Kamini.id / Merawat Sepatu / 10 Cara Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

10 Cara Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Pernahkah Anda kelupaan mencuci sepatu, padahal sepatu tersebut mau dipakai dalam waktu dekat? Lalu, setelah dicuci, masalah baru datang lagi. Yaitu cuaca yang hujan terus, sehingga tidak memungkinkan untuk Anda menjemur sepatu di luar. Lalu, apa yang akan Anda lakukan? Tetap menggunakan sepatu yang basah, atau menyerah dan menggunakan sepatu yang lain?

Berjalan menggunakan sepatu basah dapat menyebabkan kulit mengkerut, lecet, memicu pertumbuhan jamur, dan membuat kaki bau loh! Jika Anda memutuskan menggunakan sepatu yang lain, belum tentu sepatu itu bersih atau cocok dengan keperluan Anda, bukan? Tenang saja, sekarang Anda dapat mengeringkan sepatu dalam hitungan jam.

Kamini telah mengumpulkan 10 cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat. Metode-metode di bawah ini dapat Anda lakukan dengan barang-barang yang sudah ada di rumah, tapi ada juga beberapa barang yang harus Anda beli terlebih dahulu. Ini dia 10 cara cepat mengeringkan sepatu dari kami.

10 Cara Mengeringkan Sepatu yang Basah

1. Sinar Matahari

Sinar Matahari cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat

Tentu saja sinar matahari merupakan cara mengeringkan sepatu basah terbaik dan paling efektif. Jika cuaca sedang bagus, jemurlah sepatu Anda di luar supaya kena angin dan sinar matahari langsung. Tapi, perhatikan juga bahan sepatu Anda ya, siapa tahu bahan sepatu yang dijemur justru tidak cocok jika dijemur langsung di bawah sinar matahari.

2. Mesin Cuci

Mesin Cuci

* sumber: www.wikihow.com

Cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat yang ke-2 adalah dengan menggunakan pengering mesin cuci baju. Jika sepatu Anda terbuat dari bahan kanvas, sintetis, dan katun dengan solnya tidak keras dan tidak dibuat dari gel, maka sepatu Anda aman dimasukkan ke dalam mesin cuci. Dan, tentunya mesin cuci juga tidak jadi ikut-ikutan rusak karena dimasukkan sepatu.

Sebelum mengeringkan sepatu di pengering mesin cuci, isi mesin dengan beberapa kain atau handuk terlebih dahulu. Kalau bisa kain atau handuknya agak dibasahi terlebih dahulu supaya tidak sobek saat proses pengeringan. Cukup masukkan beberapa lembar kain, tidak perlu sampai memenuhi tabung mesin cuci.

Anda bisa juga memasukkan sepatu ke dalam kantung jaring-jaring supaya sepatu lebih “aman” alias meminimalisir kemungkinan kerusakan. Contoh sepatu yang tidak bisa dicuci maupun dikeringkan menggunakan mesin cuci pakaian adalah sepatu kulit asli, sepatu olahraga dengan sol gel, sepatu kets, dan selop (apalagi yang berhak).

3. Kipas Angin

Kipas Angin

Cara yang ke-3 untuk mengeringkan sepatu lebih cepat adalah memakai kipas angin. Gunakanlah kipas angin lantai atau kipas angin meja, pokoknya yang menyentuh lantai, jangan yang menempel di dinding dan langit-langit. Gunakan pula kipas angin yang ukurannya lebih besar dan panjang daripada ukuran sepatu Anda.

Anda bisa menggantungkan sepatu di sela-sela jeruji kipas angin menggunakan kaitan. Cara lainnya adalah dengan menaruh sepatu di lantai lalu mengarahkan kipas angin Anda ke bawah (tepat ke sepatu Anda).

4. Hair Dryer

Hair Dryer

Anda punya hair dryer di rumah? Jika belum, beli dulu yuk, Anda bisa melihat-lihat koleksi hair dryer yang bagus di sini. Hair dryer bisa juga kita manfaatkan dalam cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat, loh. Bahkan hair dryer aman dipakai untuk semua jenis sepatu. Yuk, kita coba keringkan sepatu pakai hair dryer!

5. Koran

Koran

* sumber: www.rei.com

Cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat yang ke-5 adalah dengan menggunakan koran. Tapi, Anda perlu memilih korannya terlebih dahulu. Usahakan jangan menggunakan kertas koran yang banyak gambarnya, apalagi jika gambarnya berwarna hitam.

Pilihlah kertas koran yang paling sedikit gambar (dan kalau ada yang tulisannya juga tidak terlalu banyak). Mungkin Anda bisa menggunakan halaman iklan kendaraan. Gulung atau remas koran menjadi berbentuk bola, lalu masukkan ke dalam sepatu.

Ulangi hingga sepatu terisi penuh oleh bola koran. Setelah itu, bungkus juga sepatu Anda menggunakan koran. Ikat menggunakan karet gelang, tali rafia, atau benang kasur agar koran tidak terlepas.

6. Kain/Handuk

Kain/Handuk

* sumber: www.fabhow.com

Selain koran, kain atau handuk juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat sepatu lebih cepat kering. Tekan-tekan sepatu Anda pakai kain yang dapat menyerap air atau handuk bekas yang lembut. Lalu, Anda bisa juga memasukkan kain ke dalam bagian sepatu supaya air yang ada di dalam terserap oleh kain.

7. Lemari Es

Lemari Es cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat

* sumber: en.rocketnews24.com

Yuk, simpan sepatu Anda di dalam kulkas! Cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat yang satu ini mungkin terdengar aneh dan mengerikan, apalagi jika Anda orang yang suka menyimpan banyak bahan makanan di dalam kulkas khususnya freezer. Tapi, serius, cara ini dapat membuat sepatu Anda kering lebih cepat, loh!

Caranya adalah dengan mengosongkan freezer terlebih dahulu supaya makanan, minuman, es batu, es krim, atau apa pun itu tidak terkontaminasi oleh sepatu. Lalu, bungkus sepatu menggunakan kantung plastik, dan masukkan sepatu tersebut ke dalam freezer.

Cara kedua mengeringkan sepatu dengan menggunakan kulkas mungkin terdengar lebih aman untuk bahan makanan Anda. Caranya adalah cukup senderkan sepatu di belakang kulkas (yang terasa panas itu, loh), dan tunggu sepatu Anda kering dengan sendirinya. Mudah sekali, bukan?

8. Microwave

Microwave

* sumber: www.wanderingearl.com

Satu lagi cara nyeleneh untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, yaitu pakai microwave! Selain hair dryer, kulkas, mesin cuci, dan kipas, ada satu lagi alat elektronik yang bisa dipakai mengeringkan sepatu. Adalah microwave, mesin yang biasa digunakan untuk menghangatkan dan membuat makanan.

Cara kerja microwave dalam mengeringkan sepatu adalah dengan menguapkan air dari sepatu. Cara menggunakannya adalah dengan menaruh sepatu di dalam microwave, lalu set suhunya sedang saja. Untuk waktunya, atur jadi 15 – 30 menit (sesuaikan dengan bahan sepatu dan seberapa basah sepatu Anda).

Jika Anda menggunakan langkah ini, jangan sekali-kali Anda tinggalkan microwave begitu saja. Kenapa? Karena khawatirnya sepatu Anda jadi gosong jika terlalu lama di dalam microwave. Lebih bahayanya lagi, bisa saja jika terlalu lama, maka microwave bisa meledak. Tapi, selama Anda mengawasi serta mengatur suhu dan waktu dengan tepat, dijamin langkah ini aman.

9. Lampu

Lampu cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat

* sumber: www.cnet.com

Cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat yang lainnya adalah menggunakan lampu bohlam. Cara ini agak sulit karena Anda harus menyediakan tempat tertutup yang berlampu. Benda seperti ini tidak umum, jadi mungkin Anda harus merakitnya sendiri.

Atau, jika Anda punya lampu yang agak dekat dengan lemari, Anda bisa menaruh sepatu basah di atas lemari tepat di bawah lampu bohlam tersebut. Namun, tentu saja akan memakan waktu pengeringan lebih lama daripada dengan menggunakan ruangan tertutup yang berisi lampu bohlam.

10. Pengering Elektrik

Pengering Elektrik

Cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat yang terakhir adalah dengan menggunakan alat pengering sepatu elektrik. Sekarang benda seperti ini sudah ada banyak di pasaran. Anda dapat menemukan produk seperti ini dalam berbagai macam bentuk, ukuran, dan harga di Bukalapak lewat link ini.

Nah, itulah 10 cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat dari Kamini. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Jadi, selain memanfaatkan alam, Anda bisa juga memanfaatkan barang-barang di rumah untuk mengeringkan sepatu lebih cepat. Apakah Anda tahu cara yang lainnya supaya sepatu jadi lebih cepat kering?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Cara Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat”

Tinggalkan komentar