Kamini.id / Rambut Rontok / Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rambutku hanya rontok satu dua helai sehari kok! Jadi, aku pikir itu nggak masalah…”

Mungkin kamu adalah satu dari sebagian orang yang menganggap remeh rambut rontok. Toh rambut yang terlihat rontok hanya beberapa helai saja jadi tidak masalah. Namun, perlu kamu ketahui bahwa saat mencuci rambut pun ada beberapa helai rambut yang rontok. Belum lagi ketika menyisir atau setelah tidur. Mungkin tak semua rambut yang rontok memang terlihat olehmu.

Ketika kamu menyadari ada beberapa helai rambut yang rontok, coba perhatikan ketika kamu menyisir, keramas, dan setelah bangun tidur. Semakin banyak kamu mendapati ada rambut yang rontok, maka kamu harus segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Untuk mengatasi rambut rontok, kamu memerlukan sejumlah perawatan dan produk yang bermanfaat untuk menghentikan kerontokannya. Kamini akan memberikan sejumlah metode untuk menuntaskan masalah rambut rontok ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Mudah Dilakukan

Kerontokan yang kamu alami disebabkan karena kondisi rambutmu yang rapuh. Perlu kamu ketahui bahwa terkadang rambut rontok dari akarnya, tapi ada juga yang rontok karena patah. Apapun jenis kerontokannya, kamu harus mulai menerapkan perawatan sehari-hari. Berikut adaah cara yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok.

1. Mulai dengan Keramas yang Benar

Hindari Keramas Setiap Hari

Setiap keramas pasti akan ada beberapa helai rambut yang berguguran. Kalau kamu adalah pemilik rambut rontok sebaiknya hindari kebiasaan keramas setiap hari. Keramas lah dua atau tiga hari sekali saja untuk mencegah kerontokan bertambah parah. Gunakan pula gentle shampoo yang tak akan membuat rambut terlalu kering setelah keramas.

Hindari shampo yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau ammonium lauryl sulfate. Ingredients lain yang perlu dijauhi untuk rambut rontok adalah polyethylene gliyol (PEG). Bahan-bahan ini berfungsi sebagai pembuat busa dan pengental shampo, tetapi dapat menarik minyak esensial dari rambut dan kulit kepala dan memperburuk kerontokan. Bukan itu saja, bila kamu menggunakan treatment keratin, bahan-bahan ini akan membuat treatment-mu sia-sia.

2. Gunakan Rangkaian Perawatan Rambut Rontok

cara mengatasi rambut rontok_menggunakan produk perawatan khusus (Copy)

* sumber: www.lifesavvy.com

Sudah sangat banyak produk perawatan rambut rontok yang beredar di pasaran dewasa ini. Dimulai dari shampo, kondisioner, hair tonic, hair vitamin, hair serum, hair mask dan lainnya. Kamu boleh saja memilih hanya beberapa, hingga semua rangkaian bila menujukan hasil positif pada kerontokanmu. Yang terpenting adalah memilih produk yang cocok dengan rambut serta kulit kepala, dan berhenti menggunakan produk yang memperparah kondisi tersebut.

Sedikit tips, gunakan kondisioner tiap kamu selesai keramas ataupun ketika keadaan rambut kering. Untuk rangkaian produk lainnya, gunakan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan, ya.

3. Hentikan Kebiasaan Mengikat, Mengepang, dan Menyanggul

Hentikan Kebiasaan Mengikat, Mengepang, dan Menyanggul

Mengikat, mengepang, dan menyanggul rambut akan membuat rambut akan semakin tertarik dari akarnya. Akibatnya, rambut yang rapuh akan rontok semakin banyak. Lebih parahnya kebiasaan ini bila terlalu berlebihan malah bisa menyebabkan kerontokan permanen.

Jadi, biarkan rambutmu tergerai alami dan jangan membebaninya dengan tatanan rambut. Kerontokan yang bisa terjadi karena terlalu sering menggunakan gaya rambut ini disebut juga sebagai traction alopecia.

4. Hindari Paparan Suhu Panas

Hindari Paparan Suhu Panas

Hair dryer dan catokan adalah dua jenis alat styling yang paling sering dipakai oleh para wanita modern. Kedua alat ini membantu menata rambut lewat suhu panas yang dikeluarkan. Kalau kamu punya masalah dengan rambut rontok sebaiknya hentikan penggunaan alat-alat styling ini deh.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan suhu alat styling tersebut serendah mungkin. Kamu juga bisa menggunakan handuk berbahan microfiber dan menutupnya pada rambut yang masih basah. Bahkan alangkah lebih baiknya lagi bila kamu mengeringkan rambut secara alami.

5. Pakai Sisir Gigi Renggang

Pakai Sisir Gigi Renggang

Sisir bergigi rapat akan membuat rambut tertarik, apalagi jika rambutmu kusut. Agar rambut tidak tertarik saat menyisir, gunakan saja sisir dengan gigi yang renggang. Jangan pula terlalu keras saat menyisir rambut. Kamu harus memperlakukan rambutmu dengan lembut terutama ketika rambut mengalami kerontokan.

6. Hentikan Kebiasaan Memutar-Mutar Rambut

cara mengatasi rambut rontok_hentikan kebiasaan memutar rambut (Copy)

* sumber: www.hairfinder.com

Apakah kamu memiliki kebiasaan yang satu ini? Kebiasaan ini memang bukan hal yang aneh lagi untuk dilakukan para wanita. Apalagi ketika rambut dalam keadaan yang sangat standout. Rasanya ingin sekali terus-terus menyentuh rambut dan memainkannya. Namun, ternyata kebiasaan ini tak berujung baik pada kesehatan rambutmu. Memutar-mutar rambut ternyata akan membuat tiap helai rambut menjadi semakin rapuh. Jadi, berhenti ya, ladies!

7. Perbaiki Pola Makan

cara mengatasi rambut rontok_perbaiki pola makan (Copy)

* sumber: hnmagazine.co.uk

You are what you eat” adalah ungkapan sederhana yang memang tak bisa terbantahkan kebenarannya. Kulit kering, breakout, jerawat, rambut kusam dan rambut rontok juga dapat manjadi ciri bahwa ada yang salah dengan asupan nutrisi harianmu. Cobalan untuk mulai makan-makanan bergizi dan mengurangi makanan yang dapat membahayakan kesehatan. Rambut rontok sendiri biasanya menandakan bahwa kamu kekurangan protein dan zat besi.

8. Perhatikan ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen Penumbuh Rambut

cara mengatasi rambut rontok_vitamin penumbuh rambut (Copy)

* sumber: www.blueprintregistry.com

Produk suplemen penumbuh rambut mungkin menjadi fokus pencarianmu kala mengalami kerontokan. Sebenarnya, tak masalah bila kamu ingin mengonsumsi sumplemen tersebut asalkan sudah mengikuti anjuran dokter. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui apakan suplemen tersebut sudah tersertifikasi BPOM atau belum. Karena di Amerika Serikat sendiri, suplemen penumbuh rambut tidak berada di bawah regulasi FDA (Food and Drug Administration) melainkan diserahkan pada masing-masing produsen.

Oleh sebab itu, selalu pilih suplemen yang sudah tersertifikasi BPOM dan usahakan utuk mengikuti anjuran dokter agar nutrisi yang kamu dapatkan dari suplemen tidak berlebih. Ini semua bertujuan agar kamu terbebas dari kelebihan selenium, vitamin E, atau A dari suplemen ini yang nyatanya hanya memperparah rambut rontok.

9. Stop Dahulu Mewarnai Rambut Sendiri

cara mengatasi rambut rontok_berhenti mewarnai rambut sendiri (Copy)

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Bagi yang suka mewarnai rambut, kamu harus berhenti dulu. Eits, bukan berarti kamu berhenti mewarnai rambut. Tetapi kamu harus berhenti melakukannya sendiri di rumah dan pergi ke salon. Biarkanlah profesional yang melakukannya. Para profesional ini akan membantumu memilih produk yang tepat sesuai dengan jenis dan keadaan rambutmu. Sehingga kerontokan tidak akan menjadi semakin parah.

10. Kurangi Stres

* sumber: smartcaro.org

Lagi-lagi stres yang menjadi faktor pemicu kesehatan tubuh, tak terkecuali rambut. Kerontokan yang sering disebabkan oleh stres biasanya adalah alopesia areata atau pitak. Tak mau kan rambut menjadi pitak? Oleh karenanya, hilangkan stres yang kamu rasakan dengan melakukan hal-hal menyenangkan yang sangat kamu sukai.

11. Make an Appointment with the Professional

cara mengatasi rambut rontok_konsultasi (Copy)

* sumber: www.bernsteinmedical.com

Apakah kerontokanmu berhenti setelah mengikuti langkah-langkah di atas? Bila tidak, jangan berpikir lama lagi, segerakan untuk menemui dokter atau dermatologist. Mereka akan membantumu menangani kerontokan yang sudah tak dapat kamu tangani tersebut.

Penanganan Rambut Rontok Secara Medis

Tahukah kamu bahwa ada cara mengatasi rambut rontok secara medis? Sebagian dari kamu pasti berpikir bahwa kerontokan hanya bisa diatasi dengan sejumlah produk perawatan rambut. Namun, kalau kamu merasa kerontokan yang kamu alami terlalu parah, pertimbangkan saja sejumlah metode medis berikut. Tapi tetap, konsultasikan dahulu pada dokter, ya sebelum memutuskan.

1. Terapi Sinar UV

Terapi Sinar UV

* sumber: pusatpandang.com

Sinar ultraviolet dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Jadi, metode ini mampu menumbuhkan kembali rambut yang rontok. Tingkat kegagalan metode ini sangat kecil dan hasilnya pun cepat sehingga banyak orang yang berminat melakukannya.

2. Imunoterapi

Imunoterapi

* sumber: pusatpandang.com

Yang satu ini adalah terapi dengan mengoleskan krim yang mengandung diphencyprone. Imunoterapi sangat dianjurkan untuk orang yang mengalami kerontokan sangat parah dan nyaris mengalami kebotakan.

3. Steroid

Steroid

* sumber: www.cliniquesuisse.co.id

Terapi steroid adalah metode medis untuk mengatasi rambut rontok akibat sistem imun yang menyerang akar rambut. Steroid biasanya diberikan dengan dua cara, yakni melalui suntikan dan juga melalui olesan langsung di kulit kepala.

4. Losion Minoxidil

Losion Minoxidil

Sama seperti steroid dan imunoterapi, Losion Minoxidil juga merupakan obat oles yang langsung diaplikasikan di kulit kepala. Menurut sejumlah orang yang pernah menggunakannya, obat ini bisa memberikan hasil berupa rambut yang tumbuh lebih lebat setelah 12-16 hari pemakaian.

5. Finasteride

Finasteride

Finasteride adalah obat oral yang dapat mengatasi kerontokan sekaligus menumbuhkan rambut setelah kamu mengkonsumsinya selama 3-6 bulan. Namun, obat ini juga memiliki efek samping. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahlinya sebelum kamu mengkonsumsinya.

6. Transplantasi Rambut

Pembedahan

Metode transplantasi rambut dilakukan dengan mengambil sedikit kulit kepala yang pertumbuhan rambutnya normal, lalu ditanamkan pada bagian kulit kepala yang mengalami kerontokan. Biayanya memang cukup mahal, tapi hasil yang diberikan sangat nyata.

Metode mengatasi rambut rontok secara medis ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu wajib berkonsultasi dengan dokter spesialis atau ahlinya terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan pun bervariasi tergantung metode yang kamu pilih.

Produk Perawatan Rambut Rontok

Produk Perawatan Rambut Rontok

Kalau kamu tidak ingin mencoba metode pengobatan rambut rontok secara medis, kamu bisa mengandalkan sejumlah produk hair treatment yang bisa dipakai di rumah, lho. Selain harganya lebih terjangkau, produk-produk ini juga lebih minim efek sampingnya meskipun hasil yang diberikan tidak instan.

Inilah sejumlah produk perawatan rambut rontok yang dapat kamu gunakan untuk melakukan hair treatment sendiri di rumah:

  • Shampo

Produk perawatan paling sederhana yang harus kamu pakai untuk mengatasi rambut rontok adalah shampo yang bisa menghentikan kerontokan. Shampo ini dapat mencegah kebotakan karena kerontokan yang kamu alami. Cari produk terbaik dalam artikel shampo untuk rambut rontok.

  • Hair Tonic

Produk yang dirasa cukup mujarab dalam mengatasi rambut rontok adalah hair tonic. Pada umumnya, hair tonic akan menghentikan kerontokan sekaligus menyuburkan kembali rambutmu. Kamu bisa menemukan produk yang tepat di artikel hair tonic untuk rambut rontok.

  • Vitamin

Kerontokan adalah salah satu tanda bahwa rambutmu bermasalah karena kekurangan nutrisi. Jadi, gunakan vitamin rambut secara rutin untuk menghentikan kerontokan tersebut. Pilih produk yang tepat dalam artikel vitamin untuk rambut rontok ini.

  • Masker

Masukkan masker rambut ke dalam daftar perawatan rambut rontokmu. Masker hanya dipakai sesekali untuk memenangkan rambutmu. Namun, agar sesuai dengan jenis rambutmu sebaiknya pilih produk yang direkomendasikan di artikel masker untuk rambut rontok.

Sejumlah produk hair treatment ini bisa kamu pakai untuk merawat rambutmu di rumah. Semakin rajin kamu merawat rambutmu, maka semakin cepat pula kerontokan rambut ini dapat teratasi.

Itulah berbagai cara merawat dan mengatasi rambut rontok paling ampuh. Semoga kamu terbantu dengan adanya tulisan ini dan bisa memilih metode paling tepat untuk segera menghentikan masalah rambut rontok.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!