Kamini.id / Tips Mencuci / 10 Cara Mengeringkan Baju di Musim Hujan yang Cepat & Mudah

10 Cara Mengeringkan Baju di Musim Hujan yang Cepat & Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juni 2019

Kala musim hujan tiba, rata-rata orang menjadi malas untuk mencuci pakaian karena sulit untuk dikeringkan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya intensitas paparan cahaya matahari saat musim hujan melanda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kamini akan membagikan informasi mengenai cara mengeringkan baju di musim hujan dengan cepat dan tentu saja mudah. Nah, penasaran? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Cara Mengeringkan Baju Di Musim Hujan

Tidak perlu bingung karena baju belum kering, karena Kamini punya tips jitu untuk mengeringkan baju di musim hujan. Mari coba cara-cara berikut ini.

1. Menggunakan Mesin Cuci

Cara Mencuci Handuk dengan Mesin Cuci

Cara mengeringkan baju di musim hujan yang paling cepat dan mudah adalah dengan menggunakan pengering di mesin cuci. Ya, kamu bisa memaksimalkan kecepatan di tombol pengering mesin cuci agar baju yang basah bisa segera kering. Cara ini adalah salah satu metode umum yang banyak digunakan untuk mengeringkan pakaian yang masih basah.

2. Gunakan Setrika

Setrika

* sumber: www.gentlemansgazette.com

Selain memaksimalkan kecepatan pengering mesin cuci, kamu juga bisa menggunakan setrika untuk mengeringkan baju yang basah. Hanya saja, mengeringkan baju dengan menggunakan alat setrika tentu membutuhkan kesabaran. Setrikalah pakaian secara perlahan. Jangan lupa sesuaikan panas setrika dengan bahan pakaian, agar pakaian tidak menjadi gosong.

3. Hair Dryer

Wigo W-350 Hair Dryer

Bukan hanya setrika, hair dryer juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan pakaian di musim penghujan, Caranya mudah, cukup letakkan pakaian atau baju basah kamu di atas meja atau tempat dengan permukaan lainnya, kemudian pasang colokan hair dryer. Atur panasnya, dan arahkan hair dryer ke bagian pakaian yang basah. Lakukan hingga pakaianmu menjadi kering.

4. Handuk

* sumber: theallureshop.com

Kamu juga bisa mengeringkan pakaian dengan cepat menggunakan handuk, lho. Caranya, siapkan handuk yang agak besar juga tebal, kemudian taruh pakaianmu di atasnya. Lalu, gulung dan pilin handuk beserta pakaian yang ada di dalam handuknya secara perlahan-lahan hingga kandungan air pada pakaian berkurang.

5. Kipas Angin

Gunakan Kipas Angin Berdiri (Stand Fan)

Ladies, kamu juga bisa mengeringkan pakaian yang masih basah dengan menggunakan kipas angin. Taruhlah pakaianmu di dekat alat elektronik ini. Atur kecepatannya, lalu tunggulah hingga kadar airnya berkurang.

6. Jemuran Darurat

Jemur cara menghitamkan celana yang sudah kusam

Membuat jemuran darurat di dalam rumah atau di area lain dengan space kosong yang punya banyak udara adalah salah satu cara mengeringkan pakaian di musim hujan yang juga banyak digunakan.

Kamu bisa membuat tali jemuran darurat, atau gunakan tiang jemuran untuk menjemur pakaianmu, sebagai pengganti jemuran yang biasa kamu gunakan untuk menjemur pakaian secara langsung di bawah paparan sinar matahari.

7. Panas dari Lampu

Nyalakan lampu di loteng dan bagian luar rumah cara mengusir kelelawar

Tahukah kamu, panas yang dihantarkan oleh lampu bohlam yang terpasang di rumahmu juga bisa membantu membuat pakaianmu untuk cepat kering. Memanfaatkan panas lampu juga adalah salah satu cara termudah yang bisa kamu tempuh, Ladies.

Caranya, gantungkan pakaian basah kamu di posisi yang dekat dengan lampu bohlam. Atau, kamu juga bisa menaruh pakaianmu begitu saja di bawah cahaya lampu. Tunggu dan biarkan pakaianmu hingga kering.

8. Bekukan

Es Batu

* sumber: pixabay.com

Mengeringkan baju dengan dibekukan juga bisa menjadi cara cepat untuk membuat pakaian yang basah cepat kering, lho. Kabarnya, cara ini digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Kutub Utara. Mereka mengeringkan baju yang basah dengan cara membekukannya. Setelah beku, es yang ada pada pakaian digosok hingga kering.

Cara ini bisa kamu praktikan di rumah, dengan memasukan baju yang basah dan telah dimasukkan ke kantong plastik ke dalam freezer lemari pendingin.

9. Peras Lebih Kuat

cara mengeringkan baju di musim hujan

* sumber: www.dekoruma.com

Seperti yang kita ketahui, memeras pakaian dengan lebih kuat bisa membantu mengurangi kadar air yang ada pada pakaian. Untuk itu, kala mengeringkan pakaian, cobalah peras lebih kuat. Setelahnya, jemur pakaian tadi di jemuran darurat. Kamu juga bisa menggunakan metode-metode yang sudah dibahas di atas.

10. Pakai Microwave

Microwave

* sumber: www.wanderingearl.com

Bukan cuma berfungsi sebagai alat masak, microwave juga bisa kamu pakai untuk mengeringkan baju yang basah kala musim hujan tiba. Mengeringkan baju menggunakan microwave juga tergolong mudah, lho.

Masukkan pakaian kedalam microwave, kemudian atur suhu hingga 130 derajat celcius. Tunggu selama lima hingga sepuluh menit. Eits, tapi hati-hati pakaianmu gosong, ya. Ketika mengeringkan pakaian dengan microwave, usahakan untuk tidak ditinggal begitu saja.

Tips Merapikan Baju yang Kusut dengan Mudah

Setelah dikeringkan, tentu saja baju yang telah dicuci tadi harus dirapikan. Nah, kamini akan mengulas tentang cara merapikan baju yang sudah dikeringkan dengan lebih mudah, tanpa membutuhkan setrika.

1. Hair Dryer

Kirin KHD-1500 Mini Hair Dryer

Yep, selain bisa membantu mengeringkan pakaian dengan lebih cepat, hair dryer atau alat pengering rambut yang kamu punya di rumah juga bisa digunakan untuk menggantikan peran setrika dalam merapikan baju yang kusut setelah dicuci dan dikeringkan, lho. Nah, kalau setrikamu rusak atau kamu sedang malas menyetrika, kamu bisa gunakan pengering rambut untuk merapikan baju atau pakaian lainnya.

2. Catokan

Haidi Catokan Mini Pelurus Rambut HD 768

Bukan cuma hair dryer yang bisa membantu merapikan pakaian kusut yang habis dicuci, alat pelurus rambut alias catokan juga bisa kamu pakai untuk mengurangi kusut pada baju atau pakaian lain.

Caranya mudah, taruhlah pakaianmu di atas meja atau permukaan datar lain, kemudian jepit bagian baju atau pakaian yang ingin kamu keringkan, sebagaimana kamu menjepit rambutmu yang basah. Saat menggunakannya, jangan lupa atur suhu dari catokannya, ya. Supaya baju atau pakaian yang dikeringkan tidak gosong.

3. Menggunakan Campuran Air dan Cuka

Cuka

Ternyata, campuran air dan cuka juga bisa membuat pakaian kusutmu menjadi cepat rapi, lho. Cara merapikan pakaian menggunakan campuran air dan cuka ini juga tergolong mudah. Dilansir dari liputan6, kamu hanya perlu menyiapkan semprotan air kosong yang siap diisi oleh campuran air dan cuka tadi.

Oh ya, campurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:3. Setelahnya, masukkan campuran tadi ke dalam semprotan air, lalu kocok. Setelah itu, siapkan pakaian atau baju yang akan dirapikan, kemudian semprotkan campuran cuka dan air ke baju tersebut. Nah, mudah, bukan?

4. Menggunakan Uap Panas

Uap air panas

Kamu juga bisa memanfaatkan uap panas dari shower sehabis atau saat mandi air hangat untuk menghilangkan kusut pada baju. Caranya, letakkan atau gantung baju tak jauh dari kepala shower di kamar mandi kamu. Setelahnya, biarkan bajumu yang tergantung tadi hingga kusutnya menghilang.

Selain menggunakan uap panas dari shower, menurut liputan6, kamu juga bisa menggunakan uap dari teko atau ceret untuk menghilangkan kusut pada pakaian dan membuatnya tampak rapi.

Caranya juga terbilang mudah, kamu hanya perlu meletakkan baju di depan mulut ceret yang mengeluarkan uap, dengan jarak sekitar 20 cm. Lalu tunggulah hingga kusutnya hilang.

5. Simpan di Bawah Tempat Tidurmu

tidur

* sumber: www.dreams.co.uk

Menyimpan baju di bawah tempat tidur juga bisa menjadi cara alternatif untuk merapikan baju yang kusut. Caranya, lipat atau gulunglah bajumu yang kusut tadi di bawah tempat tidurmu. Tidurlah di atas tempat tidurmu seperti biasa, kemudian tunggulah hingga esok pagi.

Mengapa harus di bawah tempat tidur? Nah, ternyata, Ladies, tekanan yang dihasilkan tempat tidur tadi mampu membantu untuk menghilangkan kusut pada bajumu. Karena itulah, cara ini bisa kamu gunakan bila kamu malas untuk melakukan cara-cara di atas.

Itulah kesepuluh cara mengeringkan baju di musim hujan, beserta tips dan trik merapikan baju yang kusut setelah dicuci dan dikeringkan yang kamini himpun dari berbagai sumber.

Nah, sekarang, sudah tahu, kan, cara alternatif untuk membuat baju cepat mengering ketika tak ada paparan sinar matahari? Oh ya, jika kamu mengetahui informasi lainnya yang relevan seputar cara mengeringkan baju saat hujan, silakan langsung sampaikan di kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar