10 Cara Mengatasi Wajah yang Boros Agar Tidak Disangka Tua

Ditulis oleh Syuri

Pernahkah kamu dipanggil "ibu", "tante", "bapak", atau "om", padahal usia kamu masih belia? Maaf-maaf saja, nih, mungkin itu terjadi karena wajah kamu terlihat lebih dewasa daripada sewajarnya. Kalau orang Indonesia, sih, biasanya mengatakan kasus seperti kamu ini sebagai "wajah boros."

Wajah boros sebenarnya bisa terjadi dari berbagai faktor. Misalnya, kalau kamu merupakan darah campuran bule atau timur tengah, biasanya kamu punya tubuh yang lebih bongsor dan wajah yang terlihat lebih dewasa walaupun kamu masih remaja. Tapi, kamu jangan menyalahkan genetik, karena wajah boros bisa diakali.

Kamini telah mengumpulkan sepuluh trik dan cara mengatasi wajah yang boros. Cara-caranya sangat sederhana, jadi mudah diikuti. Penasaran ada apa saja? Langsung saja disimak sampai habis, ya!

1. Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Jaga Kebersihan Kulit Wajah cuci muka

Kalau wajah kamu kusam, kotor, tidak dirawat, tentunya kamu bakal kelihatan tua. Untuk menjaga kulit agar awet muda, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dimulai dari cuci muka. Sebelum beraktivitas dan sesudah beraktivitas adalah waktu yang paling tepat untuk cuci muka.

Mencuci muka membuat keringat, sisa make up, kotoran, debu, dan polusi yang menempel di pori-pori kulit akan terangkat. Dengan begitu, kulit kamu akan jadi lebih sehat dan cantik.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi Air Putih

Kayaknya hampir semua orang, apalagi anak remaja, malas minum air putih. Padahal, yang namanya minum air putih itu wajib minimal 8 gelas sehari. Kurangnya konsumsi air putih berdampak pada dehidrasi yang akan menimbulkan banyak masalah, termasuk masalah kulit.

Air berguna untuk memperlancar saluran darah. Jika sirlukasi darah kamu tidak bekerja dengan baik, maka akan terjadi penurunan sel darah di wajah yang akan menyebabkan garis halus. Hiii, tidak mau, kan, masih muda tapi sudah keriput? Makanya, minum air putih yang banyak, ya!

3. Gunakan Make Up Natural

Make Up Natural
*

Jika dulu kosmetik identik dengan ibu-ibu, sekarang siapa saja bisa menggunakannya, bahkan anak remaja sekalipun. Banyaknya media seperti YouTube dan Instagram yang mempertontonkan tren make up masa kini membuat siapa saja dapat meniru make up dengan mudah. Tak sedikit anak di bawah usia 20 tahun menggunakan riasan wajah yang full sehingga membuat wajah mereka terlihat jauh lebih tua.

Kamu tidak mau salah dipanggil "ibu" atau "tante" sama orang lain, kan? Kalau begitu, berdandan lah senatural mungkin! Make up memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Tapi, kamu tidak perlu berdandan tebal juga, kan, untuk tampil cantik? Ingin tahu cara tampil natural? Baca artikel cara memakai make up natural untuk pemula.

4. Lakukan Perawatan Kulit Sesuai Usia

Perawatan Kulit Sesuai Usia masker wajah

Selain kosmetik, perawatan kulit juga ada beragam macamnya. Tapi, perlu kamu ketahui kalau tidak semua perawatan kulit suitable untuk semua usia. Misalnya seperti anti aging cream, kamu tentu belum memerlukannya di usia remaja dan 20-an. Lalu, perawatan di salon atau dokter seperti botoks, face liftfiller, dan lain-lain yang rasanya tidak cocok jika dilakukan oleh anak muda.

Jadi, lakukanlah perawatan kulit sesuai dengan usia kamu. Kalau anak muda, boleh lah sekali-kali facial di salon. Selain ke salon, kamu bisa juga maskeran sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih murah, bahan dari alam tidak akan berbahaya seperti kosmetik dan perawatan kulit pabrikan, kan.

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Bervitamin

Makanan Bernutrisi dan Bervitamin

Tidak hanya air putih, konsumsi makanan juga perlu kamu jaga. Makanan yang perlu kamu konsumsi adalah yang mengandung nutrisi baik dan juga vitamin, terutama vitamin E. Makanan seperti ini sangat diperlukan kulit agar tetap cantik, segar, dan sehat.

6. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin

Siapa yang malas berolahraga? Jangan malas-malasan lagi kalau kamu tidak mau punya wajah yang terlihat lebih tua dari umur. Tidak perlu olahraga yang ekstrim atau pun berat. Olahraga ringan seperti senam, stretching, yoga, jogging, skipping, bersepeda, atau berenang sudah cukup jika kamu melakukannya dengan rutin dan benar.

Dengan rajin berolahraga, tubuh kamu akan jadi lebih kuat, sehat, dan bugar. Begitu pula dengan kulit kamu, bakal jadi kencang dan lebih bercahaya, loh! Jadi, cara agar wajah terlihat lebih muda dan segar adalah dengan rutin berolahraga, ya.

7. Jangan Stres

Jangan Stres

Hihi, jangan stres, cyin! Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tidak penting. Kalau kami mengatakan "masih muda mikirin apa, sih" sebenarnya kan masalah orang berbeda-beda tidak terpatok dengan usia. Jadi, ada saja yang masih muda tapi sudah banyak pikiran. Tapi, jika pikiran negatif sudah menumpuk, bisa-bisa kamu malah jadi stres.

Untuk itu, hindarilah masalah, jangan terlalu memikirkan sesuatu hal, pokoknya lakukan apa yang membuat kamu bahagia saja. Pasalnya, stres dapat membuat wajah terlihat tua walaupun di usia muda. Stres biasanya membuat seseorang jadi mudah marah, kuyu, murung, sedih, tempramen, dan hal negatif lainnya. Ketika sedang down begini, wajah akan mengkerut karena kebanyakan mikir dan manyun.

Jika sudah begitu, lama kelamaan akan terbentuk garis halus yang merupakan cikal bakal kerutan. Kamu ogah punya keriput di usia 20-an, kan? Makanya, hindarilah stres dengan cara memikirkan hal yang positif saja. Kamu bisa juga mengurangi stres dengan olahraga, yoga, dan having fun.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram