Kamini.id / Kesehatan / 10 Cara Mengecilkan Betis dan Paha dengan Cepat & Mudah

10 Cara Mengecilkan Betis dan Paha dengan Cepat & Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Sepertinya banyak orang yang tidak suka jika betis dan pahanya besar, terutama wanita. Sebenarnya jika ukuran betis dan paha proporsional dengan bentuk tubuh, sih, tidak masalah. Tapi, bagaimana jika tubuh bagian atas kecil, tapi betis dan pahanya terlalu besar? Mungkin akan membuat rasa percaya diri berkurang, ya?

Tapi, tahukah Anda kalau ukuran betis dan paha bisa dikecilkan? Banyak cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat, mulai dari olahraga, diet, hingga perawatan. Sebelum mengetahui trik mengecilkan tubuh bagian bawah, Anda perlu tahu dulu kalau ada beberapa penyebab besarnya betis dan paha.

Faktor Penyebab Betis dan Paha Besar

Faktor Penyebab Betis dan Paha Besar

Pertama, faktor bentuk tubuh. Jika Anda memiliki tekstur tulang yang besar, atau jika Anda tinggi bongsor, otomatis betis dan paha juga besar. Untuk bentuk tubuh seperti ini mungkin agak sulit mendapatkan betis dan paha yang kecil, karena memang sudah begitu dari sananya. Tapi, Anda bisa mengurangi lemak dan mengencangkan otot betis dan paha agar terlihat lebih proporsional.

Kedua, faktor genetik alias keturunan. Perhatikan bentuk tubuh bagian bawah ayah, ibu, kakek atau nenek Anda. Jika betis dan paha keluarga Anda besar-besar, ya berarti sudah jelas kalau Anda juga mendapatkan bentuk betis dan paha yang besar juga. Tapi, sedikit banyak ukuran betis dan paha dapat Anda kecilkan jika Anda mau berusaha.

Ketiga, faktor lemak berlebih. Jika berat badan Anda melebihi batas normal dalam kesehatan, berarti Anda memiliki lemak berlebih yang sebaiknya dihilangkan. Biasanya lemak berkumpul di tangan, perut, dan paha. Diet dan olahraga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan lemak di area betis dan paha.

Keempat adalah faktor hormon estrogen. Hormon ini dialami oleh wanita ketika selesai menstruasi. Hormon ini mengarahkan lemak ke bagian betis dan paha, makanya Anda mungkin merasa tubuh semakin lebar ketika sedang dan setelah menstruasi. Makanya, saat sedang mens, jaga pola makan Anda dan jangan lupa olahraga juga.

Nah, sekarang, Kamini akan membeberkan rahasia untuk mendapatkan betis dan paha yang slim dengan cepat. Yuk, dicoba!

Cara Mengecilkan Betis dan Paha Dengan Cepat

1. Jogging

Jogging cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat

Cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat yang termudah adalah dengan jogging. Mitos yang beredar adalah, jika terlalu banyak berjalan dan berlari, betisnya akan jadi besar. Padahal, yang terjadi jika Anda rutin jogging setiap hari adalah, terjadi pembakaran lemak dan pembentukan otot pada betis dan paha. Hasilnya, Anda akan mendapatkan betis dan paha yang kencang dan lebih langsing.

2. Calf Raises

cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat

Langkah kedua dalam cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat adalah dengan melakukan calf raises. Gerakan ini sangat mudah, Anda hanya tinggal berjinjit dengan kondisi berdiri tegak dan kaki rapat. Tahan gerakan tersebut selama 15 detik, atau sekuat Anda, lalu ulangi hingga 2 atau 3 set. Setiap set biasanya terdiri dari 8 gerakan.

calf raises

* sumber: www.popsugar.com

Jika Anda sudah terbiasa melakukan calf raises, coba upgrade menjadi sumo X calf raises seperti yang dicontohkan pada gambar di atas. Tentunya gerakan sumo calf raises ini lebih ekstrim, tapi hasilnya juga lebih nyata. Untuk pemula, lakukan saja calf raises yang normal.

3. Jump Squats

Jump Squats

* sumber: www.popsugar.com

Cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat yang ke-3 adalah dengan melakukan jump squats. Anda mungkin sudah familiar dengan squats. Nah, sekarang Anda hanya perlu menambahkan lompatan saja. Langkah untuk melakukan jump squats adalah:

  • Berdiri tegak, lalu buka kaki selebar pinggul Anda.
  • Lalu, tekuk kedua lutut sampai paha Anda lurus (horizontal)
  • Setelah itu, angkat tangan Anda lurus ke atas. Biarkan lengan bagian dalam Anda menempel dengan belakang telinga.
  • Terakhir, loncat lah setinggi yang Anda mampu.

Lakukan gerakan ini berulang-ulang, mulai dari 20 lompatan, lalu per harinya bertambah jadi 30, 50, hingga 100 lompatan per hari. Jump squats akan menguatkan otot-otot kaki Anda, sehingga membuat badan terlihat jauh lebih atletis. Jadi, kalau pun betis dan paha Anda terlihat besar, itu karena otot, bukan lemak.

4. Warrior III Pose

Warrior III Pose

* sumber: www.athleta.net

Anda suka yoga atau senam? Ada salah satu gerakan yang termasuk dalam cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat, yaitu warrior III pose. Gerakan ini dapat merampingkan betis dan paha Anda. Selain itu, gerakan ini juga dapat menghilangkan perut buncit, loh! Langkah dalam membuat pose warrior III adalah:

  • Berdiri tegak, lalu angkat kaki kanan ke belakang.
  • Condongkan tubuh ke depan hingga sejajar dengan kaki.
  • Setelah itu, tarik tangan Anda ke belakang hingga sejajar dengan punggung, kepala, dan kaki.
  • Pusatkan berat badan Anda pada kaki kiri.
  • Perhitungannya adalah selama 5x kali hembusan nafas lambat, lalu Anda bisa kembali ke posisi semula dengan perlahan-lahan.
  • Ganti kaki, dan lakukan gerakan ini berulang-ulang.

5. Berenang

Berenang

* sumber: buy.garmin.com

Berenang juga termasuk dalam cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat, loh! Ternyata tidak hanya dapat membuat tubuh lebih tinggi, berenang juga dapat mengecilkan paha dan betis Anda. Kira-kira kenapa, ya, alasannya?

Berenang merupakan olahraga yang memerlukan seluruh otot tubuh, sehingga hampir semua bagian tubuh akan terbentuk kalau Anda rajin berenang. Sebut saja betis, paha, perut, lengan, dan bahu. Berenang lah sebanyak 3 kali seminggu secara rutin untuk hasil terbaik. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kram otot, ya.

6. Bersepeda

Bersepeda

* sumber: www.lochlomond-trossachs.org

Banyak yang mengira kalau bersepeda akan membuat betis dan paha jadi besar. Sebenarnya, betis dan paha Anda akan terbebas dari lemak, lalu terbentuklah otot. Makanya betis dan paha terlihat lebih define daripada sebelumnya. Bersepeda sangat baik dilakukan, apalagi jika Anda termasuk orang yang kelebihan lemak.

Karena, selain menyenangkan, bersepeda dapat membakar lemak sekaligus melatih otot pada area perut, paha, dan betis. Jadi, sekalian olahraga buat diet, bisa sambil membentuk otot juga. Jika Anda tidak mau betis dan paha jadi berotot berlebihan, jangan terlalu sering/lama bersepedanya. Cukup lakukan sebanyak 3x seminggu saja selama 30 menit – 1 jam.

7. Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga

* sumber: trustednaturalhealth.com

Kalau naik-turun tangga, sih, bisa dibilang kegiatan sehari-hari yang normal, ya? Ternyata gerakan simpel ini bisa membuat betis dan paha mengecil, loh! Makanya, jangan sepelekan naik-turun tangga, ya. Caranya, Anda tinggal berjalan cepat saja naik dan turun tangga selama beberapa kali. Cara ini sangat tepat buat orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga.

8. V-position

V-position

* sumber: www.workoutplan.com

Ayo, bentuk badan Anda jadi seperti huruf V! Gerakan atau posisi ini dapat membuat betis dan paha mengecil, loh! Lakukan gerakan ini sebanyak 10 – 15 kali. Dan, lama waktu untuk menahan posisi ini bisa dari 5 detik – 15 detik, sesuai kemampuan Anda.

Jika Anda merasa belum sanggup membentuk pose seperti pada gambar, Anda bisa menumpukan kedua tangan Anda di belakang punggung (menempel pada lantai). Selamat mencoba!

9. Walking Lunges

Walking Lunges

* sumber: greatist.com

Walking lunges merupakan gerakan olahraga yang memusatkan pada otot paha dan betis. Makanya, walking lunges termasuk dalam cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat. Cara melakukannya sangat mudah, kok. Yuk, ikuti step-by-stepnya:

  • Berdiri tegak, letakkan kedua tangan di pinggul.
  • Kencangkan otot perut Anda, lalu mulai melangkah ke depan dengan kaki kiri.
  • Tekuk kaki kanan Anda sejajar dengan lantai (membentuk sudut 90°).
  • Tahan pose tersebut selama 1 menit atau sesuai kemampuan Anda.
  • Lakukan gerakan yang sama untuk kaki kanan.
  • Banyaknya gerakan yang dilakukan adalah 10 – 15 kali.

10. Minum Teh Hijau

Minum Teh Hijau 

Mungkin cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat yang terakhir ini adalah yang paling disukai oleh Anda, karena paling mudah dilakukan.

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang dapat mendukung program diet. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung kafein dan tanin yang dapat melunturkan lemak dalam tubuh. Konsumsi lah teh hijau, setidaknya satu cangkir setiap harinya, untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di betis dan paha Anda.

Ya, itu dia sepuluh cara mengecilkan betis dan paha dengan cepat dari Kamini. Selain kesepuluh cara di atas, Anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih dan makan dengan gizi seimbang. Apakah Anda tahu cara lainnya supaya betis dan paha jadi cepat langsing?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment