3 Cara Efektif Mengembalikan Warna Baju Hitam yang Pudar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Beberapa orang memilih warna gelap seperti hitam karena mudah dipadukan dengan beragam warna. Selain itu, warna hitam juga terlihat chic dan membuat pemakainya tampak langsing. Namun sayangnya, baju warna hitam pun akan pudar jika sudah dicuci dan dikeringkan berulang kali. Biasanya, pakaian hitam akan berubah menjadi kusam atau terlihat seperti abu-abu.

Mungkin terpikir olehmu untuk mengganti baju hitam yang pudar dengan yang baru, tapi jangan secepat itu membuang baju hitammu. Kamu masih bisa menyelamatkan pakaian tersebut. Ada cara untuk mengembalikan baju warna hitam yang pudar agar kembali cerah. Cobalah salah satu cara berikut ini di rumah dan lihat hasilnya.

Cara Mengembalikan Baju Warna Hitam yang Pudar

Ada tiga cara yang bisa kamu coba di rumah untuk mengembalikan warna hitam pada bajumu yang sudah pudar. Sayang, kan, jika kamu langsung membuangnya begitu saja? Alih-alih membuangnya, cobalah cara dari Kamini berikut ini.

1. Memulihkan Warna Hitam dengan Kopi

cara mengembalikan baju warna hitam yang pudar_Memulihkan Warna Hitam dengan Kopi_Sumber: pixabay.com

Kopi merupakan pilihan alternatif yang sangat direkomendasikan untuk mengembalikan warna hitam pada pakaian yang memudar. Hasil yang didapatkannya akan tampak alami. Karena itu, cara ini ditempatkan sebagai cara yang pertama. Cara ini paling baik digunakan untuk mengembalikan warna baju hitam berbahan katun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pisahkan baju hitam dari baju lainnya. Kemudian masukkan ke dalam mesin cuci. Kalau bajunya banyak, pilah terlebih dahulu dan pastikan semuanya memiliki warna yang sama. Barulah sesudah itu, mulailah mencuci seperti biasa menggunakan air dingin. 
  • Seduh dua cangkir kopi hitam. Semakin pekat warna kopinya, semakin gelap warna yang akan dihasilkan. Direkomendasikan untuk menggunakan alat pembuat kopi, tapi kamu bisa juga gunakan cara lain selama bisa menghasilkan minuman yang gelap dan fresh.
  • Pindahkan cucian pada proses bilas. Segera sesudah baju mulai dibilas, tambahkan dua cangkir kopi tadi. Lalu, biarkan mesin cuci bekerja seperti biasanya dalam keadaan normal.
  • Saat proses pengeringan, hindari menggunakan mesin pengering karena bisa menyebabkan pakaian hitam memudar. Keringkanlah dengan menjemur pakaian sampai kering. Proses alami ini akan mempertahankan warna dengan lebih baik. 

Tips: kalau kamu penyuka teh hitam, kamu juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan hasil akhir yang sama seperti kopi. 

Bila kamu pernah menggunakan pewarna kimia sebelumnya, kamu akan menyadari bahwa dengan menggunakan kopi, pakaian akan memiliki aroma lebih baik selama pewarnaan dan sesudah proses selesai. Tak hanya itu, kopi juga tak beracun dan kamu tak perlu khawatir mesin cuci akan terkena noda kopi.

2. Mengembalikan Warna Hitam dengan Pewarna

cara mengembalikan baju warna hitam yang pudar_Mengembalikan Warna Hitam dengan Pewarna_

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan pewarna kain. Pewarna ini cocoknya digunakan pada baju dengan bahan alami, seperti sutra, katun dan linen. Untuk bahan sintetis, pewarna kain akan bagus digunakan pada rayon dan nilon. Tapi, jangan gunakan pewarna kain untuk bahan spandek serta 100% polyester. 

Tiap jenis kain akan menyerap pewarna secara berbeda-beda, sehingga menghasilkan hasil akhir yang bervariasi. Karenanya, jangan heran kalau untuk beberapa bahan, pewarna kain tidak menghasilkan warna yang diharapkan. Berikut cara mewarnai pakaian dengan pewarna kain:

  • Siapkan dulu tempat untuk proses pewarnaan. Sebelum mulai, tutup semua area kerja menggunakan koran atau plastik. Pastikan kamu mempunyai handuk kertas atau spons untuk mengelap tumpahan. Hindari penggunaan fiberglass atau porselen sebagai area kerja, karena bisa menimbulkan noda. Gunakan saja ember stainless steel atau plastik dan pakai sarung tangan.
  • Siapkan larutan pewarna. Kalau pakai pewarna bubuk, larutkan dulu dengan air mendidih dalam wadah yang terpisah. Kalau menggunakan pewarna cair, sebelum digunakan, kocok rata dulu. Tambahkan pewarna pada wadah berukuran besar atau ember. Pastikan wadahnya cukup tinggi untuk merendam pakaian sepenuhnya.
  • Tambahkan satu sendok makan detergen ke dalam rendaman pewarna agar meningkatkan penyerapan pigmen.
  • Jika akan mewarnai bahan linen, rayon, katun atau rami, tambahkan secangkir garam meja ke dalam rendaman pewarna agar lebih intens. Untuk pakaian wol, sutra, atau nilon, tambahkan satu cangkir cuka putih saat mewarnai.
  • Masukan baju hitam dalam bak pewarna sampai terendam sepenuhnya. Akan lebih baik jika baju sebelumnya direndam di air panas terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam pewarna. Proses ini dapat menghaluskan kain, sehingga kain akan menyerap pewarna dengan lebih baik. 
  • Kemudian biarkan baju sampai satu jam agar warna lebih banyak terserap. Namun, saat masih terendam air panas, kamu harus mengaduk pakaian terus-menerus. Pertahankan suhu yang konsisten dengan menambahkan air panas atau menempatkan rendaman pewarna di atas sumber panas, seperti kompor.
  • Angkat pakaian dari rendaman pewarna. Untuk menghilangkan pewarna secara efektif di permukaan pakaian, bilas dengan air hangat. Kemudian bilas dengan air dingin berkali-kali sampai air menjadi jernih.
  • Balikkan bagian luar baju menjadi bagian dalam dan masukkan ke dalam mesin cuci. Cuci secara terpisah dari pakaian lain menggunakan detergen ringan. Ingatlah untuk memilih siklus penggilingan yang lembut. Setelahnya, keringkan dengan mesin pengering. Tapi lebih baik dikeringkan dengan menggantungnya dan setelah kering, goyang-goyangkan pakaian.

Tips: gunakan selalu air dingin juga detergen ringan tanpa pemutih untuk mencuci pakaian yang diwarnai. Gunakan juga siklus pencucian yang lembut.

3. Kembalikan Warna Hitam dengan Garam atau Cuka

cara mengembalikan baju warna hitam yang pudar_Kembalikan Warna Hitam dengan Garam atau Cuka_Sumber: pixabay.com

Terkadang, detergen yang menumpuk pada cucian bisa membuat baju terlihat kusam dan agak pudar. Dibandingkan detergen cair, detergen bubuk cenderung lebih meninggalkan residu. Sebisa mungkin hindari penggunaannya. 

Namun, kalau sudah memakainya untuk mencuci pakaian hitam, menambahkan cuka atau garam bisa membantu memecahkan penumpukan detergen serta mengembalikan warna baju menjadi menarik kembali. Cara mengembalikan baju warna hitam yang pudar menggunakan garam atau cuka ialah seperti berikut:

  • Sesudah memasukkan baju ke dalam mesin cuci, tambahkan kira-kira setengah cangkir cuka atau garam. Tak hanya membantu mengembalikan warna hitam asli baju, bahan-bahan ini juga mencegah baju baru memudar lebih awal. Cucilah pakaian menggunakan air dingin dengan siklus penggilingan lembut.
  • Setelah selesai dicuci, lihatlah warna bajumu. Apakah kamu sudah puas dengan hasilnya? Kalau sudah puas, keringkan baju seperti biasa. Bisa dengan mesin pengering atau dijemur sampai kering. Kalau ternyata kamu kurang puas dengan hasilnya, berarti memang bajumu sudah memudar oleh waktu. Kamu bisa gunakan cara no.1 untuk menghitamkannya lagi.
  • Garam meja biasa atau yang sangat halus bisa digunakan dalam proses ini. Tapi, jangan gunakan garam laut berbutir kasar, karena kemungkinan bisa tidak sepenuhnya larut di mesin cuci. Garam juga merupakan penghilang noda yang sangat baik untuk keringat, jamur maupun darah.

Tips: Bila menggunakan cuka putih, sebelum baju dicuci, rendam dulu dalam larutan air hangat dan satu cangkir cuka selama kurang lebih 20-30 menit agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Kalau setelah dicuci tercium sedikit bau, gantung baju di luar atau tambahkan pelembut kain ketika mencuci.

Cara Menjaga Warna Baju Tidak Memudar

Sebelum baju hitam milikmu warnanya memudar, ada baiknya kamu melakukan beberapa cara berikut agar baju hitam atau baju warna lainnya tak gampang pudar.

  1. Lihat label pakaian sebelum mencuci dan ikutilah instruksinya. Pada label biasanya terdapat cara pencucian pakaian, sehingga pakaian bisa punya masa pakai yang panjang dan warnanya tidak mudah pudar. Jangan lupa juga untuk membaca instruksi pengeringan. Label baju akan menginformasikan cara untuk mengeringkan pakaian tersebut.  
  2. Balikkan pakaian bagian luar menjadi di dalam. Hal ini dapat melindungi serat luar dari keausan ketika dicuci. Serat yang aus punya kesan yang sama dengan memudar. Karena tidak ada yang akan melihat bagian dalam bajumu, jadi kalau memudar sedikit tidak masalah.
  3. Tambahkan pengharum untuk melumasi serat kain selama pencucian, sehingga serat tidak mudah aus. Sekali lagi, baju yang aus sama dengan memudar. Jadi menghindari gesekan adalah hal terbaik.
  4. Untuk pakaian berwarna, direkomendasikan untuk mencucinya dengan air dingin. Untungnya, teknologi detergen terbaru bisa digunakan dalam air dingin, air panas atau hangat.
  5. Hindari mencuci terlalu sering. Semakin sering dicuci, pakaian berwarna akan semakin pudar. Kalau hanya dipakai sebentar dan tidak banyak keringat yang menempel, cukup gantung dan dianginkan saja.
  6. Kurangi penggunaan mesin pengering, karena akan membuat permukaan serat pakaian jadi kasar yang akhirnya membuat warna tampak pudar.
  7. Tambahkan cuka untuk melembutkan kain sekaligus membantu mencegah warna jadi pudar.
  8. Gunakan detergen yang lembut dan siklus penggilingan lembut, agar warna pakaian bisa bertahan selama mungkin. Untuk pakaian tertentu, cuci dengan tangan. Gunakan juga detergen khusus yang dipakai untuk mencuci baju berwarna.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan baju warna hitam yang pudar menjadi seperti warna aslinya kembali. Tidak terlalu sulit, bukan? Dengan cara-cara ini, baju hitam milikmu akan cerah kembali.

Ikuti juga cara untuk mencegah warna memudar supaya pakaianmu tidak cepat kusam. Nah, sekarang kamu bisa tampil kembali mengenakan baju hitam yang sempat memudar.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram