kamini.id
Kamini.id / Romansa / Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat, Sederhana Tapi Manis

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat, Sederhana Tapi Manis

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 25 April 2021

Gangguan suasana hati kerap terjadi tanpa ada alasan yang jelas, walaupun sebagiannya bisa dijelaskan secara ilmiah. Fakta yang lebih mengejutkan adalah kondisi seperti ini lebih banyak terjadi pada wanita. Jumlahnya dua kali lebih sering dibanding pria.

Risiko seorang wanita mengalami gangguan mood, meningkat selama perubahan hormon. Misalnya tingkat depresi pada anak perempuan bisa naik dua kali lipat dibanding anak laki-laki selama masa puber. Tidak heran jika saat dewasa, wanita pun kerap merasakan bad mood.

Sifat wanita yang demikian kadang tidak dimengerti oleh sebagian laki-laki. Apalagi jika mereka berada di dua tempat yang berjauhan dan hanya bisa berkomunikasi melalui chat. Cara mengembalikan mood wanita lewat chat pun menjadi sesuatu yang lumayan banyak dipikirkan.

Sebelum mengetahui cara-caranya, ketahui lebih dulu penyebab bad mood pada wanita. Anda bisa mengetahui cara menghiburnya melalui alasan-alasan tersebut. Ingin tahu lebih lanjut? Simak secara lengkap pada artikel di bawah ini ya!

Beberapa Alasan Wanita Tidak Mood

Penting untuk mengetahui alasan mengapa seorang wanita berada dalam suasana hati yang buruk. Tentunya agar Anda bisa mencari hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak. Sesederhana bercanda, bisa menjadi masalah jika wanita sedang tidak berselera. Memperbaiki mood-nya pun jadi pekerjaan selanjutnya yang cukup membingungkan dan menguras tenaga. Bukan begitu?

Menurut beberapa literatur, ada beberapa alasan yang kerap membuat seorang wanita tidak mood. Alasan tersebut tentu bermacam-macam. Sebagian besar pasti terdengar cukup familiar dan kerap terjadi. Apa sajakah alasan yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Kurang Tidur

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Kurang Tidur

Kurang tidur memang masalah yang kerap dianggap sepele padahal berdampak besar bagi rutinitas. Jika jam tidur sangat berkurang, ia bisa memengaruhi keadaan tubuh. Salah satunya menjadi sangat sensitif. Hormon dan senyawa pada otak pun menjadi tidak seimbang sehingga menyulitkan seseorang untuk membedakan mana yang penting dan tidak.

Bukan itu saja, kurang tidur dapat membuat konsentrasi dan daya ingat menjadi jauh menurun. Sebuah study yang dimuat dalam jurnal berjudul Sleep Journal,  mengatakan bahwa tingkat akurasi seseorang ketika mengerjakan tugas akan menurun sebanyak 15% apabila kurang tidur. 

Selain membuat wanita kehilangan mood, kurang tidur juga bisa membuatnya cepat marah. Survey yang dilakukan oleh Duke University memperlihatkan bahwa wanita butuh tidur lebih banyak daripada pria.  Beban fisik dan mental rasanya menjadi lebih berat jika jam tidur sangat kurang.

2. Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Makanan sehat seperti sayur dan buah bukan hanya baik buat tubuh, melainkan juga mental serta kejiwaan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Dartmouth College dan University of Warwick, yakni mereka yang mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 80 gram/hari memiliki keadaan mental yang lebih baik dibandingkan lainnya.

Jika seorang wanita cenderung lebih sering bad mood, bisa jadi karena pola makannya tidak baik. Anda bisa mengingatkannya untuk makan buah dan sayur seperti strawberry, alpukat atau kacang-kacangan. Bahan-bahan makanan tersebut dipercaya memiliki kemampuan baik untuk meningkatkan mood.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Pernah mendengar pepatah yang mengatakan “You are what you eat”? Pepatah tersebut bukan sesuatu yang tidak ada maknanya. Ia adalah gambaran bahwa sesuatu yang Anda makan akan membentuk Anda di kemudian hari. Makanan salah satu faktor yang membentuk tubuh sekaligus mental seseorang.

