Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Memiliki perut rata merupakan impian bagi pria maupun wanita. Memiliki perut yang buncit membuat merasa tidak nyaman atau pun tidak percaya diri. Bisa saja Anda mengalaminya saat ini. Lalu adakah cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria secara alami? Tentu saja ada. Namun sebelum membahas itu, saya akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan perut Anda buncit terlebih dahulu.

Penyebab Perut Buncit

Apakah perut buncit itu merupakan faktor genetik atau gaya hidup Anda yang tidak sehat? Di jaman yang serba instan dan modern ini fast food dan junk food sudah menjadi makanan yang sering di jumpai.

Selain itu makanan yang berlemak tinggi pun sering pula dikonsumsi tanpa diimbangi dengan olahraga yang bisa saja selain mendapatkan perut buncit Anda juga malah menjadi obesitas. Berikut adalah beberapa faktor penyebab perut buncit:

1. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi penyebab terjadinya perut buncit semakin besar. Selain perut menjadi buncit hal tersebut juga menjadi sumber penyakit. Beberapa penyebab dari pola hidup tidak sehat yaitu:

  • Kurang Olahraga

Jarang melakukan olahraga bisa mempercepat proses penumpukan lemak pada perut karena tidak ada lemak yang terbakar seperti pada saat berolahraga. Selain itu kurang olahraga juga bisa menimbulkan penyakit seperti obesitas dan memicu serangan jantung.

  • Tidur setelah makan

Apabila Anda termasuk orang yang sering melakukan kegiatan ini, sebaiknya segera dihentikan kebiasaan buruk ini. Karena pada saat setelah Anda makan kemudian tidur, proses metabolisme tubuh menjadi lambat. Dan pada saat tidur otomatis Anda tidak beraktifitas, sehingga proses pencernaan tidak maksimal dan terjadi penumpukan yang menyebabkan perut buncit.

  • Terlalu Lama Duduk

Mungkin terlihat tidak begitu berpengaruh. Tapi pada kenyataannya banyak yang mengalami kebuncitan dikarenakan kelamaan duduk. Hal ini diakibatkan karena pada saat duduk lama yang terus berkelanjutan membuat penumpukan lemak di area perut.

Itu adalah beberapa pola hidup yang tanpa sadar sering dilakukan. Jadi, apabila Anda ingin perut Anda tidak buncit, hindarilah pemicu perut buncit dari pola hidup Anda. Selain pola hidup ada pula pola makan dan minum yang memicu perut buncit.

2. Pola Makan dan Minum yang Tidak Sehat

cara mengecilkan perut buncit pada wanita pola makan

Pola makan dan minum yang tidak sehat juga bisa menimbulkan perut buncit. Hal ini bisa saja terjadi tanpa sadar karena sudah terbiasa melakukannya. Berikut beberapa pemicu perut buncit dari pola makan dan minum yang tidak sehat.

  • Meminum Alkohol

Dikarenakan alkohol mengandung kalori dan gula yang berlebih, maka alkohol tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan penumpukan lemak. Selain itu, alkohol dapat mimcu berbagai penyakit mematikan.

  • Makan Berlebih

Makan berlebih dapat menghambat proses pencernaan makanan, yang mengakibatkan proses tersebut tidak optimal.  Apalagi jika Anda makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karena akan dengan mudah diurai menjadi lemak, dan membuat penumpukan lemak.

  • Makanan Berlemak

Sudah pasti mengkonsumsi makannan berlemak merupakan pemicu terjadinya perut buncit. Apalagi di zaman modern dan instan ini makanan fast food ataupun junk food mudah didapatkan. Makanan ini memang enak, namun jumlah kalori dan lemaknya pun melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih apabila Anda sering memakannya.

  • Mengemil pada Malam Hari

Apabila aktifitas ini sering Anda lakukan, apalagi ditambah dengan sambil menonton TV sebaiknya segera Anda hentikan kebiasaan ini. Karena pada malam hari aktifitas tubuh itu berkurang atau menjadi lebih sedikit. Mengemil sambil nonton TV itu menyebabkan jumlah makanan yang di konsumsi tidak terkontrol. Sehingga mengakibatkan makanan itu menumpuk di dalam perut dan mengakibatkan perut menjadi buncit.

  • Minum atau Makanan yang Berkarbonasi

Minuman dan makanan yang berkarbonasi atau bersoda banyak mengandung gas. Hal tersebut dapat dengan mudah menyebabkan perut menjadi kembung dan buncit.

  • Mengkonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Sehingga bakteri dalam usus besar cenderung menguraikan atau memfermentasikannya menjadi gas yang mengakibatkan perut kembung dan juga buncit.

Itulah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan perut menjadi buncit dari pola makan. Lalu, bagaimakah cara mengecilkan perut buncit? Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit Anda:

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita dan Pria

cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Mengecilkan perut yang buncit bukanlah pekerjaan yang sulit namun dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Ya, Anda harus konsisten untuk melakukan berbagai aktivitas di bawah ini agar perut Anda bisa kembali rata dan tampil cantik.

1. Minum Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas perharinya. Karena dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat membantu proses pencernaan tubuh. Selain memiliki berbagai manfaat lainnya bagi tubuh, air putih juga sangat mudah didapatkan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

2. Olahraga Secara Rutin

Tambah durasi lari setiap hari

Dengan olahraga secara rutin, maka Anda akan mengurangi lemak-lemak yang bersarang di perut Anda. Lakukan saja olahraga yang memang bisa Anda lakukan di rumah atau pun di waktu senggang seperti:

  • Berjalan atau lari
  • Sit Up
  • Back Up
  • Vertical Leg Crunch
  • Bersepeda
  • Bycicle exercise
  • Sikap Lilin

3. Mengatur pola Makan

Pola makan yang tidak teratur atau pun makan berlebih merupakan penyebab perut buncit. Kurangilah makan camilan saat Anda bersantai, karena pastinya tidak akan terkontrol jumlah makanan yang Anda konsumsi tersebut.

Biasakan pula makan secara teratur dan biasakan untuk mengunyahnya secara perlahan agar membantu mempercepat proses pencernaan tubuh. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti tips pola makan sehat yang pernah diulas pada artikel ini.

4. Memilih Jenis Makanan

Kurangilah makanan berlemak, perbanyak makan makanan yang mengandung protein. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya. Selain itu jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat ini dapat Anda peroleh pada sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan ini dapat membantu proses pencernaan tubuh Anda. Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung air. Dan biasakan memakan buah-buahan sebelum Anda makan, agar vitamin yang didapatkan tidak cepat hilang.

6. Tidur Yang Cukup

cara mengecilkan perut buncit tidur

Tidur yang cukup di malam hari juga dapat mempercepat cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria tanpa obat. Dikutip dari webmd.com, dapat sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa orang yang tidur 6 hingga 7 jam setiap malam hanya memiliki lemak perut yang lebih sedikit diabndingkan orang yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 8 jam.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk tidur antara 6 hingga 7 jam setiap malamnya. Jangan biasakan juga begadang karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda memiliki masalah sulit tidur, silahkan baca tips agar tidur cepat dan nyenyak di artikel ini.

7. Hindari Stress

Setiap orang pasti memiliki stress. Stress dapat berakibat buruk dan baik tergantung dari cara menyikapinya. Jika kita menyikapi stress dengan kurang baik, maka hal tersebut akan berakibat buruk pada tubuh kita. Salah satunya adalah bertambahnya berat badan dan lemak dalam perut.

Maka dari itu, sikapilah stress yang Anda hadapi dengan baik. Relaksasikan tubuh Anda dengan cara meditasi, menonton film, atau berjalan-jalan dengan teman dan keluarga. Pikiran yang senang dan bahagia akan mempercepat proses memperkecil perut yang buncit.

Sekian beberapa cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria secara alami. Langkah-langkah di atas mungkin terlihat biasa saja, namun apabila Anda dapat melakukannya dengan rutin dan konsisten maka impian memiliki perut rata pun bisa Anda dapatkan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .