Inilah Cara Mengembalikan Warna Pakaian yang Memudar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Pakaian yang warnanya memudar bisa jadi terlihat tidak menarik walaupun kualitasnya masih bagus. Kamu pasti akan kurang percaya diri saat mengenakannya untuk jalan-jalan bareng teman apalagi ke acara yang cukup formal. Bisa-bisa kamu jadi bahan pembicaraan orang lain karena memakai baju yang terlihat kusam warnanya. Kamu tak mau itu terjadi pada dirimu, bukan?

Nah, membeli pakaian baru bisa jadi alternatifnya. Bila baju masih bisa dipakai, apalagi jika itu adalah pakaian kesayangan kamu, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan warna pakaian yang sudah pudar. Sebelum kamu baca panduan cara mengembalikan warna yang memudar, ada baiknya kamu ketahui dahulu apa yang menjadi penyebab warna memudar.

Faktor yang Menyebabkan Warna Baju Pudar dan Kusam 

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Sumber: pixabay.com

Apakah penyebab warna baju jadi kelihatan pudar dan kusam? Penyebabnya bisa dikarenakan beberapa faktor, tapi yang utama sekali adalah karena beberapa faktor berikut ini:

  • Kesalahan saat melakukan pencucian baju dengan bahan tertentu. Ada beberapa bahan yang bila salah mencucinya bisa mengurangi daya tahan baju, juga mengakibatkan warna baju jadi gampang pudar.
  • Kesalahan ketika mengeringkan pakaian. Ini juga bila tidak diperhatikan bisa mengakibatkan warna baju jadi memudar. Hal ini bisa terjadi karena menggunakan mesin pengering, atau dryer, maupun karena menjemur secara manual yang dilakukan di udara terbuka.
  • Menggabungkan semua baju yang dicuci, tanpa terlebih dulu memisahkan pakaian putih dengan pakaian yang berwarna serta tidak memisahkannya pakaian berdasarkan warnanya.

Beberapa faktor yang disebutkan tadi bisa jadi salah satu atau bahkan penyebab utama dari pudarnya atau kusamnya warna suatu baju jika kamu tidak memahaminya. 

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

Untuk bisa mengembalikan baju yang warnanya memudar sehingga menjadi cerah kembali, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini tips yang berhasil Kamini rangkum dan bisa kamu aplikasikan, agar pakaian yang pudar warnanya bisa cerah kembali.

1. Gunakan Kopi Untuk Pakaian Warna Hitam

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Kopi Untuk Pakaian Warna Hitam_Sumber: pixabay.com

Untuk pakaian dengan warna gelap, kamu bisa dengan mudah mengembalikan warnanya menggunakan kopi hitam pekat. Caranya yaitu dengan menyeduh kopi hitam pekat, lalu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan cucilah seperti biasa. 

Sebelum proses membilas cucian dimulai, tuangkan langsung kopi panas ke dalam mesin cuci yang berisi pakaian. Kemudian lanjutkan proses pembilasan. Pakaianmu yang berwarna gelap akan berubah jadi cerah lagi sesudahnya.

Tentunya cara ini tidak bisa kamu gunakan untuk mengembalikan pakaian berwarna putih yang pudar. Kamu dapat menggunakan trik kopi panas ini hanya untuk merendam denim atau jeans hitam yang pudar. Sesudah direndam selama satu jam, mulailah mencuci jeans seperti biasa. Kamu akan melihat denim milikmu terlihat seperti baru lagi. 

2. Gunakan Kunyit Untuk Pakaian Warna Kuning

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Kunyit Untuk Pakaian Warna Kuning_Sumber: pixabay.com

Kalau kamu punya baju dengan warna kuning yang memudar, cara mudah untuk mengembalikan warnanya yaitu dengan memakai kunyit. Masukan air ke dalam panci secukupnya (cukup untuk merendam pakaian), kemudian didihkan dan tambahkan secangkir garam ke dalamnya. Garam ini memiliki fungsi sebagai 'fiksatif' yang dapat mengunci zat pewarna.

Setelahnya, matikan api kemudian rendam kain dalam air panas asin selama kurang lebih 30 menit. Bila sudah selesai, buang airnya dan setelah cukup dingin untuk dipegang, peras pakaian tersebut.

Masih menggunakan panci yang sama, tambahkan air kembali dengan kapasitas lebih banyak serta dua per tiga sendok makan bubuk kunyit. Didihkan larutan tersebut dengan api kecil, kemudian masukkan pakaian yang ingin kamu pulihkan warnanya. Matikan api lalu biarkan pakaian terendam dalam air kuning selama kurang lebih 30 menit. 

Pastikan kamu menekan pakaian ke dalam pewarna. Jika tidak, kemungkinan hasil akhir warnanya tidak akan merata. Setelah 30 menit, angkat pakaian dan bilas dengan air dingin yang mengalir kemudian peras dan biarkan mengering.

3. Gunakan Anggur Untuk Pakaian Merah Muda

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Anggur Untuk Pakaian Merah Muda_Sumber: pixabay.com

Nah, kalau yang pudar warnanya adalah pakaian berwarna merah muda, cara untuk mencerahkannya kembali adalah dengan menggunakan anggur. Warna merah muda yang dilepaskan anggur akan mengembalikan warna kain merah muda kamu yang pudar. Carannya pun cukup mudah.

Masukkan pakaian merah muda yang pudar ke dalam ember, lalu ambil anggur hitam kemudian masukkan ke dalam stoking atau pantyhose. Sesuaikan letak selang air dan stoking di atas mulut ember. Kemudian tuangkan air panas di atas buah anggur tadi.

4. Gunakan Pewarna Pakaian

Cara lain untuk mengembalikan warna pakaian yang pudar adalah dengan menggunakan pewarna pakaian. Gunakan pewarna yang warnanya sama dengan pakaian yang ingin kamu cerahkan kembali. Tambahkan pewarna tersebut ke air panas bersamaan dengan secangkir garam. Biarkan baju tadi terendam dalam larutan selama kurang lebih satu jam. 

Pastikan kamu benar-benar merendam baju di dalam larutan karena jika tidak, warna yang dihasilkan kemungkinan tidak akan merata. Setelah itu, cucilah pakaian yang diwarnai tadi dengan air dingin dan keringkan di udara terbuka maupun dengan pengering. Atur pengering pada pengaturan yang terendah. 

5. Gunakan Yodium

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Yodium_Sumber: pixabay.com

Yodium adalah senyawa kimia yang banyak dijumpai dalam garam. Yodium ternyata memiliki manfaat untuk mengembalikan warna baju yang pudar menjadi cerah kembali. 

Caranya yaitu dengan mencampurkan garam beryodium ke dalam rendaman pakaian kotor yang akan kamu cuci. Pastikan garam yodium tadi tersebar secara merata pada semua pakaian yang akan kamu cuci. Nantinya, yodium akan membantu dalam mengikat warna dan mengembalikan baju pudar jadi cerah kembali.

6. Gunakan Lada Hitam

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Lada Hitam_

Ternyata lada hitam tidak hanya digunakan untuk masakan saja. Rempah ini juga memiliki manfaat untuk membuat baju yang warnanya pudar jadi cerah kembali. Lada hitam memiliki kandungan yang juga dapat mengembalikan warna pakaian yang pudar. Jika kamu menggunakan lada hitam untuk mengembalikan warna baju, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu banyak.  

Cukup gunakan beberapa sendok teh lada hitam ketika akan mencuci baju yang warnanya pudar.  Warna pakaian kamu yang sudah pudar tadi, perlahan warnanya bisa kembali dan bagus untuk dipakai.

7. Gunakan MSG

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan MSG_

Kehebatan MSG alias micin penyedap rasa tidak hanya berlaku untuk makanan, tapi juga untuk pakaian. Ketika warna pakaianmu luntur karena ada tempelan noda, maka salah satu cara untuk mengembalikannya yaitu dengan mengangkat noda tersebut menggunakan MSG.

MSG bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengangkat noda yang susah hilang pada pakaian. Caranya adalah dengan menambahkan MSG pada deterjen khusus yang digunakan untuk pakaian berwarna ketika akan mencuci pakaian. Cucilah pakaian tersebut seperti biasa dan kamu akan melihat warna pakaian jadi cerah lagi tanpa noda.

8. Gunakan Lemon

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Gunakan Lemon_

Lemon memiliki banyak khasiat. Selain untuk kesehatan tubuh, kulit, rambut dan sebagai makanan, lemon juga bisa digunakan untuk mengembalikan warna pakaian yang pudar. Buah lemon merupakan buah yang kaya dengan kandungan vitamin C dan mempunyai fungsi yang mirip dengan citrun.

Untuk mengembalikan warna yang pudar menggunakan lemon, caranya yaitu dengan menggosokkan lemon ketika mencuci baju agar warna yang pudar bisa kembali jadi cerah seperti semula. Kemudian lanjutkan dengan Langkah mencuci baju biasaya.

9. Cuci dengan Pakaian Baru Berwarna Sama

cara mengembalikan warna pakaian yang pudar_Cuci dengan Pakaian Baru Berwarna Sama_

Trik sederhana lain untuk mengembalikan pakaian yang warnanya memudar adalah dengan mencucinya bersamaan dengan pakaian baru berwarna sama. 

Cucilah pakaian lama dalam satu wadah bersamaan dengan pakaian baru berwarna sama atau serupa. Pakaian baru akan mengeluarkan warna yang akan diserap oleh pakaian lama. Trik ini berhasil sangat baik untuk denim yang pudar, handuk, dan lain-lain.

Tips Menghindari agar Warna Pakaian Tidak Mudah Pudar

Tips Menghindari agar Warna Pakaian Tidak Mudah Pudar_

Nah, jika tadi telah dijelaskan cara untuk mengembalikan warna baju yang memduar. Sekarang Kamini akan memberikan tips cara untuk menghindari agar warna baju tidak mudah memudar. Ikuti tips berikut ini:

1. Cuci Pakaian Baru Secara Manual

Alih-alih menggunakan mesin cuci, cucilah pakaian secara manual memakai tangan. Rendam pakaian dalam air dingin dengan secangkir garam. Ini akan mencegah warna menjadi pudar. Garam membantu mencerahkan pakaian dan membantu warna jadi tahan pudar.

2. Gunakan Pelembut Pakaian

Manfaat menambahkan pelembut kain ke dalam proses pembilasan terakhir saat mencuci bukan hanya akan menambah keharuman dan kelembutan pada pakaian, tapi juga meningkatkan warna pakaian dan melindunginya dari kepudaran. Oleh karena itu, pakai pelembut pakaian ketika mencuci.

3. Hindari Mengeringkan Pakaian Terlalu Lama

Ketika mengeringkan pakaian, cobalah untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Pakaian yang terlalu lama dibiarkan di dalam mesin akan lebih mudah pudar warnanya.

4. Hindari Menjemur Pakaian Ketika Panas Terik

Tips terakhir untuk menjaga warna pakaian agar tidak mudah pudar yaitu dengan tidak menjemur pakaian ketika matahari sedang terik. Ini karena pancaran sinar ultraviolet yang dihasilkan bisa dengan mudah memudarkan pakaian.

Begitulah cara mengembalikan warna pakaian yang sudah pudar. Beberapa bahan yang ada di rumah ternyata bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kembali pakaian kamu yang pudar. Langkah-langkahnya pun tidak sulit, tapi tetap perlu berhati-hati, ya, supaya hasilnya tidak mengecewakan.

Selain cara mengembalikan warna, ada juga tips untuk mencegahnya supaya pakaianmu tidak mudah pudar. Lebih baik mencegah daripada menyesal, bukan? 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram