Kamini.id / Kesehatan / Cara Mengecilkan Lengan Tangan Atas Secara Alami

Cara Mengecilkan Lengan Tangan Atas Secara Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Januari 2019

“Kapan ya aku bisa pakai baju itu lagi?”, “Gak pede ah pake bajunya, tanganku gede gini”, “Baju itu bagusnya di pake sama yang tangannya kecil”. Mungkin itu beberapa kata-kata yang pernah atau sering Anda dengar. Atau bisa jadi Anda salah satu dari orang yang berpendapat seperti itu. Jika benar, maka artikel cara mengecilkan lengan tangan atas ini sangat tepat untuk Anda simak.

Walaupun Anda memiliki perut rata, pinggang kecil, dan bisa dikatakan Anda memiliki tubuh ideal, namun Anda masih memiliki masalah pada bagian tubuh Anda jika memiliki lengan yang besar. Lengan besar atau bergelambir ini membuat penampilan Anda terganggu dan merupakan masalah bagi Anda.

Kebanyakan orang terutama kaum wanita tidak merasa percaya diri apabila lengan atasnya besar atau bergelambir. Karena ketika memakai baju yang memperlihatkan bagian lengan yang cukup besar, Mereka akan merasa tidak seksi dan tidak nyaman.

Lengan tangan besar bisa terjadi oleh beberapa penyebab, misalnya penumpukan lemak di bagian lengan, pola hidup yang tidak sehat, jarang berolahraga, faktor usia, atau mungkin faktor genetik. Untuk membantu permasalahan Anda tersebut, akan saya paparkan beberapa cara mudah dan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan lengan Anda.

cara mengecilkan lengan tangan atas

Cara-cara berikut ini mudah untuk dilakukan, bisa dipraktekkan pada kegiatan sehari-hari Anda, tidak mengeluarkan banyak biaya pula. Anda hanya perlu melakukan dua hal, yakni memperhatikan pola makan Anda dan berolahraga. Berikut beberapa cara mengecilkan lengan tangan atas secara alami :

Makanan

Makanan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Pola makan yang baik akan menghasilkan tubuh yang sehat sedangkan pola makan yang buruk akan mengundang berbagai macam penyakit. Berikut adalah tips pola makan yang baik untuk mengecilkan lengan tangan yang besar:

  • Kurangi konsumsi karbohidrat

Kurangi porsi makan karbohidrat atau yang berkalori tinggi. Makan pula jenis-jenis karbohidrat yang lain, tidak harus nasi melulu, bisa Anda ganti dengan gandum atau kentang. Namun Anda tetap harus mengontrol jumlah karbohidrat yang Anda makan.

  • Hindari makanan berlemak

Makanlah makanan yang berkadar lemak rendah dan hindari junk food. Makanan yang mengandung banyak lemak dan juga makanan cepat saji ini akan membuat timbunan lemak di lengan Anda bertambah.

  • Konsumsi kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan karena dapat membantu mengurangi lemak jahat dan juga mengurangi resiko kanker.

  • Konsumsi buah dan sayuran

Konsumsilah buah-buahan dan sayuran secara rutin. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan juga serat yang baik untuk tubuh Anda. Maka dari itu Anda harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

  • Minum air putih

Sudah tidak asing bahwa air yang terbaik adalah air putih. Konsumsilah minimal delan gelas perhari. Hal ini disebabkan karena air putih baik untuk tubuh Anda dan juga membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Olahraga

cara mengecilkan lengan tangan atas push up

Selain menjaga pola makan, berolahraga secara rutin juga merupakan cara mengecilkan lengan yang sangat efektif. Selain itu, olahraga juga dapat membakar lemak yang terdapat pada bagian tubuh yang lainnya seperti paha dan perut. Beberapa olahraga ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lengan kecil impian Anda:

  • Olahraga Kardio

Olahraga kardio bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah. Misalnya Anda melakukan lompat tali kurang lebih 15 menit. Lakukanlah secara rutin di pagi hari karena dengan melakukan olahraga ini, akan membantu membakar lemak yang berada di tubuh Anda. Selain itu juga. Olahraga ini membantu memperlancar metabolisme tubuh.

  • Push Up

Push up merupakan olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda hanya perlu untuk meluangkan waktu Anda sekitar 10-15 saja. Lakukanlah dengan rutin agar mencapai hasil yang maksimal. Selain membuat lengan Anda kecil, push up juga membuat perut Anda rata. Apabila dirasa Anda sudah lelah, maka beristirahatlah dan jangan memaksakan diri Anda.

  • Wall Push Up

Untuk melakukan wall push up ini cukup mudah, mirip dengan push up pada umumnya. Namun dilakukan dengan cara berdiri di depan dinding, kemudian mengulurkan dan menempelkan telapak tangan Anda ke dinding kemudian mendorong ke depan badan Anda, kemudian kembali pada posisi semula. Lakukan lah beberapa kali set.

  • Triceps Push-back

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki terbuka sejajar dengan bahu Anda, kemudian tekuklah lutut hingga membentuk sudut 30 derajat. Dengan memegang dumbbell tarik tangan ke depan dan ke belakang tubuh.

  • Shoulder press

Peganglah dumbbell di kedua tangan Anda, kemudian berdirilah dengan membuka kaki Anda sejajar dengan bahu Anda. Lalu angkatlah dumbbell ke atas kemudian tarik ke arah  bahu secara berulang-ulang.

  • Arm Circle

Arm circle ini tidak memerlukan dumbbell. Anda hanya perlu  berdiri dengan posisi kaki sama dengan shoulder press dan juga triceps push-back.  Kemudian rentangkan saja tangan Anda ke depan dan kemudian buatlah gerakan melingkar.

  • Yoga

Yoga merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan di rumah. Tidak hanya dapat mengecilkan lengan tangan Anda, olahraga ini juga diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan karena yoga juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yoga juga dapat menurunkan sifat rakus ketika makan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memilih makanan yang dibutuhkan saja tanpa tertarik dengan makanan lainnya. Hal ini secara tidak langsung juga akan mengurangi lemak dalam tubuh Anda.

  • Jalan kaki

Memang pada gerakan ini yang pasti banyak bergerak adalah kaki. Namun dengan berjalan kaki, dapat membantu Anda mempercepat membakar lemak.

  • Pull up

Gerakan ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah Anda. Misalnya pada tiang atau pintu. Caranya adalah dengan mengangkat tangan Anda ke atas kepala lalu peganglah sisi atas pintu atau tiang, kemudian angkatlah tubuh Anda ke atas lalu turunkan kembali. Lakukanlah beberapa kali, kurang lebih 10 menit.

  • Stretching

Peregangan otot atau stretching ini biasanya dilakukan sebelum olahraga untuk melenturkan otot-otot tubuh. Namun peregangan otot ini bisa pula Anda lakukan di sela-sela kegiatan pekerjaan Anda sebelum tidur dan lain-lain.

Itulah beberapa olahraga yang mudah dilakukan Anda di rumah sebagai bagian dari cara mengecilkan lengan tangan atas Anda. Lakukanlah olahraga secara rutin agar lemak-lemak di tubuh Anda banyak yang terbakar. Minimal lakukan 3 kali dalam seminggu selama 20-30 menit.

Namun ingat, olahraga pun harus diimbangi dengan asupan nutrisi. Jangan berlebihan dan terutama hindarilah makanan berlemak. Jika tidak maka impian mendapatkan lengan ramping ini menjadi sia-sia. Dan perbanyaklah minum air putih untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda.

Sekian ulasan saya mengenai cara mengecilkan lengan tangan atas secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan cara alami ini Anda tidak perlu khawatir akan timbul berbagai macam efek samping negatif seperti yang biasa ditimbulkan oleh obat kimia. Selamat mencoba dan baca terus tips trik yang lainnya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Enjoy RnB and hiphop, sometimes rock. Sports addict, loves cooking, crafting, reading, and spending time to write.

Leave A Comment