conditioner saja tidak cukup. Sekarang sudah banyak masker rambut dijual di pasaran. Pilih masker rambut yang mengandung royal jelly, madu, atau berlabel Anti-Frizz. Gunakan secukupnya, lalu pijat di kepala dengan lembut dan gunakan seminggu sekali.

  • Anti-Frizz Spray

Untuk kamu yang tidak punya waktu banyak dengan perawatan rambut namun tetap menginginkan rambutmu tidak mengembang, sekarang sudah banyak perawatan Anti-Frizz yang tersedia di pasaran, mulai dari shampo, conditioner, creambath, masker rambut hingga Anti-Frizz spray. Gunakan spray tersebut saat kamu menata rambut sebelum bepergian. Dijamin, rambutmu akan lebih rapi dan sehat.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial tidak hanya dipakai oleh pemilik rambut kusut. Kamu yang punya masalah dengan rambut mengembang pun sangat disarankan untuk menggunakan minyak esensial. Namun, untuk memperoleh hasil yang lebih optimal sebaiknya panaskan dulu minyak esensial tersebut sebelum diaplikasikan pada rambut.

Bahan Alami untuk Atasi Rambut Mengembang

Sudah mencoba berbagai produk perawatan rambut, tapi rambut tetap mengembang? Pertimbangkan untuk merawat rambut dengan bahan alami. Ada sejumlah bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi rambut mengembang. Apa sajakah itu?

  • Susu Murni

Susu Murni

Susu murni tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga baik untuk menutrisi rambut. Cara mengaplikasikan susu murni ini cukup mudah. Setelah keramas seperti biasa, gunakan susu murni sebagai pengganti conditioner dengan mengoleskannya dari pangkal hingga ujung rambut. Tunggu satu jam, dan bilas hingga bersih.

  • Mayones

Mayones

Siapa bilang mayones hanya untuk pelengkap makanan di meja? Produk ini mengandung banyak protein yang baik untuk rambut, membuat rambut tampak lebih tebal dan berkilau alami. Gunakan mayones sebagai masker rambut selama satu jam seminggu sekali.

  • Madu

Madu

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu merupakan bahan yang sangat berguna untuk kecantikan, baik itu untuk kulit maupun untuk rambut. Rambut yang dimasker madu tidak akan mudah mengembang karena madu melembabkan dan menghaluskan rambut. Gunakan madu sebagai masker rambut setelah keramas, diamkan tiga puluh menit dan bilas hingga bersih. Gunakan minimal setiap seminggu sekali.

  • Lidah Buaya

Lidah Buaya

Selain mayones, madu, dan susu murni, kamu juga bisa memakai gel lidah buaya untuk menjaga keindahan rambutmu. Lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, menghitamkan, melembabkan, dan mempertebal rambutmu.

  • Minyak Wijen

Minyak Wijen

Minyak wijen juga baik untuk merawat rambut singamu. Caranya, campurkan minyak wijen tiga sendok makan dengan jahe parut dan oleskan pada kepala. Biarkan lima menit, bilas bersih, lakukan minimal sekali seminggu.

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal dengan khasiatnya untuk kecantikan. Gunakan minyak zaitun sebelum mencuci rambut, oleskan hingga merata dan diamkan selama setengah jam. Setelah 30 menit cuci rambut seperti biasa hingga bersih sampai minyak tidak tersisa agar tidak lepek.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi rambut mengembang yang mudah dan juga cepat. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi dengan rambut singa yang bisa merusak penampilanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. Biasanya sih qlo bangun tidur gitu si rambut mengembang bagai singa garang,, hahaaa super kering dan susah disisir, tiada hari tanpa kramas, tapi malah bikin kkering ya kak? Duuhh, salah teori nih.. :'(

  2. misal rambutnya di potong tipis gimana ya kak?

  3. Kak, aku udah coba cara ubah kebiasaan keramas. Tapi, baru ditinggal 2 hari rambut udah ada kutu. Ini gimana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!