Beberapa penelitian telah mengungkapkannya. Contoh paling sederhana adalah mereka yang makan dengan sembarangan dan porsi banyak tanpa olahraga, akan mengalami kenaikan berat tubuh secara signifikan. Sama halnya dengan mereka yang banyak mengonsumsi gula. 

Makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi memang bisa membuat suasana hati menjadi baik, akan tetap itu hanya sementara. Setelah efek pada otak berkurang, suasana hati kembali buruk. Hasilnya, tidak mood sepanjang hari.

4. Terlalu Banyak Kerja

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Terlalu Banyak Kerja

Penyebab lain yang bisa membuat mood wanita menjadi buruk adalah terlalu banyak bekerja. Kansas State University melalui penelitiannya mengungkapkan bahwa mereka yang bekerja terlalu banyak, yakni lebih dari 50 jam satu minggu, cenderung punya kebugaran tubuh yang turun.

Bila sudah begitu, kondisi mental pun akan terpengaruh. Akibatnya akan mudah sekali bad mood. Jika pasangan Anda termasuk wanita pekerja, perhatikan jam kerjanya, apakah sudah sangat keterlaluan atau tidak. Setelah itu baru bisa melakukan sesuatu untuk mengembalikan suasana hatinya.

5. Merasa Insecure

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Merasa Insecure

Wanita kerap sekali merasa insecure dengan dirinya. Entah ketika melakukan sesuatu, menghadapi seseorang, merasa lebih jelek dibanding wanita lain dan sebagainya. Hal ini biasanya akan diikuti dengan perasaan takut, malu, tidak percaya diri dan terus-menerus gelisah. 

Apabila tidak bisa diatasi, perasaan insecure akan mengganggu kesehatan mental secara keseluruhan. Wanita akan mudah sekali bad mood dan cemas berlebihan. Sebagai pasangannya, Anda bisa bantu untuk mengatasi bad mood karena alasan ini. Caranya? Tentu saja perlakukan dia dengan baik. 

6. PMS

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_PMS

Sudah menjadi rahasia jika mood wanita bisa sangat memburuk ketika PMS. Hal ini rupanya disebabkan oleh beberapa faktor, terutama berkaitan dengan hormon dalam tubuh. Menjelang menstruasi, hormone serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati, nafsu makan, memberikan sensasi bahagia menurun.

Akibatnya wanita akan mudah sedih walau tidak ada pemicu yang berarti. Menurunnya hormon serotonin membuat kualitas tidur ikut menurun dan nafsu makan berantakan. Jadi jangan heran jika dalam satu bulan, minimal satu kali seorang wanita merasa tidak mood untuk melakukan apapun. 

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat

Setelah mengetahui beberapa alasan yang membuat wanita tidak mood, Anda bisa mulai membantunya mengatasi hal tersebut. Sayangnya, pertemuan tidak bisa dilakukan setiap hari. Masing-masing punya kesibukan yang tidak bisa ditinggal. Apalagi jika antara Anda dan pasangan berada di beda kota. Akibatnya komunikasi pun lebih intens dilakukan melalui chat, telepon atau vcall. 

Namun, jangan khawatir, pasalnya ada beberapa cara mengembalikan mood wanita lewat chat yang bisa Anda lakukan. Hal-hal di bawah ini cukup sederhana, tetapi jika dilakukan dengan hati, sekecil atau sesederhana pun pasti akan sampai juga ke hatinya. Jangan lupa untuk menghadapi suasana hatinya yang buruk dengan bersabar ya!

1. Kirim Chat Berisi Tebak-Tebakan Lucu

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Kirim Chat Berisi Tebak-Tebakan Lucu

Cara mengembalikan mood wanita lewat chat yang pertama bisa dilakukan adalah sesederhana mengiriminya tebak-tebakan lucu. Inspirasinya bisa datang dari mana saja. Jika ingin lebih spesial, Anda harus membuatnya sendiri. Sesuatu yang spontan biasanya akan terasa lebih lucu, bukan?

Tebak-tebakan yang tidak lucu sekalipun bisa terasa lucu dan manis ketika yang dilihat adalah ketulusan dan usahanya. Misalnya kirimkan saja tebakan yang jawabannya kira-kira sudah dia ketahui. Kemudian berikan respon yang tidak tertebak, misal dengan memujinya sebagai wanita terpintar di dunia karena bisa menebaknya. 

Jangan lupa bahwa wanita yang tepat akan menghargai sekecil apa pun usaha yang Anda perlihatkan. Dia setuju tebakan itu tidak lucu, tapi dia akan tetap tersenyum karena menghargai usaha Anda untuk menghiburnya. 

2. Ceritakan Cerita Lucu Melalui Voice Note

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Ceritakan Cerita Lucu Melalui Voice Note

Jika tidak punya ide mengiriminya tebak-tebakan lucu, coba ceritakan sebuah cerita yang menurut Anda lucu menggunakan voice note. Layanan voice note bisa membantu komunikasi melalui chat lebih terasa dekat. Memperdengarkan suara Anda saat dia sedang bad mood bisa sejenak mengalihkan perhatiannya.

Paling tidak selama beberapa detik, yaitu selama memutar voice note dari Anda, dia akan menghentikan aktivitasnya untuk sementara waktu. Mendengarkan suara dari pasangan bisa membuat hatinya sedikit tenang. Apalagi jika yang dikirimkan adalah cerita lucu diiringi suara tertawa Anda.

3. Coba Bernyanyi!

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Coba Bernyanyi!

Ketika Anda tahu jadwal pasangan sedang sangat padat hingga suasana hatinya memburuk, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mencoba menghiburnya dengan bernyanyi! Jangan pedulikan suara yang sumbang, coba saja dulu. 

Nyanyikan lagu kesukaannya, beruntung jika bisa sembari bermain gitar, lalu rekam dan kirimkan. Tidak usah terlalu panjang, cukup 1-2 menit. Meski sebentar, suara nyanyian Anda bisa bantu memperbaiki suasana hatinya. Sesulit apa pun menghadapi perempuan, perlakuan yang baik dan manis akan baik bagi suasana hatinya.  

4. Kirimkan Sticker atau Emoticon 

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Kirimkan Sticker atau Emoticon

Berkomunikasi melalui fasilitas chat memang sangat terbatas dan rawan salah tafsir. Untuk itulah tersedia banyak sekali emoticon atau sticker yang bisa digunakan agar obrolan terhindar dari salah paham. Lantas, untuk mengembalikan suasana hati wanita Anda melalui chat, mengapa tidak mengiriminya beberapa sticker atau emoticon yang menggemaskan? 

Kirimkan itu bersama beberapa kalimat rayuan. Terdengar menggelikan? Pasti. Tapi diam-diam wanita akan menyukainya. Lagipula tidak ada yang salah dengan sesekali merayunya, kan? Hal tersebut pasti akan terasa lebih istimewa jika Anda jarang melakukannya. 

5. Jangan Ganggu untuk Sementara Waktu 

Cara Mengembalikan Mood Wanita Lewat Chat_Jangan Ganggu untuk Sementara Waktu

Cara mengembalikan mood wanita lewat chat yang terakhir adalah jangan mengganggunya untuk sementara waktu. Apabila obrolan berakhir dengan perselisihan dan salah paham karena upaya Anda untuk membuatnya terhibur ternyata malah mengganggu, lebih baik diamkan selama beberapa saat. 

Seseorang perlu ruang untuk menyendiri, mengambil jarak dan nafas agar bisa melihat masalah atau keresahan dengan lebih jelas. Ketika dalam keadaan bad mood, tidak jarang wanita juga bingung dengan dirinya apalagi keinginannya. Semua akan serba salah. Usaha yang dilakukan pun bukan tidak mungkin akan sia-sia.

Oleh karena itu, beri dia waktu sebentar. Setidaknya satu hingga dua hari saja. Sebelum memberinya ruang, sampaikan bahwa Anda akan menunggu sampai suasana hatinya membaik. Dia akan sangat menghargainya.

Cara mengembalikan mood wanita lewat chat, bisa dilakukan menggunakan hal-hal sederhana. Selain lima cara di atas, Anda bisa memesankan makanan atau minuman kesukaannya melalui aplikasi yang saat ini sudah sangat memudahkan. Hal paling penting dari itu semua adalah memastikan untuk selalu ada, bagaimana pun suasana hatinya. Setuju? Semoga beruntung!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram