kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Rambut / Cara Mengeriting Rambut dengan Catok Curly Agar Tampak Bagus

Cara Mengeriting Rambut dengan Catok Curly Agar Tampak Bagus

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 November 2020

Kamu memiliki rambut lurus dan tertarik untuk memiliki rambut keriting alias curly? Sekarang ini banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa membuat rambutmu keriting tanpa harus pergi ke salon dan menghabiskan banyak uang. Ada alat khusus yang banyak dijual bebas di toko-toko bahkan juga online. Pernah mendengar catok curly? Dengan alat ini kamu bisa mengeriting rambut kamu.

Jenis Bahan Catok Curly Terbaik

Sebenarnya tidak ada jenis catokan yang lebih baik, tetapi dengan semua klaim dari para produsen catok di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya bahan yang digunakan catokanmu. Inilah jenis-jenis bahan catokan yang dijual di pasaran.

  • Titanium

Titanium

Titanium merupakan logam yang sangat ringan dan sangat tahan lama serta konduktor panas yang konsisten dan hebat. Bahan ini  juga sangat tahan terhadap panas, korosi, dan aus.

Namun, karena permukaan titanium mengeluarkan lebih banyak panas daripada kebanyakan logam lainnya, panas ditransfer ke rambut lebih cepat, sehingga sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan rambut yang lebih banyak jika tidak berhati-hati.

Selain itu, titanium tidak bergerak sehalus keramik. Tekanan tambahan dan panas tinggi dari catokan dengan plat berbahan titanium dapat membantu rambut yang sulit ditata atau kasar.

  • Keramik

Keramik

Keramik membuat rambut mudah bergerak karena sangat halus, dan dikenal memiliki distribusi panas yang merata yang ideal untuk alat catok rambut agar cepat panas dan merata. Panas yang dihasilkan dari permukaan keramik juga lebih lembut pada rambut dibandingkan permukaan titanium.

Di sisi lainnya, lapisan keramik lebih rapuh. Jika kamu memilih catok curly berbahan keramik, pastikan untuk memilih produk yang memiliki kata kunci seperti "keramik murni" atau "keramik padat" untuk menghindari alat yang hanya dilapisi bahan keramik.

  • Turmalin

Turmalin

Turmalin merupakan mineral yang dihancurkan dan digunakan sebagai lapisan atas untuk beberapa catokan rambut untuk membantu memberikan hasil akhir yang lebih berkilau dan halus pada rambut. Adalah sebuah nilai tambah jika memiliki catok rambut berbahan turmalin.

Yang dikeluarkan oleh turmalin sebenarnya adalah ion negatif, yang baik untuk rambut karena membantu menutup kutikula, melembabkan batang rambut, dan membuat rambut sehat dan berkilau juga mencegah rambut kusut.

Namun hal terpenting dari semuanya yaitu untuk mencari catokan rambut dengan pengaturan panas yang dapat disesuaikan, pre-heat yang cepat, dan bisa mati secara otomatis.

Cara Mengeriting Rambut dengan Catok Curly

Bagaimana cara mengeriting dengan catok curly? Berikut cara yang dibagikan oleh Javan Stone, senior stylist di Spoke & Weal yang berada di Los Angeles.

1. Pastikan untuk Menggunakan Ukuran Barel yang Tepat

Pastikan untuk Menggunakan Ukuran Barel yang Tepat

Orang sering mengira semakin besar alat pengeriting rambutnya, semakin indah gelombangnya. Ternyata itu tidak benar. Jika barelnya terlalu besar untuk panjang rambutmu, maka akan sangat merepotkan untuk digunakan.

Kamu selalu bisa menyisir rambut ikal yang lebih rapat untuk membuatnya rileks. Jadi, pilihlah barel berdiameter 1 inci jika kamu memiliki rambut pendek atau sedang. Pilih barel 1 1/4 inci Jika kamu ingin ikal tidak terlalu padat atau memiliki rambut panjang.

2. Semprotkan Hairspray Sebelum Mengeritingkan Rambut

Semprotkan Hairspray Sebelum Mengeritingkan Rambut

Rambut kamu berisiko lebih besar untuk jadi rontok kalau kamu hanya menggunakan hair spray setelah selesai mengeriting rambut. Semprotkan hair spray yang ringan sampai yang kuat pada rambutmu untuk persiapan dan saat kamu mengatur ikal. Hair spray penting jika rambut kamu tidak mudah dikeriting.

Ingatlah bahwa kamu ingin memastikan bahwa kamu melakukan light misting pada rambutmu, dan bukan membuatnya jadi jenuh. Kalau kamu menggunakan terlalu banyak hair spray, kamu akan mendapatkan rambut dengan bau terbakar yang tidak enak. Juga hindari penggunaan minyak rambut.

3. Sesuaikan Pengaturan Panas dengan Jenis Rambut

Sesuaikan Pengaturan Panas dengan Jenis Rambut

Mungkin kamu tergoda untuk menaikkan setelan panas pada catokan rambutmu sampai setinggi mungkin karena kamu pikir akan tahan lebih lama, bukan? Walaupun benar bahwa suhu yang lebih panas membuat rambut lebih cepat menjadi keriting, hal itu juga bisa merusak rambutmu.

Khususnya jika kamu memiliki rambut yang halus, kering atau diwarnai. Setelah memproses rambut, jaga agar panasnya sedikit lebih rendah, tetapi jika kamu memiliki rambut yang sehat, silakan mengubah setelan panasnya.

Namun, apapun jenis rambutmu, lakukan prosesnya dengan hati-hati. Gunakan hair protection untuk mencegah kerusakan rambut jangka panjang.

4. Gunakan Teknik Menggulung Sesuai dengan Jenis Ikal/Gelombang yang Diinginkan

Gunakan Teknik Menggulung Sesuai dengan Jenis Ikal Gelombang yang Diinginkan

Mungkin hal ini tampak tidak begitu perlu dipikirkan, tapi jenis gelombang dan ikal yang berbeda mengharuskan kamu untuk menggulung rambut pada barel secara berbeda. Kalau ingin ikal glamour gaya lama, pastikan rambut kamu menggulung seluruh barel.

Kalau ingin gelombang yang modern dan lebih berantakan, biarkan ujungnya keluar dan dan turunkan posisi kepalamu. Kalau kamu memakai catokan dengan klip bisa berguna untuk membantu menahan ujungnya. Sementara batang besi akan membantu menahan ujung rambut mengarah keluar dan lepas.

5. Perhatikan Sudut Ketika Memegang Catokan Saat Menggulung

Perhatikan Sudut Ketika Memegang Catokan Saat Menggulung

Kalau kamu ingin rambut yang lebih ber-volume, panaskan akar rambutmu terlebih dahulu dan pegang catokan tegak lurus dengan sudut yang tepat ketika mengeriting. Posisikan catokan secara horizontal ketika menggulung.

Tidak ingin rambut yang bervolume? Kalau begitu pegang catokan secara vertikal, lurus ke bawah. Kalau kamu ingin gaya rambut ikal yang besar dan bergelombang atau tampilan klasik, rambutmu harus memiliki volume ekstra. Ingin model beach wave? Tetap pegang catokan dengan tegak.

6. Jangan Catok Rambut Lebih dari 10 Detik

Jangan Catok Rambut Lebih dari 10 Detik

Ingatkan pada dirimu, kamu harus mencatok rambut kamu maksimalnya 8 - 10 detik. Kamu bisa mencatok rambut kamu lebih lama kalau rambut kamu susah untuk dibuat keriting atau kalau kamu ingin gelombang yang lebih rapat.

Pastikan kamu mencatok rambut kamu dengan waktu yang konsisten. Mencatok tiap bagian rambut dengan jumlah waktu yang berbeda atau memulai sebelum catokan cukup panas akan mengacaukan hasilnya.

7. Keringkan Rambut Sampai Kering Sebelum Mengeriting

Keringkan Rambut Sampai Kering Sebelum Mengeriting

Pernah mencatok rambut dan mulai mendengar suara mendesis? Itu bukan hal yang bagus. Itu yang sering terjadi ketika kamu mencatok rambut dalam keadaan masih lembap. Memulai proses dengan blow-dry yang benar membutuhkan waktu, tetapi kamu akan mendapatkan hasil seperti di salon.

Persiapkan rambutmu sebelum melakukan blow dry dengan produk heat protection spray dan holding spray, lalu semprotkan hair spray tersebut sebelum kamu mulai mengeriting. Hal ini tak hanya akan mencegah rambutmu dari menjadi kering, tapi juga membantu menghasilkan ikal yang lebih baik.

Baca juga: Yuk Kenali Jenis-Jenis Rambut Keriting dan Cara Merawatnya

Tips untuk Mengeriting Rambut

Tips untuk Mengeriting Rambut

Mulailah dengan berlatih menggunakan alat pengeriting rambut atau catokan datar dalam posisi tidak dihidupkan. Hal ini terlihat konyol tapi ini akan membuat kamu bisa mempraktekkan teknik mengeriting rambut tanpa membakar diri sendiri. Setelah yakin, baru nyalakan catokan dan keriting rambutmu.

Selalu gunakan heat protection spray saat mengeriting rambut. Memakai heat protection spray sangat penting untuk kesehatan rambutmu. Panas tidak hanya mengeringkan rambut, tetapi juga bisa merusak keutuhan struktur bagian dalam rambut, dan bahkan mengurangi  umur warna pada rambutmu.

200oC merupakan suhu maksimum yang digunakan untuk menjaga warna rambut aman dari kusam dan pudar. Jadi turunkan setelan panas catokan rambutmu dan lebih perlambat kecepatanmu untuk menghasilkan ikal yang lebih bagus dengan meminimalkan kerusakan rambut.

Membuat Gaya Keriting Lazy Curl dengan Catokan Curly

Membuat Gaya Keriting Lazy Curl dengan Catokan Curly

Untuk membuat rambut dengan gaya gelombang longgar ini, kamu akan memerlukan catokan dengan barel ukuran 1 inci. Berikut ini cara melakukannya.

Mulailah dengan membagi rambutmu dan semprotkan hair spray thermal atau heat protection dengan jarak minimal 6 inci untuk melindungi rambut. Kumpulkan bagian rambut, angkat hingga 90 derajat dengan ibu jari dan jari telunjuk.

Letakkan alat catokan curly di depan rambut dengan barel berada di belakang. Pegang bagian rambut tersebut, simpan ibu jari di atas penjepit catokan dan gulungkan rambut ke catokan dengan rata. Jangan puntir rambut di sekitar barel saat menggulungkan rambut.

Setelah selesai menggulung, tahan bagian itu dan gulung catokan mendekat ke arah kulit kepala dan biarkan bagian tersebut sampai panas sebelum melanjutkan bagian yang lain. Pegang bagian rambut tersebut, lepaskan barel dari rambut dan putar hingga barel tidak berada di depan bagian rambut.

Tempatkan catokan di rambut yang terakhir dikeriting dan ulangi prosesnya, gulung rambut pada barel secara merata, gulungkan catokan dan tutupkan penjepitnya. Setelah tiba di bagian akhir rambut yang dikeriting, sisir rambut dengan tangan dan jari untuk memisahkan ikal. Akhiri dengan flexible hold spray.

Tips penting: Periksa suhu dengan cara meletakkan jari di atas rambut yang akan dicatok. Kalau jari kamu terasa panas, lepaskan bagian rambut tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat rambut keriting dengan catok curly? Langkah-langkahnya sudah dijelaskan di atas dan kamu bisa dengan mudah mengikutnya. Sekarang kamu tak perlu lagi menunggu antrian di salon atau menghabiskan uang untuk mendapatkan rambut keriting yang indah. Selamat mencoba teknik cara mengeriting rambut dengan catok curly.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram