Kamini.id / Sepatu / Sepatu Kekecilan Saat Dipakai? Siasati dengan 7 Cara Ini!

Sepatu Kekecilan Saat Dipakai? Siasati dengan 7 Cara Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juni 2019

Ukuran sepatu yang kekecilan pasti akan membuat penggunanya merasa tak nyaman. Bahkan mungkin kaki jadi tidak bisa masuk ke dalam sepatu tersebut. Masalah sepatu kekecilan ini kerap kali dialami oleh pembeli sepatu online atau penerima hadiah sepatu dari orang lain. Jika kamu mengalami hal seperti ini, kamu harus mencari akal agar sepatu yang kekecilan ini bisa tetap dipakai.

Sepatu kekecilan bukan petaka besar kok. Kamini akan membagikan trik agar sepatumu yang kekecilan bisa tetap dipakai dengan nyaman. Yuk, langsung cari tahu triknya di bawah ini!

Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan

1. Panaskan dengan Hair Dryer

* sumber: www.melissamaker.com

Suhu panas yang dihasilkan oleh hair dryer ternyata bisa membuat ukuran sepatu jadi lebih melar. Namun, trik ini hanya bekerja dengan baik pada jenis sepatu kulit, bot, atau suede oxford. Hati-hati jika kamu memilih cara ini untuk meregangkan sepatu karena lem sepatu umumnya tidak tahan terhadap suhu panas.

  • Pertama, bungkus kedua kakimu dengan 2-3 lapis kaos kaki.
  • Pakai sepatu yang kesempitan ini dan mulai arahkan hair dryer ke bagian-bagian yang dirasa sempit. Proses pemanasan setiap bagian sebaiknya tidak lebih dari 30 detik agar tekstur sepatu tidak berkerut. Selain itu, posisi hair dryer sebaiknya juga tidak terlalu dekat dengan sepatu.
  • Coba pakai sepatu untuk berjalan agar kamu bisa merasakan peregangannya.

2. Bekukan di dalam Freezer

* sumber: www.wikihow.com

Selain memanaskan sepatu, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan suhu dingin untuk memperbesar ukuran sepatu yang kekecilan, lho. Kamu bisa mencoba trik ini pada jenis sepatu kain atau plastik. Hindari mencoba tips ini pada sepatu berbahan kulit karena kelembaban yang dihasilkan bisa membuat sepatu kulit berjamur.

  • Siapkan dua kantong plastik yang sudah diisi air. Pastikan kantong plastik berisi air ini sudah memenuhi seluruh bagian sepatu.
  • Masukkan sepatu ke dalam freezer. Biarkan sepatu semalaman di dalam freezer sampai air di kantong plastik tadi membeku jadi es batu.
  • Setelah air di kantong plastik membeku, keluarkan sepatu dan biarkan sampai es batu di dalam plastik tadi mencair.
  • Bila suhu dinginnya sudah hilang, coba kenakan sepatu tersebut dan pakai untuk berjalan beberapa langkah.

3. Gosokkan Alkohol

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/305118943489428402/?lp=true

Longgarkan sepatu yang sempit dengan menggunakan alkohol. Bahan kimia yang satu ini mampu memperbesar ukuran sepatumu. Sayangnya, alkohol tidak dianjurkan untuk memperbesar sepatu kulit karena dapat merusak kulit itu sendiri. Jadi, gunakan alkohol hanya pada sepatu kain, plastik, dan suede saja, ya!

  • Coba dulu kedua sepatu untuk mendeteksi bagian yang dirasa sempit.
  • Lepas sepatu, basahi kapas bersih dengan alkohol dan oleskan langsung ke bagian sepatu yang sempit.
  • Keringkan sepatu terlebih dahulu. Coba pakai sepatu untuk berjalan untuk mengetahui seberapa longgar sepatumu setelah dioleskan alkohol.

4. Koran Basah

* sumber: halamansamping.blogspot.com

Tak punya hair dryer atau freezer untuk mengakali ukuran sepatu yang kecil? Tak masalah kok! Ada cara yang lebih mudah dan aman, yakni dengan menggunakan koran basah. Sayangnya, trik yang satu ini hanya bisa dipakai pada sepatu kain saja.

  • Ambil koran yang sudah diremas, celupkan koran ke dalam air.
  • Masukkan ke dalam sepatu sampai seluruh ruang di dalam sepatu terisi dengan koran basah ini.
  • Biarkan selama semalaman agar koran basah tadi melebarkan sedikit ukuran sepatumu.
  • Keesokan harinya, jemur sepatu tanpa terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah kering, coba pakai sepatu untuk merasakan perubahan ukurannya.

5. Sumpal dengan Kain atau Kaos Kaki

* sumber: www.organizationquest.com

Sepatu yang kekecilan memang membuat penggunanya merasa kurang nyaman. Alhasil, sepatu akhirnya diletakkan begitu saja dan tidak dipakai lagi. Untuk memperbesar ukuran sepatu yang kekecilan di kakimu, sumpal saja dengan kain tidak terpakai atau kaos kaki.

  • Siapkan kain atau kaos kaki untuk mengisi seluruh ruang di dalam sepatu. Pastikan bahwa sumpalan kain ini benar-benar memadati bagian dalam sepatu.
  • Diamkan semalaman atau berhari-hari selagi kamu memang belum memerlukan sepatu tersebut.
  • Setelah kamu yakin bahwa ukuran sepatunya telah membesar, keluarkan kain atau kaos kaki yang menyumpal sepatu, lalu silakan coba untuk memakai sepatu tersebut.

6. Gunakan Alat Peregang Sepatu (Shoe Stretcher)

Kalau kamu tidak ingin repot memakai cara-cara di atas, beli saja alat peregang sepatu (shoe stretcher) yang banyak dijual di toko sepatu daring maupun offline. Alat ini dapat meregangkan bagian dalam sepatu tanpa merusak bahan sepatu itu sendiri.

Bentuk alat peregang sepatu tentu berbeda-beda. Pilih saja bentuk yang memang fit masuk ke dalam sepatumu. Biarkan alat ini berada di dalam sepatumu selama berhari-hari karena alat tersebut tentu saja tidak bisa memperbesar ukuran sepatu yang sempit hanya dalam waktu singkat.

7. Jasa Reparasi Sepatu

* sumber: www.easylifedrycleaning.com

Sudah mencoba berbagai cara tapi sepatu masih terasa kesempitan ketika dipakai? Don’t worry! Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan jasa reparasi sepatu. Mintalah bantuan dari jasa tersebut untuk mereparasi sepatu yang sempit.

Percayakan reparasi sepatumu yang kekecilan ini pada jasa yang sudah berpengalaman. Tukang servis sepatu biasanya memiliki trik untuk ‘membongkar’ sepatu yang ukurannya ingin dibesarkan tanpa perlu merusak tampilan sepatunya.

Tips Agar Tidak Memperoleh Sepatu Kekecilan

Ukuran sepatu yang terlalu kecil umumnya diperoleh ketika si pengguna tidak bisa mencoba ukuran sepatunya. Biasanya hal ini terjadi saat belanja online atau mendapat hadiah dari orang lain. Nah, agar kamu tidak mendapatkan sepatu kekecilan, coba tips berikut ini.

  • Ukur Kaki dengan Meteran/Penggaris

* sumber: fortune.com

Ketika kamu hendak membeli sepatu di toko daring, ukur dulu kedua kakimu dengan menggunakan meteran atau penggaris. Ukur panjang dan lebar telapak kaki. Kemudian, informasikan ukuran ini kepada seller mengingat ukuran sepatu umumnya berbeda-beda.

  • Beli di Tempat yang Bisa Retur

* sumber: mikaree.com

Beberapa toko daring menyediakan fasilitas retur bagi pelanggannya. Nah, pilih toko sejenis ini agar kamu bisa mengembalikan sepatu yang sudah dibeli jika ukurannya memang kekecilan. Umumnya, biaya kirim barang untuk proses retur pasti ditanggung oleh pembeli. Namun, jika persyaratannya bisa diretur, maka pihak penjual akan mengganti sepatu tersebut dengan ukuran yang lebih besar.

  • Jangan Sungkan Memberitahu Ukuran Kaki.

* sumber: ajebomarket.com

Nah, jika ada teman atau kerabat yang ingin memberikan hadiah sepatu kepadamu, mereka pasti akan mencari tahu ukuran kakimu. Ketika ditanya, jawab saja ukuran kakimu yang sebenarnya. Jika kamu ragu, sebutkan saja satu nomor lebih besar dari ukuran yang kamu pakai biasanya. Sepatu yang kebesaran lebih mudah diakali ketimbang sepatu kekecilan.

Itulah serba-serbi mengakali ukuran sepatu yang kekecilan. Setiap cara pasti memiliki risiko tersendiri. Jadi, hati-hati ketika memilih cara memperbesar ukuran sepatu karena tidak semua bahan sepatu bisa cocok dengan cara-cara di atas. Bagi kamu pecinta sepatu merk Vans, baca artikel cara memilih ukuran sepatu Vans ini agar kamu tidak mendapat sepatu yang kekecilan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar