kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Secara Alami

10 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Secara Alami

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 9 April 2020

Anda punya pori-pori wajah yang besar? Bingung cara mengecilkannya? Yuk simak bahasan kamini.id kali ini. Mengetahui cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami sangatlah penting karena ternyata memiliki pori-pori besar dapat menjadi penyebab masalah di kulit wajah. Seperti timbulnya jerawat dan lain sebagainya.

Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah

Sebelum memasuki bahasan mengenai cara mengecilkan pori-pori di wajah, ada baiknya kita mengetahui penyebab timbulnya pori-pori yang besar tersebut. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  • Faktor Genetika

Faktor genetika memang sangat berpengaruh besar. Jika keluarga Anda memiliki por-pori besar, itu akan menjadi penyebab utama pori-pori wajah Anda besar pula.

  • Minyak Berlebih

Apabila produksi minyak berlebih, bisa berdampak buruk bagi kulit. Salah satunya adalah menjadi penyebab membesarnya pori-pori kulit.

  • Kotoran

Kotoran yang menempel di kulit seperti debu, polusi atau sisa-sisa dari makeup juga menjadi penyebab pori-pori wajah membesar. Dengan menumpuknya kotoran di kulit, akan terjadi penyumbatan yang membuat kulit Anda tidak dapat bernafas.

  • Pertumbuhan Bakteri

Jika terjadi pertumbuhan bakteri, maka akan menjadi penyebab lain yang membuat pori-pori wajah membesar. Ciri dari pertumbuhan bakteri ini adalah adanya komedo atau bintik-bintik hitam pada wajah Anda.

  • Paparan Sinar Matahari

Jika Anda terkena paparan sinar matahari terlalu lama, akan membuat sel-sel kulit Anda menjadi rusak sehingga berdampak buruk bagi kulit Anda. Paparan sinar matahari tersebut akan memberikan efek pada pori-pori wajah sehingga terlihat besar.

  • Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Jika Anda termasuk orang yang jorok atau tidak pandai merawat kulit Anda, Anda harus berhati-hati. Karena dengan kesehatan kulit yang terganggu akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang lain selain pori-pori wajah membesar seperti terjadinya kanker kulit.

Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

cara mengecilkan pori-pori di wajah

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengecilkan pori-pori di wajah yang terlanjur membesar? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba. Semua cara yang akan dibagikan di sini dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa memerlukan biaya perawatan yang mahal. Semuanya menggunakan cara alami tanpa menggunakan skin care khusus seperti bedak ataupun toner.

  • Bersihkan Wajah

Telah dijelaskan sebelumnya, jika Anda tidak pandai membersihkan wajah makan akan membuat pori-pori wajah Anda membesar. Jadi, rawatlah wajah Anda sebaik mungkin. Bersihkan wajah Anda dari kotoran atau sisa kosmetik yang menempel, apalagi jiga Anda beraktivitas di luar ruangan.

  • Pengangkatan Sel Kulit Mati (Eksfoliasi)

Untuk mengangkat sel kulit mati, Anda dapat menggunakan scrub untuk membantu pengangkatan sel kulit mati tersebut. Namun ingat, jangan terlalu sering menggunakan scrub karena akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering.

  • Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Jika Anda akan bepergian keluar, hendaknya lindungi kulit wajah Anda. Bisa menggunakan topi, payung, dan juga menggunakan krim pelindung atau sun cream.

  • Membersihkan Wajah dari Produksi Minyak Berlebih

Meskipun produksi minyak pada kulit salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban kulit, namun jika berlebihan akan menimbulkan beberapa penyakit kulit yang lain. Jadi Anda dapat membersihkan minyak berlebih tersebut dengan menggunakan tisu ataupun kertas minyak untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Bahan Alami Untuk Mengecilkan Pori Pori Wajah

Selain cara mudah tadi, ada juga cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan bahan yang alami pula. Dengan bahan-bahan alami ini Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Masker Tomat

tomat

Tomat memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya adalah dengan menyediakan buah tomat secukupnya kemudian cuci hingga bersih, dan belah tomat tersebut. Buang bijinya, dan haluskan saja tomat tersebut.

Setelah itu aplikasikan pada wajah Anda yang telah dibersihkan, diamkan beberapa saat. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal, cukup 3 kali seminggu.

2. Masker Mentimun

cara membuat masker wajah alami

Mentimun juga merupakan sayuran yang banyak khasiatnya, salah satunya adalah untuk kesehatan kulit wajah. Caranya sediakan mentimun secukupnya. Bersihkan mentimun tersebut, kemudian haluskan di blender ataupun diparut. Cara pengaplikasiannya juga mirip dengan masker tomat.

Aplikasikan masker yang telah dibuat pada wajah Anda yang telah dibersihkan, diamkan beberapa saat. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Anda juga bisa mencampurkan masker mentimun tersebut dengan apel. Cara penggunaanya juga sama saja.

3. Es Batu

es batu

Es batu tidak hanya digunakan untuk mendinginkan minuman, tapi berguna juga bagi kesehatan kulit. Caranya sediakan es batu, bungkus dengan menggunakan kain. Gosokkan saja pada area wajah yang terdapat pori-pori membesar secara lembut. Lakukanlah secara rutin setiap bangun tidur di pagi hari.

4. Madu

madu

Sudah tidak asing lagi, madu memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan kulit. Caranya sediakan madu secukupnya lalu campur dengan perasan jeruk lemon, aduk merata. Aplikasikan madu yang telah dicampur perasaan jeruk lemon tadi pada wajah Anda yang telah dibersihkan, diamkan beberapa saat. Kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan madu, gula dan juga minyak zaitun. Campurkan saja bahan-bahan tersebut hingga merata, aplikasikan secara merata pada wajah, kemudian diamkan beberapa saat dan bersihkan. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

5. Masker Pisang

masker pisang

Untuk membuat masker pisang, mirip dengan cara pembuatan masker tomat dan masker mentimun. Caranya siapakan pisang, ambil buahnya. Campurkan dengan 1 sdm susu murni bubuk. Haluskan bahan tersebut hingga merata. Aplikasikan pada wajah Anda hingga merata. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air hangat.

6. Oatmeal

oatmeal

Tidak hanya dapat dimakan, namun oatmeal bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Caranya campurkan 2 sdm oatmeal, 5 sdm madu dan 2 sdm susu murni bubuk, aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah secara merata, sambil dipijat ringan dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa saat, dan bersihkan dengan air hangat.

7. Putih Telur

putih kuning telur

Putih telur kerap kali digunakan untuk perawatan kulit karena memang khasiatnya yang berguna untuk mengencangkan kulit. Namun dapat pula untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, pisahkan kuning telur dan putih telur, ambil putih telurnya saja.

Setelah itu tambahkan ½ sdt madu murni, aduk merata. Aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan hingga mengering dan terasa mengeras. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

8. Jeruk Nipis

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Jeruk mungil ini memang terkenal akan khasiatnya, salah satunya untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, sediakan jeruk nipis secukupnya. Iris tipis-tipis dan tempelkan saja pada wajah.

Namun sebelum menggunakannya, bersihkan dahulu wajah Anda dari sisa kotoran dan makeup. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

9. Pepaya

Pepaya

Selain enak dimakan, pepaya juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya sediakan pepaya setengah matang lalu parut secukupnya hingga halus. Aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

10. Baking Soda

Baking Soda

Selain berguna untuk mengangkat sel kulit mati, baking soda juga berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Tuangkan 1 sdt baking soda kedalam wadah yang berisi air kurang lebih 1 gayung air.

Kemudian gunakan air yang telah dicampur baking soda untuk membersihkan wajah Anda. Diamkan beberapa saat jangan langsung dikeringkan kurang lebih 2-3 menit. Lakukan satu minggu dua kali.

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori di wajah Anda secara alami. Selamat mempraktekkan dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah Anda, gunakan pula krim pelindung jika Anda akan bepergian. Jika Anda memiliki tips yang lainnya, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram