Suami Selingkuh Saat LDR? Beginilah Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 2 Agustus 2021

Long distance relationship (LDR) pasca menikah kadang tak bisa dihindari, misalnya karena sang suami harus bekerja di tempat yang jauh seperti di luar kota. Menjalani LDR pun bukanlah sesuatu yang mudah dan butuh rasa saling percaya yang sama-sama kuat. Ironisnya, tak sedikit pasangan LDR yang mengalami masalah gara-gara sang suami memilih untuk berselingkuh.

Jika Anda mengalami permasalahan yang sama, setidaknya ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut 10 cara mengatasi suami selingkuh jarak jauh yang sudah dirangkum oleh Kamini.

1. Kumpulkan Bukti

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Kumpulkan BuktiSumber: pixabay.com

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan bukti terlebih dahulu, jadi jangan langsung asal tuduh tanpa bukti yang jelas. Kenapa bukti perselingkuhan ini menjadi sesuatu yang sangat penting?

Pertama, untuk meyakinkan diri Anda bahwa suami memang berselingkuh, jadi Anda tidak sekadar menduga atau hanya berdasarkan gosip/perkataan orang lain.

Kedua, bukti ini bisa untuk membuat suami Anda mengakui perbuatannya. Terkadang seorang suami akan mengelak ketika dituding berselingkuh. Dengan adanya bukti, dia akan kesulitan untuk mengelak.

Ketiga, bukti ini bisa Anda gunakan dalam pengadilan apabila Anda berniat menempuh jalur hukum. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan hukum, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Bukti perselingkuhan bisa berupa apa saja, mulai dari pesan chat, rekaman telepon, foto, video, atau saksi bila memang ada. Kumpulkan semua bukti semampu Anda. Karena suami berada di tempat yang jauh, Anda juga bisa minta tolong pihak ketiga untuk membantu mengumpulkan bukti perselingkuhan suami Anda.

2. Kirim Hadiah yang Mengingatkan pada Keluarga

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Kirim Hadiah yang Mengingatkan pada KeluargaSumber: pixabay.com

Apabila Anda tidak berniat bercerai dan masih ingin mempertahankan rumah tangga, cobalah untuk menyadarkan suami Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengirim pesan chat atau SMS yang mengingatkannya pada keluarga. 

Ceritakan aktivitas Anda dan anak-anak dan katakan bahwa kalian sangat menyayangi dan merindukannya. Sering-seringlah mengirim foto Anda atau anak-anak, bisa juga mengirim foto-foto lama Anda bersama sang suami sambil bercerita tentang kebahagiaan di masa lalu.

Jika memungkinkan, Anda dan anak-anak menyiapkan suatu hadiah dan mengirimkan barang tersebut padanya, misalnya untuk ulang tahun atau Hari Ayah. Kalaupun tidak ada hari spesial, katakan saja kalau anak-anak sedang ingin memberikan hadiah untuk ayahnya. Sertakan pula sebuah surat menyentuh yang ditulis oleh anak-anak.

3. Minta Dia Pulang

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Minta Dia PulangSumber: pixabay.com

Komunikasi adalah kunci untuk menyelesaikan masalah, tapi jarak bisa membuat komunikasi jadi tidak efektif. Maka dari itu, sebaiknya tunggu sampai Anda dan suami saling bertemu. Bisa juga langsung meneleponnya dan minta agar dia segera pulang demi menyelesaikan masalah. 

Saat berbicara via telepon, redam emosi Anda sebisa mungkin meski sangat sulit. Berbicaralah dengan normal, minta dia pulang, dan jangan katakan kalau Anda sudah mengetahui perselingkuhannya. Jika Anda langsung menudingnya telah berselingkuh, ada kemungkinan suami Anda akan malas pulang ke rumah atau justru menghindari Anda.

4. Bicarakan Lewat Telepon

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Bicarakan Lewat TeleponSumber: pixabay.com

Jika memang tidak memungkinkan bagi suami Anda untuk pulang, satu-satunya jalan komunikasi adalah lewat telepon. Tapi sebelum itu, pastikan suami Anda sedang tidak sibuk, bisa dengan bertanya lewat chat atau meneleponnya langsung dan bertanya kondisinya saat ini. Meski sulit, usahakan untuk tetap menahan emosi sebisa mungkin saat mulai berbicara. 

Bila Anda terdengar emosi, suami Anda bisa dengan mudah menghindar dan menutup sambungan telepon. Tanyakan baik-baik padanya tentang perselingkuhannya, apa maunya, kenapa dia melakukannya, dan rencana ke depan. Anda juga perlu mengutarakan perasaan Anda secara jujur agar dia paham bahwa kesalahannya telah menyakiti Anda.

Berkomunikasi lewat telepon mungkin tidak akan mudah dan bisa jadi tidak menyelesaikan masalah. Jadi, walau sudah berkomunikasi via telepon, usahakan untuk tetap bertemu dan membicarakan masalah ini secara langsung.

5. Hubungi Selingkuhannya

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Hubungi SelingkuhannyaSumber: pixabay.com

Selidiki dulu tentang wanita yang berselingkuh dengan suami Anda. Cari tahu namanya atau di mana ia tinggal. Jika memungkinkan, hubungi dia lewat telepon. Cara ini mungkin akan jadi hal yang sulit untuk dilakukan tanpa melibatkan emosi atau rasa marah. 

Sekali lagi, walau sangat sulit, redam amarah Anda saat menghubungi wanita tersebut. Konfirmasikan dulu hubungannya dengan suami Anda, selidiki apakah wanita itu sudah tahu atau belum kalau pria yang ia pacari ternyata sudah berkeluarga. 

Jika Anda masih berniat mempertahankan pernikahan, cobalah untuk meminta wanita tersebut mundur dan meninggalkan suami Anda. Jangan pernah memberikan ancaman apapun, selain kurang efektif, Anda juga bisa dituntut oleh hukum.

6. Hubungi Kerabat dari Selingkuhannya

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Hubungi Kerabat dari SelingkuhannyaSumber: pixabay.com

Jika masih ingin bertahan dengan suami Anda, cara ini boleh dilakukan. Menghubungi kerabat dari si orang ketiga bisa jadi alternatif untuk mengatasi perselingkuhan, apalagi bila si wanita menolak untuk mengakhiri hubungan terlarangnya. Tapi sebelum itu, Anda harus cari tahu dulu tentang identitas wanita tersebut, termasuk siapa keluarganya.

Hubungi keluarga si wanita, beri tahu masalah yang sebenarnya, dan minta tolong agar mereka juga mengambil tindakan tegas. Perlu diingat bahwa ada kemungkinan kalau cara ini tidak bisa berhasil, apalagi jika keluarga si wanita tak mau ikut campur atau justru mendukung perselingkuhan. Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba, kan?

7. Datang Langsung Menemuinya

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Datang Langsung MenemuinyaSumber: pixabay.com

Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika suami berselingkuh saat menjalani LDR adalah dengan datang langsung menemuinya. Hal ini jadi satu-satunya cara apabila suami Anda tidak bisa pulang atau kesulitan membicarakan masalah ini lewat telepon. Datanglah di hari atau waktu yang tepat, yaitu ketika suami tidak terlalu sibuk dengan pekerjaannya. 

Sebaiknya jangan bawa anak-anak, kecuali mereka sudah dewasa dan memang bisa menemani/menjaga Anda. Bila perlu, pergilah ditemani oleh kerabat atau orang yang Anda percaya. Jangan pula memberitahukan kedatangan Anda pada suami. Bila ia tahu, ada kemungkinan dia akan menghindar dan membuat banyak alasan agar Anda tidak jadi datang ke tempatnya.

8. Minta Tolong Teman untuk Menyadarkan Suami

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Minta Tolong Teman Terpercaya untuk Menyadarkan SuamiSumber: pixabay.com

Jika Anda masih berniat mempertahankan pernikahan, satu-satunya cara adalah dengan menyadarkan suami Anda. Tapi karena terpisah oleh jarak, Anda mungkin kesulitan untuk berbuat sesuatu. Jika kebetulan ada sahabat yang berada satu lokasi dengan suami Anda, cobalah minta tolong padanya.

Melibatkan pihak ketiga dalam masalah rumah tangga sebenarnya memang kurang tepat. Namun dalam kondisi terdesak, terkadang pihak ketiga bisa sangat membantu. Yang penting, pastikan pihak ketiga tersebut adalah orang yang dewasa, bijaksana, dan bisa dipercaya.

9. Libatkan Keluarga Besar Bila Perlu

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Libatkan Keluarga Besar Bila PerluSumber: pixabay.com

Jalan terakhir untuk mempertahankan rumah tangga adalah dengan melibatkan keluarga besar, terutama keluarga dari pihak suami. Dengan segala bukti yang ada, cobalah membicarakan masalah ini dengan keluarga Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

Harapannya, keluarga bisa membantu menyadarkan suami Anda bahwa apa yang ia lakukan adalah suatu kesalahan. Kalaupun tidak bisa, setidaknya Anda dan keluarga bisa sama-sama mencari solusi untuk kedepannya.

Melibatkan keluarga tak hanya untuk mendapatkan solusi dan penyelesaian masalah, tapi juga bantuan berupa dukungan. Hal ini sangat penting bagi kesehatan mental Anda karena wanita yang dikhianati membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama keluarga.

10. Konsultasikan dengan Hukum

cara mengatasi saumi selingkuh jarak jauh_Konsultasikan dengan HukumSumber: pixabay.com

Skenario terburuk dari permasalahan ini adalah suami Anda tidak mau berubah, tidak peduli dengan Anda, dan lebih memilih bersama wanita selingkuhannya. Bila sudah seperti ini, percuma Anda mempertahankan rumah tangga dan sudah saatnya Anda menempuh jalur hukum untuk mengakhiri pernikahan.

Pikirkan baik-baik mengenai cara terakhir ini. Mintalah dukungan penuh dari keluarga dan beritahu suami mengenai rencana Anda. Setelah itu baru hubungi pengacara atau lembaga hukum resmi untuk mengkonsultasikan masalah ini. Pastikan juga Anda menyiapkan fisik dan mental karena perceraian adalah sebuah proses yang panjang dan bukan hal mudah untuk dijalani.

Itu dia 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perselingkuhan suami saat menjalani LDR. Perlu diingat bahwa cara apapun memiliki resikonya masing-masing. Jadi, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum mengambil tindakan, tapi semoga cara-cara di atas dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram